Sunday, October 20, 2013

Hilangkan Minyak Dipermukaan Air dengan "SURFACE SKIMMER" DIY

Banyak sekali pertanyaan mengenai permukaan air yang  berminyak/ berlemak.. disamping mengganggu pemandangan juga memperlihatkan tanknya kurang sehat.. untuk itulah masih seputar DIY (Do It Yourself), kali ini ane mau berbagi tentang cara buat Surface Skimmer. Apa itu Surface Skimmer?  Surface Skimmer adalah salah satu alat penting  didunia  aquascape. kenapa penting? karena alat ini dapat memperindah dan membuang pemandangan yg kurang enak terutama dipermukaan air tank yg sering dipenuhi lemak dan minyak  yg cukup mengganggu.. jadi fungsi alat ini adalah untuk menyedot lemak dipermukaan air, supaya  tank anda terlihat lebih kinclong kalo dilihat dari atas..jadi kesimpulannya bukan cuma artis aja perlu sedot lemak.. tank juga perlu lipposuction.. hehehehe...

OK.. pertama2 siapkan dulu peralatan2 sederhana (barang bekas aja... maklum aliran kita adalah ngiritisme) yaitu :











1. Botol bekas air mineral ( isi 1 liter )
2. gunting / cutter
3. busa/sponge
4. filter powerhead

Setelah peralatan disiapkan  mari kita mulai kerjakan..
Langkah 1







 










potong bagian pinggul botol kira2 10 cm dari pantat botol  (atau disesuaikan tinggi akuarum) dan gunting ujungnya membentuk gigi2.. gunanya nanti untuk menyaring kotoran permukaan air.

Langkah 2










Masukkan lobang mulut botol ke selang saluran input  Filter. gunanya untuk supaya filter menyedot kotoran lewat  botol..

Langkah 3










Masukkan sponge/busa kedalam botol (bisa juga tambahkan bioball/ring ceramik) gunanya untuk menyaring/filter air yang masuk melalui botol

Langkah 4







 



tempatkan filter di tank dengan posisi pantat botol yg telah digunting2 berbentuk gigi menghadap keatas  dan gigi2nya muncul dipermukaan..gunanya untuk menyaring/menahan kotoran2 yg besar spt daun2 yg mengambang.

Langkah Terakhir ....
Nyalakan filter... dan lihat permukaan air yg penuh lemak dan minyak akan tersedot  termasuk kotoran2 lainnya ke dalam filter.. dalam hitungan menit permukaan air akan kinclong lagi... hehehehehe... praktis kan?? ngga perlu beli surface skimmer  yang mahal..  

Tank jadi kinclong lagi permukaannya..







Selamat Berkreativitas... !!! GO DIY!!

Skema nya sbb :











Cara Kerjanya :
Ketika filter dinyalakan,  air di permukaan yg penuh minyak / lemak akan tersedot filter melalui lobang botol yang menganga dipermukaan.. secara otomatis lemak tersedot, tercampur dan tersaring kotoran2 beserta minyak2nya nya di filter dan akhirnya dikeluarkan lagi sebagai air bersih bebas minyak....dan permukaan tank jadi kinclong lagi... hehehe

Thursday, June 20, 2013

AQUASCAPE DISKUS?

Kenapa tidak? memang masih menjadi kontroversi dan perdebatan...Diskus dan Aquascape.. keduanya sama- sama menggambarkan keindahan, yang satu fauna cantik yang tidak diragukan keindahannya, satunya lagi penyusunan flora/tanaman yang sudah pasti menampilkan keindahan yang lain. Tapi sayangnya dua keindahan itu saling bertolak belakang, diskus membutuhkan suhu hangat (27-30) untuk mempertahankan keindahannya sedangkan aquascape justru membutuhkan suhu yang dingin (24-27) untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan keindahannya. Walaupun di alam aslinya juga diskus hidup di rawa-rawa yang tentu saja banyak tanaman-tanaman  air yg hidup.. Naaahhh... kalo dialam aslinya aja bisa hidup berdampingan pasti di akuarium juga bisa diwujudkan.. tentu saja dengan memperhatikan toleransi masing2 habitat keduanya.
Kuncinya sudah ketemu, harus dicari habitat yang bisa mentoleransi kebutuhan keduanya.. dalam hal ini suhu.  harus dicari suhu yang pas buat diskus dan suhu yang pas buat tanaman atau tepatnya tanaman apa yg bisa menyesuaikan suhu yg nyaman buat diskus.

Kita mulai dari penyusunan aquascapenya dulu. pertama kita cari tanaman yang cocok buat di suhu normal 27 derajat. Tanaman jenis microsorium/vern  sangat cocok buat suhu ini, kita bisa pakai windelov, java vern, taiwan vern dan lectus. Jenis lain juga bisa kita masukkan seperti cryptocorine, Huderoi, Anubias, tiger lotus, dan berbagai macam moss juga bisa kita masukkan seperti ricardia, pelia, javamoss, peacock, dll. dan yang terpenting HINDARI TANAMAN2 REWEL!! seperti Aponegetonn madagascar dan Hengkelianus.. karena kedua tanaman ini optimal hanya disuhu rendah. Supaya Diskus tetap menonjol perbanyak tanaman warna hijau, untuk aksen merah cukup pakai tiger lotus. Untuk menemani diskus bisa dimasukkan ikan cantik lainnya seperti neon tetra, cardinal.. kenapa ikan2 kecil? supaya tetap diskus yang ditonjolkan.
dan yang nggak kalah penting adalah, dalam hunting/pencarian diskus diusahakan dapat diskus yang memang sudah terbiasa dengan suhu normal (tank tanpa pemanas/heater)
Akhirnya masalah dan kontroversi terselesaikan.. tanaman subur dan diskus hidup bahagia.. hehehe. .selamat berkreativitas!!

