Monday, August 27, 2012

Membuat Aquascape Sederhana


Sederhana, dalam artian kita sudah bisa membuat taman  minimalis yang indah dan subur walau tanpa tanaman yang mahal, karena untuk percobaan sebaiknya kita gunakan tanaman lokal yang murah aja dulu. Nanti kalo sudah terbentuk ekosistemnya baru kita tambah dengan tanaman yang bisa bkin dompet menipis..
Siapkan dulu apa saja yang diperlukan :
1. Kaca Akuarium ukuran 40x80x40
2. Pukdas/PDO
3. Pasir Malang
4. Filter
5. Lampu
6. Tabung CO2 (DIY)

Mari kita mulai dengan langkah2 seperti ini :

Langkah I
Siapkan aquarium bekas anda, cek dulu siapa tau ada kebocoran dengan diisi air, setelah yakin tidak ada kebocoran tempatkan aquarium di tempat yang stabil tidak goyang2, bisa dibuatkan meja besi atau meja yang cukup kokoh untuk menahan beban kuat. Pasang peralatan filter disamping/ sesuai selera.

Langkah II
Taburkan PDO merata kemudian timbun dengan Pasir malang yang sudah dicuci bersih secara merata kira kira 5 cm untuk dasar yang rata. Kemudian pasang batu2an sesuai selera trus tambahkan pasir di sudut2 sehingga nantinya akan membentuk gunung2 dan bukit2..untuk lebih bagusnya campurkan pasir malang dengan pupuk dasar yang banyak dijual ditoko aquarium. Tapi untuk proyek aquascape dirumah, saya tidak memakai pupuk dasar..jadi cuma pasirmalang aja, karena pasirmalang adalah pasir dari muntahan gunung api yang diyakini kesuburannya.

Langkah III
masukkan air melalui selang dengan menabrakkan semprotan ke atas piring/mangkok  yang sebelumnya kita taruh diatas pasir supaya pasir tidak berhamburan ketika disemprot air, isi air setengah dari aquarium.


Langkah IV
Mulai masukan dan atur tanaman murah kita satu persatu dengan penempatan sesuai selera, untuk mempermudah penanaman sebaiknya pergunakan pinset khusus buat aquascape. Untuk Javamoss  dan Peacock moss akan keliatan bagus dan alami kalo diikatkan di batu2an atau ranting2 kayu.

GB. Tanaman Dasar


Langkah V
Pasang Tabung CO2 yang kita buat sendiri, pastikan gelembung mengalir dengan lancar.  Setelah mulai terlihat bentuk desainnya baru air tambah sampai penuh (kira2 5cm dari permukaan) dan mulai nyalakan filter  untuk menyaring kotoran pasir.

Gb. Tabung CO2 DIY


Tunggu kira2 seminggu sampai air jernih dan tanaman sudah mulai menumbuhkan tunas2 barunya baru kita masukkan ikan2 murah kita yang cantik... silahkan berkreasi dan nikmati indahnya pesona aquascape

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan aquascape adalah :


  1. Substrate yang subur, usahakan memakai pasir malang .
  2. Suhu diusahakan berkisar dibawah 29C, dan lampu jangan terlalu lama hidup (durasi 8-10jam) untuk menghindari pertumbuhan lumut yang over populated.(terutama untuk tanaman jenis low/medium light)
  3. Pilih tanaman yag tepat, untuk pemula cobalah menanam jenis2 moss yang bisa tahan di kondisi low light dan kurang CO2
berikut video percobaan tank sederhana ane yg pake CO2DIY lumayan buat refresh mata..


Selamat Mencoba!!


268 comments:

  1. menarik juga gan.. mau praktek ah mumpung ada tank ikan bekas.

    ReplyDelete
  2. silahkan sob, daripada dianggurin mending dibuat aquascape aja.. bisa buat refresh mata dan otak... hahaha...

    ReplyDelete
  3. untuk CO2 nya itu bisa dipakai berapa lama broh? bagimana kita mengetahui bahwa gasnya habis?, dan selang gas CO2 yang masuk ke aquarium itu sebarapa panjang ya?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk takaran segitu bisa tahan 3 minggu, tanda2nya gas mulai habis gelembung yg keluar mulai jarang jarang (1/5 dtk) dan cairan gula+ragi mulai terlihat sedikit rada bening karena gula sudah habis terfermentasi. selang yang masuk ke tank secukupnya aja yg penting ujungnya bisa disimpan didasar tank.

      Delete
    2. mau buat tapi di daerah tempat tinggalku sidoarjo gak ada yang jual tanaman airnya bagi temen-temen yang tau silahkan britahu ya?????????

      Delete
    3. di surabaya dan sekitarnya saya kira sdh banyak toko aquascape atau dimalang juga sudah ada di daerah jl. ahmad yani malang silahkan meluncur kesana..

      Delete
    4. misi" ada bro di daerah sby dan skitarnya..
      pasar ikan Sidosermo,ama di gunug sari

      Delete
    5. @Jajuk Prasetyo Toko Aquascape malang yg di jl.ahmad yani itu nomer berapa ya?tepatnya di toko apa? terima kasih sebelumnya..

      Delete
  4. klo bikin aquascape klo itung itung berapa ya gan biaya minimalnya. soalnya ane punya akuarium bekas,setelah liat blog agan jadi ngebet pengen bikin?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba buka di artikel aquascape itu murah, disana kurang lebih sudah saya bahas masalah budget seminimal mungkin buat aquascape sederhana..okay? thx!

      Delete
    2. betul tu kk liat aja di artikelnya

      Delete
  5. @mas jajuk makasih infonya aq udah buat walaupun sederhana tapi lumayan buat refresing thanks :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepp! semua berawal dari kesederhanaan... yg penting hobi itu harus bisa bikin hepi bukan malah tambah stress.. selamat berkreasi..!

      Delete
    2. oh ya mas nanya klo obat buat white spot yang paling manjur merknya apa ya

      Delete
    3. mengatasi white spot suhu air harus ditingkatkan sampai 33C, obat2annya cukup pake larutan acriflavine (bisa eli diapotek) dosis 0,3g/100ltr. kalau bisa air diganti separo setiap hari. ditambah blitz Ich (metheline blue) 2-3 tetes.

      Delete
  6. mas saya udah bikin,eeehhhhhh pasirnya sedikit cuma 3 cm.. bisa idup gk tanemanya.. atau bisa ditambah gk pasirnya dalam keadaan sudah ter isi..

    ReplyDelete
  7. tanaman bisa hidup selama ada subtrat, sinar cukup dan asupan CO2, stok pasir yg ada bisa diakalin dengan membuat bentuk pasir tidak rata, bagian depan cukup 1 cm trus kebelakang lebih menggunung. Nah bagian yg menggunung itu yang ditanami, sementara bagian yg depan bisa dibuat tanaman foreground/ rumput2an/ moss yang ditanam di ram kawat/batu..sampai bisa mengarpet..selamat berkreativitas..

    ReplyDelete
  8. cara menambah pasirnya kaya gimana mas?

    ReplyDelete
  9. cuci dulu pasirnya berkali2 pastikan pasir sudah bersih benar. Nah, supaya tidak keruh dan tidak ambyar.. gunakan gelas dan tenggelamkan dulu gelas yg terisi pasir dengan posisi keatas supaya tidak tumpah, baru taburkan perlahan-lahan ke bagian yang kurang pasir, memang harus sabar kalau ngga mau keruh airnya.. itu seh pengalaman pribadi aja..semoga bermanfaat..

