Wednesday, August 15, 2012

Menanam Java dan Peacock Moss


Merupakan kepuasan tersendiri apabila kita berhasil menanam dan melihat moss2 kita bertumbuh kembang dengan begitu suburnya, karena ada yang bilang ...'Jangan mengaku aquascaper kalo belum bisa menanam dan mengembangkan tanaman aqua jenis moss spt java moss, peacock, christmas dan jenis moss lainnya .
Sebenarnya semua jenis moss mudah ditanam selama kebutuhan akan CO2 dan sinar lampu yang mencukupi, karena moss akan subur dengan sinar yang cukup apalagi ditambah dengan pupuk cair dan suntikan CO2...wah pasti rimbun tuh aquarium...hehehehe
Untuk menanam tanaman jenis moss sangat mudah, yang kita perlukan adalah :
1. tanaman moss (java, peacock, fire, chrismast dll)
2. batu atau kayu ranting
(bisa juga pake pecahan genting supaya permukaan media rata cocok buat foreground)
3. Benang transparant/ senar atau benang biasa yang warnanya menyesuaikan daun
4. Gunting


Pertama kita ratakan moss dipermukaan batu/kayu, diusahakan jangan sampai bertumpuk karena nanti lapisan bawahnya akan mengering bila tidak terkena sinar lampu.
Setelah rata menutup permukaan media, kita ikat dengan benang secara zigzag supaya moss bisa terikat semua, jadi tidak ada mengambang karena jadi terlihat kurang bagus.


Letakkan dipermukaan pasir yang terkena sinar cukup karena moss ini akan tumbuh subur bila mendapatkan cahaya yang cukup kuat, dan usahakan suhu akuarium dibawah 29 derajat.













setelah 1-2 bulan akan tumbuh subur menjadi seperti ini, dan bila dibuat banyak media akan menjadi karpet peacock moss...


Bisa juga diaplikasikan di kawat ram, sehingga bisa dibentuk/dilengkung dibuat seperti jembatan yang berbalut moss seperti gambar di bawah ini....
Selamat Berkreasi....









144 komentar:

  1. mas beli java mossnya di daerah mana? saya beli di daerah saya (jakarta,jatinegara) tanamanya gk komplit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba chek di sumenep atau daerah celilitan jl raya bogor lama.kira2 200 meter dari stasiun celilitan ke arah rambutan

      Delete
    2. ane beli java moss didaerah sumir pondok gede yang arah ke kranggan :D

      Delete
    3. http://www.kaskus.co.id/post/50b2ccaa2675b41231000017#post50b2ccaa2675b41231000017

      Kali ad g berminat..lokasi cawang jak-tim gannn

      Delete
    4. Coba di Jl.Sumenep - Menteng.
      Lengkap koleksi tanaman, peralatan dan ikan-ikan untuk aquascape sangat bervariasi

      Delete
  2. kalau buat aquascape memang bandung surganya.. disini hampir tiap toko aquascape pasti jual moss baik javamoss, peacock atau yg lainnya. kalau daerah Jakarta kurang paham ane.. mungkin ada teman2 lain yg bisa kasih informasinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mahal mahal di bandung mas, beda sama di jkt...lbh murah dan komplit, saya keliling bandung tp harganya lbh tinggi drpd di jkt. saya lbih suka beli di ps ikan cengkareng

      Delete
  3. searching dikaskus aja gan..
    banyak kok yang jual didaerah jakarta..
    ane juga ada nih stok java moss...

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. mengenai tempat2 aquascape di Bandung sudah pernah saya posting khusus, coba liat KESINI

      Delete
  5. java moss itu harganya sekitar berapa ya mas ?? :D
    soale aq masih newbi nii
    kalo daerah malang dmana ya tempatnya, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. javamoss harganya 5-10 rb takaran segelas aqua. kalao peacock 35-50rban untuk ukuran sama.. itu harga di bandung, ngg atau kalau di jatim. mungkin rekan2 lain ada yg bisa bantu?

      Delete
  6. Kalo berkenan saya numpang nitip lapak y kang jajuk...tengkyu.. mungkin ad yg berminat sm taneman jualan saya...hehehehe
    http://www.kaskus.co.id/post/50b2ccaa2675b41231000017#post50b2ccaa2675b41231000017

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok gpp, sesama kaskuser dipersilahkan..

