Wednesday, July 25, 2012

Ikan - Ikan Penghias Aquascape

Berbagai jenis ikan air tawar yang paling banyak direkomendasikan para aquascaper dan tentunya adalah ikan2 yang pemeliharaannya tergolong mudah adalah :



Congo Tetra,

Sesuai namanya jenis ikan berasalh dari sungai Kongo, Afrika. Ikan ini diperlukan karena ikan ini bisa menarik ikan lain supaya nggak terlalu banyak yang ngumpet. semacam ikan penyemangatlah...



Puntius Denisoni
Ikan ini dari India dan masih termasuk keluarga ikan tawes, bodinya bulat memanjang layaknya torpedo sehingga sering disebut red line torpedo barb. Ada garis hitam memanjang dari ujung mulut sampai pagkal leher. Ukuran maksimal 15 cm


Neon Tetra
Ukuran berkisar 2-3 cm, ikan jenis ini termasuk sangat indah, karena warna sisiknya yang berwarna perak danmerah metalik bisa terlihat menyala. Kegemarannya makan cacing beku, serangga kecil, pakan kering dan udang kecil.



Rainbow fish
Ikan ini berwarna sangat indah, dihiasi garis garis warna pelangi. Ukuran ikan ini makimal 10cm. Sangat menyukai cacing, udang dan pakan kering. Banyak terdapat di perairan Australia, Papua dan Perairan Indonesia



Rasbora heteromorpha
Ikan ini lebih dikenal dengan nama harlequin atau red rasbora. Ikan mempunyai semburat hologram warna merah di sisiknya. Ukuranmaksimal 5cm, ikan ini berperangai kalem dan suka berkelompok. Sangat cocok untuk aquascape.


Red nose tetra
Ikan ini sangat cocok jika dipelihara secara massal dalam akuarium, karena mereka suka bergerombol.  Biasa juga disebut ikan rummy nosed. Si hidung merah senang sekali memangsa cacing, udang dan pakan kering. Menyukai kualitas air yang jernih.


Red tailed shark
Ikan ini dijuluki Labeo bicolor karena punya dua warna merah dan hitam. Namun para pehobi lebih senang menyebutnya red-tailed shark, karena bodinya mirip ikan hiu dan berekor merah. Ukurna maksimal 15cm, termasuk ikan teritori / penguasa. Makanya jumlah ideal dalam aquarium adalah 1 ekor.


Sumatra barb
Sering juga disebut tiger barb, karena memiliki warna loreng menyerupai macan. Ikan ini mudah dipelihara, karena senang menyantap cacing, udang dan pakan kering. termasuk jenis ikan galak dan agresif


Angel Fish
Ikan dengan bentuk lebar ini sangat cantik dipelihara bersama tanaman air. Giant angel fish atau biasa disebut altum, adalah salah satu jenis angel fish cantik yang eksklusif. Sayangnya Ikan ini tidak bisa disatukan dengan udang hias yang kecil kecil seperti udang amano karena akan disantap habis ini udang..

dan Gongnya adalah IKAN DISKUS, ikan berbentuk cakram ini menjadi primadona penghobi ikan hias. Karena keindahan corak warna  dan tingkah ikan ini yang tenang benar2 bisa membuat terpikat yang melihatnya. Karakter ikan ini menyejukkan dan pendamai. Termasuk ikan yang sulit pemeliharaannya karena warnanya akan cerah bial hidup disuhu diatas 30C sedangkan aquascape harus disuhu dibawah 30C. Untuk mengakalinya biasanya memelihara ikan diskus  dari kecil/anakan di aquascape supaya bisa menyesuaikan suhu sekitarnya.