Berikut  video tank aquascape diskus ane di you tube..

 

Terima Kasih sudah mengunjungi SIMPLE AQUASCAPE..





Monday, December 24, 2012

Aquascape tanpa CO2 Injection

Baca judul diatas pasti geleng2 kepala... serius nih tanpa CO2 injection???...
yup, betul  aquascape tanpa CO2 tapi tetep subur, ijo royo royo bahkan pertumbuhannya pesat. Masih ngga percaya? ane buka triknya.. 
ternyata simple, pertama kita harus pahami dulu tanaman apa aja yang cocok untuk aquascape jenis ini. sebelumnya kita harus tau dulu kalau fungsi CO2 adalah untuk proses fotosintesa  yaitu proses 'memasak' dan mengirimkan 'sari makanan' dari daun ke akar. sehingga akar bisa bertumbuh.  Nah bisa tidak kalo tanaman tanpa CO2 berfotosintesa?  jawabnya bisa.. terutama tanaman yang tidak berakar dan tanaman yang hidup dicahaya rendah. Tanaman2 ini menyerap nutrisi dari air, pasir dan sampah2 daun yng membusuk.. dan sebenarnya dalam airpun ada kandungan CO2nya terutama kalo kita ganti air (WC).. ataupun dari siklus perputaran air melewati filtrasi itu juga ada kandungan CO2 meskipun tidak sebanyak CO2 injection.
Beberapa jenis tanaman ini antara lain :
  1. Berbagai jenis moss : javamoss, peacock, fire, christmas, phelia, fissiden,  flame, wepping, singapore 
  2. berbagai tanaman mengambang : riccia fluitans, enceng, lotus, eceng gondok,
  3. berbagai jenis rumput2an : tenellus, hairgrass pendek (Eleocharis Acicularis) , hairgrass japan, subulata
  4. berbagai jenis fern/parasit: javafern, Marsilea, Trident, Tropica, Windelov, Phillipine.
  5. berbagai tanaman akar/rizome : Anubias, Bolbitis, Hydrocotyle, Microsorum, Utricularia, Lilaeopsis.

Tanaman2 diatas rata2 bisa ditanam di aquascape tanpa injeksi CO2. selama memenuhi beberapa syarat sebagai berikut :
  1. Suhu dibawah 28 (bisa dengan chiller, kipas, blower, AC)
  2. cahaya sedang-tinggi
  3. asupan pupuk cair rutin (pemicu pertumbuhan)
  4. rajin WC 20% seminggu sekali.

berikut hasil percobaan aquascape ane yang 100% tanpa CO2 

spesifikasi tank :
Ukuran : 120x50x50
flora : peacock moss, java moss, riccia, javavern, windelov, anubias nana, anubias coffeola, tenellus, cabomba, hygropillga difformis, cuba, us fissiden, anubias bateri, waterlily, glosso (sengaja banyak flora dimasukkan untuk pengamatan karakter tanaman)
fauna : diskus, penguin, cardinal
light : TL jebo 30 watt
coller : 2 mini cooler (laptop cooler),  2 mini fan
100%   NO INJECT CO2!!














TANK UDANG 
Spesifikasi tank :
Ukuran : 60x34x35
flora : peacock moss, ricardia moss, valesneria gigantea, glosso, windelov
fauna : redbee, blackbee, red fire, yellow fire, amano shrimp
light : leutech 23 watt
coller : fan cooler AC 15cm

 












Spesifikasi tank :
Ukuran : 80x40x40
flora : peacock moss, java moss, javavern, windelov, anubias, hygropillga difformis,red lotus
fauna : diskus, BW manvis, cardinal,brushmouth, SAE
light : Phillips 23 watt
coller : 2 mini cooler (laptop cooler),  2 mini fan
 



 atau yang lebih sederhana spt di bawah ini :
spesifikasi tank :
Ukuran : 60x40x40
flora : peacock moss, javavern, windelov, anubias
fauna : discuss, SAE, CAE
light : Phillips 23 watt
coller : 2 mini cooler (laptop cooler)  



semua aquascape diatas 100% tanpa injeksi CO2, tapi tetap ijo royo royo kan? jadi nggak ada alasan  untuk tidak buat aquascape  hanya karena peralatan CO2 mahal kan??
hehehehe.. selamat berkreasi..!



