Sunday, August 19, 2012

Menanam Ricchia Fluitans



Pada  dasarnya hampir sama penanaman Ricchia Fluitans dengan Moss yang lain. Hanya yang membedakan adalah Ricchia sebenarnya adalah tanaman yang mengambang, jadi untuk membawa tanaman ini kedasar aquarium harus benar2 rapat mengikatnya karena mudah sekali rapuh dan melayang2 keatas. Merupakan kepuasan tersendiri apabila kita berhasil menanam dan melihat Ricchia kita   bertumbuh kembang dengan subur. Keistimewaan Ricchia ini adalah dia menyimpan oksigen dan pada waktu tertentu akan mengeluarkan secara bersamaan lewat ujung2nya sehingga membentuk gelembung2 kecil yang cantik disetiap ujung2nya. Tanaman Richia akan tumbuh subur apabila  kebutuhan akan CO2 dan sinar lampu mencukupi, apalagi kalau ditambah pupuk cair semakin cepat pertumbuhannya.  Untuk menanam tanaman Ricchia Fluitans sangat mudah, yang kita perlukan adalah : 
1. tanaman Ricchia Fluitans   
2. batu atau kayu ranting (bisa juga pecahan genting yang permukaannya rata..)
3. Benang transparant/ senar atau benang biasa yang warnanya menyesuaikan daun 
4. Gunting 
5. Hair Net atau jaring yang lembut

Pertama kita ratakan Ricchia  dipermukaan batu/kayu (dalam hal ini saya pakai pecahan genting, supaya permukaan rata) , diusahakan jangan sampai bertumpuk tumpuk karena nanti lapisan bawahnya akan mengering/coklat bila tidak terkena sinar lampu.

Setelah rata menutup permukaan media, kita tutup dengan Hairnet / jaring kemudian ikat dengan benang secara zigzag supaya ricchia bisa terikat semua, jadi tidak ada mengambang karena jadi terlihat kurang bagus. Penggunaan harnet supaya bisa menutup rata tapi sebenarnya langsung dililit dengan benang juga bisa asalkan spasi lilitan serapat mungkin karena riccia adalah tanaman mengambang jadi  kalau ada celah untuk lepas pasti akan terlepas dan mengambang.

Letakkan dipermukaan pasir atau ranting kayu  yang terkena sinar cukup karena Ricchia  ini akan tumbuh subur bila mendapatkan cahaya yang cukup kuat, dan usahakan suhu akuarium dibawah 28 derajat.. Riccia ini pertumbuhannya termasuk cepat, jadi harus sering ditreaming atau rajin dipotong kalau sudah terlihat tidak rata permukaannya..supaya bagian bawah tetap terkena sinar lampu dan  menghindari supaya tidak  terlepas satu persatu mengambang.


Setelah 2 bulan dirawat penampakan riccia akan seperti dibawah ini... indah bukan?
 Selamat Mencoba!!













Gb.1 Penampakaan Riccia yang dirawat selama 2 bulan.

Reaksi:

71 komentar:

  1. Pak riccia bisa dibeli dmn ya ? trimakasih

    ReplyDelete
  2. ricia jarang2 ada tapi ditempat2 aquascape biasanya ada.. atau kalau kosong biasanya bisa pesan dulu.. atau coba cari di jual beli kaskus.. suka ada yang jual2 murah..hehehe

    ReplyDelete
  3. Klo pencahayaan bwt aquascape gmn mas?
    idealnya dr jam brp sampe jam brp?
    trm ksh

    ReplyDelete
  4. idealnya seperti dialam aslinya, dari jam 6 pagi sampe jam 6 sore.. maksimal sampe jam 9 malamlah, supaya kita masih bisa menikmati keindahan aquascape dimalam hari sebelum tidur... hehehehe

    ReplyDelete
  5. Benar mas:D
    klo dari jam 6sore-6pagi bisa ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibalik polanya bisa juga .. 24jam juga gpp asal siap2 aja panen alga dan lumut..hehehehe

      Delete
  6. Jhaha
    klo dr 6pagi-6sore pake ph***ps trus 6sore-6pagi pke lampu aquarium berwarna yg watt nya kecil gmn mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. ngga masalah, bisa juga spt itu.. okay..?

