Saturday, September 1, 2012

ikan pembersih lumut dan alga aquascape

Aquascape kita pasti akan indah dipandang kalau kondisi tanaman subur bebas alga dan lumut2 yang menutup daun. Tapi dimana ada tanaman dan sinar lampu yang cukup terang pastilah tumbuh yang namanya alga dan lumut, karena memang kedua hal itulah pemicunya. dan Kaca aquarium jadi kusam dengan lumut2 hijau yang lama kelamaan akan memenuhi permukaan kaca sehingga mengaburkan pemandangan aquascape kita.. kesal?? 
Ya memang cukup mengesalkan kalau kita harus turun tangan sendiri membersihkan lumut2 dan alga2, dan itu cukup menyita waktu kita..Kalau dulu kita mengenal ikan sapu sapu yang rajin membersihkan kaca tapi kurang efektif membasmi alga dan lumut, dan disamping itu penampilannya juga kurang serasi dengan aquascape kita yang indah...hehehe..kasian ikan sapu2 turun derajat...hehehe..
Nah.. untuk 2 hal tersebut diatas yaitu alga dan lumut saya punya dua jenis ikan favorit yang rajin banget memakan alga dan lumut yang nempel didaun2.. dan penampilannya juga cuantik ngga seperti sapu2 yang  sdh ketinggalan fashion hehehehe...
Ikan itu namanya CAE (Chinese Alga Eater ) atau sering disebut juga Lemon Alga Eater adalah sejenis ikan Herbivora, ikan ini khusus pemakan lumut ukuran di alam liar bisa mencapai 28 cm, tapi kalau diakuarium paling maksimal  10-20cm. Warna ikan ini kuning dan putih atau putih kekuning2an. Ikan ini termasuk ikan pendamai tapi jail karena paling senang mengganggu / mencolek ikan lainnya, dan suka hinggap di ekor ikan2 yang besar ukurannya seperti mas koki...iseng ya..?

Nih.. gambar CAE yang lagi sibuk bekerja dengan seragam kuningnya..hehehehe..

 
Ikan herbivora favorit  saya yang kedua adalah SAE (Siamese Algae Eater), termasuk ikan yang sangat mudah dipelihara, selama banyak tanaman pasti ikan ini akan sehat apalagi kalau banyak sekali moss, bisa buat camilan hariannya..dijamin SAE akan gendut..hehehehe..
Ikan ini sangat agresif memakan lumut dan alga sehingga bagus untuk dipelihara di aquascape kita yg kondisinya sudah parah alga dan lumutnya. Selain lumut dan alga ikan ini juga memakan pakan ikan yang lain seperti pelet ataupun cacing beku. Sayangnya kelemahan ikan ini apabila kehabisan stok alga dan tidak diberi pakan ikan yang lain, maka sasarannya adalah lumut dan moss yang kita tanam akan dilahap. Tidak dianjurkan memelihara lebih dari satu karena ikan ini termasuk ikan teritori, jadi pasti akan berantem kalau ada saingan dalam satu akuarium.

Penampakan SAE yang rada gendut di aquascape saya, karena banyak sekali moss yang subur.

Sebenarnya masih banyak ikan pemangsa alga dan lumut yang lain seperti Otocynclus Afinis, Homaloptera orthogoniata, plecostomus atau pleco atau ikan sapu sapu, Botia sang predator keong dan masih banyak yang lainnya lagi. Tapi biar bagus terlihat estetikanya sebaiknya pelihara 2 jenis aja, biar ngga seperti pasar malam..soalnya ikan pemakan lumut biasanya kurang sedap dipandang karena sifatnya yang pasif dan gaya berenangnya yang seperti sopir bajaj.. selonong sana selonong sini...ruameee...
cukup SAE dan CAE aja dijamin bersih aquascape dari lumut dan alga... Selamat mencoba!




156 komentar:

  1. setuju...harganya juga lebih bagus soalnya sdh jarang yang jualan otto hehehehe....

    ReplyDelete
  2. ada yg jual gak ikan SAE ?

    ReplyDelete
  3. ikan SAE lagi langka bos.. ane juga lagi hunting di bandung. dirumah SAE nya udah terlalu besar dan gemuk jadi mulai lamban kerja dan malas.. yg bagus memang yg masih abg..lincah dan rakus.. kalau ada yg punya SAE silahkan diinformasikan...thx.!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas, Akuarium ane dirumah berada diteras dan selalu terkena sinar matahari sore alhasil lumut cepat terbentuk. bagaimana untuk menghilangkan lumut2 itu tanpa harus memindahkan aquarium

      Delete
  4. Cara membasmi alga rambut gmn mas? Dia nempel erat didaun dan kalau dipaksa ambil daunnya jd sobek. Pdhal sdh sy ksh 2 ekor SAE dan 3 ekor udang merah (hehehe tdk tahu namanya maklum baru 4 minggu sy kecantol aquascape) please help me mas.
    Thanks. Toro Jogja.

    ReplyDelete
  5. alga rambut memang paling sulit dibasmi apalagi kalao lampunya 24 jam nonstop, tambah rimbun aja tuh.. sudah pake SAE tapi masih masih membandel, coba turunkan pasukan udang amano. Udang ini paling rakus kalo ama semua jenis alga termasuk alga rambut.. ane plihara 6 ekor bersih tuh moss dari alga rambut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dmna jual nya tu boss,dan berapa kisaran harga nya sob,dan jahat gx sama ikan lain

      Delete
    2. udang amano harga kisaran 5rb-10rb, tapi barangnya susah.. langka

      Delete
  6. Thanks mas...akan sy coba. Pdhal lampu sy nyalakan 12 jam sehari dan suhu max 29'C, cuma blm sempat sy ganti airnya...apakah itu bisa jd penyebabnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi itu salah satu penyebabnya.. coba pake ALGIMIN dari Tetra cukup efektif menahan pertumbuhan alga rambut, tapi faunanya harus dikeluarin dulu biar ngga mabok.. sudah itu untuk perawatannya pake udang Amano..okay..?