    ReplyDelete
  10. ni gak usah pake pupuk dasar cuman pasir malang aja ya mas?
    tahan berapa lama mas? klo di tumbuhin moss. . thx.

    ReplyDelete
  11. yup.. ane ga pake pukdas, cuma sekali2 aja pake pukcir.. karena pasir malang pasir vulkanik, kecuali kalo mau pake pasir silika harus dicampur dulu pake pukdas. pada dasarnya tanaman akan subur apabila kebutuhan CO2 untuk berfotosintesa terpenuhi. jadi yg penting cahaya dan asupan CO2 mencukupi seminggu sekali kasi pupuk cair. dirumah moss tumbuh subur tanpa pukdas dan pukcir, tahan selamanya..hehehe

    ReplyDelete
  12. Salam 'alaikum.. Masbro mau tanya dunk... diskus aku kenapa ya... semenjak dikasih cacing darah, koq jadi aneh.. kaya panik n stres gitu.. perutnya jg rada gendut, sebagian sirip atas kadang menguncup.. biasanya gak begitu :( dan dia sekarang juga jadi suka makan lumut.. sebelumnya gak suka.. aneh @_@.... mohon petunjuknya Masbro... diskus aku kenapa.. :( terima kasih ya Masbro...

    ReplyDelete
    Replies
    1. diskus suka lumut? aneh juga gan..hehehe.. kalo dari kondisinya kemungkinan dari pakannya yg kurang higienis, cacing darah hidup biasanya pembawa mikroorganisma seperti parasit dan virus.Gejalanya persis spt itu. sebelum terlambat kuras dan ganti air sampai 50% kemudian panaskan dengan heater sampai 30-32. coba berikan chlorampenicol (antibiotik) dan garam dapur 3-5 sendok makan. mudah2an cepet sehat lagi diskusnya..

      Delete
  13. gan, kalo pemasangan filternya gimana tuh?
    pake filter yang ky gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. filter yang kaya gimana aja bisa, yang penting buangan/semprotan hasil filternya tidak mengucur dari atas atau menimbulkan riak yang kencang karena hanya akan membuat CO2nya menguap sia-sia, jadi jangan disimpan kucuran airnya menggantung. semprotkan dari dalam aquarium jadi bisa ikut menyebarkan CO2 ke sekelilingnya.

      Delete
  14. two thumbs for mr.jajuk,very inspiring for me ,thanks sir

    ReplyDelete
  15. triks cara menanam kalo sudah ada airnya gimana ya?, biar gak mumbul2 ke atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus extra hati2.. pastikan dulu filter sirkulasi mati (Safety first) dengan menggunakan pinset benamkan akar sampe mendekati batang tanaman. Jarak tanaman jangan terlalu dekat dan kalau pasirnya lembut/tidak kasar pasti akan tertanam dan tidak mumbul2...hehehe..selamat berjuang!

      Delete
  16. thanks mas bro< udah dicoba dan gak mumbul2 , sekarang gi berjuang bin CO 2 nih

    ReplyDelete
  17. nanya lagi ni, gak papa ya, hehehe, diaquascape saya banya siputnya, terus aku belikan asasin dan turbo, tapi sampai siput masih banyak terus diujung2 tanaman ada semacam lendir yg menyambung ke ujung tanaman yang lain, benda apakah itu? hehehe , kayak tebak2an

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. aku jawab tebakannya ya.. lendir yang nyambung kemungkinan itu telur siput atau bisa juga alga lumut. siput mengatasinya kalau sedikit ya diambilin aja, jangan malas..hehehe.. kalau sudah over populated baru masukkan ikan pemakan siput.. coba pelihara ikan buntal (puffer fish) murah paling 2rban.. agresif makan siput. tapi jangan dicampur udang hias.. bisa habis itu udang..hehehe good luck!

      Delete
  18. om om
    mau nanya,
    untuk tanaman yang berbatang panjang (saya gatau nama jenisnya)
    seperti yg merah dan yang di ujung kanan itu..
    saya kan beli di tempat ikan hias
    udah ada kyak potnya, warna oranye bolong2..
    pas di buka dan di liat ga ada akarnya,
    apakah akarnya akan tumbuh dan bisa hidup itu tanamannya..?
    atau gemana om?
    mohon pencerahan nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo tanaman yang ber rizome biasanya akan keluar akar dari batangnya. jadi itu nanti akan numbuh akar dari rizome di batangnya.. tenang aja..

      Delete
  19. Kang masih belum ngerti ni tentang filter, kan diatas dibahas mending semprotan hasil filternya dr dalam akuarium, tapi kalo tetep menimbulkan riak2 air gmna? Kalo bisa mhon dbahas tntang filter kang..
    Satu lagi, pasir mending silika atau malang ya?kalo dicampur gapapa?

    Nuhun kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah filter sdh sering dibahas.. supaya tidak timbul riak2 dipermukaan sebaiknya dibuat sedemikian rupa sehingga kocoran air dari filter menyemprotnya di dalam aquascape.. (jadi dibuat tenggelam),
      masalah pasir gimana selera aja, dua2nya sama2 bagus buat aquascape. pasir malang bentuknya jelek hitam tapi sudah subur tanpa perlu pupuk dasar.. kalo silika bentuknya bagus, rapi dan putih tapi kurnag subur jadi harus ditambah pupuk dasar..mau digabung lebih bagus.. pasir malang didasar trus lapisan atasnya pake silika..

      Delete
  20. klo bikin aquascape,, untuk aquariumnya sendiri ada perawatan khusus ??? kan biasanya kloa aquiarium di isi air suka jadi lumutan ???? bagaimana cara mengatasinya???? tks bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. perawatan khusus banget sih ngga ada.. justru dengan aquascape sekarang ane ngga pernah kuras akuarium dari pertama seting.. masalah lumut dan alga kalo masih sedikit bisa pake pasukan cleaning service, piara aja keong turbo, SAE dan CAE.. kalo lumut sudah over populated ya terpaksa manual dibersihkan sendiri.. tapi mengasyikan koq..

      Delete
  21. Mas.. saya sudah beli pasir malang (yg menurut penjualnya ini yg halus krn dia juga jual yg kasar). Tp stlh saya buka d rumah tnyata spt butiran2 kerikil seukuran 1-2mm. Hiks. Apa saya salah beli dan ga bs ditanami?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasir malang yng halus memang segitu ukurannya gan.. kalo yang kasar bisa 5mm'an... monggo silahkan berkreasi..

      Delete
  22. permisi gan, ane baru aja nyoba buat aquascape, tapi belum ada lampu sama CO2,
    trus itu bahaya ga gan?
    sama pengaruhnya apa kalo blm ada lampu sama CO2?
    makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahaya sih ngga..cuma tanaman ngga akan tumbuh normal.. fungsi lampu dan CO2 buat fotosintesa tanaman seperti di alam liarnya.. jadi mutlak harus ada..

      Delete
    2. oke gan makasih banyak ya..
      nanti kalo ada kesulitan ane tanya lagi..