      Delete
  7. Mas cara nanam anubias gmn? pas.a di simpen dimana? mohon penjelasannya ya.. trm ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sori baru kejawab... jarang ngecek postingan ini..hehehehe..
      anubias bisa ditanam dengan cara diikat di kayu, batu atau media lain.. ditanam di pasir juga bisa tapi rhizomenya jgn ikut tertanam nanti akan membusuk.. hanya akarnya saja yng masuk pasir.. okayy?

      Delete
  8. Mas kalo tenellus bs ngarpet dlm wkt brapa lama y? Br nanem 3hr udh g sbar ni hehehe

    ReplyDelete
  9. sebulan sdh mulai bisa terlihat hasilnya.. asaljaraknya rada rapat pasti cepet penuh..soalnya paling gampang tenellus.

    ReplyDelete
  10. om, kalo menanam moss dengan menggunakan pasir pantai sebagai lapisan plg atas gimana om?
    apakah ada pengaruh nya menggunakan pasir pantai..
    terima kasih salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasir pantai kurang disarankan krn banyak kandungan garam mineralnya.. moss cara menanamnya dgn mengikat di media spt kayu, batu atau kawat ram..

      Delete
  11. gan, minggu kemaren saya baru beli spiky moss, trus langsung saya ikat di kayu, saya taro di belakang rumah dan kena sinar matahari
    kira-kira lebatnya kapan ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahh... pertanyaan yg aneh.. itu ditaronya di dlm akuarium atau cuma dibelakang rumah ?? hehehehe... seharusnya kalo terkena sinar matahari langsung, lebih cepat pertumbuhannya.. mungkin kira2 2 bulanlah bisa lebat.. tapi dgn catatan tetap dikasi pupuk cair..

      Delete
    2. saya taro di stryfoam gan,,
      pupuk cair tetep seminggu sekali.
      ada efek negatifnya ga gan kalo saya taro di sana?

      Delete
    3. gpp selama masih didalam air dan cukup sinar matahari, kalau distryrofoam tapi ngga tenggelam takutnya yang tumbuh justru daun ndarat, nanti kudu adaptasi lagi kalo buat aquascape.. efek negatifnya kalao ditaruk dibelakang ya mungkin ada yg ngambil gan..hehehehe..becanda gan.! gpp..lanjutkan..!

      Delete
    4. gan, kok setelah 2 minggu di taro dibelakang malah keluar serabut gitu ya?
      apa itu alga?
      apa memang proses pertumbuhan spiky moss itu sendiri?
      makasih banyak gan..

      Delete
    5. kemungkinan alga rambut (hair alga) mungkin terlalu lama kena cahaya matahari.. memang kalau langsung terkena matahari lebh cepat tumbuh alga hairnya..

      Delete
    6. maaf banyak tanya gan :D
      kalo itu memang alga rambut, kenapa cuma nempel di spiky moss?
      padahal di dlm stryofoam itu ada taneman taneman yg lain, ada pelia moss juga..

      Delete
    7. betul.. jenis2 moss paling rawan terkena alga hair.. kecuali pelia dan cakra moss..

      Delete
  12. gan, riccia itu low, med, atau high light ya? sy pengen nanam, soalnya dapet dri hunting, biar ga mati pas ditanam, kasian, sperti hydrhocotile sibrotropisme sy yg mati karna sy lowlight
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. riccia termasuk tanaman high.. dan akan cepat pertumbuhannya kalo cahaya kuat..

      Delete
  13. oke gan maksih banyak jawabannya..
    mau tanya tentang taneman nih
    kalo taneman buat dasar yg bagus apa ya gan?
    pokoknya biar penuh dasarnya..
    maksih gan..

    ReplyDelete
  14. kakak, kalo riccianya diiket ke bagian bawah keramik ubin bisa tumbuh ga??

    ReplyDelete
  15. gan, butuh berapa lama riccia untuk pearling dari awal setting ya?