      Delete
  7. mas...mau nanya nih..
    gimana nyembuhin ikan yg kena white spot di aquascape....
    al'nya ikan botia aq terkena mas....gimana ya...
    kalo karantina ikan'a susah banget nangkapnya....al'a uda rimbun tuh hutan di aquarium...ntar malah rusak lagi.....
    kalo metiline blue bisa nggak mas...mohon info'a....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kena white spot harusnya dikarantina seh.. (soalnya pengobatan akan efektif kalo disuhu hangat 32) tapi kalo males ngubek2nya coba aja pake acriflavine dan metheline blue.. semoga cepet sembuh

      Delete
  8. om mau tanya, sebelum nya salam kenal ya om.

    om saya ada dahan di tank saya, setelah saya sinarin lampu 24 watt, bisa di bilang nonstop. eh lama2 ada kya putih2 di dahannya om. nah dengan di berikan ikan yg om sebut td apakah efektif?
    dan untuk penerangan apakah di sorot 24 jam apa ada waktu2 tertentu nya...
    terima kasih ya om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk lumut putih2 peliara aja ikan brush mounth atau yang versi murahnya jg ada yaitu ikan sapu2..hehehe...
      penerangan jangan 24 jam nonstop, bisa memicu lumut dan alga tumbuh subur gan.. batasi aja 8-10 jam. bisa dari pagi sampe sore atau sore sampe pagi.. terserah siklusnya bagaimana agan aja..

      Delete
  9. kang ane mau nanya, kenapa tanaman aquascape ane batang nya jadi lembek dan terus mati ya?, apa ada yang salah? aqua ukuran panjang 80cm lampu 25 watt x 2. Co2 DIY, suhu 25-28 C....

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanaman apa itu gan..? waktu belinya sdh jadi atau masih tanaman triming? kemungkinan kurang nutrisi.. coba pake pupuk cair rutin seminggu sekali..

      Delete
    2. oh kurang nutrisi ya...
      dan ane mau nanya lagi kang kalo CAE itu bisa di gabung sama discus ga ya?... dan bagusnya berapa ekor?...

      Delete
    3. bisa aja.. diaquascape ane juga disatuin.. tapi cukup maks. 2 aja.. itu juga yg kecil2. soalnya CAE suka usil.. nempel2 di diskus.. tapi kalo bnyk tanaman gpp konsentrasi CAE akan ke lumut tanaman.

      Delete
  10. om mu tnya neh..kmaren coba setup tank mini 30x20x30. Plants nya cuma java moss.wood pake akar tanaman bru cabut dr halaman. Heheh.. Light 1x20w.subtrate pasir malang doank. Moss nya di ikat ke media akar. Stone nya nyari di kali. Sudah 2mnggu berjalan. Akar akaran kluar bintik2 putih di tiap ranting nya. Kira2 apa ya mas..tuh akar baru nyabut di cuci langsung di iket moss. Moss nya jg jd pada coklat2 gtu warna nya..co2 diy di geber..ikan2 yg di masukin tank pd k sorga jarak waktu 2jam..apakah sy gagal setup mas.? Mhn pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan akar2an masih mengandung tanin (semacam getah) seharusnya jangan dulu langsung disetup.. itu kayu direbus dulu sampai benar2 hilang taninnya baru bisa buat setup. karn bisa jadi racun buat faunanya.. javamoss kemungkinan masih daun darat jadi harus diadaptasikan dulu dengan ditanam di permukaan (emersed).

      Delete
  11. Gan keong turbo ama tanduk lbih mantep mana.,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja seh... sesama keong dilarang saling mendahului... kalo menurut ane lebih bagus yg turbo.. mesinnya lebih kenceng.. hahahaha...

      Delete
  12. om mau tanya, permukaan air ane kok kya berminyak gt ya?
    nah katany di masukin gauppy bisa ilang itu minyak?
    mohon penjelasannya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul.. perbanyak aja ikan guppy dan molly pasti bersih itu permukaan air. walaupun sebenarnya kondisi spt itu normal2 aja sih..apalagi kalo pake inject CO2.. atau pake alat surface skimmer aja.. biar bisa kesedot juga kalo ada daun2 yng ngambang, busa atau kotoran2 dipermukaan..

      Delete
    2. oh gt ya om, om surface skimmer itu filter ya arti nya?

      Delete
  13. om mo curhat dong,..tank ane kan di teras,..jd kena bias matahari,..br seminggu dah kena alga rambut,..dah tak taruhin pmbrsh kaca ma udang merah,.tp ttp bandel,...klo yg jual udang amano dmn om,..pa pynya blh di beli...hehehhe mksh om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha itulah resiko kalo overlight.. udang amano lagi langka dirumah cuma ada 10.. itu juga lagi pada sibuk kerja hehehe... coba beli ikan SAE termasuk yg rajin ngemil alga rambut tuh..

      Delete
    2. iya nih om,..skrg mos tak angkat,..tak ganti ma cuba,..tp tnman lain dah da yg kena alga rmbt jg ..cm ga byk...kmrn ke sumenep cm ktm ma udang merah,..ikan SAE lg ksg,..klo keong turbo mau ga ya,..kmrn beli keong turbo ma tanduk 4ekor,..

      Delete
  14. om jajuk ane mau nanya nih, kok di tank ane tiba2 bisa ada keong ya? warna transparan. msh ekcil banget. itu apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Newbie cb jwb.. ente bru setup ya??
      Biasanya bening keong kebawa ama pasir yg kotor atw tanamannya gan..
      Cara basminya beli aja ikan botia, pasti habis itu keong CMIW :D

      Delete
  15. iya nih gan, bener2 newbie ane. oh itu dari pasir ya gan. td ane beli ikan algater yg kuning. itu agresif banget ya? pohon ane diudek udek sampe pada copot. jd ane amanin itu ikan ke aqua lain. hehe. makasi ya gan infonyaa. salam kenal

    ReplyDelete
  16. gan, bersihin alga rambut pake udang sungai bisa ga??
    udang warna putih transparan
    soalnya kalo pake red chery mahal gan,, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.. red cheryy murah cuma 500an.. tapi lebih murah lagi udang sungai tinggal nyerok aja.. hahaha.. gpp sama aja, malah lebih agresif udang sungai cuma tampilannya rada mengganggu pemandangan aja.. hehehe...