Tuesday, December 11, 2012

Membuat Air Terjun di Aquascape

Sebenarnya sudah lama pengin posting artikel ini tapi disimpen dulu,  karena banyak pertanyaan  yg masuk ke email, akhirnya posting juga....daripada penasaran  hehehe...
Pernah liat gambar atau video penampakan aquascape/aquarium yang ada efek air terjunnya? pasti takjub ya.. gimana tidak di dalam air bisa ada air terjun..hehehe... sebenarnya itu bukan air terjun, tapi efek dari pasir putih lembut yang diangkat keatas trus dijatuhkan ke wadah tertentu dan diangkat lagi keatas.. seperti itu siklusnya. Bingung? ... oke biar nggak bingung ternyata simple dan mudah banget, ane kasih tau triknya, sebelumnya siapkan dulu alat2nya..tentu saja yang gratis aja ..biasa barang2 bekas..hehehehe.. (hemat pangkal paha..eh..kaya)

bahan yang disiapkan :
  1. Pipa Pralon diameter 1/2 inch atau 3/4" kira2 ukuran 25cm atau terserah ketinggian waterfallnya..
  2. sambungan pralon untuk belokan
  3. obeng (untuk melobangi pralon)
  4. selang aerator
  5. media penutup (untuk menutupi pralon dan jadi media jatuhnya pasir, bisa batu2an, kayu atau apa ajalah silahkan berkreasi)
  6. dan tentu saja aerator double output (pembangkit udara/gelembung) nantinya dua output di satukan menjadi 1 (satu) output dengan sambungan 'Y'  atau 'T'.
Sudah Siap?  Mari kita mulai kerja..
1. buat rongga di ujung pralon untuk tempat pasir masuk 


2. buat lobang seukuran selang di sudut (tengah) sambungan belokan pralon pvc dengan obeng yang dipanaskan.

3. masukkan selang melalui lobang tersebut tarik sampe ke ujung pralon pvc

4. pasang aerator diujung selang dan simpan diujung bawah pralon pvc
5. pastikan ujung aerator sejajar dengan dasar pralon

6. langkah terakhir,  masukkan pipa pralon kedalam air dengan posisi ujung selang aerator dibawah, nyalakan aerator kalo air bisa menyembur dari ujung pralon berarti proses berhasil, tinggal tempatkan ujung bawah pralon di dasar pasir lembut...
tunggu sebentar pasti pasir terangkat dan jatuh berhamburan disekitar pralon, supaya pasir tidak berhamburan dan bisa terkumpul buat wadah penampungnya.. dibuat sedemikian rupa sehingga tumpahan pasir balik lagi terhisap pralon.
akhirnya...beresss... tinggal kita berkreasi buat tebing2 atau apalah untuk mengkamuflasekan pralon, bisa dengan dililit moss buat menutupi pralon, atau kita tumpuk batu2an menyerupai tebing2 batu di sungai2..

Skema penampangnya kira2 seperti dibawah ini :


Naahh....untuk aplikasinya ke aquascape bisa dilihat di video  tank koleksi pribadi yg ane upload ke you tube bawah ini.. silahkan berkreasi sendiri.



Sumber Video : You Tube koleksi pribadi


Monday, November 12, 2012

Membuat Sendiri FILTER DIY Murah Meriah

Ide memposting ini  terinspirasi ketika ane  jalan2 dan mampir untuk liat2 disalah satu toko aquarium  di jl. Karapitan bandung. Disana dipajang aquarium2 kecil yang berisi udang2 hias ada rilli, redbee, cherry dan juga ikan2 aquascape yang lain. Tidak ada yg istimewa sih  sampai ane perhatikan dengan seksama..  tank2 yang kecil itu bersih tidak ada kotoran2 ikan/ udang padahal tidak ada filter didalamnya. Hanya terlihat aerator/gelembung udara yang mengalir lewat busa…  sampai disitu ane perhatikan seksama ternyata kotoran2 ikan/udang itu terserap busa yang dialiri udara lewat aerator..  waah mulai menarik nih.  Iseng2 ane nanya sama pegawainya yang ramah dan dikasih taulah rahasianya… karena dapetnya gratis maka ane juga akan berbagi ilmu buat pembaca setia . Filter DIY ini cocok sekali buat akuarium yang ikannya penyuka air yang tenang seperti diskus, guppy, molly  dan tentu saja udang2 hias kesayangan kita yang lucu2… dan tentu saja menghemat biaya untuk tidak beli Filter yang lumayan mahal harganya..hehehehe
Oke, kita mulai untuk bahan dan alat sediakan :
  1. Pipa paralon 0,5 inchi dan 2 inchi untuk alas
  2. Semen untuk pengisi alas/pemberat (bias diakali dengan pemberat lain mis. Besi/batu/dll)
  3. Pin (sambungan selang), selang
  4. busa silinder (ada ditoko aquarium atau bikin sendiri, kotak jg bisa)
  5. Gergaji besi dan solder listrik atau obeng (dipanaskan buat bikin lobang peralon)
  6. Aerator (pembangkit gelembung udara)


Cara buatnya :
Bodi Utama kita buat Paralon berdiameter 0.5 inchi dipotong + 30cm, kemudian buat sejumlah lubang di sisi2 peralon dengan mengunakan solder panas atau obeng yang dipanaskan dengan api. Didekat pangkal bawah buat lubang yang rada besar untuk dipasang pin penyambung selang dari aerator. Untuk alasnya potong peralon 2 inci kira2 setinggi  2 cm.
Pasang bodi utama tepat dibagian tengah alas. Lalu tuangkan adonan semen dan pasir halus keparalon alas sampai penuh. Biarkan semen mengering. (atau bisa juga berkreatif dengan yang lainnya..intinya berfungsi sebagai pemberat)
Sebelum busa dipasang  ke bodi utama, haluskan lubang paralon dengan amplas atau pisau tajam. Supaya busa tidak tergores dan sobek ketika dipasang. Pasang pin penghubung selang dan hubungkan ke pompa aerator. Filterpun siap dipakai…….