      Delete
    2. om om kaskuser juga ya...
      nama id nya apa om..boleh nih kita pren...sekalian tanya2...
      id saya bagusthunder125 om...kalo berkenan mohon di add pren ya om... makasih sebalumnya...

      Delete
  7. Di trikora 2, atau di deket lampu merah kramat jati yg mau mengarah ke cijantung ada toko kecil, di situ jual java sama peacok

    ReplyDelete
  8. Nge post lg dong gan, tentang tips menyusun tanaman :)

    ReplyDelete
  9. tpi klo ane pake rumput2 darat
    tpi hasilnya memuaskan aqwarium ane kaya lapangn bola setelah ane guntingnin

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..blum pernah coba tuh, mslahnya bisa subur ngga rumput darat ditanam didalam air.. biasanya ngga tahan lama.. tapi boleh juga idenya..thx..!

      Delete
  10. Kang dpt java,peacoc moss dmana??
    Kmaren" ane k pasarulekan lg gda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipasar ulekan biasanya kudu pesen dulu gan,
      kalo javamoss di jl. peta pasti ada gan.. selamat hunting.

      Delete
    2. Ok tar saya coba k jl.peta,patokannya apa kang..?

      Delete
  11. gan maksudnya "bila dibuat banyak media akan menjadi karpet peacock moss..." itu gmana?
    kita tambahin lagi batu" di skitar tanaman mossnya gtu?
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya ada banyak media ditanami moss supaya tidak menggelembung, simpan di foreground (biasanya diramkawat) nanti kalo sdh jadi batas ramkawatnya akan tersamar oleh moss jadi ngarpet gan..

      Delete
  12. om kalau mengenai pencahayaan sudah pernah di bahas belum agar tanamannya subur...
    kalau belum bis tolong di bantu apa aja yg di butuh kan, jenis lampu nya yg kya gimana?
    thx ya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. gini gan, masalah pencahayaan sbenarnya simple2 aja seh.. ane termasuk yg ngga mengikuti pakem aquascape..hanya naluri dan pengalaman aja.. biasanya ane pake lampu TL Phil**s yang 18 watt untuk nano tank, dan 23 watt untuk yang sedang (100x40x50).. yang penting lampu daylight gan. jangan ultra violet apalagi yg remang2.. selama pengaturan cahayanya pas pasti subur gan..

      Delete
    2. om tank saya ukuran 30x40x50, pake lampu pilip 24 watt, bagaimana menurut om, trus disinarin berapa lama om?
      apa kah seharian apakah ada jam2 tertentu...

      Delete
    3. ukuran nano spt itu sebenarnya cukup pake yang 18 watt aja.. supaya menghindari pertumbuhan alga yg cepat. maksimal 10jamlah nyala.. siklusnya bisa pagi sampe sare atau sore sampai pagi.. terserah..

      Delete
    4. oh itu kegedean ya om watt nya, biasanya kalo ke lebihan watt kya gt, numbuh alganya dimananya om?
      trus klo saya perhatiin di dahan pohon saya keluar kya putih2 atau selaput gt om. apakah itu yg di sebut dengan alga? dan saya sudah mengikuti saran dr om untuk menyalakan lampunya, saya mulai menyalakan lampu, jam 5 sore smp pagi pas saya berangkat kerja.

      terima kasih om untuk penjelasannya

      terima kasih om

      Delete
  13. Om klo moss nya saya tutup pake kawat nyamuk, tp kawat nya yg rapat itu ya om, bukan yg jarang2 lobang nya. itu tetep bisa numbuh ga om moss nya

    terima kasih om, mohon bimbingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditaruk aja diakuarium tanpa diiket juga bisa numbuh itu moss, cuma tumbuhnya jadi ngga beraturan..bebas aja, cuma buat estetika kan lebih bagus diiket di media bisa kayu, batu, kawat ram atau apa sajalah.. kalo bisa pake kawat ram yang anti karat (banyak dijual di toko bangunan)

      Delete
  14. gan mau tanya, apa bener kalo mini pearl moss itu pertumbuhannya lebih lambat dibanding pearl moss yg biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah..kurang tau ane gan.. masalah pertumbuhan tanaman cepat atau lambatnya tergantung subtrat, cahaya, pupuk, CO2 dan perawatan yg bagus gan..kira2 mungkin begitu gan.hehehe

      Delete
  15. peacock-java ngdadak jdi brang langka d bdg hadeuuhh..

    kang klo moss yg cpt prtumbuhannya d low ligh & ngarpet apa ya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling bagus dan cepet peacock moss..
      memang kalo lagi langka susah nyarinya, ane lagi nanam/nyemai peacock mungkin sebulan lagilah baru bisa edar..