93 komentar:

  1. Ikan yang cocok sama udang apa Mas! udang ku habis trus!!

    ReplyDelete
  2. sebaiknya udang2 hias spt red bee, black bee, amano, cherry atau yng sejenisnya dibuatkan akuarium tersendiri. Karena disamping udang2 tsb membutuhkan suhu yang cukup dingin (dibawah 28) biasanya juga jadi santapan ikan2 pemangsa lain. Kalaupun mau dipaksaain bisa disatukan dengan ikan, carilah ikan2 yg ukuran mulutnya lebih kecil dari udang hias dan berukuran kecil spt neon tetra, cardinal atau red nose ..tapi jgn kuatir, karena kalau diaquascape biasanya banyak tanaman2/moss, nah itu bisa buat sembunyi udang2 kecil.. dirumah saya pelihara udang mexico dan disatuin ama diskus bisa akur2 aja..

    ReplyDelete
  3. tambahan mas, supaya udang tidak dimakan sama ikan2 lebih baik ikan jangan sampai telat dikasih makanan. soalnya kalo kelaperan pasti nguber2 udang..tapi kalo kenyang pasti ramah ramah..hehehe

    ReplyDelete
  4. maap mas nanya lagi, ikan neon saya kok gk makan2 udah hampir 5 hari tapi gk mati2.. trus saya kasi cacing eh gk di makan malah cacingnya berkembang biak di tanahnya! kira kira pengaruh gk ya mas?

    ReplyDelete
  5. pengaruh ke apanya ya?? mungkin itu neon ga ketahuan makannya, jadi tetep idup..kalau pengin neonnya mokad dikeluarin aja dari akuarium bos..hehehe becanda..
    mungkin pakannya kurang cocok, ikan neon adalah sejenis ikan yg hidupnya berkoloni, jadi harus dlm jumlah yg banyak, biasanya kalau salah satunya makan yag lainnya ikut ketularan berebut makanan. coba ganti pakannya pake tet**bit atau bloodworm beku..jgn pakan hidup.. okay?

    ReplyDelete
  6. Kalo udang di campur ikan ram balon & black ghost aman2 aja ga tuh? terima kasih

    ReplyDelete
  7. Pertanyaan lg nih mas.. hehe
    klo miara udang tanpa tanaman hidup (cuma tanaman ornamen yg dr plastik bwt ngumpet) bisa ga mas? trus udangnya makan apaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udang makan alga, lumut dan pelet.. tanaman palstik juga lama2 ditumbuhi alga.

      Delete
  8. Om,kalo aquascape keluar semacam jentik kayak ulat pada nempel di kaca, bahaya ngga om. ....Mohon solusinya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin yg dimaksud planaria.. sejenis cacing pipih putih kecil biasanya kalo ada ikan2 predator kecil macam tetra pasti dimakan. munculnya planaria karena biasanya kita memberi pakan ikan yg berlebihan.. jadi membusuk dan muncullah di cacing planaria. tidak berbahaya tapi ngga enak dipandang mata...hehehe

      Delete
  9. Thank's untuk solusinya omm......

    ReplyDelete
  10. Om ikan yang kira " suka ngerusak taneman ikan apa aja?
    Buat antisisapi takut nya salah beli....

    ReplyDelete
  11. Om jajuk,
    di ikan tetra saya muncul titik2 kecil warna putih. itu jamur bukan ya?
    ada solusi gak buat ilanginnya?
    terimakasih,
    fajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kena white spot, penyebabnya protozoa dari kualitas air yg jelek akibat terlambatnya penyifonan dan pembersihan sisa makanan dan penggantian air. pengobatannya penggantian air setiap hari beri larutan acrifavine (dijual di toko akuarium) dan campuran Blitz Ich (Methyline blue)..

      Delete
  12. Om,ikan discus ku,di patok in ma ikan SAE,sisiknya pada rusak trus ikan discus nya dah miring" om,agar sisik bagus ma ikan sehat lg pakai apa om ya?