      Delete
  23. Bung mau tanya, saya barua akan membuat aquascape, klo tanpa co2 bsa tak ? Ada yg blg gpp ganti pakain kipas aja. Tul gag tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aquascape tanpa CO2 sudah saya posting artikelnya silahkan .. silahkan cek KESINI

      Delete
    2. bruw mau tanya itu untuk co2 dimasukan secara teru menerus atau cuma satu kali..disemprotkan
      mohon arahannya

      Delete
  24. salam kenal ya mas bro....
    saya baru mau terjun nih di dunia aquascape...

    berhari hari googling akhirnya ketemu http://sinauaquascape.blogspot.com
    makasih udah menginspirasi masbro....

    saya mau nanya tentang pasir...

    saya mau beli pasir malang yang dijual di penjual bunga pinggir jalan, apakah pasir malang ada berbagai macam jenis, trus kalo ada yang jenis seperti apa yang cocok untuk aquascape
    apakah pasir bangunan bisa juga dipake? pasir pantai juga apakah bisa masbro?

    trus tentang aquariumnya saya kemarin dapat hibah dari tetangga aquarium yang lumyan gede uk L 50,
    p 98, tinggi 35 tapi semalam saya tes dengan ketinggian air 28. saya nyimpan aquascapenya di luar rumah pasnya teras rumah ( outdoor ).bagusnya berepa watt lampu yang saya gunakan dengan kondisi outdor? bisa ga masbro scape disimpan di luar?filter undergravel atau filter yang dipasang di dasar penting ga masbro?saya udh gunain filter gantung.

    sorry masbro kebanyakan nanya, maklum ye namanya juga newbie... oh iya, saya domonsilinya di jakarta masbro, salam kenal. thanx

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga..ane coba jawab satu satu ya..
      pasir malang yg bagus untuk buat aquascape tentunya yng dijual di tempat aquascape/akuarium. kalo yang ditempat bunga kemungkinan sudah dicampur pupuk kimia jadi bahaya juga buat fauna akuarium. Sebenarnya bagus juga aquascape disimpen diteras jadi langsung terkena sinar matahari lumayan bisa hemat lampu..hehehe..
      filter yng ideal buat aquascape adalah filter canister tapi harganya lumayan mahal jadi pake filter power heat yg biasa aja juga bisa, cuma kalo bisa jangan digantung kucuran airnya.. sayang CO2nya bisa menguap sia sia terkena riak gelombang filternya.. undergravel atau tidak sama aja masing2 punya kelebihan dna kekurangannya masing2.. okay selamat berkreasi... !

      Delete
  25. mas jajuk mau nanya ni,lampu untuk tank ukuran p:95 l:45 t:50,untuk aquascape idealnya berapa watt ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. idealnya coba pake 2 x 23watt pasang kanan dan kiri.. tapi kalo tanamannya lowlight cukup 2 x 18w kanan dan kiri biar merata penyinarannya..

      Delete
    2. sip makasih mas jajuk,.mau langsung saya coba yang 2x18watt aja, ngirit tagihan listrik he..he,.

      Delete
  26. Sori gan, cairan CO2 yg kita bikin nya perlu di endapkan(didiamkan) dlu atau bisa langsung di pakai? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung dipakai... justru proses mengendapnya (fermentasi) itu yang menghasilkan gas CO2... :)

      Delete
    2. Oke gan, makasih bgt infonya. Berguna bgt nih infonya buat newbie kaya saya. Thx ya :))

      Delete
  27. Om, saya pake aquarium 60x30x40 cuma pake lampu ulir philips 23 watt kira2 cukup gk ya cahayanya?? Tks

    ReplyDelete
  28. punten kang, saya punya aquarium panjang 30cm lebar 25. saya masukin tanaman, tapi ga tau apa namanya asal suka langsung beli hehehe..... apa untuk ukuran aquarium saya teh perlu co2 ga ya? cuma beli pupuk cair aja kang ma pasir malang. hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya, saya minta saran untuk lampunya pake yang berapa watt ya kang.

      Delete
    2. tergantung tanamannya, ada tanaman yg pertumbuhannya perlu CO2, ada yg tanpa asupan CO2pun bisa subur.. untuk nano tank ukuran diatas pake 18watt daylight sdh cukup..

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. assalamualaikum..
    mass...
    saya punya tank kalo gak salah ukuran 600x300
    saya baru tau nih bisa di kreasiin sprti ini :)

    pertama :
    saya pakai filter yg biasa bgt , yg mesin/filternye bisa dimasukan kedalam air atau yg berwarna abu abu itu dan penyaringan kotoran nya ada di dlam kotak persigi panjang. apakah filter tsb efektif untuk moss moss? dan tetap lancar pertumbuhan moss tsb?
    jika filter yg saya punya tidak mendukung untuk aquascape, apa bisa di kasih tau filter yg standard atau yg mas pakai ? (yg penting murah).
    maklum hehehe.. saya cuma memelihara ikan dan gak tau bisa dibuat aquascape dan filter itu ya cuma untuk membersikan kotoran kotoran saja..

    Kedua :
    saya beli ditoko moss moss yg sudah di taro pot(yg terbuat dr tanah liat dan dibungkus kain), apakah saya harus mencopot pot itu? dan lngsung ditanam saja di dalam pasir malang ?
    saya beli moss cuma 12 moss, jika ditanam dan dirawat dengan baik apa moss tersebut bisa menjamur/tumbuh dan manjadi lebat dan banyak ?

    ketiga:
    soal CO2 apa itu memnggangu ikan ikan yg sy punya terutama fish discus ?

    keempat :
    saya pernah beli kayu untuk dekorasinya, pertama saya beli memang tenggelam , lalu kayu itu saya tidak pakai lagi selama bbrapa hari. kemudian saat ingin memakainya lagi kayu tsb tidak tenggelam/ mengambang. walau sudah saya rendam dngan memakai pemberat selama 1 minggu tetap aja tuh kayu masih mengambang di permukaaann? ada caranya gak supaya kayu tsb bisa kambali tenggelam ?

    yang kelima :
    soal tanaman Ricchia Fluitans , apa harus ditanam , apa di letakan saja di atas pasir pantai ?
    jika diletakan apa tanaman ini akan menjamur/tumbuh lebat, ?

    maaf mass pertanyaan terlalu banyak maklum saya baru pemula , & sangat senang nye nih kalo di balas dengan tapat agar saya dapat lngsung memahaminya

    oia mass satu lagi tentang pencahayaan saya pakai 2 buah lampu yg 1 ukuran kecil wana putih dan yg satunya berukuran sedang berwara pink yg bisa tenggelam di air ?
    apakah cahaya tsb masih belum terang untuk pertumbuhan moss ?

    trimakasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... gpp panjang juga tetap saya coba jawab satu persatu..
      pertama :
      filter apa saja bisa walaupun lebih disarankan kalao untuk aquascape pake filter canister. tapi pake powerheat yang biasa juga bisa. yg penting kucuran dari filter harus didalam air(tidak mengucur dari atas)
      kedua :
      moss apa itu? kalo java/peacock bisa langsung diiket di kayu/batu/kawat.. dengan cahaya bagus dan pupuk cair yang rutin pasti cepet subur dan menyebar..
      ketiga :
      pemakaian CO2 berfungsi memberi asupan carbon supaya tanaman bisa berfotosintesa sehingga tanaman bisa menghasilkan oksigen/O2 yang akhirnya ikan juga yang menikmatinya.. ikan diskus saya sehat2 dan tumbuh lebih cepat dengan asupan CO2.
      keempat :
      supaya driftwood bisa tenggelam direbus dulu dengan air mendidih.. atau diberi pemberat paling cepat 2 minggu sdh tenggelam permanen.
      kelima :
      riccia adalah tanaman mengambang, jadi supaya bisa didasar harus diikat rapat ke batu/keramik/kayu pake hairnet atau benang yang dililit secara zigzag dan rapat.
      .. semoga jawaban bisa membantu.. selamat berkreasi :)