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Gan mau tanya... klo Moss ane warnanya agak kcoklatan. knp yaa?? udah gtu airnya agak kuning. mohon pencerahanny gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi mossnya masih daun darat gan.. waktu beli nanya dulu ngga? atau kalo ngga kemungkinan lampunya/cahaya terlalu kuat dan terlalu lama gan.. usahakan untuk moss jangan terlalu terang.. bisa layu/ kekuningan. disesuaikan aja dengan akuariumnya.

      Delete
    2. ane pke lampu 20Watt, tpi kya 100Watt gan menurut Kardusny seperti it. apa mungkin krn 100Watt it yaa?? Moss Java gan punya ane.

      Delete
    3. kemungkinan java mossnya masih daun darat.. kudu rada diatas nyimpannya gan biar kena sinarnya maksimal, jangan didasar.. nanti kalo sdh keluar daun air baru bisa disimpan dimana aja..

      Delete
  18. gan nubi mau tanya, kalo lampu nya pake lampu khusus aquarium yang ditempel dikaca bisa ga ???sori nubi pengen belajar bikin aquascape nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja, yg penting bisa untuk berfotosintesa tanaman. tapi biasanya lampu yng nempel dikaca bukan jenis daylight.. jadi kurang optimal kalo buat aquascape.. tapi dicoba ajalah..

      Delete
  19. gan buat artikel ttg membuat dudukan lampu nya dong...bingung nih cara buat nya..yg sederhana aja gan.tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. okay nanti di buatkan artikelnya ttg lampu yg simple2... tunggu aja ya..

      Delete
    2. asik nambah ilmu lg...thx om

      Delete
    3. pakai pipa paralon om,dasaranya pakai T di belah trus pakai L murah meriah,ane juga pakai,bahkan dudukan kipas juga ane buat gitu

      Delete
  20. sementara saya masih dalam tahap belajar gan, tapi tanaman masih susah untuk hidup didasar pasir malang gan, padahal udah dikasi dasr humus dari rawa pening, ada tanaman tertentu yang mati, jenis pakis, apakah kurang pupuk atau terlalu dalam , uk aquarium 50 x 60 x 100
    mohon kritik dan sarannya gan,, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. rawapening deket salatiga daerah dingin harusnya aquascape gampang subur ga perlu pake chiller suhu sudah dingin... heheehe.. kemungkinan pertama tanaman masih daun darat, jadi begitu dimasukkan kedasar layu. Kedua, mungkin nutrisinya kurang coba ditambah dengan pupuk cair seminggu sekali. Ketiga, Coba dinjeksi CO2 .. ada jenis2 tanaman yng ngga bisa hidup tanpa CO2. sementara itu dulu gan, kalo boleh tau spesifikasi aquanya apa aja gan?

      Delete
  21. gan nanti tali'nya perlu di lepas lagi apa di biarin aj,,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarkan aja, kalo kita pake benang katun nanti lama2 hancur sendiri..

      Delete
  22. ada gag ya moss yang buat diikat dipohon ,jadi kyk daun dipohon, kalo ada jenis mosss apa ya...nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya pake peacock moss lebih natural kalo buat efek daun di pohon, krn konturnya yang lemas dan cepat pertumbuhannya.. selain itu juga bisa pake flame moss, christmas moss atau pake philia juga bagus..

      Delete
  23. kang saya ini masih bingung sama lowlight, kalo aqua ukuran 35x80x40 pke lampu jebo 25 watt, itu lowlight bukan?....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup betul.. untuk tank ukuran segitu jebo 25 watt masih tolerans untuk low light..

      Delete
  24. gan itu pake pecahan genteng ya..??
    klo mau pake kawat ram yg rapet apa yg longgar, trus kalo mau ngiket gimana cara'nya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau pake kawat ram yg aluminuium yg anti karat, disebar rata jangan bertumpuk dan rada rapat, ngiketnya sama aja tinggal diiket zigzag..