    ReplyDelete
  13. wah..diskus kalo sudah miring2 harusnya dikarantina dulu.. itu kekurangan oksigen.. krena pengobatan tidk akan optimal kalo disuhu dingin.Jadi diskus harus dipindahkan diakurium yang dihangatkan suhunya sampai 30 an.. trus diterapi pake metheline blue.. dan diberi antibiotik chlorampenicol (diapotik jual).. tunggu sampe diskus berenang normal kembali. baru disatukan lagi ama yg lain.. sisik rusak nanti normal lagi. Kalo bisa SAE jgn disatuin ama diskus.. kadang nakal suka cubit2 dikit.. hehehe

    ReplyDelete
  14. Gan mau tanya dong...saya bru bwt aquascape(bry 2 mingguan)...kok red nose saya mati satu2 ya..?...klo tanda2 mau mati dbadannya ada area wrna putih gtu,trus berenangnya agak gelepar2 tp msh suka ikut gerombol n msih mau makan,tp klo diarin bsk udh mati...itu knpa ya..?dan pengobatannya apa..?mhon pencerahannya...coz saya udh pisahin n saya pke raid all tp gk mempan...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kena iritasi air.. waktu penggantian air mungkin belum adaptasi... kalo white spot pake anti jamur acrivlavine dan metheline blue..

      Delete
  15. om,,mau tanya ni.saya punya ikan tetra dengan ciri:warna badan'y silver,dari blakang insang ad grs wrna hijau horizontal nyampe ekor,sirip semua warna merah,& d tngah ekor ada bintik warna hitam.
    Dari sekian ciri tsb ikan tetra jenis ap om..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin jenis silvertip tetra.. tapi kok ada bintik warna hitam diekor ya..? atau jenis gold barb mungkin..

      Delete
  16. gan,kalo ikan tetra di campur ma ikan palmas gmana??
    ap brbahaya bg ikn tetra'y??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan palmas termasuk ikan carnivora, jadi dia predator buat ikan2 kecil.. sebaiknya jangan dicampur..bisa buat camilan itu tetra..sayang kan..? :)

      Delete
  17. Nanya dong mas jajuk,,bisa ga penggantian air langsung dari air keran untuk aquascape,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk flora/tanaman sih gpp langsung dari air keran.. tapi kalo untuk fauna lebih baik endapkan dulu air kran kira2 3 hari baru masukin faunanya..

      Delete
  18. Punten kang...
    Penyebab moss warna kuning kecoklatan itu kenapa ya kang????ane bru sminggu nanem ap emg blum idup ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kekurangan Co2,,om.... coba deh beri cahaya yg cukup, am suplai co2 nya kudu ukup jg... :)

      Delete
    2. bisa jadi juga mossnya masih daun darat gan, jadi perlu adaptasi dan biasanya menguning trus kering tapi setelah itu baru tumbuh tunas2 baru daun airnya yng berwarna hijau muda.. usahakan suhu tetep dingin dan cahaya cukup.. memang harus sedikit sabar dan .. banyak berdoa hehehehe..

      Delete
  19. ikan Angel Fish cocok di campur ame ikan ape Gan ?
    btw mas koki suka makan tanaman air yach ?
    thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. angel fish/manvis termasuk ikan pendamai bisa dicampur dgn apa aja.. asal jgn dicampur ama udang hias, kasian udangnya disantap..hehehe betul koki termasuk pelahap tanaman masih kelurga ikan mas..

      Delete
  20. Kang jajuk, mau tanya..Klo misal di dalem tank udah ada 7red cherry shrimp, 9keong tanduk dan 1pleco..rencananya ane mau tambahin 2discus+10neon tetra boleh gk?

    Ada kemungkinan dimakan2 gk tuh red cherry nya?
    Mohon pencerahan...takut salah beli kang..hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaht.. dijamin diskusnya jadi gemuk dan sehat2.. gimana tidak camilannya redcherry.. jgn sekali2 digabung udang ama diskus.. makanannya tuh..

      Delete
    2. Kalo sama neon tetra??
      Jd apa aja dong ikan2 yg aman buat udang+keong?