Cara Kerjanya :
Sangat sederhana sekali, pompa aerator akan mengalirkan udara melalui selang yang terhubung ke silinder kecil bodi utama. Udara berhembus lewat lubang dibawah silinder, Nah ..kuncinya disini, angin akan mendorong air dalam pipa utama keluar lewat atas. Ketika tabung menjadi hampa, air diluar pipa akan tersedot masuk lewat lobang2 pada pipa utama, tentunya sebelum masuk ke lobang akan melewati busa. Saat itulah proses filtrasi terjadi. Kotoran akan terperangkap busa..dan  aquariumpun jadi kinclong…. Simple kan? Selamat mencoba!!

Wednesday, November 7, 2012

Share tempat jualan aquascape & perlengkapannya daerah Bandung


apa kabar agan2.. ? sudah lama nggak ngeblog, jadi mulai gatal2 nih jari2 dah lama nggak ngerasain sensasi ngetik..hehehe lebay ya..
Kali ini ane mau berbagi informasi seputar tempat2 Aquascape yang jualan tanaman, kayu2, ikan2, udang dan assesoris2 aquascape yang lain, tapi sementara ane baru bisa share untuk lokasi daerah Bandung dan sekitarnya yg pernah ane kunjungi, mungkin nanti teman2 bisa menambahkan lokasi aquascape di tempat lain, biar kita bisa saling berbagi.

1. PASAR ULEKAN PAGARSIH
Lokasi : jl. Pagarsih (dari perempatan Astanaanyar + 200m,  Gedung 3 lantai, untuk aquascape dan perlengkapannya di lantai 2.
Ini dulunya favorit ane (sampai sekarang jg masih coy...), karena disini tempatnya santai, tenang dan lumayan kumplit, kenapa jadi favorit ane karena tempat ini penjualnya ramah2 jadi kita bisa konsultasi seputar aquascape. Hampir semua kebutuhan aquascape ada disini, mulai dari tanaman2 yng langka, segala jenis moss, udang2 hias mulai dari RCS,  Redbee, Blackbee, Sulawesi Shrimp, kalau lagi beruntung kita biosa mendapatkan udang Thailand yang eksotis. Kelebihan lain ditempat ini harga bisa nego.. jadi dijamin ga bakalan kemahalan, asal kita bisa akrab ama penjualnya aja..hehehehe.. Oiya buat maniak louhan dan diskus disini tempatnya, soalnya louhan2 dan diskus yang dijual dijamin kualitas dan harganya ajibb.. RECOMMENDED!!

2. SEPANJANG JALAN PETA (MUARA)
Lokasi : dari lapangan tegallega  +100 m arah ke kopo/Cibaduyut.

disini ikan2 hias segala jenis  baik air tawar maupun ikan hias laut  dijual secara kaki lima, tapi karena jumlahnya ratusan jadi seperti pasar ikan saja. Asyik belanja ikan hias disini karena banyak pilihan, harga murah abis,  tapi harus hati2 karena ikan2nya kebanyakan disimpan diplastik jadi kalau anda beli ikan sore2 dijamin pasti ikan sudah megap megap...hehehe
disini ada juga penjual tanaman2 dan peralatan aquascape meskipun tidak kumplit tapi kalau lagi beruntung kita bisa mendapatkan tanaman langka juga.. informasi yg ane denger ikan2 disini dipasok dari Bogor dan Jawa hari Jumat & Sabtu, jadi kalau mau cari ikan sebaiknya datang pada hari2 itu..

3. LAKSANA AQUARIUM
Lokasi : Jalan Karapitan Sebelah Martabak San Fransisko
Ini juga tempat favorit ane, karena  display aquariumnya bikin betah lama2 nongkrongin pajangan aquascape. Termasuk kumplit untuk perlengkapan aquascape dan ikan2 hias tapi harga rada menggigit gan, soal kualitas jangan ditanya ikan2nya sudah diseleksi dan hanya yang bagus2 yang dipajang, yang sakit pasti dikarantina..(kata pegawainya sehh..hehehehe)

4. GAMPANG INGAT AQUARIUM
Lokasi : Jalan Karapitan sebelah Laksana Aquarium
Masih diseputar jl. karapitan, tempat ini juga termasuk kumplit dan bergengsi untuk displaynya, tapi untuk kantong mahasiswa kayanya rada berat maklum ikan2 berkualitasnya rada bikin kantong menjeriut harganya..hehehee...