      Delete
  25. kalo mau bikin tataran moss di sisi sisi jalan(maksudnya desain bentuk jalan di aquascape) itu gmna kang?....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikat di batu/ media yg posisinya di sisi2 jalan.. kalau sudah rimbun bagus jadinya.

      Delete
  26. Klw java moss dah rimbun trus qt potong supaya gk tinggi ntar mati gk ya moss nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp ditriming aja biar rapi, javamoss kalo dibiarkan liar jadi semrawut... perlu juga ditriming. kan bisa diikat dan disebar lagi kemedia lain..

      Delete
  27. sory nih kang nanya lagi, kalo batu zeolite bisa di pake buat hardscape di aquascape gak ya?

    ReplyDelete
  28. batu zeolit bagusnya buat campuran filter karena menyerap amoniak dan bisa menjernihkan air.. kalo buat hardscape kurang cocok takutnya malah mengganggu ekosistem aquascape.. krn dikuatirkan menyerap nutrisi dari pupuk juga.. tapi sejauh ini belum ada keluhan dari yang menggunakan batu zeolite buat hardscape..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok ok, hehe..soalnya bnyk stock zeolite dirumah dan dipikir pikir zeolite jga keliatan bagus jdi pgn nyobain buat di pasang di aqua..
      :D tnx

      Delete
  29. kang mau nanya nih klo nanem moss aja di aquascape itupun di tempel di kayu apakah tidak apa2 klo gk pake pasir malang maupun pupuk dasar cuman ngandalin pupuk cair sama lampu????

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cuma moss sih ga pake pasir juga gpp.. moss kan tidak berakar jadi ga perlu media pasir cukup diikat dikayu atau batu aja.. rutin pupuk cair dan cahaya cukup pasti subur..

      Delete
  30. Gan buat moss daun darat di jadiin moss daun air butuh waktu brp lama gan?
    itu moss udh ane iket di genteng, ane simpen di baskom yg tmpatnya kena sinar matahari.. cara itu bener ga gan? tengkyu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma sekedar saran nih gan
      sebulan lalu ane juga pake cara gitu,
      moss ane tempel di kayu, trus ane rendem di stryofoam, ane taro belakang rumah,
      cahaya matahari kena, ane tambah pupuk cair sama co2..
      dalam waktu sebulan emang udah keliatan bgt tumbuhnya,,
      tapi sekarang ane kewalahan karna alga rambut yg ganggu & ngehalangi moss ane..

      Delete
  31. Jadi gmn ya gan?
    apa moss nya di taro di tank, biar ganti daunnya di tank aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. begini nih caranya treatment daun darat supaya jadi daun air, simpan daun darat yg diikat dimedia (kayu/batu/kawat) di deket permukaan kira2 jarak 2 cm dari permukaan air.. lebih bagus dibawah cahaya langsung.. tunggu kira2 sebulan nanti keluar tunas2 daun air muda.. nah..kalao sudah merata tunas2nya baru pindahkan didasar atau di tempat diinginkan. Tapi jangan kaget biasanya daun darat akan menguning dan bahkan mengering tapi itu biasa selama tumbuh tunas baru gpp..

      Delete
  32. paling demen baca blog aquascapenya mas joe,ga bosen2 bacanya,hehe...btw mas ada yg nyontek tulisan mas nih http://fish-aquascape.blogspot.com/2012/11/menanam-java-dan-peacock-moss.html.

    ReplyDelete
  33. iya sudah ane baca.. ane jg sdh berkomentar disana.. ada 6 artikel ane yg dibajak plek ketiplek .. paraahh.. kita komentar rame2 yuh kesana buat kasih pelajaran..

    ReplyDelete
  34. mas , saya udah beli moss nih tapi seCupnya yampur2 pas saya iket di kayu/kawat mosnya gak tumbuh2 airnya udah dingin kok udah dipakein kipas ,gimana ya mas biar mossnya subur lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. moss cukup lama numbuhnya, minimal sebulan baru mulai terlihat tunas2 bermunculan.. kuncinya di cahaya/ lampu dan pupuk cair. kalau cahaya pas dan pupuk cair rutin pasti numbuhnya juga cepat, kalo masih ngga numbuh juga kemungkinan itu moss masih daun darat, gagal adaptasi. biasanya jadi berubah warna coklat dan kering.