      Delete
  17. yakin gan ga bakal makan moss saya :D
    haha :D
    nanti moss saya dibabat juga lgi sama udang sungai..

    ngomong ngomong udang yang dimaksud itu udang transparan gan
    ada yg kecil 3cm
    ada juga yg 10cm..
    apa aman gan?
    makasih banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg capitnya panjang2 itu ya? kayanya sih aman2 aja.. coba aja dulu piara 2-3 kalau ngeselin tinggal kasih tepung digoreng aja.. :)

      Delete
  18. salam kenal mas. .sy masih awam masalah perikan2an. .omong2 soal lumut. . sy pengen nanya jenis ikan yg bagus d taruh d tandon air. .n gampang d cari, gak perlu cantik yg penting ukuran gak kecil2 amat. .biar gak nyumbat pipa. . ikan jenis apa ya maas. . .soalnya tandon air sy cepet sekali lumutan... ..mohon infonya. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake ikan brushmouth pasti ludes itu lumut2.. banyak ikan pemakan lumut, Ottocinclus, CAE, SAE, Borneo Sucker, Sapu2, Red Lizard atau udang hias paling demen ama lumut2..

      Delete
  19. mas, mau tanya.
    di aquarium saya udh saya kasih CAE tpi alga masih aja tumbuh subur. udh gtu CAE saya jadi kyk pemales gtu, kebanyakan diem aja padahal ukurannya masih kecil. kira" knapa ya?
    dan saya juga pernah coba pake udang red cheri tpi malah abis dikunyah sama discus saya. mohon solusinya mas?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. brati memang malas itu CAE..hehehe..biasanya paling rajin kalo masih kecil. coba peliara SAE atau Brushmouth atau udang2an yg rada gede misalnya amano atau udang mexico. klo red cherry pasti disantap ama diskus.

      Delete
    2. permisi mas wahyu, mau coba jawab nih..
      mungkin CAE masih setres jadi masih ga aktif
      coba udang sungai aja, dirumah saya aja pake udang sungai (gratis lg), alhamdulillah efektif hehe
      atau beli aja obat buat alga merek fish-all (cuma 12rb)

      Delete
  20. Mas Mau Tanya kalo tanemannya sri rejeki apa boleh di pake untuk aquascape ???

    mohon balasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sri rejeki juga termasuk tanaman aquascape.. jadi bisa saja ditanam di aquascape..

      Delete
  21. mas saya mau tanya masalah cleaning service dari fauna saya di tank.

    cleaning crew saya pake 5 red cherry sama 2 sapu-sapu putih. sejauh ini cukup bersih, tapi si sapu2 sering buang kotoran sehabis bersih2 tank. semacam benda item panjang 3cm an. saya kurang tau juga itu kotoran ato bukan, tapi berhubung keluar dari perut si sapu2 jadi saya anggap kotoran hhe. pertanyaan saya ada gak cara untuk meminimalisir kotoran sapu2, seperti fauna yang suka makan kotoran biologis gitu? ato memang sebaiknya saya ganti ikan sapu2 ke ikan lain?

    makasih gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. rutin seminggu sekali disifon aja biar bersih..kalo ikan sapu2nya sdh gede mending ganti yang kecil aja..

      Delete
  22. mas bagaimana mengatasi jamur yang menempel di aquarium. apa algae eater bisa mengatasi problem jamur?

    makasih :)

    ReplyDelete
  23. Mas ny dong...udang amano yang di aquarium ku ada yg gede kr2 4cm..wkt beli msh kurus,..krg lbh 2 bulan kliatan ada telornya,..kira2 bisa jadi ga ya,..kan katanya berkembangbiaknya cm di air payau aja,,,mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. gosipnya sihbegitu, tapi diakuarium ane amano bisa netas juga telornya..semoga bisa berkembang biak ya...

      Delete
    2. wah mas dah py turunan amano,...2 hari yg lalu tu telor dah ga da di perut ...kira2 bisa kliatan umuran brapa hari mas,..
      oiya...klo red cherry ku kok turunannya ada yang bening ya,..ga merah gitu?? jng2 selingkuh ma amano..hehehe...mungkin ga???...mksh balesannya...

      Delete
    3. bukan selingkuh.. pasti ada aja yg gagal anakan cheryy.. amano bukan cewe typenya cherry..kemungkinan ama rilli bisa selingkuh.

      Delete
  24. mas kasih info ato minta SAE nya dunk... saya di jogja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe.. dibandung juga lagi kosong SAE.. dirumah cuma ada 5, itujuga masih pada nglembur bersih2 alga..hehehehe

      Delete
  25. mau tanya dund bro, tanaman dan akar akaran apa aja ya yg mudah didapat dan bs dijadikan hiasan akuarium yg psti aman buat ikan air tawar?
    mksih sblumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanaman banyak ada yg bisa buat depan, tengah dan belakang jenis2nya silahkan cek di mbah google, kayu2 dan akar2an yg biasanya buat aquascape kayu rasamala banyak ranting2 kecil cocok buat efek pohon, kayu bakau hampir sama dgn rasamala cuma banyak mengandung zat tanin/getah jadi harus direbus dulu, kayu santigi bentuknya kokoh dan besar cock buat background. dan semua aman buat ikan air tawar

      Delete
  26. Mas jajuk saya penggemar berat blog mas mencoba aquascape baru setup tangky 5 hari yang lalu mas tapi moss saya di penuhi alga kecoklatan gitu mas dengan rambut2 yang sangat menjengkelkan bener....kira2 butuh SAE brp ekor mas buat bener2 bersih...? Ukuran tank 50 x 30x 30 mas?lampu philips 24wattx2 10 jam..atau saya bersihin dulu mas mossnya di angkat dan cara membersihkanya bagaimana...? Trims mas semoga succes selalu :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. supaya alga tidak overpopulated, lampu menyala cukup maksimal 10 jam. lebih bagus dibersihkan manual aja, moss bisa bersih denganbanyak pelihara udang hias, red cherry, rilli dan amano paling rakus ama alga.. kalo perlu tambah pasukan cleaning servicenya pake SAE cukup 2 aja.