5. ANGGREK AQUARIUM
Lokasi : Jalan Anggrek lebh dekat lewat Jl. Supratman dekat dengan gedung  KESBANGLINGMAS.
Untuk yng pengemar diskus disini tempatnya, karena diskus2 yg dijual disini kualitasnya bagus2 dan yg penting harganya murah2. Ukuran dari yang kecil sampai indukan kumplit ada disini gan.. Peralatan aquacape juga kumplit mulai dari kayu2, moss, tanaman2 langka dan ikan2 aquascape juga kumplit.
RECOMMENDED..!

6.EVERGREEN
Lokasi : Jalan Kresna No. 46 Bandung
Disini khusus memanjakan anda yang  penggila Aquascape soalnya koleksi tanaman2 dan perlengkapannya kumplit..plit..plit gan.. dan yang penting murah2 gan..!! dan kayanya memang tempat ini khusus buat aquascape mania..
RECOMMENDED..!

7. WAAS BATUNUNGGAL
Lokasi : Jl. Waas Batununggal
Koleksi Diskusnya lumayan kumplit tapi harganya lumayan bikin kaget gan..hehehehe.. mahal amirr... tapi kualitas mantap (sesuai hargalah), Ikan hias yang lainnya juga lumayan kumplit tersedia berbagai macam ukuran mulai dari balita, abg sampe yng tuwir tuwir juga dijual..hehehe

8. LILI AQUARIUM
Lokasi : Jl. Kebon Kawung Sebelah Stasiun Kota Bandung
Pertama kali ane kesini ngga sengaja gan, waktu pulang dari Jakarta iseng2 jalan2 nemu tempat ini. Ikan2nya termasuk kumplit terutama arowana2 kelas menengah kebawah mulai silver, irian, banjar dan pino, terkadang Super red juga ada tapi harganya edan gan...hehehee..

9. HANURA
Lokasi : Jl. pagarsih  Situ Aksan
DIsini koleksi ikan Koinya lumayan bagus2 gan.. harga juga murah, jadi buat yang  Koi Mania silahkan mampir kesini

Sementara itu dulu gan, yang bisa ane share nanti ane usahakan update terus sambil jalan2 cari2 lokasi  baru..kalau ada informasi yang lain silahkan dishare gan..kita saling berbagi aja..


Saturday, September 1, 2012

ikan pembersih lumut dan alga aquascape

Aquascape kita pasti akan indah dipandang kalau kondisi tanaman subur bebas alga dan lumut2 yang menutup daun. Tapi dimana ada tanaman dan sinar lampu yang cukup terang pastilah tumbuh yang namanya alga dan lumut, karena memang kedua hal itulah pemicunya. dan Kaca aquarium jadi kusam dengan lumut2 hijau yang lama kelamaan akan memenuhi permukaan kaca sehingga mengaburkan pemandangan aquascape kita.. kesal?? 
Ya memang cukup mengesalkan kalau kita harus turun tangan sendiri membersihkan lumut2 dan alga2, dan itu cukup menyita waktu kita..Kalau dulu kita mengenal ikan sapu sapu yang rajin membersihkan kaca tapi kurang efektif membasmi alga dan lumut, dan disamping itu penampilannya juga kurang serasi dengan aquascape kita yang indah...hehehe..kasian ikan sapu2 turun derajat...hehehe..
Nah.. untuk 2 hal tersebut diatas yaitu alga dan lumut saya punya dua jenis ikan favorit yang rajin banget memakan alga dan lumut yang nempel didaun2.. dan penampilannya juga cuantik ngga seperti sapu2 yang  sdh ketinggalan fashion hehehehe...
Ikan itu namanya CAE (Chinese Alga Eater ) atau sering disebut juga Lemon Alga Eater adalah sejenis ikan Herbivora, ikan ini khusus pemakan lumut ukuran di alam liar bisa mencapai 28 cm, tapi kalau diakuarium paling maksimal  10-20cm. Warna ikan ini kuning dan putih atau putih kekuning2an. Ikan ini termasuk ikan pendamai tapi jail karena paling senang mengganggu / mencolek ikan lainnya, dan suka hinggap di ekor ikan2 yang besar ukurannya seperti mas koki...iseng ya..?

Nih.. gambar CAE yang lagi sibuk bekerja dengan seragam kuningnya..hehehehe..

 
Ikan herbivora favorit  saya yang kedua adalah SAE (Siamese Algae Eater), termasuk ikan yang sangat mudah dipelihara, selama banyak tanaman pasti ikan ini akan sehat apalagi kalau banyak sekali moss, bisa buat camilan hariannya..dijamin SAE akan gendut..hehehehe..
Ikan ini sangat agresif memakan lumut dan alga sehingga bagus untuk dipelihara di aquascape kita yg kondisinya sudah parah alga dan lumutnya. Selain lumut dan alga ikan ini juga memakan pakan ikan yang lain seperti pelet ataupun cacing beku. Sayangnya kelemahan ikan ini apabila kehabisan stok alga dan tidak diberi pakan ikan yang lain, maka sasarannya adalah lumut dan moss yang kita tanam akan dilahap. Tidak dianjurkan memelihara lebih dari satu karena ikan ini termasuk ikan teritori, jadi pasti akan berantem kalau ada saingan dalam satu akuarium.