      Delete
  35. Mas, peacock moss saya diiket kencang2 agar tidak lepas jadi terlihat padat, saya menggunakan areator/filter juga, dengan akuarium sebesar 40 x 35 x 35, cahaya lampu 1000K/10 watt. Apakah bisa tumbuh subur? karena sudah hari kelima moss saya tidak terkesan akan tumbuh, dan bagaimana ciri2 tunas moss yang akan tumbuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. peacock mengikatnya justru jangan terlalu padat apalagi bertumpuk2, pasti kering dan mati yg bagian dalam. peacock subur di suhu 26-29 dan di cahaya medium. tank 40 idealnya pake daylight 15watt. moss ngga numbuh2 kemungkinan masih daun darat dan gagal adaptasi, ciri2 numbuhnya ditiap pucuk2 daunnya ada tunas hijau muda yg cerah,,

      Delete
  36. mas kalau saya boleh tanya..jenis tanaman apa saja yg bagus untuk hight light..? Dari yg untuk karpet, midground,dan backgroundnya. Salam kenal dari sy di medan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanaman high yg bagus buat karpet : cuba, glosso,hairgrass
      midground : ludwigia, nympea, red rubin, echindorus,aponogeton, hydrocotyl dll.
      background : gigantia, crinum, valisneria, cabomba dll..
      salam kenal juga ...

      Delete
  37. mau nanya mas apakah di solo ada jenis2 tanaman moss.kalo mas jajuk tau,saya minta info.saya diboyolali

    ReplyDelete
    Replies
    1. disolo kurang tau ya.. tapi kalo perlu jenis2 tanaman moss, bisa dikirim dari sini tinggal pesan aja.. :)

      Delete
  38. wah java moss n fern liar ditempat ane banyak tuh, ternyata ngerangkainya kayak gitu yah, besok coba ah, thnks ya masbro

    ReplyDelete
  39. mas tempat yg bgus untuk beli2 alat aquascape d bandung dmana ya dan kalo bsa di deket rumah ane yg di arcamanik...

    ReplyDelete
  40. slam kenal mas saya dari Surabaya gini mas saya mau nanya apakah air tanah berpengaruh pada Moss? soalnya saya pakai air sumur kok Moss nya berubah jadi kusam atau kah dari pencahayaan yg kurang tank saya 60x30x45 dan saya pakai lampu 25W terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. air tanah banyak kandungan besinya, biasanya berpengaruh ketanaman jadi kekuning2an, kalobisa didiamkan dulu sehari biar mengendap trus ambil air permukaannya. lampu 25 watt cukupbuat 60x30x45

      Delete
    2. terima kasih mas atas balasanya sorry nih saya mau nanya lagi hairgraass apa perlu tambahan Co2 soalnya aq mau coba nanam. soalnya aq lihat punya temen ku itu g pakek Co2 hairgrass nya banyak yg berubah jd coklat tp masih ada sebagian yg masih ijo maaf ya mas banyak nanya

      Delete
    3. betul hairgrass lebih optimal kalo pake co2.

      Delete
  41. mas jajuk maaf sebelumnya,mau numpang tanya nih mas,saya nanem Peacock Moss,ukuran akuarium 30X20X25cm,pakai lampu philip spiral 8 watt,pakai pupuk cair flora green,pakai co2 DIY,airnya pakai air kran,yang jadi masalah kenapa daunnya jadi kusam dan ada yang coklat tetapi ada tunasnya,gimana mas penyelesaiannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang cahaya, tambah minimal 15-18 watt daylight untuk tank nano spt itu. usahakan moss dipeliahara udang2an dijamin moss sehat dan ijo royo royo..

      Delete
    2. -setelah baca jawaban mas jajuk ke mas jhon thor ternyata air pengaruh ya mas,soalnya airnya pakai air sumur bor,apa harus di endapin seharian juga mas.
      -saya tinggal di cileungsi mas,suhu minimal yang bisa saya dapat pakai 3 fan komputer (12 cm) 28-30 c,suhu segitu pengaruh g mas buat peacock moss dan kalau di kasih udang,untuk suhu segitu udang jenis apa mas yang cocok.soalnya kalau mau tambah fan lagi tempatnya tidak muat mas.
      -kalau jarak lampu ke permukaan air pengaruh juga g mas?
      mohon maaf sebelumnya mas kalau banyak tanya,soalnya masih awam mas

      Delete
  42. Salam kenal, saya Teguh dari surabaya, Mas tolong info harga tanaman untuk karpet, midground, background. Fob surabaya, tolong email ke hersiswo@gmail.com, trims

    ReplyDelete
  43. trim's infonya..bermanfaat banger buat ane ,kalu masih ada bagi-bagi yaa..