      Delete
  27. bos, jual ikan SAE or CAE ga bos??

    ReplyDelete
  28. mas mau tanya nih rcs kalo di gabng sama ikan sumatra (ikannya kaya botia tapi pipih),bisa ga ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh.. jangan gan,.. diusahakan udang jangan dicampur ikan lain kecuali ikan pemakan alga/lumut. bisa habis udang buat camilan.

      Delete
  29. mas salam kenal. ane newbe n baru cba2 hobi aquarium space. ane melihara neon tetra, tp pas dikasih makan suka dlepek lagi? hasilnya sisa makanan yang mengendap dpasir dan daun bikin kotor seperti jaring laba2 gitu, itu apa ya ma? alge apa lumut. trs ane dah melihara borneo sucke, borneo sucke ampe keong tanduk.itu yg kaya jaring laba2 gk ilang2 jg? mohon pencerahan, tq ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba neontetra kasih cacing beku, borneo sucker dankeong tanduk cuma efektif buat lumut dikaca dan batang pohon.. kalau alga rambut di daun coba pake ikan SAE atau perbanyak udang aja.

      Delete
  30. gan blh tanya gak....???
    klo udang sungai ma udang amano bagus mana wt bersihin lumut/algae
    thanks.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya semua jenis udang yang tidak bercapit bagus buat bersihin lumut/alga termasuk udang sungai.. tapi kalo buat perbandingan lebih bagus udang amano.. baik bentuk dan fungsinya.. :)

      Delete
  31. mas curhat lg dong...wkt itu udang amano dah bertelur,..tp ga tau kmn anaknya..sempet ny ma tkg.ikan..klo pas bertelur jng di tambahin/wc airnya,.bs ngrubah pH..habis tu bertelur lg,..dah ga tak wc,..tp tetep ga jd,..tau2 telurnya ngilang,..gmn tuh mas....mksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul.. udang amano habitatnya adalah di air payau, jadi kalao di air tawar telurnya pasti gagal adaptasi.. mungkin butuh evolusi yg cukup lama di tank air tawar. coba aja terus, siapa tau nanti lama2 bisa berevolusi dan adaptasi dengan air tawar sehingga bisa berkembang biak.. amano punyaku juga dari dulu belum bisa menetas, nelur aja mulu..kayanya harus dibuatkan habitat air payau (bisa dgn tambahan obat2an yg cukup mahal untuk mempayaukan air tawar, sayangnya biayanya ngga sebanding dgn harga udang amano, jadi biarkan aja berevolusi sendiri) hehehehe...

      Delete
  32. Gan kalo amano digabung sama guppy aman nggak?
    Makasih

    ReplyDelete
  33. mas jajuk mau nanya ney????
    seminggu yang lalu tank saya penuh dengan alga rambut yang warna hitam, tapi sekarang dah ilang berkat H2O2 tapi yang mau saya tanyakan bagai mana cara terbaik untuk mencegah supaya lumut dan alganya tidak datang lagi....
    selama ini saya cuma pake keong turbo, alga heater, botia, dan sapu2 aja.
    ada saran lagi yang lebih baik dan mencegah datangnya masalah alga dan lumut itu

    ReplyDelete
  34. yang penting pengaturan cahaya aja, maksimal lampunyala 8-10 jam. kalo bisa peliahara udang hias, sangat membantu meminimalisir pertumbuhan alga.

    ReplyDelete
  35. waktu ini sudah saya masukin udang amano tapi berselang beberapa hari udangnya hilang.bisa minta tolong ikan jenis apa yang biasanya makan udang
    saya ada rainbow yg lumayan besar dan puntius se jempol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo udang dicampur ikan ya pasti buat camilan ikan2 tuh udang.. hehehe.. rainbow dan puntius suka makanin udang terutama udang2 abg yg masih kecil2.

      Delete
  36. satu lagi ni Mas jajuk
    tank saya kan cuma anubias aja isinya...maksudnya biar gampang ngatur intensitas cahaya yg sama dan kebutuhan nutrisi yang sama
    tapi yang ingin saya tanyakan
    berapa standar watt untuk cahaya tank ukuran 100x40x45,anubias perlu CO2 gak///berapa bubble per second, kalo pupuk yang bagus pake apa mas,,,,karena anubias semua perlu pake pupuk tamam gak ya///
    makasi infonya dan pencerahannya
    maaf pertanyaan nya banyak baget

    ReplyDelete
    Replies
    1. anubias tanaman paling gampang, ngga perlu inject CO2 dan tidak butuh cahaya tinggi. malah akan lebih optimal kalo nyimpennya tidak terkena cahaya langsung, misalnya disimpan dibawah bayang2 tanaman lain. pupuk juga kurang begitu diperlukan buat anubias, cukup pake pukcir aja rutin..

      Delete
    2. makasi mas pencerahannya yang bermaanfaat banget bagi saya sebagai pemula
      sukses selalu dan ditunggu kiat kiat dan tips tips aquascape nya

      Delete
  37. mas jajuk aquarium saya di teras rumahdan kena sinar matahari dali jam 14.30 sampai sore,,,ada pengaruh buruk gak buar aquascape nya
    trus bagus nya siang ato malam nyalain CO2 dan Lampunya

    ReplyDelete
  38. mas jajuk
    1. mengenai CO2 ni mas....bagaiman sebaiknya memakai disfuser atao reaktor yang lebih baik dalam penyebaran CO2 dalam air tank untuk tanaman anubias
    2. kalau terlalu dingin suhu air di dalam tank ada pengaruh buruk nya gak dengan tanaman ato dengan ikan di tang dan berapa derajat normal sebuah aquascape
    3. selain keong turbu,udang amano,SAE,alga heater dan sapu2 ada lagi gak ikan pemakan lumut dan alga yang bagus lannya
    makasi infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. sebenarnya anubias tanpa inject CO2 juga bisa tumbuh, tapi kalo buat memecah bubble bisa pake diffuser (CO2 tabung) , atau airstone biasa juga bisa (CO2DIY)
      2. suhu dingin justru semakin bagus, idealnya 22-26 derajat
      3. borneo sucker, brush mouth, red lizard, otocynclus, red cherry & rilli juga bagus buat basmi alga..