Penampakan SAE yang rada gendut di aquascape saya, karena banyak sekali moss yang subur.

Sebenarnya masih banyak ikan pemangsa alga dan lumut yang lain seperti Otocynclus Afinis, Homaloptera orthogoniata, plecostomus atau pleco atau ikan sapu sapu, Botia sang predator keong dan masih banyak yang lainnya lagi. Tapi biar bagus terlihat estetikanya sebaiknya pelihara 2 jenis aja, biar ngga seperti pasar malam..soalnya ikan pemakan lumut biasanya kurang sedap dipandang karena sifatnya yang pasif dan gaya berenangnya yang seperti sopir bajaj.. selonong sana selonong sini...ruameee...
cukup SAE dan CAE aja dijamin bersih aquascape dari lumut dan alga... Selamat mencoba!




Monday, August 27, 2012

Membuat Aquascape Sederhana


Sederhana, dalam artian kita sudah bisa membuat taman  minimalis yang indah dan subur walau tanpa tanaman yang mahal, karena untuk percobaan sebaiknya kita gunakan tanaman lokal yang murah aja dulu. Nanti kalo sudah terbentuk ekosistemnya baru kita tambah dengan tanaman yang bisa bkin dompet menipis..
Siapkan dulu apa saja yang diperlukan :
1. Kaca Akuarium ukuran 40x80x40
2. Pasir Malang
3. Filter
4. Lampu
5. Tabung CO2 (DIY)

Mari kita mulai dengan langkah2 seperti ini :

Langkah I
Siapkan aquarium bekas anda, cek dulu siapa tau ada kebocoran dengan diisi air, setelah yakin tidak ada kebocoran tempatkan aquarium di tempat yang stabil tidak goyang2, bisa dibuatkan meja besi atau meja yang cukup kokoh untuk menahan beban kuat. Pasang peralatan filter disamping/ sesuai selera.

Langkah II
Taburkan Pasir malang yang sudah dicuci bersih secara merata kira kira 5 cm untuk dasar yang rata. Kemudian pasang batu2an sesuai selera trus tambahkan pasir di sudut2 sehingga nantinya akan membentuk gunung2 dan bukit2..untuk lebih bagusnya campurkan pasir malang dengan pupuk dasar yang banyak dijual ditoko aquarium. Tapi untuk proyek aquascape dirumah, saya tidak memakai pupuk dasar..jadi cuma pasirmalang aja, karena pasirmalang adalah pasir dari muntahan gunung api yang diyakini kesuburannya.

Langkah III
masukkan air melalui selang dengan menabrakkan semprotan ke atas piring/mangkok  yang sebelumnya kita taruh diatas pasir supaya pasir tidak berhamburan ketika disemprot air, isi air setengah dari aquarium.


Langkah IV
Mulai masukan dan atur tanaman murah kita satu persatu dengan penempatan sesuai selera. Untuk Javamoss  dan Peacock moss akan keliatan bagus dan alami kalo diikatkan di batu2an atau ranting2 kayu.

GB. Tanaman Dasar


Langkah V
Pasang Tabung CO2 yang kita buat sendiri, pastikan gelembung mengalir dengan lancar.  Setelah mulai terlihat bentuk desainnya baru air tambah sampai penuh (kira2 5cm dari permukaan) dan mulai nyalakan filter  untuk menyaring kotoran pasir.

Gb. Tabung CO2 DIY


Tunggu kira2 seminggu sampai air jernih dan tanaman sudah mulai menumbuhkan tunas2 barunya baru kita masukkan ikan2 murah kita yang cantik... silahkan berkreasi dan nikmati indahnya pesona aquascape

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan aquascape adalah :

  1. Substrate yang subur, usahakan memakai pasir malang .
  2. Suhu diusahakan berkisar dibawah 29C, dan lampu jangan terlalu terang untuk menghindari pertumbuhan lumut yang over populated.
  3. Pilih tanaman yag tepat, untuk pemula cobalah menanam jenis2 moss yang bisa tahan di kondisi low light dan kurang CO2
untuk lebih jelasnya silahkan simak video dari You tube dibawah ini..siapa tau terinspirasi..


Selamat Mencoba!!


Sunday, August 26, 2012

Membuat tabung dan Gas CO2 Murah Meriah


Untuk kalangan aquascaper penggunaan lampu dan suplly gas CO2 sangat penting, karena tanaman sangat membutuhkan untuk berfotosintesa sehingga bisa bertumbuh dengan subur. Kalau dialam nyata/liar tanaman bisa mendapatkan CO2 dari sampah2 daun yang membusuk dan terfermentasi secara alamiah. Tapi kalau diakuarium harus disuplai dari luar yaitu dengan  menyuntikan gas CO2 sehingga tanaman bisa berfotosintesa. Dan kalau melihat harganya, tabung CO2 merupakan peralatan aquascape yang cukup mahal, namun mengingat vitalnya alat tersebut jadi kalau ingin aquascapenya bisa tumbuh sempurna harus ada perlaatan tersebut. Untuk itulah diperlukan kreativitas supaya Aquascape tetap bisa tersuplai CO2 tapi tanpa mengeluarkan biaya yang mencekik. Sebenarnya banyak teori CO2 di mbah Google tapi disini saya akan berusaha berbagi pengalaman  pembuatan Tabung dan Gas CO2 secara minimalis tapi hasilnya maksimal.
barang2 bekas yang dibutuhkan adalah :
1. 1 botol bekas minuman mineral ukran 1 liter dan 1 botol bekas ukuran 250 ml
2. selang silikon kecil ukuran panjang + 2m
3. Gula Pasir 1/4 kg
4. Ragi Roti / Fermipan secukupnya
5. Obeng dan Gunting 