    ReplyDelete
  44. gan kalau moss yg cocok bwt rumput2an yg jenis apa namanya? kisaran harganya brp ya gan? trs kl melihara moss jenis ikan apa yg mesti dihindari. tq gan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. moss jenis apa aja cocok buat dasar, selama pemasangannya rapi dan rata. biasanya yg bagus jenis ricardia krn termasuk moss pendek, java & peacock juga bagus asal rapi aja ngikatnya di media.. ikan yg dihindari tentu saja ikan yang jenis herbivora (pemakan tanaman) biasanya keluarga ikan mas (koki, koi, komet, nila, mujaer, gurame)..

      Delete
    2. kalau boleh usul pakai ricardia aja mas,soalnya efek yang di timbulkan kalau sudah lebat sangat bagus seperti embun

      Delete
    3. mungkin yang dimaksud seperti embun riccia fluitans bukan ricardia, kalo ricardia itu mini pelia atau sering disebut cakra moss..bagus buat dasar.

      Delete
    4. kalau buat dasar pake medianya ram kawat ya gan? kl dtanem dpasir kira2 bisa gk gan^^
      oiiya gan kasih tips dnk cara nanem (nambahin pohon) di aquarium yang udh jd. biar gk ngerusak taneman sekitar dan pasirnya.

      Delete
  45. Mas jajuk terima kasih banyak buat bantuanya,sekarang moss saya subur banget,walapun ada alga sih bisa di tolerir sama udang mas. Padahal pupuk yang di gunakan hanya pupuk cair seharga 5 ribuan.Setelah saya ganti lampu tetap masih hitam mossnya, terus saya coba airnya saya endapin,2 hari setelah itu tunasnya tumbuh merata mas + ijo royo2 deh:).
    Mas Jajuk memang TOP BANGET

    ReplyDelete
  46. mas jajuk boleh nanya?,tapi diluar topik moss mas,mas kenapa ya kandaka saya ada bercak hitam2 dan ujungnya transparan ya mas,terimakasih sebelumnya mas jajuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya akibat cahaya overlight menimbulkan alga/lumut hitam di daun2..kadaka tanaman low-medium, kalo kena cahaya tinggi mudah tumbuh lumut2 hitam di pinggiran daunnya.

      Delete
  47. hal itu juga berpengaruh ke anubis ya mas?,soalnya anubis saya mengalami hal yang sama,kemarin pernah nyoba di turunin cahayanya efeknya ke kandakanya tetap sama mas tapi dia bisa kaya tumbuh yang baru di ujungnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau diujung daun kadaka numbuh kaya tanaman itu brarti keluar rizome baru (anakan kadaka) dari daun. anubias kalo bisa jangan terkena lagsung cahaya, simpan aja di bayang2 tanaman yg lain.

      Delete
    2. om jajuk ketemu permasalahannya untuk kandaka,sepertinya untuk kandakanya aliran air dan pupuknya,setelah post saya coba masukkan power head dan saya coba pakai mic mac,perlahan hitam2nya mulai berkurang mas dan ujung kandakanya mulai hijau. terima kasih mas karena lewat blog ini bisa belajar banyak

      Delete
  48. suhu aquascape mas jajuk y keren dan maco, ane mau tanya niih, knpa yaa moss ane uda seminggu ga nampak pertumbuhannya ? pdhl uda pake lampu daylight 23 watt, kipas, pupuk cair. ane lupa nama mossnya, warnanya jg skrg ijo gelap gitu dr smenjak beli. thx b4 suhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo diliat spek dan perawatannya, harusnya numbuh subur itu moss, tapi kalo baru seminggu ya wajar belum terlihat pertumbuhannya apalagi kalo mossnya belum 100% daun air, perlu waktu buat adaptasi. coba diliat aja dulu nanti minimal sebulanlah, kalo tetep tdk ada perubahan berarti memang itu moss msh daun darat dan gagal adaptasi. usahakan moss terkena cahaya lampu langsung, jangan sampai terhalang bayang2 tanaman lain.