      Delete
    2. oke lah ,, sepertinya jawaban yg ada di pikiran saya sama sprti yg mass jawab ,
      sudah mengerti dari bnyak nya komentar di post ini dan juga yg lainnya ..

      cuma 1 jawaban yg menarik itu aja baru tau soal nya sya udah di coba di rendem di air biasa di kasih ganjelan bukan pemberat mungkin ada 3 minggu , heheh tapi di lepas dia mengambang lagi ke permukaan :D kalo cara di rebus saya baru tau , tapi untuk driftwood itu sndiri rata2/ iya pake jenis kayu apa ya ?
      pingin nyoba pake batang jambu heheh:D

      Delete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Mas broo < salam kenall ya..
    ni saya pecinta aquascape baruu ..
    kayaknya setelah saya baca2 postingan diatas ,
    saya makin banyak info yang well,dan sedikit2 lah saya mengertii..
    tentang cara buat CO2 (meski baru bsok saya praktekin) , sama tentang pasir < sama penataaan aquascape ala mas jajuk ..
    ini kan saya juga ada akuarium yang sudah saya isi ikan , pokoknya udah lengkap dahh ..
    kemarin niat nya mau buat aquascape , tapi kayaknya gagal deh , dari tanaman nya pada mati, ada yang layu , sama dimakan ikan nya :( ,tanaman yang beli di toko ikan gtu, mungkin karna gag ad CO2 nya gtu , terus gag pakek pupuk juga tapikan diatas dijelaskan gapakek pupuk gpp ,,
    nah sekarang yang ingin saya tanyakan sama bro jajuk adalah :
    1.dimana saya bisa beli tanaman yang aneh2 gtu , moss , apa yg dau nya merah2 panjang itu yaa ?? ( posisi saya dijogja)
    siapa tau bro jajuk punya info , karna setau saya , cuma tanamanya yang itu2 aja eh . daun lebar agak bulet, sama kayak tangkai yang keatas gtu ..
    2, ini soal lampu , kan saya pakek aquarium biasa toh , klo lampunya pakek , yang warna warni gtu , bisa gag yaa ?? kebetulan punya saya ada warna biru panjang 4ocm klo gag salah ..
    3, klo semisal saya pakek filter yang tempo dulu yg bentuknya( nyerap air , kemudian air masuk kedalam penyaringan kotak, terus keluar lagi itu lho )<, bro jajuk tau kan mksd saya ??hhee.
    klo filteer yg kayak gitu di modifikasi . model filter samping , biar mesin penyedot airnya gag tenggelam bisa gag ya bang ??
    tolong saya dijelaskan , dan di bimbing :)
    makasiihh .. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung ane jawab ya ?
      1. dijogja dulu ada toko aquascape yg lumayan lengkap nama tokonya the Best Aquarium. di Jln. A. M. Sangaji 33 dekat pasar Kranggan (ngga tau masih ada ga sekarang)
      2. lampu yg warna warni hanya akan membuat akuarium jadi warna warni.. kalo buat aquascape pakai lampu daylight yag terang krn fungsinya sbg pengganti matahari untuk proses daun berfotosintesis.
      3. pake filter apa saja bisa, yg penting kucuran airnya diatur supaya tidak ngocor dari atas.. tapi ngucur di dalam air supaya tidak ada riak gelombang yang kencang di permukaan air

      Delete
  33. gan kalo buat CO2 itu untuk ukran tank P60xL30xT40 bisa ga gan di buat 2 CO2 gtu kira dan kanan biar asupan CO2x lebih banyak gan<<<

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane sarankan satu ajalah.. supaya nggak overdosis ntar efeknya ikan dan fauna lainnya keracunan dan mabuk massal.. :)

      Delete
  34. okee gan trims saranax,,,gan untuk peletakan CO2 itu harus di bawa filter biar CO2x mengalir ya gan,,,thu fungsix apa gan..dan saya buat CO2x dri selang infus lengkap ama pengatru tekananx jadi bsa di sesuaikan gelmbung''x thu gi bagus ga gan,,

    gan ini saya punya tank uranx ukran tank P60xL30xT40,,itu saya gunakan pasir silika tpi di dasarx saya kasih pupuk umur aquascape saya buat kemrin tanggal 17 febr 2013 thu kira'' brpa lama lagi kan bsa melihat keidahanx hehehehe maaf gan bnyak tnya nih ehehh

    ReplyDelete
  35. fungsi CO2 untuk membantu proses fotosintesa tanaman, otomatis mempercepat pertumbuhannya juga. aquascape keindahannya baru bisa dinikmati 2-3 bulan kedepan.. selamat berkreasi :)

    ReplyDelete
  36. heheh,,trims gan infox
    gan mau tnya lagi nih itu ukran gula untuk co2 diy 1/4 kg untuk ukran sendok kira2 berpa sendok gan maklum di rmh ga ada timbangan nh gan hehhe

    ReplyDelete
  37. waah..hahaha... ane juga blum pernah ngitung brp sendok 1/4 kg itu gan.. hehehehe... kira2 satu gelas aqua cup lah..

    ReplyDelete
  38. Salam kenal bang JP..

    Saya termasuk pemula aquascape, ijinkan saya untuk bertanya. Hehe

    Spek aquarium saya yg saya beli bbrp hari lalu adalah :

    -aquarium gex ukuran p36xl22xt27
    -Hanging Filter amara AA-501
    -air pump amara AA-999
    -batu kali putih ukuran -+1cm
    -pasir halus warna nya tidak putih(tdk tahu persis pasir apa)
    -ikan :
    *1ekor sapu2
    *1ekor maskoki
    *3ekor guppy
    *3ekor sumatra
    #semuanya ukuran kecil kurang dari 7cm

    Yang saya ingin tanyakan, saya ingin membuat aquascape seperti lapangan bola, rumput apa yang harus saya pakai dan tentunya tidak menggunakan co2

    Saya pernah melihat pasir warna putih, itu pasir apa namanya? Soalnya pasir yang saya beli tidak putih dan ada siputnya..

    Terima kasih yah bang JP, jika boleh saya minta pin bebe nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk aquascape ukuran tank spt diatas termasuk ukuran nano. Filter, batu kali, pasir dan aerator bisa dipakai. untuk memuat aquascape dengan tema padang rumput bisa menggunakan tanaman cuba, tapi cuba akan optimal kalo pakai asupan CO2, bisa sih tanpa CO2 tapi dengan syarat cahaya yg kuat dan asupan nutrisi dari pupuk cair yg rutin.. pasir putih yg bagus pasir silika super. Untuk Faunanya tidak dianjurkan maskoki dipelihara di aquascape karena maskoki cenderung menjadikan tanaman jadi cemilannya.. :)

      Delete
    2. maav gan,,utk penyinaran tanaman dngn nano tank kira" butuh brpa lama y???
      mohon sarannya.

      Delete
    3. penyinaran ideal antara 9-10 jam, siklusnya terserah, bisa pagi sampe sore, atau sore sampe pagi.. :)

      Delete
  39. Assalamualaikum
    Gan kalau nanem cuba tanpa pukdas & pasir malangnya belum disaring gmn ya gan?
    trus ane mainnya di lowlight gan..
    boleh minta masukan gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuba termasuk medium - high light gan, kalo di low pasti ngga hidup, kalaupun bisa adaptasinya lama dan biasanya daun mengecil dan menguning. solusinya kudu rajin pukcir dan cahaya ditambah.. kalo cahaya kuat cuba cepat menyebar..