    ReplyDelete
  16. gan, kok riccia saya menguning ya gan?
    padahal saya kasih pupuk cair seminggu sekali
    lampu nyala dari jam 6 pagi sampe 6 malam
    ada CO2 diy juga
    mohon dibantu gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin terlalu terang lampu, atau jarak terlalu dekat lampu dengan permukaan air, jadi riccia menguning dan terlihat layu. bisa juga kekurangan nutrisi coba beri pupuk cair minimal seminggu sekali.. semoga bisa membantu..

      Delete
  17. gan mw tanya lampu buat riccia bgusx yang brp watt ya.??
    untuk aquarium ukuran 60x40x40
    mnta pnjlsanx.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. riccia optimal di highlight.. buat tank 60cm cukup pake 23 watt daylight/coolight

      Delete
  18. gan kalo di iket di triplex dikasih batu tuk pemberat gimana gan bisa ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. diikat dimedia apa saja bisa, soalnya riccia tidak punya akar, dan dia adalah tanaman mengambang, jadi supaya bisa disimpan didasar memang harus diikat dimedia.. termasuk triplek, masalahnya triplex tahan brapa lama tidak lapuk di air? lebih bagus diikat di keramik permukaan rata.

      Delete
  19. mas jajuk maaf sebelumnya,mau numpang tanya nih mas,saya nanem Peacock Moss,ukuran akuarium 30X20X25cm,pakai lampu philip spiral 8 watt,pakai pupuk cair flora green,pakai co2 DIY,airnya pakai air kran,yang jadi masalah kenapa daunnya jadi kusam dan ada yang coklat tetapi ada tunasnya,gimana mas penyelesaiannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cahaya kurang, coba ditambah jadi 18 watt (daylight/coolight)pelihara udang cherry/rilli dalam 1-2 hari pasti ijo lagi..

      Delete
  20. om mau tanya nih, kalau semisal membuat karpet dengan cara mengikat moss di media pecahan genting trus ditanam di pasir bisa tidak? cara agar moss tidak semrawut bagaimana?

    Thx om :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja, lebih baik kalo buat karpet pake kayupakis atau ram kawat jadi lebih rapi karna permukaan rata. supaya tidak semrawut ngikatnya juga harus rapi dong,tidak semrawut hahaha.
      usahakan jangan terlalu bertumpuk2, selembar2 saja jadi rapi. dan penyimpanannya harus di tempat yangterkena cahaya langsung (tidak dibawah bayang2 tanaman lain)

      Delete
    2. hehe thx jawabannya om jajuk, sipp!!!

      om nanya lagi seperti biasa, untuk perawatan hc cuba gmn ya? yg saya tau sih highlight, asupan co2 cukup, pukcir juga sering...apa sulit om tanam hc cuba, coba2 nih buat iwagumi nano tanaman rencana hc cuba sm hg pendek untuk tank 35x20x20...trus subtratenya apa ya om? disini gk ada jual pasir malang tp rumah deket kali..hehe :D

      Delete
    3. cuba tidak sulit selama memenuhi beberapa persyaratan tertentu sbb :
      1. sdh berdaun air.
      2. cukup cahaya (higlight)
      3. pukdas yg cukup
      4. pukcir rutin
      5. inject CO2
      5. terakhir banyak2lah berdoa supaya subur.. :)

      Delete
    4. untuk co2 DIY takarannya gmn om untuk tank segitu? takutnya udang sm supir taksi (CAE) ane mabok..hehe

      Thx om :)

      Delete
    5. kalo buat tank ukr 35x2x20 tidak dianjurkan pakai CO2 DIY, krn output gasnya tidakbisa dikontrol, jadi kemungkinan besar pasti fauna2 yang sensitif akan mabok.. pakai aja CO2 tablet. CO2 DIY hanya disarankan buat tank 80cm keatas, krn sirkulasi perputaran gas CO2 dalam air bisa stabil.

      Delete
  21. Kang Mw tanya kalo jenis kayu2an yg cocok utk aquascape selain bakau apa lagi ya? Kalo kayu2 yg ada di darat bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja, asal pastikan sdh bebas dari getah dan tanin yg berbahaya buat fauna.. jemur dulu sampe benar2 kering atau rebus kayu sampai hilang getah di pori2 kulit kayu.