      Delete
    2. oke suhu, trima kasih skali infonya, biar tuhan yg membalas.

      Delete
  49. maaf nih bnyak naya
    gan, moss yg paling enak ditemen itu apa ya? kalo 76x40x40 lampunya brp watt ya buat nanem moss, anubis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. moss dan anubias termasuk tanaman low cenderung middle.. jadi pake aja 23 watt daylight..

      Delete
  50. om klo ikan sy di aquarium sprti niasa,lemon,red zebra,dan ikan relusa itu cocok gak buat aquascape ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lemon termasuk jenis ciklit kurang cocok di aquascape..

      Delete
  51. salam keren akang yang satu ini,hehe,,kang tanya kalo bersihin kaca tanki yang kekuningan di permukaan di bagaimanakan yah? kuning itu pengaruh dr pukcir? karna setiap saya pukcir air berubah agak kuning..pukcir saya warna kuning memang..tengkyu kangbrow :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo habis dikasi pukcir yg warna kuning, air jadi kuning ya berarti sudah jelas tersangkanya.. hehehe... bersihin kaca kuning dilap aja kalo belum mengerak, kalo sdh jadi kerak ya terpaksa diamplas pke amplas paling lembut (no.200)

      Delete
  52. Mas nanya, kalo ud tumbuh tinggi mossnya, tinggal digunting dan dipindah ke kayu / media lain kan ?

    Masih ga ngerti cara mengembang biakkannya.. mohon petunjuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul.. tinggal ditriming aja.. pindhakan lagi ke media lain buat perbanyak

      Delete
  53. om mau nanya,moss di tank saya udah 2 bulan kok ga rimbun2,padahal saya rutin kasih pukcir dan cahaya lampu di tank 20watt

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. coba di teliti, banyak kutu2 kecil nggak (hama gamarus) mirip2 udang kecil putih bongkok yg cepet banget larinya.. itubiang keroknya moss ngga bisa rimbun. daunnya banyak dimakanin, jadi moss lama-lama tinggal tulang daunnya aja.

      Delete
  54. om juk...ane newbie br 1 bulan....kebetulan di tank ane (60x40x40) rata2 moss....cm ane ga paham beda java moss n peacok moss, bs ksh thu g bedanya, oh ya reaktor co2 diy sdh 2 mnggu berfungsi (tks ilmunya..), skarang lg belajar buat air terjun di tank lain...tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. javamoss tekstur daunnya kasar dan bentuknya tidak beraturan, peacock tekstur lembut dan tumbuhnya menumpuk dan melebar cenderung jatuh.. lebih jelasnya googling aja gambarnya ..

      Delete
  55. Om Jajuk,
    Saya baru belajar aquascape.
    Masih bingung dengan istilah om Jajuk mengenai daun darat dan daun air. Mohon kasih sedikit penjelasan. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. daun darat itu biasanya tanamannya ngambil dari darat bisa ditepi sungai, air terjun, dinding2 batu pinggir sungai, jadi bukan daun yg tumbuh diair. kalau daun air tanaman itu sudah hidup dan tumbuh di dalam air, jadi daunnya sdh adaptasi jadi daun air.

      Delete
  56. mas saya mau set up tank 50x30x30 neh, untuk lapisan substrate nya bagaimana ya?? rencana saya di lapisan 1 pake pasir malang. lap.2 pake pukdas, lap.3 pasir silika. kira" udah tepat belum tuh?? kemudian bagaimana dengan penggunaan carbon active?? makasih mas
    pemula nih,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya pukdas dilayer palingbawah, baru pasmal terakhir silika, sebaiknya carbon active dipakai cuma buat setup awal aja krn fungsinya kan buat menyerap bau/racun/amonia sekaligus menjernihkan air..

      Delete
  57. bos... ada jual moss ga? berapa harganya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. moss ada peacock, erect, java, pelia.. pm aja ke nmr ane 0812 2342 798

      Delete
  58. permisi om mas aa hehe mau nanya moss itu kalo udah kuning bisa diijoin lagi ga ya? soalnya waktu saya beli masih ijo eh pas sampe rumah rada kuning gitu ga terlalu seger ijo nya, ditunggu jawabannya trims :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lampu pake min 23 watt, dan langsung kena moss tidak terhalang tanamanlain, pastikan moss sdh bener2 daun air, kalo masih daun darat pasti ada proses adaptasinya dulu spt daun menguning/kecoklatan.. rutin kasih pukcir min. seminggu 2 x

      Delete
  59. Ass. Mas Jajuk..