      Delete
  40. mas saya mau tanya,
    kalo gak pake pupuk tanaman bisa hidup subur gak??
    saya cuama pake pasir malang,

    kalo buat makanya itu bagusnya berapa kali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya pasir malang juga sdh subur, ga perlu tambahan pupuk lagi paling rutin pupuk cair aja.

      Delete
  41. mas,kalo tanknya ukuran 40x25x25 pake lampu yg jenis T8 8watt cukup gak ya.?
    mohon penjelasannya ya mas.
    #semangat newbie:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ukuran segitu, cukuplah.. walaupun idealnya T8 16-18 watt

      Delete
  42. Mas kasih tau detail nya cara menanam cuba dunk? Trus klo bikin model pulau di atas itu kayak gmbr model mas jajuk gmn? ajarin dunk...
    Thanks ya suhu, hehe...

    ReplyDelete
  43. mas jajuk saya minta info penjual ikan discus di bandung yg bagus dunk? atau farmnya langsung? aq coba telp soreng discus farm tp gak aktif hpnya, mungkin mas jajuk ada info dimana saya bisa mendapatkan discus bagus dengan harga bersahabat? terimakasih mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. diskus murah berkualitas di bandung silahkan kepasar ulekan pagarsih lantai 3, cari kiosnya toyib atau harun. diskusnya bagus2 harga bisa PKL..

      Delete
  44. Gan cara nanem cuba d aquascape yg udh jadi gmn gan? udah ada ikannya juga gan,
    soalnya pas masuk ke air akar yg udh di rapiin jadi megar2

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah kalo sdh diisi air, coba pake piset trus dipotong2 kecil ukuran dadu, benamkan akar kasih jarak 1 cm tiap dadu.. nanti kalo nyebar langsung ngarpet itu

      Delete
  45. om kira-kira rekomendasi tempat yang jual peralatan buat bikin aquascape di bandung dimana yah? mohon ifonya om.

    ReplyDelete
  46. gan..tanya agak bnyk dunx klo ngeset aquascape dgn filter samping gmn yach.?yg input air dsekat pake kawat ram/dkasih ceramic ring,biar pasirnya ga ikut msk kfilter..atau dlepas filter sampingnya truz ganti pake canister.?
    Nb:Cm klo dcopot tktnya bekas lemnya ga ilan jd males liatnya
    trus kira2 bth pompa brp l/jam n volume filter br m3 bwt ukrn 1 :150x50x45(cat:filter samping dcopot)
    ukr 2 :130an x 45 x45..tanx mhn pencerahan biar yg gelap jd terang he.0x

    ReplyDelete
  47. mau nanya dikit gan maklum pemula,,, he he he..
    bisa gak rumput darat untuk aquascap,, soalnya di tempat ane ga ada yang jual tanaman untuk aquascap... mau beli online takut keburu kering tuh tanaman,,,soalnya pengiriman ke tempat ane biasanya 7 hari baru nyampe..di sini ga ada tiki atau jne

    ReplyDelete
    Replies
    1. memangnya tinggal didaerah mana gan? rumput darat ngga bisa dibuat aquascape karna memang habitatnya bukan di air tapi didarat pasti busuk batangnya.

      Delete
    2. yg pertanyaannya bnykn dikit gmn tuch om xixixi :(

      Delete
  48. om saya mau tanya kalo tanaman yg low light dikenain cahaya terus apa yg terjadi?dan yg terpenting soundtrack video diatas lagunya siapa ya? thanks om

    ReplyDelete
  49. kalo JBL Manado itu buat apa ya gan kemaren saya nemu di ACE hardware

    ReplyDelete
    Replies
    1. JBL manado itu susbtrat/ pasir media tanam yang bertekstur dan berpori halus, sangat cocok buat tanaman aquascape krn memberi keleluasaan buat akar berkembang. recommended gan..!

      Delete
  50. saya izin bookmark dulu om jajuk blognya
    penasaran juga saya pengen belajar bikin aquascape hehe :D

    ReplyDelete
  51. Setelah baca2 disini saya jadi tertarik membuat aquascape...saya punya aquarium tapi bahannya dari plastik,bisa gak aquariumnya dipake buat aquascape..daripada harus beli lagi mas..hehe

    ReplyDelete
  52. om tanya boleh y ? :D

    saya pengen bikin aquascape
    modal yg dipunya filter hang on atman sama aquarium uk. 40x30x25 (kalo gasalh ngukur :D)

    setelah baca-baca kalo tanaman bisa di tinggal sampe 3 mingguan

    nah kalo masalah ikan nya yg bingung, saya jarang di rumah pulang paling 1minggu sekali om
    kira-kira ikan sama jensi tanaman nya apa yg cocok ya om ?

    kalo pembuatan aquascapenya mungkin saya pelajari nanti kalo udah mau bikin om :P

    mohon arahan nya ya om
    thanks om :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tank ukuran nano sebaiknya main ditanaman moss aja.. mudah dan perawatan ngga ribet.. tinggal masukin udang, beres.. bebas ngga usah kasi makan.. krn stok pakan udang melimpah di tanaman moss.. hehehe

      Delete
  53. gan nanya lagi nih, kalau tiap sabtu minggu ni ane sring tinggalin tuh aquascape karena pulkan(mudik) kebetulan jg sebentr lg bakal musimnya mudik. aquascape bakal ditinggal seminggu lebih. mengenai pencahayaanya gmn itu ya gan? soalnya pengalaman ane dtinggal 2 hari trus ane kasih cahanya lowlight, tanaman pada layu. kasih tipsnya dnk gan untuk masalah seperti itu baiknya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang dilema, ditinggal lama dalam kondisi lampu nyala.pasti alga booming.. tapi kalo kondisi lampu ngga nyala.. tanaman rawan tumbang.. solusinya pasang aja alat timer supaya tiap 8 jam mati, 8jam nyala...banyak ditoko elektronik relay timer. atau disimpan diteras/diluar aja supaya pencahayaan langsung dari matahari otomatis... tapi kalo cuma3-4 hari kondisi lampu nyala, ngga akan masalah selama diperbanyak aja udangnya..

      Delete
  54. om jajuk, mau tanya nih newbie baru pertama kali set aquascape dah 5 hari :) mo tanya nih om..
    1. moss apa ya om yang bagus untuk karpet yg halus trus main lowlight?
    2. knp neon tetra saya keliat mabok setelah 2 jam saya masukkan padahal dah 5 hari setelah set aquascapenya baru masuk, trus sejam kemudian pada k surga...hehehe
    3. apa redfin gpp klo digabung sama udang?

    Thx om :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. moss yg bagus buat karpet dan low light mini pelia/ricardia/cakra. moss peacock jg bagus.
      2. cek filter mungkin kurang berfugsi bagus, jadi kurang bisa menetralkan amoniak.
      kalo pake CO2 DIY kemungkinan over dosis CO2 jadi ikan mabok.
      3. redfin/red tailshark kurang aman buat udang terutama anakan udang. bukan saja anakan udang ikan lain juga pasti bisa jadi korban kejailannya.

      Delete
    2. wah mantap ruh om mini pelia boleh dicoba untuk set nano tank..
      maklum om filter baru..hehe
      itu redfin dimasukkin dah sulit diambil om, pantas telur red cherry amblas entah kemana..

      tanya lagi nih om jajuk:
      telur red cherry berapa hari menetas ya? trus optimal d suhu kisaran berapa..rencana mau dipindah itu red cherry k tank baru yg mo diisi mini pelia..