      Delete
    3. udang idealnya memang harus di tank terpisah khusus udang, neon tetra juga kalo kelaparan bisa menyantap udang terutama udang2 yg masih abg.. ikan yg aman buat udang biasanya ikan pemakan lumut/alga bukan ikan carnivora. misalnya ikan SAE, CAE, Brushmouth, otocynclus..

      Delete
  21. punteun kang jajuk,. sy mau nanya ikan neon tetre saya suka mati2 satu per satu ,.walanya saya pake air keran aja uda di diemin ttep aja.,skrg saya pak air isi ulang buat aqua itu aman gak? saya pake aquarium gex 300 13ltr di kaca aquariumnya suka muncul putih2 kyk jamur itu apa yah gmna cra membasminya? mohon tipsnya kang

    ReplyDelete
  22. ikan neon pada mati tanpa sebab biasanya masalahnya di parameter air yg ngga cocok, atau bisa juga karena pemberian pakan yg berlebihan jadi sisa2 akan menumbuhkan bakteri pembusuk yg efeknya akan mengurangi kadar oksigen dan tentunya efeknya justru mejadi racun sendiri buat ikan2.. akibat fatalnya ikan keracunan dan mati mendadak.

    ReplyDelete
  23. mas kalo saya ingin buat komposisi fauna terdiri dari neon tetra, sumatera barb, red cherry, SAE, dan CAE kira2 berpotensi terjadi konflik dan saling bunuh gak ya? agak kuatir sama sumatera barb yang katanya termasuk ikan galak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sumatra barb termasuk predator ganas.. kalo bisa terpisah dari ikan2 yang pendamai..bisa rusak sirip dan ekor. red cherry kalo sdh dewasa aman, tapi anakannya dijamin pasti buat camilan neon tetra..

      Delete
  24. om ane baru belajar bikin aquascape dan budget minim. bisa minta saran buat tanaman dan ikan yang cocok buat pemula nggak?

    ReplyDelete
  25. mas,,klo ikan discus dicampur ama red finned shark aman ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. red fin termasuk ikan teritori dan sifatnya pendiam tapi suka usil, jadi dia akanmenyerang ikan apa aja yang mendekati daerahnya..bisa merusak sirip dan ekor diskusdan bisa bikin diskus stress.. sebaiknya jagan dicampur.

      Delete
  26. Mas, diskus di aquascape saya kan ada 3 ekor tuh.. knp pada saling nguber2 ya ? kasian mas diskus saya yg jd korban kejeran nya, sampe stress

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. biasanya diskus yang ukurannya tidak seimbang ukurannya saling menyerang, untuk menunjukkan daerah kekuasaannya.. apalagi kalo ada diskus yang baru gabung..tapi nanti lama2 akan akur juga..

      Delete
  27. mas jajuk
    gimana caranya membasmi hama ulat pada daun anubias,
    selain denagn cara manual apakah ada obat ato ikan yang bisa dipakai untuk membasmi hama ulat itu tanpa merusak tanaman anubias yang sudah ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya ikan2 guppy, molly atau jenis tetra doyan ama ulat2/ cacing2 pemakan daun.. coba aja pelihara.

      Delete
  28. Mas Jajuk, Mau tanya lagi nih soal diskus.. Diskus dirumah saya kok kurang aktif ya pergerakan nya ? itu ada masalah dimana nya kira2 ? Mohon pencerahan mas.. TerimaKasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang aktif gimana nih? ngga mau makan? diem aja dipojokan atau bagaimana? biasanya kalo diskus baru dimasukkan perlu adaptasi. kalau yg biasanya lincah trus jadi diem dan dipojokan terus kemungkinan stress bisa akibat dikagetin atau bisa jadi memang kena penyakit..

      Delete
    2. Iya diem aja dipojokan mas, agak gak mau mkn juga.. terus sirip nya pada nekuk, gak berdiri seperti diskus biasanya.. kalau sakit apa obatnya mas ?