      Delete
    2. kialao pake reaktor mecah bubble gelembung nya bagus gak ya,,,,ato perlu tekanan powerhead yang kuat

      Delete
    3. kalau pengin optimal spraynya masukkan aja ke powerhead jadi nyembur bareng output filter..langsung nyebar :)

      Delete
    4. mas jajuk
      mau nanya lagi ni mas.....ehhehehehhe

      kalau tank dengan ukuran 100x40x45cm itu untuk tanaman anubias tok, itu perlu lampu yang berapa watt yamas trus yang bagus pake lampu apa mas
      thanks infonya

      Delete
  39. mas jajuk ikan apa aja yang tidak bisa di gabungkan dengan jenis udang amano dll nya di dalam aquascape
    makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua jenis ikan carnivora/predator/pemakan hewan tidakbisa disatukan dgn udang hias.. biarpun ikan2 jenis kecil (tetra/guppy/molly) krn dikawatirkan anakan udang jadi sasaran. jadi sebaiknya buat udang dibuatkan tank khusus..

      Delete
  40. sore mas,..smbl nunggu buka puasa,..mo ny nih,..
    kan aku hbs beli aqrm bekas air laut,..trus tak pake buat air tawar,..smntr cm tak kasih pasir malang aj,..nunggu da reaksi pa ngga,..trnyt setelah seminggu,..di aqrm da keluar kaya lendir kecoklatan..menjuntai-juntai...hehehe...apakah aku krg dlm bersihinnya pa gmn???...nb..aqrm posisi di teras,..jd kn matahari pagi langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama kacanya benar2 sdh dibersihkan ngga masalah mau dibuat akuarium air tawar juga. kemungkinan lendir yg menjuntai2 itu alga yg tumbuh subr karena terpapar matahari langsung..coba pelihara udang/ikan pemakan alga pasti bersih lagi.

      Delete
  41. mas jajuk untuk mempertahankan agar tanaman dan tank tidak ditumbuhi alga dan lumut selain dengan ikan dan keong kita masi perlu ngasi anti alga gak mas,,,,soalnya di daun tanaman nya mulai tumbuh bintik2 hijau gitu...dan tank saya juga pas sore hari kena matahari langsung kira2 dari jam 15.00 gimana dong solusinya mas jajuk
    dan posisi aquarium cuma di sana aja yang pas mas karena ukuran tank nya lumayan gede

    ReplyDelete
    Replies
    1. perbanyak udang hias terutama rili dan red cherry paling doyan alga2 di daun/tanaman. solusi lain, kurangi durasi nyala lampu hanya maksimal 8 jam krn sdh terpapar langsung matahari sore.

      Delete
    2. mas jajuk di daun tanaman saya mulai muncul bintik bintik hijau , coklat dan hitam gitu mas....
      untuk masalah saya ini apa bisa make ikan alga heater,keong,dan udang
      terus berapa jumlah max ikan,keong dan udang yang boleh dimasukkan untuk tank ukuran 125x45x40cm
      makasi ilmunya

      Delete
    3. kalo pengin cepet bersih masukkan aja pasukan udang sebanyak2nya..hehehehe.. tapi jgn disatuin ama ikan, bisa jadi camilan itu udangnya..

      Delete
  42. mas jajuk ni agak nyimpang dkit ney dari tema di atas ni mas
    saya pake DIY CO2 dan saya masukkan selang nya ke DIY Reaktor untuk melarutkan CO2 nya ....
    menuru mas gimana baiknya make reaktor ato pake air stone aja buat nyebarin CO2 nya ke tank

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake airstone bisa juga buat memecah bubble jadi lebih lembut, atau masukkan aja ke powerhead (filter) jadi bisa ikut kesembur keluar, otomatis nyebar merata.

      Delete
  43. mas jajuk salam kenal ni.
    gini mas apa pupuk cair yang baik buat aquascape ya, saya si pake pukcir yg murmer 5 ribuan.
    klo pake pukcir macro dan micro yg merah dan hijau itu gimana mas???????
    takarannya berapa mas ya untuk pukcir macro n micro
    trus kalo untuk alga green spot di daun anubias itu dihilanginnya pake apa ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pupuk macro buat setup awal, krn kandungan Nitrogen(N),Phospat(P),Kalium (K),Kalsium(Ca),Magnesium(Mg),Belerang (S)bermanfaat buat meragsang pertubuhan akar baru. kalo untuk perawatan rutin sebaiknya pake pupuk mikro, kandungan Besi(Fe),Mangan(Mn),Boron(B),Molibdenum (Mo),Tembaga/cuprum(Cu),Seng(Zn),Cobalt (Co),Natrium(Na),Silikon(Si),Nikel(Ni), dan Klor(Cl) sangat dibutuhkan buat pertumbuhan dan perawatan tanaman.
      takaran tergantung ukuran tank, pemberian pukcir cukup 2 x seminggu. alga green spot di anubias bisa hilang secara alamiah dgn peliara udang hias.

      Delete
    2. jadi ke 2 pupuk itu di gunakan sekalian dan bersamaan mas ya?

      Delete
  44. mas jajuk.... daun anubias saya kok bisa jadi tambah pucat trus lama lama jadi pudar kayak kehilangan klorofil gitu mas...abis tu daunnya jadi warna bening dan hancur kayak daun busuk gitu mas,
    apa ya kira kira penyebabnya dan penanggulangan nya
    mohon pencarahan nya makasi mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya itu anubias masih adaptasi daun darat ke daun air dan kurang nutrisi, akhirnya moulting. perlu diingat anubias termasuk tanaman lowlight jadi diusahakan jgn terkena cahaya secara langsung. simpan aja dibawah bayang2 tanaman lain. potong bagian yg busuk, jaga suhu dibawah 28 dan rutin pukcir seminggu 2 x bisa memulihkan lagi.