    Salam kenal mas...saya henry di Bintaro. Tanya nih, saya kan setting moss di kayu, tumbuhnya subur banget, tp kenapa ya di moss nya ada serabut2 kayak rambut ya mas. Apa itu gulma? trs gimana cara untuk ngilangin serabut2 rambut itu..soalnya makin subur moss nya, makin subur juga serabut2nya.Trs di daun2 tanaman aquascape saya, kok tumbuh serabut2 juga mas.. trs ngilanginnya gimana ya? Makasih mas atas penjelasannya, maaf nanyanya banyak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu biasanya krn lampu yg overlight.. nyala lebih dari 10 jam.. batasi lampu hanya maksimal 8 jam. ngilangin alga rambut pake anakan ikan nila yg ukurannya dibawah 3cm.. pasti ludes itu alga

      Delete
  60. Salam Kenal mas Jajuk,
    Mau tanya.. kalo ngedinginin airnya pake batu es boleh ga... dimasukin ke bak filter gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp, asal es batunya terbungkus plastik, menghindari supaya tidak zat2 yg berbahaya terlarut.

      Delete
  61. Lanjut pertanyaan ane yg moss bisa diijoin lagi om, Kalo waktu ngasih pukcir filternya dimatikan dulu atau tetep dinyalakan? Terus lampu min 23 watt itu untuk akua uk berapa? Yg saya 50x35x30
    Oiya satu lagi ane pake co2 tablet merk is*a tapi ko pas tabletnya dimasukan ke akua ga ada reaksi apa apa ya om? Mohon jawabannya maaf nanya nya banyak masih nubi om hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp, filter tetep hidup juga.. malah bisa membantu menyebarkan dgn semprotan airnya.. buat tank ukr. 50cm cukup pake 18-23 watt daylight (untuk TL/PL) CO2 tablet mmg ngga terlihat reaksinya.. langsung menyatu dgn air.. hehehe

      Delete
  62. sundul ahh nunggu jawaban :D

    ReplyDelete
  63. Kali aja minat peacock moss... :p
    Hehee
    m.kaskus.co.id/thread/52f5a20241cb1716378b469c/peacock-moss-bahan-untuk-aquascape

    ReplyDelete
  64. mas jajuk... aku melu takon ...
    klo tank ukuran 80 x 40 x 50 yg bagus brp watt?
    saya pake neon 20 watt ... ,cukup ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat low light (moss, vern, rizome) cukup, tapi kalo buat tanaman akar / medium light kurang..minimal 23-50 watt

      Delete
  65. Mas slm kenal..mw nanya udang bisa dsatuin ma guppy ato redfin g?

    ReplyDelete
  66. mas kalau tank ku GEX L yg bagus brp watt? masalahnya ekosistem ku kebanyakan moss peacock dan chrismast, mohon penjelasannya ya gan hehe makasihh..

    ReplyDelete
  67. Mas jajuk, tinggal d mana bandung nya? Ane bandubg jg lg tertarik sama aquascape.

    ReplyDelete
  68. sorry ganggu, nubie mw nanya om
    om mw nanem hc cuba, kedalaman pasir silica ke pupuk minimal brapa cm?? punya ane jaraknya 6-7 cm bisa gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tebal substrat dari pukdas minimal 3-5cm.. terlalu tebal nutrisinya kurang terserap, terlalu tipis bisa bocor pukdas, air jadi kekuningan.

      Delete
  69. gan nanya, kl mau menbuat taneman moss lempeng gtu media nya pake apa yaa ??

    ReplyDelete
  70. Mas salam kenal ane dr Bali masi newbi mau blajar berkebun aquatic. Mau nanya ni mas bisa gk moss hidup didalam media botol bekas minuman alkohol ukuran 750ml? Trus untuk daerah Bali ada gk supplyer tanaman aquatic yg bole dibilang lengkap. Ane mau coba berkebun. Mohon infonya.

    ReplyDelete
  71. om jajuk. . ukuran tank ane 50x30x30 ane menanam java dan peacock moss lampu ane 14wt. . kira-kira lmpunya cukup gk untuk moss nya??
    masih pemula

    ReplyDelete