Thursday, June 20, 2013

AQUASCAPE DISKUS?

Kenapa tidak? memang masih menjadi kontroversi dan perdebatan...Diskus dan Aquascape.. keduanya sama- sama menggambarkan keindahan, yang satu fauna cantik yang tidak diragukan keindahannya, satunya lagi penyusunan flora/tanaman yang sudah pasti menampilkan keindahan yang lain. Tapi sayangnya dua keindahan itu saling bertolak belakang, diskus membutuhkan suhu hangat (27-30) untuk mempertahankan keindahannya sedangkan aquascape justru membutuhkan suhu yang dingin (24-27) untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan keindahannya. Walaupun di alam aslinya juga diskus hidup di rawa-rawa yang tentu saja banyak tanaman-tanaman  air yg hidup.. Naaahhh... kalo dialam aslinya aja bisa hidup berdampingan pasti di akuarium juga bisa diwujudkan.. tentu saja dengan memperhatikan toleransi masing2 habitat keduanya.
Kuncinya sudah ketemu, harus dicari habitat yang bisa mentoleransi kebutuhan keduanya.. dalam hal ini suhu.  harus dicari suhu yang pas buat diskus dan suhu yang pas buat tanaman atau tepatnya tanaman apa yg bisa menyesuaikan suhu yg nyaman buat diskus.

Kita mulai dari penyusunan aquascapenya dulu. pertama kita cari tanaman yang cocok buat di suhu normal 27 derajat. Tanaman jenis microsorium/vern  sangat cocok buat suhu ini, kita bisa pakai windelov, java vern, taiwan vern dan lectus. Jenis lain juga bisa kita masukkan seperti cryptocorine, Huderoi, Anubias, tiger lotus, dan berbagai macam moss juga bisa kita masukkan seperti ricardia, pelia, javamoss, peacock, dll. dan yang terpenting HINDARI TANAMAN2 REWEL!! seperti Aponegetonn madagascar dan Hengkelianus.. karena kedua tanaman ini optimal hanya disuhu rendah. Supaya Diskus tetap menonjol perbanyak tanaman warna hijau, untuk aksen merah cukup pakai tiger lotus. Untuk menemani diskus bisa dimasukkan ikan cantik lainnya seperti neon tetra, cardinal.. kenapa ikan2 kecil? supaya tetap diskus yang ditonjolkan.
dan yang nggak kalah penting adalah, dalam hunting/pencarian diskus diusahakan dapat diskus yang memang sudah terbiasa dengan suhu normal (tank tanpa pemanas/heater)
Akhirnya masalah dan kontroversi terselesaikan.. tanaman subur dan diskus hidup bahagia.. hehehe. .selamat berkreativitas!!

Berikut  video tank aquascape diskus ane di you tube..

 

Terima Kasih sudah mengunjungi SIMPLE AQUASCAPE..





Reaksi:

20 komentar:

  1. Replies
    1. hehehe.. silahkan.. yg penting cantumkan link sumber artikel :)

      Delete
  2. Ass. Mas saya ada masalah tentang filter ugf. Soalnya lama2 pake filter tsb ada endapan di daun sehingga terlihat kotor mas. Ada saran tidak untuk megatasi msh trs. Mkasih

    ReplyDelete
  3. om, saya newbie diskus nih. Tank saya ukuran 60cm, lampu 18watt, floranya rotala, echinodorus, cripto, sagitaria, anubias nana, lotus, marsilea, riccia, cuba. Kira-kira cocok g buat diskus?

    ReplyDelete
  4. mas tank saya ukuranya 80x40x40, jadi kalo saya pake lampu philips14 w kira2 butuh brapa lampu ya mas...?tolong klo pertanyaan saya di jawab ya mas, karna saya takut kebanyakan/kekurangan. (terimakasih)

    ReplyDelete
  5. Discuscape apa harus pakai airpump/aerator?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga perlu aerator cukup powerhead aja.. buat sirkulasi nitrogen..

      Delete
  6. mau nanya kang, untuk tank discusnya kang jajuk pake kipas atau chiller gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. diskus sehat di suhu 28-30 jadi ngga perlu kipas dan chiller, tanamannya aja yg disesuaikan, cari tanaman yg bisa tetep subur disuhu ekstrem..

      Delete
  7. ohh gitu, oiya kang mau tanya, kalo ikan uceng dimasukkin ke aquascape gmana ya kira" kang? soalnya di aquascape saya ada red cherrynya kang. nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ikan uceng jadi inget waktu kecil pas di semarang suka mancing dikali dapetnya uceng mulu..hahaha..lebihbaik jangan krn uceng temasuk carnivora bisa disikat udang ygkecil kecil

      Delete
  8. boleh mnta tlong d krimin gk pasi mlang yg skarung 45 rb nya k pekanbaru.
    klo bisa sms k nmr ne ya kang 085278587213.
    plzzzzzzzzzzzzzz.
    mao belajar juga ne buat aquascape ny.

    ReplyDelete
  9. Asalamualaikum mau nanya gimana cara aquascape subur walau tanpa pupuk cair terima kasih

    ReplyDelete
  10. Blog nya keren gak kalah dari blog. Aquascape jepang terus menulis yg ajib ajib dari anonymous purwakarta pembaca setia simple aquascape wassalam

    ReplyDelete
  11. Salam kenal mas bro, ane mutlak newbie nih.. ane ada aquarium ukuran 80 x 40 x 50 ( p x l x t ). Spek tanamannya yg bagus apa aja mas bro, klu kita tidak pake injecksi co2. Penyiapan lahan tanam nya gimana? Dan jarak lampu ke air brapa bagusnya? Sorry banyak bacot, klu mas bro berkenan kirimin yah rekomendasinya ke mail ane. rynaldie80@gmail.com . Thx banget sebelumnya.. merdeka...

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Kang saya mo tanya klo aquascape bisa ditanem di aquarium yg bentuk vertikal g ya.?
    Mohon jawabannya terimaksih

    ReplyDelete
  14. Kalo diskus makananya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling gampang pelet tetra bits, bisa cacing beku, kalau advance racik/blender sendiri (disebutnya burger) bisa disesuaikan kandungannya dari bahan dan vitamin apa saja, bisa untuk katahanan atau warna, dsb CMIIW

      Delete