      Delete
    2. jadi anubias gak perlu sinar ya mas? saya pake lampu neon balas 18 watt gak papa mas? ato cocok nya berapa watt untuk tank 100 x 45 x 45 trus kalo pake pukcir yang murmer harga 5ribuan itu bisa gak mas????

      Delete
  45. Mas mau nanya donk tank saya ukuran 100x45x40 nyala lampu 8 jam make ulir leucteuch 8x23 watt with lamphood diy pukdas JBL co2 3/4 bps difusser suhu 26 stabil taneman hairgrass sama hidrocotyle tripartita aja... yang mau saya tanya mas setelah satu minggu setup itu banyak sekali algae seperti benang kusut berwarna coklat sampe ke pasir silika saya jd warna coklat mas dan kaca pun jadi berubah warna saya kasih amano 5 ekor cherry 100 ekor krg lbh sama otto 2 seminggu kemudian cuma kaca aja mas yang bersih tapi alga benang kusut itu tetep menutupi seluruh hairgrass saya mas sementara hiydrocotyle aman2 aja dan ngarpet pula... tolong donk mas apa yang harus saya lakukan dengan hairgrass saya ? Saya niat mau rescape cuma sayang HG nya udah keluar tunas2 baru.. mohon pencerahanya mas soalnya tank saya jd seperti nanem algae bukanya HG.. :`(

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambah lagi cleaning crewnya dengan SAE dan ottocynclus yang masih kecil.. 2 ikan itu paling rakus ama alga rambut. tapi kalo sdh gede apalagi kalo sudah kenal pakan ikan jadi malas makan alga..

      Delete
  46. mas jajuk, gimana caranya cleaning substrat di tank tanpa bongkar settingan aquascape nya???
    kalo tak vacum substratnya ikut ke sedot juga massss
    makasi infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara natural pasti substrat akan kotor/berdebu dan akan terlihat jelas kalo pake substrat pasir silika yg putih. penyebabnya bisa kotoran/debu dari luar, sisa2 pakan yg tidak termakan, kotoran2 ikan ataupun adanya pertumbuhan alga (terutama alga coklat). cleaning sampai bersih betul tentu saja harus diangkat substratnya dan dicuci sampai bersih, kalau untuk meminimalisir kotoran/debu/alga yg menempel perbanyak aja cleaning service crew nya spt ikan otto, SAE, udang red cherry dan amano.. tidak 100% kinclonglagi tapi masih akan tetap kelihatan bersih.

      Delete
  47. mas jajuk cukup gak kira kira cuma pake kipas angin biasa aja untuk nurunin suhu air sampai 25 derajat di tank aquascape ukuran 100x40x45.ato ada usulan lain lagi di persilahkan
    suwun sanget mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake fan cooler ukuran 5" bisa turun sampe 2-3 derajat.. apalagi kalo pas lampu dimatikan, bisa tembus 24-26 derajat

      Delete
    2. terimakasih mas

      Delete
  48. mas gimana caranya nanam hairgrass yang baik... soalnya dah coba beberapa kali melting terus alias gagal total....apa si yang di perlukan untuk tanaman ini?????? makasi infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hairgrass termasuk tanaman highlight yg rakus nutris, jadi kalo pengin optimal pertumbuhannya harus cahaya tinggi dan pupuk dasar/tancap yg cukup, disamping pukcir rutin dan asupan CO2 (dianjurkan).. dan yang utama adalah hairgrass sdh dalam kondisi daun air, jadi ngga molting krn gagal adaptasi dari darat ke air.

      Delete
  49. mas untuk tanaman anubias berapa derajat suhu yang idel mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. anubias sebenarnya tanaman paling bandel, bisa disuhu 22-28 derajat. yg penting jangan terkena cahaya lampu secara langsung, jadi diusahakan penyimpanannya dibawah bayang2 tanaman lain.

      Delete
  50. mas,,,
    1. pemupukan dengan pukcir itu idealnya berapa minggu sekali???
    2. untuk tank aquascape yang baru umur 6 bulan berapa banyak air yang dikuras trus berapa kali seminggunya
    3. setahu saya tank yang sudah lama itu alganya sudah gak ada yg tumbuh lagi, tapi tank saya kok tumbuh alga ya padahal dah 1 tahunan lebih,,,,penyebabnya apa ya mas
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.pukcir rutin seminggu sekali, kalo keseringan justru memicu pertubuhan alga
      2. jangan dikuras, ganti air separonya aja (WC) atau 25% aja. kalao diganti semuanya/dikuras habis..ngga akan jadi ekosistemnya,mulai baru lagi.
      3. betul alga cuma menyerang tank2 awal, kalau sdh tahunan masih banyak alga berarti ada yg ngga seimbang di ekosistemnya, lampu jgn lebih dari 8 jam.

      Delete
  51. pagi mas jajuk
    gimana ni caranya mengatasi anubias yg molting,,,,selain di amputasi,,,,soalnya dah sebulan ini anubias saya banyak yang molting,,,mana moltingnya pas lagi keluar bungan lagi....
    mohon bantuannya,,,makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau moultingnya sdh parah memang harus diamputasi supaya tidak merembet ke rizome yg sehat. simpan snubias ditempat yg tidak terkena cahaya langsung (usahakan dibawah bayang2 tanaman lain).

