Tuesday, July 24, 2012

Membasmi Hama Keong dengan Ikan Puffer

Dimana ada tanaman pasti ada hama, kalau ditaman2 kita dihalaman hama yang paling menjengkelkan adalah  Ulat Daun, ya.. karena tanaman2 hias yang cantik2 jadi gundul alias habis daunnya gara2 ulah si hama itu. Demikian juga halnya dengan Aquascape.. karena didalam aquascape juga terdapat  banyak tanaman2 air yang hidup pasti juga tidak terlepas dari hama2 yang mengganggu.  Salah satunya yang paling menjengkelkan adalah keong air / siput air. Hama ini hampir sama sifatnya dengan siput yang didarat yaitu perlahan2 menggerogoti daun mulai dari ujung sampai pangkal sehingga daun hanya tersisa tulang2nya saja. Dan yang lebih parahnya lagi hama ini berkembang biaknya cepat sekali.. mungkin karena termasuk jenis hermaprodhyt jadi tidak membutuhkan  pasangan untuk berkembang biak. Kalau masih bisa dihitung dengan jari sih kita bisa memungutinya satu persatu, tapi kalau sudah sampai mewabah..?? pegel nih jari2 ngambilin satu satu belum yang ngumpet2 didaun yang rimbun. alih2 bisa bersih dari hama yang ada..bisa bisa  akuarium kita jadi keruh..hehehe..
Untuk mengatasi hama keong air yang sudah over populated kita bisa menggunakan IKAN PUFFER, yang bisa juga disebut ikan buntal. Ya, ikan puffer  efektif  membasmi keong karena  memang itu santapannya, dan ikan ini tidak akan berhenti mencari sampai ke dalam2 tanaman yang rimbun...seperti anjing pelacak aja..hehehe...
Tapi ada kelemahannya yaitu ikan ini memangsa semua jenis hewan crustacea. jadi hati2 juga kalo pelihara udang hias.. bisa2 ikut habis disantap. tapi ngga usah kuatir, karena ikan ini lambat geraknya, jadi kalau dirasa hama keong sudah habis tinggal ambil dan angkat aja dengan tangan...selesai masalah.

Berikut ini penampakan ikan puffer/buntal





16 komentar:

  1. ikan PUFFER ini memangsa ikan sejenis NEON / GUPPY gx...??? thanks

    ReplyDelete
  2. kalau keong turbo di mangsa juga gak ama si PUFFER ini???? Thank u

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pasti disantap.. minimal disiksa ama si puffer..

      Delete
  3. kira2 nie puffer mw g yaaa mkn keong trompet, cz dh pke botia ma assasin snail ttp g efek

    ReplyDelete
  4. Om kalo ada udang red cherry di hantam gak sama si puffer ini? Thx

    ReplyDelete
  5. Mau tanya, ikan yang suka nempel dikaca pemakan lumut itu namanya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan brushmount, sapu sapu & borneo sucker

      Delete
  6. Mas Joe.. menurut pengalaman..bagus mana Puffer atau botia-kah ?? Please advice..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus puffer.. dia rajin mencari keong sampai ke pojok2 dan kedalam rimbunan daun..persis anjing pelacak..hehehe

      Delete
    2. mas brow, saya dh terlanjur beli assasin snail, tapi kurang efektif membasmi keongx! cos ditempatku yang ada buntal pemakan segalanyaa...... gmana nich? huahuahua..... galau nich

      Delete
  7. Salam kenal mas jajuk..
    Ane baru buat aquascape baru 1 minggu mas.. ukuran tank 60 x 30..
    Yg ane mau tanya.. kenapa ya mas d permukaan air spt berlemak? Kalau d serok pakai saringan seperti ada lumut berwarna putih..
    Mohon pencerahan nya mas jajuk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu memang lemak bisa berasal dari sisa2 makanan yg mengendap dan lemaknya ke permukaan. caranya buat permukaan air tetap ada gelombang/riak2 kecil untuk memecah lemak. atau pake surface skimmer juga bisa buat menyedot kotoran2 diatas permukaan air.

      Delete
  8. ikan puffer ini untuk air tawar ato air laut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. krn buat aquascape air tawar tentunya pake ikan puffer/buntal yang habitatnya diair tawar..

      Delete
    2. Slam kenal mas... tau cari ikan puffer ini dimana ya? Aqua scape ane lg diserang hama siput ... trimakasih sblumnya

      Delete