Cara pembuatannya :
  1. Buat satu lobang pada tutup botol yg 1 liter dengan menggunakan obeng yang dipanaskan. dan 2 (dua) lobang pada tutup botol yang kecil.
  2. Potong selang ukuran + 40cm untuk menghubungkan tutup botol besar ke tutup botol kecil..
  3. Penting! usahakan selang rapat masuk kedalam botol kalau perlu diberi lem plastik disekitar lobang penghubung ditutup botol  supaya tidak ada udara/gas yang bocor.
  4. selang masuk ke botol besar kira-kira  2-3 cm dari permukaan botol, sedangkan selang yang masuk botol kecil tenggelam sampai dasar botol.
  5. buat sambungan selang dari botol kecil ke dalam akuarium dengan posisi selang yang ditutup botol kira-kira 2-3 cm dari permukaan botol. 
  6. isi botol besar dengan air hangat sampai hampir leher botol kemudian masukkan gula pasir 1/4 kg trus dikocok sampai merata.
  7. masukkan dan campurkan ragi fermipan 1 sendok makan kedalam botol besar trus kocok sehingga bercampur dengan gula...cium baunya akan seperti bau tape peuyeum..hehehehe setelah itu tutup rapat2 dengan botol yang sudah tersambung ke botol kecil tadi.
  8. isi botol kecil dengan air hangat sampai leher botol.
  9. tunggu sekitar 15 menit air gula akan terfermentasi dengan ragi dan akan menghasilkan gas CO2 berupa gelembung di botol kecil... dan tunggu sebentar maka gelembung CO2 akan segera tersuplay ke akuarium anda.. jangan lupa ujung selang diakuarium diberi difuser/ air stone untuk memecah gelembung menjadi butir2 lembut biar mudah terserap tanaman..
Penampakan tutup botol besar hanya satu lobang yang dihubungkan ke tutup botol kecil, selang yang masuk ke botol besar kira-kira 3 cm dari bibir botol (tidak tenggelam) dan untuk menghindari kebocoran gas saya olesi lubang tutup yang dimasuki selang dengan lem kayu putih (Fox) tunggu sampai benar2 mengering.













Penampakan tutup botol kecil  ada 2 lobang, satu selang yang dari botol besar tenggelam dan satu selang yang menuju ke aquarium kira - kira 3 cm dari tutup botol yang berfungsi untuk mengalirkan gas CO2 ke akuarium.



Penampakan kedua botol yang tersambung :

Lihat... tanaman dan moss jadi subur.. padahal tadinya banyak yg kering.

Untuk lebih jelasnya perhatikan skema di bawah ini :



Proses Cara kerjanya :
Air hangat dibotol besar setelah dicampur dengan gula pasir dan ragi fermipan akan berfermentasi sehingga menghasilkan gas CO2 beserta alkohol yang kemudian dialirkan kebotol kecil. Disinilah gunanya selang dibotol kecil tenggelam supaya gas dan alkohol yang tersalurkan tidak semuanya terkirim keaquarium tapi hanya Gas CO2 nya saja sedangkan alkoholnya akan tertahan diair..supaya ikan tidak pada mabok ..hehehe
Okay..selamat mencoba! Semoga bermanfaat...!







Sunday, August 19, 2012

Menanam Ricchia Fluitans



Pada  dasarnya hampir sama penanaman Ricchia Fluitans dengan Moss yang lain. Hanya yang membedakan adalah Ricchia sebenarnya adalah tanaman yang mengambang, jadi untuk membawa tanaman ini kedasar aquarium harus benar2 rapat mengikatnya karena mudah sekali rapuh dan melayang2 keatas. Merupakan kepuasan tersendiri apabila kita berhasil menanam dan melihat Ricchia kita   bertumbuh kembang dengan subur. Keistimewaan Ricchia ini adalah dia menyimpan oksigen dan pada waktu tertentu akan mengeluarkan secara bersamaan lewat ujung2nya sehingga membentuk gelembung2 kecil yang cantik disetiap ujung2nya. Tanaman Richia akan tumbuh subur apabila  kebutuhan akan CO2 dan sinar lampu mencukupi, apalagi kalau ditambah pupuk cair semakin cepat pertumbuhannya.  Untuk menanam tanaman Ricchia Fluitans sangat mudah, yang kita perlukan adalah : 
1. tanaman Ricchia Fluitans   
2. batu atau kayu ranting (bisa juga pecahan genting yang permukaannya rata..)
3. Benang transparant/ senar atau benang biasa yang warnanya menyesuaikan daun 
4. Gunting 
5. Hair Net atau jaring yang lembut

Pertama kita ratakan Ricchia  dipermukaan batu/kayu (dalam hal ini saya pakai pecahan genting, supaya permukaan rata) , diusahakan jangan sampai bertumpuk tumpuk karena nanti lapisan bawahnya akan mengering bila tidak terkena sinar lampu.