      Delete
  52. mas permasalahan saya hampir sama dengan diatas yaitu moltingnya anubias....tapi bedanya tank saya di teras rumah yang terkena sinar matahari langsung dari jam 14.30 wita sampai jam 18.00 wita dan tanaman nya hanya anubias saja semua,,,gimana solusinya mas ,,,terimakasih

    ReplyDelete
  53. misi agan2, saya newbie dlm aquascape. mau tanya, gmn cara menghilangkan lumut2 yg menempel di kaca? sdh dilap tp te2p aja ga bersih2. ada yang tau cara ngebersihin ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasi keong turbo ato keong tanduk,,,,tambah ikan SAE / CAE dan Udang amano bagus buat clening service dikaca

      Delete
  54. okay agan bro makasih.
    1 lagi, ikan2 guppy ane kan terjangkit parasit (yg blm lama ini baru tahu parasitnya bernama kutu jarum). nah cara ngilanginnya gmn ya? takut nular ke tetra & zebra nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ane sih ngilangin parasit hewan pake garam aja ato obat parasit banyak koq di toko akuarium. kalo khusus utk kutu jarum sih nama obatnya Kutublas. cara make obat anti parasit :
      - ikan dikarantina dulu kedalam air yang dicampur obat sesuai takarannya
      - ikan jangan dikasi makan dulu
      - lama waktunya tergantung besar kecilnya ikan nih gan. kalo sebesar guppy ya paling 1 ato 2 hari
      cara tersebut ampuh terus bwat ane gan. ya paling kalo gagal emang kondisi ikannya udah letoy ato sebab lain. makanya harus cepat ditanganin kalo udah kliatan ada parasit. kalo udah parah mah bisa fifty fifty idup mati :D

      Delete
    2. kalo pake garam, perbandingan garam dg airnya seberapa ya?

      Delete
  55. mas jajuk... aku pribadi malah lebih suka ada lumut hijau kalau perlu tumbuh disetiap sisi aquarium agar kesannya lebih natural gitu. tapi udah aku coba memaksimalkan cahaya, menghilangkan pemakan lumut, kaca aku bersihin manual. tapi kok tetep yang tumbuh jamur alga lumut putih, kuning, coklat, dan hitam terus bukannya hijau?? tips nya apa ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehhe.. itu sih bukan terlihat alamiah..tapi jadi keliatan ngga terawat alias jorok... xixixixi... piss gan

      Delete
    2. hehe iya sih kalo dikaca, tapi kalo tumbuhnya dikayu, supplier, dan batu2 kan lumayan indah juga soalnya aku pernah liat akuascape yg banyak lumut hijau gitu, yang pasti bukan moss....

      Delete
  56. Mas jajuk, kalo ikan yg terjangkit parasit mau dikarantina pake larutan garam dg perbandingan 1 genggam garam untuk 10 liter air akan efektif ga?

    ReplyDelete
  57. bro,kalau kita buat tanaman hidup di aquarium dan membuat nya makin lebat,truss cara membersih kan bekas makanan ikan dan kotoran ikan gmna,soal nya aerator kurang meyakinkan ,atau ada aerator yg ampuh,,.....mohon di bantu bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. aerator memang fungsinya bukan buat membersihkan kotoran bro.. cuma memberikan tambahan udara(bubble), kalo mau kotoran lenyap ya pake filter aja bro..kalo setupnya benar pasti kotoran ludes dgn sendirinya :)

      Delete
  58. Permisi, numpang tanya. Klu aquascape pake CO2 injection (bikinan sendiri hehehe), tapi asupan cahaya kurang, baik kagak ya buat tanaman? apa malah tanamannya bisa mati?

    ReplyDelete
    Replies
    1. proses fotosintesis tanaman itu kombinasi CO2 dan Cahaya cukup, kalau salah satunya ngga imbang pasti ngga optimal.. daripada mubasir CO2nya lebih baik perbaiki sistem pencahayaannya.. krn cahaya/lampu itu pengganti matahari kalau di alam aslinya.. jadi harus cukup tidak remang2.. ini aquascape bukan panti pijat.. hehehehe...

      Delete
    2. trim's mas jajuk, samgat bermanfaat

      Delete
  59. Salam kenal Mas Jajuk...
    saya mau tanya....:
    1. anubias dan buche saya sudah mulai di tumbuhi alga rambut...apakah bisa dibersihkan manual ? Apakah ini merambat pindha ke bagian lain jika tidak di pangkas?
    2. buche dan anubias saya kok bolong2 yah....ikan apakaah yg makan? tank saya isi guppy, neon tetra, alga eater, udang, coridoras dan cynodencys.
    3. Untuk tank ukuran 60 x 40.....cuma pake lampu led philip 6 watt itu cukup ga utk bantu fotosintesis?
    4. CO2 tablet bagus ga mas? dosisnya gimana yah...

    Maaf banyak pertanyaan dan terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. lebih baik kalo belum jadi overpopulated dibersihkan secara manual aja, atau buat perawatan harian pliara aja udang amano atau red cherry.. cukup efektif berantas alga.
      2. kemungkinan ada hama bisa keong bisa ulat daun (cek dan perhatikan pelan2), atau bisa juga kurang nutrisi jadi daun bolong2..
      3. tambah lagi jadi 10 watt biar optimal..
      4. bagus.. dosis liat aturan pakai di kemasannya ..

      Delete
    2. Thanks Mas Jajuk...

      btw ulat daun itu spt apa yah? besar ga?
      saya perhatikan ga pernah keliatan...
      apakah jenis ikan di tank saya tidak ada yg kategori membuat bolong daun tsb?

      Kurang nutrisi itu maksud nya kurang pupuk cair kah?

      apakah udang2 tsb bisa memakan alga rambut ?

      Thanks Mas Jajuk

      Delete
    3. kalo ada daun yg terlipat menempel di batang atau di daun yg lain, bisa dipastikan isinya pasti ulat..coba cek lagi, dia ngga pernah keliatan soalnya ngumpet di lipatan daun. betul, kurang nutrisi bisa diatasi dgn tambahan pukcir. udang yg makan alga rambut udang amano.. tapi red cherry juga bisa buat bersihin alga..

      Delete
  60. misi gan, ane mau nanya. maklum msih newbie, di aquarium ane ada ikan molly, guppy, neon tetra, sama zebra. rencananya sih mau nambah ikan pleco, sama udang hias, bisa gak tuh? dan nanya sekalian fungsi keong turbo apa? gak manjat aquarium dia gak? soalnya dia kan bisa saja kluar tank, sekian thx...