      Delete
  29. mas jajuk
    bener gak kalau kadar co2 di tingkatkan maka akan menghambat pertumbuhan lumut rambut yang warna hitam yang sering muncul di pinggiran daun anubias
    thank u infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas kalo overdosis CO2 dampak nyatanya ke fauna gan.. terutama buat udang yg sensitive.. kalau lumut rambut di daun itu lebih disebabkan over nutrisi bisa dari pupuk cair dan overlight cahaya yang terlalu banyak durasinya.. cukup maksimal lampu nyala 10 jam aja.

      Delete
  30. salam kenal mas jajuk
    mau nanya mas, kenapa air berwarna coklat padahal baru sehari air aku ganti menggunakan air PAM, cuma sehari clear, bsoknya dah nggak jernih lagi, tank isinya kayu bakau dan tanaman2 + ikan guppy. oh ya aku makai jbl aquabasis,+pasir manado, berhubung kena semprot air beberapa bagian porak poranda, alhasil sedimennya nempel di moss, kira2 bisa dibersihkan tanpa cabut2 lagi nggak mas, :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kena semprot sampai poak poranda, kemungkinan jbl nya bocor, jadi air berubah warna. kemungkinan kedua kayu bakaunya belum kering benar, jadi masih ada zat taninnya(getah) di batangnya. solusi pasir cuci lagi, setup ulang dgn ketebalan subtrat ditambah supaya ga gampang bocor jblnya. kayu sebaiknya direbus atau dijemur sampai kering betul.

      Delete
  31. terima kasih mas, saya setup ulang saya tambahi pasr manadonya, dan di tank yang sama saya ada tanaman hemiantus cuba sudah jalan satu minggu oke2 saja, masih segar menghijau,tapi saya perhatikan ada bagian yang kering gundul tinggal akarnya,daun nya entah kemana yang cepat sekali menyebar, sebelum itu menyebar ke semua tanaman, saya potong dan saya buang, kira2 apa itu sebabnya mas jajuk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuba kalo blum daun air susah adaptasinya..biasanya jadi kuning akhirnya pada lepas daunnya tinggal nyisa batang dan akar.. dan cuba termasuk tanaman hightlight jadi harus pake cahaya tinggi dan inject CO2 sangat dianjurkan.. tanpa itu kemungkinannya kecil bisa subur dan ngarpet.

      Delete
  32. bro,akuariumku ada ikan PALMAS/Naga, IKAN LAYANG2, PEMBERSIH KACA,LOUHAN, Dan Ikan BENDERA, itu gimana ya, saya khawatir sama Louhanya :( kan predator

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalao buat aquascape ikan2 tsb tidak dianjurkan semua. lohan sebaiknya dipisah.

      Delete
  33. SAlam kenal mas,,,mau tanya nih mas,,saya newbie mas,,ikan yang saya gemari adalah semua jenis guppy,,dan saya campurkan kesemua jenis guppy tersebut kedalam 1 aquarium.

    Yang ingin saya tanyakan kenapa salah satu ikan guppy tersebut ada yang agresif mas, mengejar2 speciesnya sendiri, seperti menggigit siripnya,,lalu lama kelamaan sirip kanan atau kiri menjadi cacat alias kaku dan tidak bisa bergerak, dan jika saya amati ikan yang sudah cacat (siripnya rusak itu sudah tidak dikejar2 lagi,,so lalu mati...

    mohon pencerahannya mas,,ada apa gerangan,terimakasih sblmnya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg agresif dipindahkan saja, krn guppy sebenarnya ikan pendamai dan berkelompok (Scooling)jadi kalo ada yg agresif sebaiknya dipisah aja... pakan jangan sampai telat, itu bisa jadi pemicu ikan agresif.