      Thx om :)

      Delete
    3. tanya lagi nih om jajuk, saya kan domisili malang, apa ada yang jual hair grass pendek ya om disekitar malang? sekalian pingin nyobain tema aquascape berumput nih kayanya seger banget..hehe

      Thx om :)

      Delete
    4. telur red cherry menetas 2-3 minggu, kalo red bee 4-5 minggu.
      lokasi aquascape di malang kurang tau ya.. tapi kalo penasaran hairgrass pendek lagi banyak stok di sini, kalo mau bisa dikirim dari sini silahkan kontak 0812 2342 798 (fast response)

      Delete
  55. kk tempat jual peralatan aquascape di tangerang dimana yah?
    tolong kasih tau ka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk daerah tangerang kurang tau ya yg jualan aquascape, mudah2an ada aquascaper tangerang yg baca dan bisa kasi informasinya..

      Delete
  56. pengen buat aquascape, tpi kya'nya ko' susah yaa..
    truz ntar cara bersihinnya gmn, plagi kotoran ikannya..
    ntar low pake' filter pasirnya kesedot donk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga susah kok, lebih susah akuarium ikan malahan. krn aquascape perawatan justru lebih mudah. apalagi kali ekosistemnya sdh jadi ngga perlu ganti2 air, tinggal tambah air aja buat ganti air yg menguap. ngebersihin bisa peliara ikan2 pembersih, udang hias jadi secara alamiah. paling sekali2 di gosok2 bagian kaca yg sdh kena alga membandel. filter ngga akanmenyedot pasir asal bisa setup posisi filternya aja.

      Delete
  57. mau buat bingung cari tanaman airya di daerah bengkulu dimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. hari gini masih bingung cari tanaman... hehehe... sdh jaman internet.. tinggal pesen aja dari sana, ane kirim dari sini.. simpel kan? hub nmr ane 0812 2342 798

      Delete
    2. kalo di kirim tahan berapa lama tuh tanaman,

      Delete
  58. salam kenal,
    sy pake co2 diy...tanaman sih subur tapi dipermukaan air byk buih putih yg menggumpal dan minyak yang mengganggu pemandangan....bagmana ya caranya biar tdk sperti itu....mohon pencerahannya...thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. permukaan berminyak biasanya krn ngga ada aliran/gerakan/gelombang dipermukaan. coba atur posisi keluar air dari filter, buat supaya bisa ada sedikit membuat arus dipermukaan, jadi otomatis minyak/lemak akan terlarut.atau secara alamiah bisa hilang/berkurang dgn pelihara ikan permukaan spt guppy, molly.. ikan2 tersebut doyan lemak/minyak di permukaan juga.

      Delete
    2. Trima ksih...mas jajuk....
      satu lgi nih....klo fungsi dari baking powder dlm proses pmbuatan co2 apa ya mas....

      Delete
    3. baking powder juga menghasilkan CO2 disamping juga bisa untuk memperlambat proses fermentasi, jadi otomatis bisa lebih tahan lama..

      Delete
  59. salam kenal, saya mau coba buat aquascape.. kalo menggunakan pasir malang yang dijual d penjual tanaman apa ga masalah, soalnya di cirebon ga ada toko kusus aquascape.. tolong penjlsannya.. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, sama aja.. malah lebih murah per karungnya kalo beli di tempat tanaman hias, cuma biasanya pasirnya kasar/butirannya besar2, jadi harus diayak terlebih dulu..

      Delete
    2. mass.. aquascape saya udah 2 minggu, karena d kota saya ga ada toko husus aquascape jd saya ambilin tuh tanaman air yg ada di sawah.. pas ke sini sini ko ada ulatnya ya mass warnanya ijo, apa karena kebawa sama tanemannya,, trus untuk ngatasinyya gimana..??? makasih sebelumnya.. hehehe

      Delete
    3. tinggal diambil aja pake pinset atau pake tangan juga gpp.. hehehe

      Delete
  60. salam knal,saya masih bingung sama pemilihan lampu yg baik dan benar untuk aquascape saya..
    mohon pencerahannya..
    saya pake aquarium ukuran p30xl20xt25,tu yg cocok kira2 pake lampu berapa watt ya?..
    pake yg uv trus biar ga salah beli merknya apa?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lampu tergantung jenis tanaman, kalao tanamannya jenis low light (moss, vern, rizome) bisa pake lampu 18-23 watt u'/tank ukr 30cm. kalau tanaman medium-highlight minimal 40watt keatas.. jangan pake lampu uv.. krn buat pertumbuhan(fotosintesa) dibutuhkan lampu yng bright/putih terang, jadi pake lampu jenis daylight merek bisa phili**, osra*, atau leute**..

      Delete
  61. mas mohon pencerahan kalo pake pupuk cair tanaman darat bisa gak buat tanaman aquascape,thx sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda, kalo pake pupuk tanaman darat biasanya banyak kandungan 'CU' yg berasal dari urea dan kandungan amonia yg berbahaya buat fauna, terutama fauna yg sensitif spt udang.

      Delete
  62. bagus nih artikel'y...
    jd kepikiran pngn buat aquascape, mumpung dirumah ada aquarium ga kepake, kira2 untuk pemula apa aja alat dan bahan yg perlu disiapkan????

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.. mulai masuk nih racunnya.. hehehe... paling dasar tentu saja substrat buatmedia tanam,kecuali kalo mau main di moss, vern dan rizome yg ga perlu substrat buat numbuhnya cukup tempel media aja., kedua filter, trus lampu yg cukup terang (daylight), kipas pendingin kalo ruangan bera ac tidak perlu pendiningin lagi.. dan tanaman tentu saja..hehehhe.. selamat berkreasi !

      Delete
  63. Gan, bisa gak pake pasir laut yg sudah dicuci pake air panas, direndam, trus juga sudah dijemur ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidakbisa, krn pasir laut biarpun sdh direbus tetap aja masih ada kandungan kapur dan garam mineral yag berbahaya buat akar tanaman.. krn aquascape hakekatnya buat habitat air tawar jadi usahakan media substratnyapun bukan dari air laut..

      Delete
  64. bos alamate dimana, ga puas kalo ga liat langsung, suwun

    ReplyDelete
  65. salam kenal Mas Jajuk. saya new comers di aquascape mau nanya dong Mas.
    1. lampu saya itu 220v 50Hz masuk kategori sinar yg low/medium/high kah lampu saya tersebut?
    2. sesuai dengan lampu saya yang saya sebutkan diatas tanaman apakah yang paling cocok untuk ditanam ya diaquarium saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 220v 50hz itu tegangan dan frekuensinya, daya listriknya nya brapa watt itu..? kalo low 10-50watt, med 50-100 watt, high 100 keatas.

      Delete
  66. mas,, tank saya ukuran'y p.40 l.20 t.20, saya mau tanem java fern sama elatine triandra.. kira2 lampu'y berapa watt ya..?? hehehe makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. java vern dan elatine termasuk tanaman low-middle, jadi buat tank ukr 40 cukup pake lampu 23 watt aja

      Delete
  67. Mas,nanya nih. saya pakai aquarium kecil ukuran 40x20x20, ikan keroyokan 20 ekor (sepat hias, neon api, rainbow, zebra, guppy, semuanya kecil, yg gede cuman black ghost 1 ekor), taneman ga tau apa namamya tapi keroyokan juga, ada 12 pot. kira2 kalau dikasih co2 ikannya mabuk ga ua mas? ni rencana mau dipindah tank, nah, penduduk sekian tadi ideal ukuran berapa? filter saya pakai resun cyclone cy20 sama filter tenggelam aquaman kecil. makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dgn habitat dan penduduk yg padat spt itu sebaiknya tank minimal ukran 80cm, kalau buat tanaman akar lebih baik ditanam disubstrat /pasir jangan dipot supaya akar lebih leluasa berkembang.