    ReplyDelete
    Replies
    1. udang hias sebaiknya di tank terpisah, tapi disatuin sama tetra juga gpp, cuma nanti anakan udang ngga aman kalo dicampur tetra dll. keong turbo bisa manjat tapi kalo sampai kebatas air pasti turun lagi ke air..

      Delete
  61. halo mas Jajuk, sy baca tulisan2 nya sangat menginspirasi... jadi fansnya mas Jajuk nih hehe.. btw ada jual CAE or SAE nya gak mas?, saya baru setting aquascape 2 hari lalu, bagusnya kapan tuh pasukan pembersih diterjunkan?, sekarang sih aquarium masih kinclong... thx infonya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya justru lebih bagus diawal2 setup, supaya buat menjaga supaya alga ngga numbuh .. kalau sdh terlanjur banyak alga justru rada susah SAE danCAE bersihinnya.. lebihbaik mencegah drpd mengobati..

      Delete
  62. mas klo erect mos sm peacock mos di ikat di satu media sama2 bsa tumbuh gak ? bru filter yg cocok utk aquascape itu filter jenis apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 moss bisa numbuh bareng.. bisa akur koq.. tenang aja ..hehehe.. filter apa aja bisa tergantung kebutuhan dan besarnya akuarium. pake aja yg standar aquascape filter HOB, Powerhead.

      Delete
  63. permisi mas saya mo nanya, klo membuat efek phon dari moss caranya gmna ya....??

    ReplyDelete
    Replies
    1. efek pohon dari moss, supaya terlihat gemuk nantinya moss yg numbuh di pucuk2 dahan..jadi terlihat lebat diujung2nya. ditiap2 ujung dahan kasih kawat ram yng tujuannya buat media yg lebar buat diikat moss. setelahitu baru moss diikat dimedia kawat ram tsb.. kalao sdh numbuh pasti terlihat rimbun diujug2 dahan jadi bisa sperti pohon beneran.. selamat mencoba..!

      Delete
  64. Hallo mas, mau tanya kenapa ikan neon, keong tanduk, dan red cherry saya pada mati semua ya dalam jangka waktu 6 jam. Saya pakai pupuk cair dan co2 se,prot. Pukcir 1 mgg skali, co2 smprot 2 hari skali 2 spray. Nano tank. Apa dosisnya terlalu banyak ?sae dan cae kuat thd co2 ga mas? Makasih pencerahannya.

    ReplyDelete
  65. mas, otto bisa hidup di aquarium yang gak pake filter atau aerasi??

    ReplyDelete
  66. Salam kenal mas Jajuk,

    Saya pemain baru di aquascape dan lagi coba coba buat di akurium mini. Akuarium hanya saya isi pasir jbl, pasir putih kayu, 3 anubias, 5 guppy dan 2 cae. Saya juga pasang filter jabo tapi tanpa lampu karena nih akurium saya letakkan di luar / di teras.

    Sebelum ada ikan, kayu dan daun anubias tertutup lumut / alga? Akhirnya saya beli cae 2 ekor danguppy lima buat pemanis. Tapi terakhir saya lihat kok daun anubias habis tinggal tulang daun. Ulah ikan atau tanamannya mati ya?

    Bagaimana cara bersihin kotoroan guppy? apakah ikan caenya akan makan atau sedot pakai selan kecil?

    Terima kasih untuk jawabannya.

    ReplyDelete
  67. Mas makasih ilmunya, ane newbie. lumyan baca komentnya :)

    ReplyDelete
  68. Salam kenal Mas,
    Saya ada satu tank ukuran 60x30x35 isinya neon n black neon tetra, 2 cae, dan beberapa keong tanduk. Selama ini saya pakai udang sawah untuk membantu membasmi alga. Saya mau coba ganti udangnya dengan red cherry. Apakah akan aman red cherry nya dengan ikan2 saya yg saya sebut di atas? Terimakasih banyak sebelum dan sesudahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. red cherry aman kalau disatukan dgn ikan jenis tetra, tapi anakan udang tetap aja bisa jadi camilan ikan.. sebaiknya udang buat tank khusus udang.

      Delete
  69. mas mau nanya nih, ane kan newbie nih. pengin buat aquascape tapi buat yang aquarium ukuran 30x15x20 kira2 yang dibutuhin apa aja y? taneman yang paling bandel kira2 apa? terus ikan n fauna yang mesti ada apa aja? maaf banyak nanya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat newbie pakai aja tanaman yg mudah perawatan dan numbuhnya spt jenis2 moss, jenis2 vern dan rizome..

      Delete
  70. Mas..mo nanya klo ngobati ikan discus yang sakit di aquascape gmn y?ofomatis penyakit mungkin pada nempel pd media tanaman dan ornamen lainya..gmn cara ngatasinya mas..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. supaya tidak menular sebaiknya diskus dikarantina dan diberi antibiotik (cyprofloxaxine), kasi garam kristal dan hangatkan suhu sampai 30, semoga cepat sembuh.. :)

      Delete
  71. bang,, klo d moss ad kotoran kyk debu2 gtu!? itu alga ap emng kotoran ya,,?! trus cara ngebersihinnya gmn ya?

    ReplyDelete
  72. klo botia india termasuk pemakan alga bukan?
    trs klo ikan pemakan sisa daun rontok di dasar dan permukaan air apa ya?

    ReplyDelete
  73. Met pagi om..
    Om, klo bikin aquascape pakai pasir beton yg hitam (pasir sungai) bisa nggak om?
    Trimakasih jawabannya..

    ReplyDelete
  74. mat idul fitri om...
    om mau tanya untuk pemakaian co2 itu ada waktu lama pemakainnya nga gan untuk perharinya..atau 24 jam full time..

    ReplyDelete
  75. Om.. kalo ikan louhan temen yg cocok buat makan alga ikan apaan ya? Ato dikasih ikan sapu2 doank?

    ReplyDelete