      Delete
  34. mas
    ikan guppy digabung ma udang (red cherry) gak ap2 mas??
    untuk red cherry, apa bisa hidup di nano tank tanpa filter??
    udang kalau ge ganti kulit jadi rentan kematian ya mas..?? masalah nya, udang saya mati, gak lama setelah ganti kulit....
    trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. guppy rawan digabung sama udang, terutama buat anakan udang. udang bisa hiduptanpa filter asal ada aerasi aja. memang udang paling rawan kalo pas ganti kulit, kalo ga da tempat sembunyi(moss, batu2, kayu) pasti disantap temannya..

      Delete
    2. Mas jajuk, kalau guppy digabung sama redfin albino , boleh gak yah??? Thanx....

      Delete
  35. mas mau tanya, kalo aku mencampur antara ikan cupang dan guppy didalam satu akuarium kira2 bagaimana ya mas?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp, selama cupangnya yg betina.. kalo jantan pasti duel tuh. ikan..

      Delete
  36. Mas jajuk, kalau guppy digabung sama redfin albino , boleh gak yah??? Thanx...

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh boleh aja..siap yg melarang..? paling ada kejar2an dikit.. yg penting jgn telat kasih makan aja..

      Delete
  37. Mas jajuk, nanya nih,,
    Pasangan yg ideal buat neon tetra ikan apa aj y??
    Kalo dcampur ama rainbow atau red nose bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasangan ideal? hehehehe... selama sesama ikan jenis tetra aman2 aja.. di tank saya malah dicampur ama diskus.. tetep akur2 aja.. rainbow & rednose aman!

      Delete
  38. Mas jajuk, nanya lg,,
    Ane rencana mau dinas luar kota smpe 2 bln,, kira2 tank ane harus d bijimanain ye?? Soalnya ga ad orang yg ngurusin,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake timer buat pakan otomatis dan terutama buat lampu otomatis, jadi biar ngga kelaparan ikan dan ngga wabah lumut krn overlight

      Delete
  39. Mas jajuk mau tanya ni,aquascape bisa bernyamuk gk ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga bisa, krn kalaupun sampai nelur di tank, jentik2nya pasti dimakan ikan.. jadi aman.

      Delete
    2. Makasih mas jajuk,jadi agak lega ni hahaha

      Delete
  40. kang emang cupang bisa masuk aquascape?? kalo lampu nyala mati dalam durasi 1 jam tdk apa2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja, asal cupang betina, kalo jantan pasti jadi arena tinju.. hehehehe... itu lampu nyala mati tiap 1 jam..sebenarnya lampu aquascape atau lampu disko? hehehe.. sebaiknya minimal nyala durasi 8 jam

      Delete
  41. mas sy melihara ikan black molly yg msh anak2 tp kok ikan2nya suka matokin riccia ya,,,jd riccia.a pd rontokkan dan ngambang...kata mr.google ikan molly cocok buat aquascape ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul..molly cocok buat aquascape tapi tidak cocok buat tanaman riccia.. jadi solusinya molinya pindah tank atau tanknya tanpa riccia.. monggo silahkan galau.. hehehehe

      Delete
  42. kang kenapa yah setiap di kasih pukcir air jadi berlemak diatas? trus ikan2 yang ada di aquascape saya ko makan nya keren2 kang ga pernah nyisa trus saya pelihara ikan cleaning servis kasihan jd ga ada sisa,nah dia makannya apa yah?
    oh iya,boleh tau akang jajuk domisili dmn? boleh minta no telp untuk bisa konsultasi lebih lanjut? saya punya konsep aquascape bertemakan panggung teater kang,hehe..salam kenal kang ah :)

    ReplyDelete
  43. Omm jajuk,aku punya kurang lebih 200 ekor udang red rilli,jika aku satuin ma cardinal tetra tetra +/- 25 ekor.kira" udang di santap ngga om ma cardinal tetra.solusi yang baik gimana ommm....

    ReplyDelete
  44. gan,kira2 ikan guppy digbung ama ikan molly bakal akur ga ??