      Delete
  22. Replies
    1. bukan pukdar ya, tapi pukdas, kalo pukdar (pupuk darat) banyak kandungan CUnya yg berasal dari urea dan amoniak. cuba termasuk tanaman rakus nutrisi jadi mutlak perlu pukdas sekaligus pukcir rutin dan cahaya yg tinggi.

      Delete
  23. ikutan gabung ya om jajuk..?? :D "salam kenal" impian bertahun2 pengen bkin aquascape baru tercapai skrng, blog ini sngt banyak membantu, dri awal setup DLL, semuanya belajar dri blog ini..umur tank pas masuk 2 minggu.dri banyaknya pertanyaan yg mau dipertanyakan, ternyata sudah ad jawabannya, & sngt membantu nubie tetap semangat/bersabar/dan berdoa pastinya..hehe..akhirnya timbul pertanyaan juga dri saya om..hehe..mohon bimbingannya ya om??

    1.kemaren pas WC 50%, slesai WC langsung kasi pukcir udang tiba2 pada kesurga. itu knapa ya om? air yg di pake udah diendapkan 2hri. saat WC co2diy ga dilepas tetap berjalan. apakah pengaruh juga om dgn co2diy nya?

    2.daun lotus tiger pada bolong2 om..dri hsil googling katanya dimkn ulat. cara mengatasinya gmana ya om?

    thanks..sukses & semangat trus wat blognya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. ukuran tanknya berapa? kalau ukuran tanknya dibawah 80cm sebaiknya jangan pake CO2 DIY, krn CO2diy keluaran gasnya tidak bisa dikontrol jadi takutnya terjadi overdosis sedangkan perputaran sirkulasi airnya terlalu pendek untuk menetralkan kualitas air kalo tank kecil , jadi resikonya udang (sensitif) bisa langsung mati keracunan.
      2. tiger lotus bolong2 bisa karena ulat/keong (bolong2nya biasanya dari pinggir) atau karena memang kekurangan nutrisi juga bisa (biasanya bolong2 ditengah2 dan ada batang yg layu/moulting) mengatasinya liat dulu bolong2 dan keadaan batangnya.. kalo krn ulat tinggal cari aja ulatnya, kalo kurang nutrisi berarti harus mulai rajin kasih pukcir .. ok?

      Delete
    2. siap om...thanks atas jawabanya..
      spec tank 75X35X35. co2 diynya 1bps..
      untuk co2 yg cair, ad rekomendasi merk yg bagus ga om?? di tank, plantnya cuba,peacok,hg,anubias ma lotus tiger.

      Delete
    3. 1 bps masih bisa ditolerir,. co2 cair yg umum biasanya pake serra.. tapi semua merek sama aja sih kandungannya.. masalah kebiasaan merek aja.. ok, good luck!

      Delete
    4. makasih om atas jawabannya..sukses trus wat blognya...

      Delete
  24. Bang sy mash pemula banged dan baru mau memulai aquascape ini..sy mau tanya..tanaman buat aquascape ny ini harus khusus ya?atau bisa aj pake tanaman yang ada di sungai atau tambak-tambak ikan itu??mksh sblumnya mhon bantuan pnjlsan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama itu tanaman air dan hidup di air tawar (sungai, danau, kubangan, kolam) bisa dipakai di aquascape. kalau tanaman darat tidak bisa walaupun ada beberapa tanaman darat yg bisa adaptasi di air..

      Delete
  25. O gtu y bang..mksh byk info ny bang..o y , bagi pemula sprti sy ini, sy cm pakai pasir malang n pasir halus sja,kira2 tnaman ny ttp msh bs hidup kan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ngga pake pukdas main aja di tanaman yg mudah dan lowlight macam moss, rizome atau vern.. paling tinggal pake nutrisi dri pukcir aja

      Delete
  26. mas, kalo pelia dan cakra moss pencahayaannya bagaimana ?
    low, medium atau high ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelia dan cakra bisa di low-medium, yg penting suhu dibawah 28..