Setelah rata menutup permukaan media, kita tutup dengan Hairnet / jaring kemudian ikat dengan benang secara zigzag supaya ricchia bisa terikat semua, jadi tidak ada mengambang karena jadi terlihat kurang bagus. Penggunaan harnet supaya bisa menutup rata tapi sebenarnya langsung dililit dengan benang juga bisa asalkan spasi lilitan serapat mungkin karena riccia adalah tanaman mengambang jadi  kalau ada celah untuk lepas pasti akan terlepas dan mengambang.

Letakkan dipermukaan pasir atau ranting kayu  yang terkena sinar cukup karena Ricchia  ini akan tumbuh subur bila mendapatkan cahaya yang cukup kuat, dan usahakan suhu akuarium dibawah 29 derajat.. Riccia ini pertumbuhannya termasuk cepat, jadi harus sering ditreaming atau rajin dipotong kalau sudah terlihat tidak rata permukaannya..supaya bagian bawah tetap terkena sinar lampu dan  menghindari supaya tidak  terlepas satu persatu mengambang.


Setelah 2 bulan dirawat penampakan riccia akan seperti dibawah ini... indah bukan?
 Selamat Mencoba!!













Gb.1 Penampakaan Riccia yang dirawat selama 2 bulan.

Thursday, August 16, 2012

Jenis - Jenis Ikan Diskus



Penggemar Ikan Diskus pasti sudah sangat tahu jenis dan kualitas ikan diskus yang bagus dan high grade atau diskus yang berdaya jual tinggi. Selain cantik indah dipandang diskus jugfa punya beberapa strain/ jenis berdasarkan corak, warna dan keturunan yang sekarang sudah sangat banyak akibat perkawinan silang dari induk yang berbeda. Tapi pada dasarnya ada beberapa  jenis yang sudah fixed strain yang sampai sekarang masih digemari dan biasanya dijadikan indukan yaitu diantaranya adalah :


RED ROYAL BLUE
(Stripped form, Thick Lines)
Coraknya klasik sehingga sering digunakan sebagai indukan untuk kawin silang, termasuk jenis Turquoise yang terbaik terbaik.



SNAKE SKIN
(STripped form, fine lines)
Masuk dalam kelompok Stripped form, fine line karena corak garisnya yang tipis



SNAKE SKIN KING COBRA
(Stripped form, fine lines)
Jenis snake skin yang unik karena garisnya berwarna biru membentuk lingkaran-lingkaran kecil sheingga tampak seperti lubang yang berwarna coklat



BLUE DIAMOND
(Solid Blue)
Salah satu jenis diskus yang dianggap abadi karena selalu disukai konsumen di Asia, Eropa dan Amerika. Daya tariknya terdapat warna birunya yang indah dan cemerlang.


RED MELON
(Solid Red)
Dengan warna merah seperti  semangka (Water melon), dan jenis ini cukup disukai dipasar lokal dan pasar ekspor seperti Jepang dan Eropa


SAN MERAH
(Solid Red)
Termasuk diskus yang sangat diminati konsumen saat ini. Banyak digunakan oleh breeder sebagai induk untuk mendapatkan keturunan Red Melon.


GOLDEN MARLBORO
(SOlid Yellow)
Sering digunakan sebagai induk dalam kawin silang untuk mendapatkan jenis Golden yanglebih baik, yaitu Golden dengan corak yangsemakin sedikit)


LEOPARD SNAKE
(Spotted form)
Jenis diskus yang saat ini diminati konsumen di seluruh dunia dan harga pasarnya relatif tinggi, dibandingkan jenis diskus lainnya. Begitu terkenalnya jenis ini sehingga dijaidkan sebagai masterpiece diskus.


MOZAIK LEOPARD
(spotted form)
Merupakan perkembangan Leoprad terbaru dengan corak yang berbentuk seperti huruf C atau O sehingga harganya lebih mahal dibandungkan Leopard biasa.


WHITE DIAMOND
(Hybrid)
Jenis hybrid yang diminati para peternak diskus di Asia, sebagai indukan untuk  kawin silang. DIskus ini juga cukup disukai hobiis karena warnaya yang unik, putih dengan kepala berwarna kuning dan leingkaran mata yang berwarna putih.


FIRE CRACKER
(hybrid)
Jenis hybrid dengan pangsa pasar belum luas, karena produksinya sangat terbatas. Penyebab lain, fire cracker belumj merupakan strain diskus yang fixed.


HECKEL DISKUS
(wild form)
Diskus alam ini disukai konsumen di Asia dan Eropa walaupun pangsa pasarnya masih sedikit. Salah satu daya tariknya terletak pada bar ke 5 yang tampak jelas.

Lihat video diskus koleksiku di you tube




Sumber : Menghasilkan Diskus Variatif dengan kawin silang, Benny Herman S & Marizka The..