      Delete
  68. Salam kenal mas jajuk, mo nanya nih, kalo tank P:120 L:40 T:50, untuk lampu minimal dan maksimal berapa watt? Durasi penyinaran selama 1 hari, min dan max berapa jam? Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cahaya/lampu tergantung jenis tanaman yg akan ditanam, kalo tanamannya berjenis low-mid light ckup pake 23 watt daylight, kalo tanaman high minimal 100 watt. durasi penyinaranmaksimal 10 jam (ideal 8 - 10 jam)

      Delete
  69. salam kenal mas, saya pakai tank merk boyu ukuran 100x40x60. filter sudah included dengan tank (1 merek), model filter atas, yang saya bingung semburan co2 posisi nya harus dimana karena gelembung" nya sepertinya tidak memngikuti arus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. CO2 tidak masalah arah gelembungnya kemana, karna begitu dia tersembur keair, otomatis akan tercampur dengan sendirinya.

      Delete
  70. mas, mau tanya.
    saya pake akuarium ukuran 60x40x40 cm, media tanam pasir malang, pake lampu philips 35 watt, & pake injeksi CO2 DIY.
    tanaman java moss, glosso & red tiger
    Dari pertama ditanam kok ga sukses ya mas? (tumbuhan makin lama makin kecoklatan transparan dan akhirnya mati)
    Kira-kira ada kesalahan apa ya? dan mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang nutrisi baik dari pupuk dasar maupun pupuk cair. tanaman glosso termasuk tanaman yg boros nutrisi. jadi jalo ngga pake pukdas tetep harus pake pupuk tancap, minimal rutin pupuk cair untk tambahan nutrisi.

      Delete
  71. gan komponen yang paling ampuh menjernihkan air tapi tetap aman bagi ikan apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk menjernihkan air sebaiknya jgn pake penjernih kimia, lebihbaik sistem filternya aja yg diperbaiki. krn kalau filter berfungsi baik pasti air akan jernih dengan sendirinya.

      Delete
  72. Mas jajuk,ikan puffer bahaya ngga kalo di campur ma cardinal tetra,gara2 aquascape ku keluar keong kecil2.mohon solusinya.....mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan puffer tidakbahaya buat ikan2 jenis tetra, krn memang tidak makan ikan. tapi bahaya buat udanghias, krn kalo keong2 sdh habis pasti sasarannya udang hias. jadi kalo piara udang hias lebih baik jangan dimasukkan ikan puffer

      Delete
  73. alo mas jajuk...mau tanya...jika ikan mengalamai whit spot dlm aquascape gimana penanggulangannya? apakah bisa menyebar?

    trus...knapa yah...anubias dan buchee saya selalu muncul alga rambut :( padahal udang ada sekiar 10 ekor utk tank 40x 30x 30...apakah kurang udang nya?

    isi tanaman lain ada mayaka, lumpar, java moss, willow moss, cabomba, japan HG, microsorum, spiral, kayu utk moss, dan batua2an...dasar nya pasir malang yg hitam...lampu pakai 23 watt/ 6 jam sehari....CO2 tablet 3x sehari 1 tablet,,,,pupuk cair seminggu sekali setelah ganti air...

    tapi tetap aja ada alga rambut...

    ikannya gupy, neon tetra, red nose, tiger sumatera, alga eater, botia, coridoras cynodensys, neon zebra, cardinal...

    mohon pencerahannya..
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. white spot ngilanginnya.. pindahkan dulu ikan yg terkena.. kasi garam dan acrivlavine (bisa beli di toko akuarium)... kalo perlu kasi cyprofloxaxine (antibiotik beli di apotik).. 2-3 hari pasti sembuh.
      ngilangin alga rambut coba pliara aja anakan ikan nila, paling rakus makan alga rambut.

      Delete
  74. mas mau nanya,di kayu tank ane tumbuh trutam di celah sma ujung smacem kyk alga ato apa ane ga tau warna putih kyk jarum2 gtu trus bnyk.,.kira2 apan y itu?berbahaya ot ga bwt floora sma fauna d tank

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti juga hilang sendiri, kalau mau cepet ya di ambil secara manual ajam, atau peliara aja brushmount/ikan sapu2 pasti bersih tuh alga putih. tdkberbahaya buat fauna..aman.

      Delete
  75. Om jajuk mohon infonya, ane nubi nich, mo bkin aquascspe, kmren bru dpet pukdas jbl aquabasic, itu bagus gak n kira2 brapa bnyak ato brspa cm ketinggiannya dri dasar kaca? Pnya ane uk 60x40...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. jbl bagus, tebal kirakira 2-3 cm, cukup trus lapisi substrat min 5cm supaya pukdas tidak bocor. selamat ngobok !

      Delete
  76. Selamat malam mas jajuk,saya mau tanya.. Sudah sebulan aquascape saya sayangi dengan peralatan dan taneman apa adanya,ga matre kok aquascape saya,, hehe.. Uda tamen peacok moss uda berhasil sampe tumbuh hijau,trs saya tanam lg hair grass dgn cara di tancep,tp ini uda 3hari kok ga hijau2 ya mas? Ini mala jd coklat,apa mungkin konsumsinya yayang HG ini beda ama yg laen mas? Yg lain ga matre apa HG termasuk matre ya? :D curhat aquascape ya mas,dr pd galao :D thks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. HG tanaman highlight jadipastikan cahaya tinggi mencukupi kebutuhan HG (min.54watt), pukdas wajib kalao tidak ada pake pukcap jg bisa, pukcir rutin. Kalau tidak pake inject CO2 usahakan WC 2 hari sekali buat tambahan CO2 alami..

      Delete
    2. maaf ne mas jajuk nanya lg, apa nantinya ga ngaruh ama taneman yg laen mas kalo tak ganti yg 54 watt,, skrng masi pake yg 18 watt

      Delete
    3. buat moss masih bisa toleransi.. kan nyalanya juga ngga 24 jam.. HG harus highlight

      Delete
  77. mas jajuk, infonya dong kalo akuascape saya ukuran
    pnjang 120,tinggi 90,lebar40 dgn ketebalan kaca 5mm
    tp pas bagian atas nya melengkung kacanya krna kebanyakan air
    jadi takut buat isi penuhnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..ngeri ukuran 120 tapi tebel kaca cuma 5mm.. siap2 banjir aja klo pecah... hindari pake batu2an yg besar.. ukuran segitu minimal tebal kaca 1 cm

      Delete
  78. Kapan kita bisa masukin ikan ke aquascape kita mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. minimal 3-4 hari dari setup.. tapi kalo sdh yakin mature ekosistemnya bisa dimasukkan ikan dan fauna lainnya.. test aja dulu masukkin ikan2 kecil yg sensitif..kalau bisa hidup seminggu berarti aman.. hehehehe..

      Delete
  79. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kang saya punya akuarium yang filternya disamping kira2 bisa ga buat bikin aquascape ?