    ReplyDelete
  45. Mas kalau ikan guppy digabung sama redfine dan balashark aman ga?

    ReplyDelete
  46. Sebelum tanya, saya share sedikit pengalaman saya pribadi, saya bikin aquascape isinya taiwan moss, spiralis sama anubias, fauna nya : red & blue cherry 60ekor, coridoras panda 6ekor, ikan koki 12cm 4 ekor, alhamdulillah udh setengah tahun semuanya adem ayem, ga ada tanaman rusak ataupun udang yg lenyap haha.. tapi ada sedikit masalah, mungkin krn saya gapake CO2 jadi moss dan spiralis tumbuhnya mampet, mohon banget pencerahannya tentang penggunaan CO2 di aquarium saya, berhubung ada ikan kokinya. Aquarium saya ukuran 120x50x50

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat tank ukr diatas 120, inject CO2 bagus dan tidak berpengaruh ke fauna jadi aman2 aja. supaya lebih cepat, rimbun dan subur memang dianjurkan inject CO2 baik DIY maupun tabung, buat bahan bakar fotosintesis tanaman.. hati2 udang udahdiincer koki tinggal nunggu lengahnya aja tuh..hehehehe

      Delete
    2. Oke mas, makasih banyak buat pencerahannya..
      Sekalian mau tanya lagi, tempat jual red bee selain di jl.peta sama pasar ulekan dimana lagi ya?, saya udh 3 minggu berturut2 ke 2 tempat itu selalu ga ada, bilangnya kosong terus

      Delete
  47. Mas kalau ikan platy, guppy, molly dan swordtail disatuin sama udang hiaa aman ga tuh mas?

    ReplyDelete
  48. punten kang jajuk
    kalo ikan palmas bisa disatuin sama ikan hias sepeti komet, belida, koki, angel fish, or ikan mas koki gak ya ????
    mohon pencerahannya ....

    ReplyDelete
  49. gan mu tannya ni... klo aquascape. pencahayaan.y gak pernah dimatiin nanti dampak.y apa ya.. ..thaks

    ReplyDelete
  50. Om knp stlh tank q inject co2, gupy mati sav persatu. Ukuran tank 120 x 50 x 70. Pdhl sblmnya sehat2 aja.berenang dipermukaan kemudian mati

    ReplyDelete
  51. mau nanya mas jajuk.....
    aquascape saya udah sekitar usia 2 bulan, selama ini baik2 aja...
    tapi masalah muncul dalam 1 minggu terakhir ini....
    ikan pada mati tiba2 satu per satu, kadang sehari ada ikan mati 3 ekor....
    aqua ukuran 60 x 35x 35.....
    flora : javavern, windelow, erect, diformis, nymphoides sp. 'taiwan', cabomba.
    fauna : 5 neon tetra, 5 red nose tetra, 5 rasbora, 2 guppy, 2 cae, 5 redcherry, 2 assasinsnail...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan mati persatu kemungkinan kualitas air yg menurun, krn amoniak yg meningkat.. coba perhatikan, media filter pernah dicuci ngga? solusi ganti air min. separo trus cuci bersih semua media filter (busa/sponge), kalau tank kecil usahakan jgn inject CO2..kasian ikan pada mabok.

      Delete
    2. ikan mati persatu kemungkinan kualitas air yg menurun, krn amoniak yg meningkat.. coba perhatikan, media filter pernah dicuci ngga? solusi ganti air min. separo trus cuci bersih semua media filter (busa/sponge), kalau tank kecil usahakan jgn inject CO2..kasian ikan pada mabok.

      Delete
  52. salam kenal om jajuk

    saya newbie mw bertanya, CO2 DIY aman ga bwt Red/black bee? n cara membuat jembatan menggunakan moss, moss jenis apa yg bagus untuk carpet n jembatan?
    ukuran tank 60x40x40

    ReplyDelete