      Delete
  27. Mas mo nanya dong...cara nanem graas jepang gmana? Pas kita belikan dia ditaro dimangkok kecil,apa hrus dikluarin dari mangkoknya taw tanem aja ama mangkok2nya...? Trus media tanamnya yg murah meriah pake apa ya....? Mksi sebelumnya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. HG lebih bagus ditanam emersed (setengah kering) tpi ditanam full air (submersed) jg bisa.. sebelumnya pastikan dibawah substrat sdh ada pukdas krn HG termasuk rakus nutrisi, atau kalau ngga ada pukdas bisa pake pukcap. tanam HG perakar (lepas dan bersihkan akar dari tanah di cup) seperti menanam padi dgn jarak 2-3 cm.. dgn cahaya tinggi (higgligh), pukcir rutin dan suhu dibawah 28 dlm waktu 2-3 bulan sdh bisa ngarpet (runner)..

      Delete
  28. kang beri saya petunjuk cara menumbuhkan moss karena saya selalu gagal menumbuhkan moss, moss bahan yg sealalu saya beli selalu mati berdaun coklat, setelah saya ikan di pohon or akar ukuran tank 70x35, inject co2 diy sudah lampu jebo 20wat putih+biru 10wat pukcir grow micro 3hari sekali...tanaman seperti tenellus,anubias,windelof,buce,java fern tumbuh subur hanya moss saja yg selalu menjadi hijau tua dan akhirnya coklat mati..mohon pencerahannya kang...

    ReplyDelete
  29. ternyata moss bahan yg saya beli masih daun darat kang makanya lama" langsung mengering dah suhu didalam tank pas say aukur 29, setelah saya kasih kipas 2 skr suhu 28..
    pertanyaan saya dengan suhu 28 moss sapat tumbuh tidak kang (2) apakah kutu yg larinya cepat itu suka memakan tanaman sejenis moss dan rizhom dan cara membasminya dengan apa kang (3)Acroloxus lacustris or siput mini merupakan hama atau bukan karna sering menempel dikaca,pohon,moss bentuknya sangat kecil seperti 1 butir pasir silika...maaf kang banyak tanya bener" newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau moss darat susah adaptasinya.. biasanya gagal dan mati. kutu yg dimaksud mungkin gamarus ya.. basminya pake jebakan aja. masukkan timun ke wadah kecil lampu matiin, pagi2 udah ngumpul gamarus di timun tinggal diangkat aja

      Delete
  30. assalamualaikum wr.wb maaf mas saya newbie mau tanya 1.jeda antara awal pertama setup sampe siap diisi ikan berapa lama ya 2.kalo beli tanaman air tapi belum ada akaranya kira kira bisa tumbuh ngga ya soalnya saya beli beberapa tanaman gitu tapi ngga ada akarnya 3.masalah suhu saya udah coba pake kipas angin yg besar malah tapi suhu tetep mentok di 30 derajat caranya biar suhunya 29 kebawah gimana ya selain pake kipas hehehe maaf nanyanya kaya ngerampok maklum newbie wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  31. Mas.. saya pengen nanam ricia tp tanpa co2. Bisa idup ngga dia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, asal pake highlight pasti subur riccia

      Delete
  32. Gan kawar hairnet itu kaya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. hairnet bukan kawat, tapi jaring rambut yg biasa buat sanggul ibu2.. cari aja disalon2 banyak.. kalau malu nitip pacar atau ibu2 supaya ngga dikira ngondek jalan2 kesalon.. hehehehe

      Delete
  33. makasih tutorialnya... untuk kedepannya apakah ada proses penambahan ragi atau penambahan air gula? jika iya.. berapa lama harus ganti nya...

    ReplyDelete
  34. mas kalo riccia udah gondrong terus di cukur, hasil cukurannya bisa di tanam lagi/di buang aja mas ?

    ReplyDelete
  35. bagi pin bb nya kang...gue nanam anubias tpi banyak alga yang tumbuh di daun nya..gmna atasi nya

    ReplyDelete
  36. Kang, klo tenellus di tanam hanya pakai media pasir Malang itu bakal running ga ya?

    ReplyDelete