      Delete
    2. bisa, ngga masalah.. lanjutkan! hehehe

      Delete
  80. gan,rencana mau bkin aquascape utk ikan discus tanaman yg cocok apa aja y?dan klo ada contact/alamat penjual/farm ikan discus di sekitar malang yg recomended jga makasih........

    ReplyDelete
    Replies
    1. aquascape diskus sdh pernah ane bikin artikelnya silahkan cek KESINI

      Delete
  81. ass, mas jajuk ... saya newbie juga nih
    mo tanya ... apa tanaman air kalo sudah lebat gak perlu co2 lagi? makasih ...

    ReplyDelete
  82. Mas jajuk... mau tanya.. klo ikan cupang dimasukin ke aquascape aman ga ya... maksudnya tumbuhannya dan ikannya bakal dimakanin ga

    ReplyDelete
  83. salam kenal mas jajuk, saya masih baru tentang aquascape
    akuarium saya kecil mas ukuran 25L, nah buat pencahayaan pake 23 watt itu apakah sudah optimal ?
    dan moss yang paling enak buat ditanem lgsg ke pasir malangnya itu apa ? kalo pake diiket dulu apa gentengnya kita jg tanem di pasir malangnya
    matur nuwun mas

    ReplyDelete
  84. Salam kenal mas jajuk prasetyo .
    Saya baru setting aquascape smnggu yg lalu, sebenernya sih udh lama baca2 blog mas ini cuma modal buat bkinnya baru ada hehe
    Pngen tanya nih .

    1. Suhu yg di tunjukin termometer 26-27 (itu juga ga tau bner apa ngga termonya) perlu pake kipas lagi ga?

    2. Saya pengen tambah udang klo di satuin sama menfish, botia, blacktetra aman ga tuh udang?

    3. Lampu cuma 15 watt itu juga lampu yg bisa di dalem aquarium, cocok ga 15watt buat aquarium 80x50x50?

    4. Taneman saya bnyak yg kuning terus bolong2 juga, itu kenapa yah dan gmna cara ngatasinnya?

    5. Taneman yg cocok buat saya sebagai pemula apa aja mas, yg lowlight aja terus yang ga ribet juga ngerawatnya .

    6. Ciri2 ekosistem di aquascape udh kebentuk gmna yah?

    Maaf mas bnyak tanya maklum masih pemula pngen tau lebih bnyak hehe
    Makasih sebelumnya .

    ReplyDelete
  85. Mas kenapa ya tumbuhan di aquascape saya daunnya ga'bisa hijau....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang nutrisi, coba kasi pukcir makro, kandungan nutrisinya cocok buat daun dan batang. lampu ditambah, dan sering2 WC aja

      Delete
  86. Mas Kalo ukuran Tank 80x40x40 Pakai Kaca uk 5mm Bisa Ga ya...saya mau buat tank untuk Aquascape..Takut kebesaran & Pecah...Gimana Baiknya Mas ? Thanks..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tapi hardscapenya jagan pake batu2 yg besar.. takutnya ngga kuat nahan beban dan retak.. ujung2nya bocor dan pecah. supaya aman kaca dasarnya minimal 8-10mm

      Delete
  87. mas mau tanya , untuk Aquascape menggunakan filter gantung apakah baik ? bagaimana cara mengakali bila menggunakan undergravel filter agar pupuk dasar tidak terbawa keatas(menjadi keruh) , melapisi kapas pada undergravel apakah baik ?mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya kalo buat aquascape jgn pake undegravel, karna seiring berjalannya waktu pasti terjadi penyumbatan akibat penumpukan partikel2 debu/kotoran.. akibatnya fungsi filter jadi tidak efektif dan dpt membunuh bakteri pengurai amonia dan nitrit, jadi harus secara periodik dibersihkan..minimal divacum gravelnya rutin.. repot kan?

      Delete
  88. Om kalo pake akuarium ukuran P30xL30xT45. Bagusnya gmn yaa?
    Dana paling sdikit untuk bikin aquascape brp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya dipake buat aquascape minimalis, tanaman yg berdaun kecil bisa jadi alternatif supaya tank tidak terlihat 'penuh'... dana relatif, kisaran 100rb keataslah..

      Delete
    2. Tapi ukuran sgitu bagus ga sih kalo ada pohon nya.
      Nah kalo bikin kaya pohon gtu pake tanaman apa om yg di tempel di kayu?
      Makasih om

      Delete
    3. Oh ya. Untuk akuarium segede itu bagus nya pake taneman apa ya? Dan kira2 hrg taneman nya brp an?
      Maap om banyak tanya.
      makasih om

      Delete
    4. buat efek pohon bisa pake kayu akar2an dan moss.

      Delete
  89. Om, mau nnya nih.
    1. Untuk ukuran tank 30x30x45(PxLxT) cocok nya pake filter yg kaya gmn ya?
    2. Ktanya ukuran tank segede itu ga prlu pake co2 DIY krn bakal bikin mati fauna nya. Apakah tnaman moss & cobamba bsa hidup tnpa co2 ?
    3. Menanam moss di dasar apakah bisa melebar/ mengarpet dg sndirinya?
    4. Kira2 harga pukcir brp an ya om?
    Maap nih om bnyak nnya. Baru niat mau bikin aquascape. Mohon pencerahan.nya om

    ReplyDelete
  90. salam aquascape :)

    pak jajuk, gimana cara membuat CO2..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari saja artikel nya. Di web ini om jajuk sdh memposting tntang cara membuat CO2.

      Delete
  91. maaf mau tanya untuk lem yang dibuat nyambungin selang make lem apa ya pak?
    saya udah pake lem fox warna kuning,lem pipa. lem g tapi tetep aja g keluar co2 nya heheheh

    udah 3 kali nyoba gagal maning gagal maning mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada keboccoran gan.
      Cba aja cek kali aja ada yg blm ke lem

      Delete
  92. Om mohon jwb pertnyaan sayaa oooom.
    1. Untk tank ukuran p30xl30xt45 cocok nya pake filter apa?
    2. Tank ukrn sgtu ktanya ga prlu pake co2 DIY. Coz bsa bkin fauna mati.taneman cobamba sma moss bsa idup ga klo ga pake co2? Trus gmn solusi nya oomz?
    3. Tanem moss di dasar bsa ngarpet sndiri ga om?
    Udh brhari2 saya nunggu jwbn dari omz -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. iya nih maaf baru kejawab..tank ukuran nano cocok pake filter HOB (Hang On Back). pke CO2 gpp asal cukup 1 bps aja, tapi selama ada pukdas, cahaya cukup, pukcir rutin dan sering ganti air (WC) tanpa inject CO2pun tanaman bisa subur..

      Delete
  93. mas jajuk alhamdullilah berkat ilmu yg si mas keluarkan tentang aquascape sy jd bnyk tau semua sebelumnya tanaman slalu mati tp skrng tanaman sy tumbuh baik dan subur mksh mas jajuk sukses selalu dan sehat slalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu... selamat ngobok ria aja.. semoga makin kinclong aja tanknya ..hehe

      Delete
  94. kang jakjuk..ane puny aquarium ukuran 60x40x40...klo depan mw dbuat padang rumput pke rumput ap ya n btuh berapa bnyak biar ikanya bisa.maen bola:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja rumput yg mudah dulu spt tenelus, subulata. kalau sdh bisa numbuh meningkat ke highlight spt HG, cuba dan glosso.. baru bikin lapangan bola..

      Delete