Saturday, July 21, 2012

AQUASCAPE ITU MURAH!!

Baca judul diatas pasti pada geleng2 kepala... apalagi para penghobi aquascape kelas atas..hehehehe... tapi kenyataan memang seperti itulah yang saya alami. Memang aquascape itu hobi yang murah kalau kita bisa kreatif  membuatnya terutama kudu pinter2 mengakali  yang mahal mahal..hehehe..
Kenapa saya bilang murah? karena terus terang untuk proyek aquascape pertama saya hanya menghabiskan biaya kurang dari 300 rb..!!
Yup.. nggak lebih dari 300 rb, dengan perincian seperti  ini :
1. Beli Aquarium bekas ukuran 40x80x40 harga 60rb

2. Pasir malang 1 karung 45rb
3. Pupuk Dasar pake yg murah  meriah PDO (Pupuk Dasar Organik) harga 10-20rb/kg
4. Lampu Phi***s 23 watt x2 harga 70 rb (kalau buat tank nano/dibawah 60cm cukup 1 lampu saja)

5. tanaman mudah Javavern , Peacok moss, cabomba  harga 50rb
6. Filter Air (HOB/Powerhead) Rp. 45.rb
7. Chiller / Pendingin, karena mahal jadi mengakalinya dengan  pakai kipas bekas Blower komputer  sepasang, lumayan cepat menurunkan suhu sampai 27derajat, dan yang lebih penting...gratisss..hehehehe

cuma itu yang saya beli.. Oiya.. kuncinya untuk aquascape adalah adanya suplly gas CO2 yang kalo kita beli tabungnya harganya diatas 500rb, bisa kita akali dengan memfermentasi gula dan ragi..jadi cukup dengan beli gula 1/4kg Rp. 3000 + ragi fermipan 3000 cara membuatnya silahkan KLIK DISINI....jadi total cuma Rp. 276.000.. (masih ada kembalian tuh 24rb..hehehehe)
Dengan peralatan2 yang diatas kita sudah bisa MEMBUAT AQUASCAPE SEDERHANA ...
Selamat Berkreasi!!!



167 komentar:

  1. benar gan semua bisa diakali asal kitanya kreatif aja.. thanks inspirasinya gan!

    ReplyDelete
  2. betul, yang mahal adalah merek2 produk aquascape, kalo bisa mengakalinya sebenarnya sangat murah. yang penting fungsinya sama asal kreatif.

    ReplyDelete
  3. itu air nya harus diganti dgn interval brp hari, minggu atau bulan.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk aquascape kalau ekosistemnya sudah jadi, tidak perlu diganti air. cukup ditambah sedikit2 saja untuk mengganti air yang menguap. karena kalau ekosistemnya sudah jadi, air akan terus kinclong dan perputaran udara, CO2 sdh stabil. sehingga kalau diganti airnya malah keruh dan nantinya malah bisa mulai proses awal lagi. Tinggal perawatan kebersihan kacanya dan kebersihan (cuci) busa filter saja yang musti rutin dilakukan. saya sendiri dari pertama buat aquascape sampai sekarang (2tahun) tidak pernah dikuras airnya paling ditambah 1-2 gayung air untuk mengganti air yg menguap.. dan tetap kinclong..hehehe

      Delete
  4. gimana trik ngisi air agar pasirnya gk rusak?

    ReplyDelete
  5. @aulia, supaya pasir yg sudah tertata rapi tidak berantakan waktu diisi air cobalah dengan memasukkan piring atau mangkuk ke dasar pasir kemudian tabrakkan aliran air dari keran ke piring atau mangkok tersebut.. dijamin pasir tidak akan rusak..dan akan tetap berbentuk seperti posisi kita mendesainnya...semoga bermanfaat..

    ReplyDelete
  6. Mas....mau nanya nih...
    Tuh penerangannya nggak pake' lampu TL...
    jadi gimana bwt tempat lampunya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah lampu sebenarnya bebas2 aja seh.. pake neon juga bisa yg penting daylight dan sinarnya mencukupi untuk tanaman berfotosintesa.. mengenai penempatan silahkan berkreativitas aja .. hati2..safety first!! pastikan lampu dan peralatan listrik lainnya di posisi yg aman dan pada tempatnya.. tengkyu!

      Delete
  7. mas masih masalah lampu,kira-kira lampu min berapa watt supaya tnaman bsa berfotosintesis dengan baik..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah lampu sebenarnya tergantung ukuran dan kedalaman aquarium, untuk perbandingan ideal biasanya digunakan lampu TL/daylight dengan ukuran 0,5 W/liter.

      Delete
  8. Replies
    1. pasir bangunan tidak disarankan, karena banyak parasit dan telur2 keong.. nanti jadi akuarium keong..kalo mau coba silahkan..hehe
      lebih bagus pake media yang sudah biasa dipake diaquascape spt pasir malang, pasir holland, silika, ada soil.. dsb.

      Delete
  9. filternya pake filter biasa kan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. filter pake filtger biasa aja yg penting masih berfungsi..hehehehe..

      Delete
  10. mas, akuariumku kan ada ruang buat filternya, apakah lubang kecil tempat air ngalir ke tempat filternya ga tersumbat klo di buat aquascape? kan ketutupan sama pasir

    ReplyDelete
  11. bisa pake undergraver semacam ramplastik yang khusus buat filter dasar, coba tanyakan ke toko akuarium pasti tahu. atau bisa juga disumbat dengan pembatas batu2 yang agak besar disusun sedemikian rupa supaya pasir tidak melwati pembatas tsb..okay? silahkan berkreasi..

    ReplyDelete
  12. mau tanya donk, ragi fermipan nya beli nya di warung , bilang nya apa yah gan? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipasar banyak gan, bilang aja ragi fermipan

      Delete
  13. oh si om pake lampu yg kya gitu ya, saya pikir pake lampu khusus...om ukuran aquarium saya panjang nya 50 an dan tinggi juga 50 an deh kyanya...
    nah itu pake lampu yg berapa watt ya, thx b4 ya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake aja philip daylight 18 - 23 watt yang TL sdh cukup untuk fotosintesa tanaman..

      Delete
  14. Permisi om infonya Baƍƍº°˚˚°º.
    ˚°º.
    ˚°º.uuuuss.‎​‎​‎​‎​‎​‎​..(y)‎​(y)‎​\=D/ untuk pemula seperti saya tapi yang mau tanyakan saya mau buat aquascape untuk mas koki seperti apa ya yang cocok dikarenakan koki itu pemakan segala :p sedangkan saya suka sekali dengan koki saya...tolong bantuannya ya...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan mas koki kurang cocok buat aquascape.. karena kebiasaannya memang hidup diair yang bersih dan tenang tanpa halangan. dan jeleknya ikan mas koki suka ngemil tanaman2 jadi dijamin pada rusak tuh tanaman. Kalo tetep pengin piara koki dan beraquascape ria coba main di moss dan batu2an aja.. jadi ngga perlu banyak tanaman..

      Delete
  15. mantap!!!!
    ane langsung bikin ah.. eh tapi mau beli aquarium dulu hihi

    ReplyDelete
  16. gan,nubie nih,tipsnya kalo pake undergravel filter buat aquascape bgmn?jenis tanaman apa yg dipake n pasirnya apa?batu karang laut n pasir laut bs gak dipake utk aquascape soalnya ane punya banyak (ambil dr anyer..:D) sorry bnyk tanya...trims ats jwbnnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat aquascape kurang disarankan sih pake undergravel.. tapi kalo mau dipaksakan coba cari tanaman yg tidak berakar spt jenis2 moss dan vern.krn sistem undergravel nutrisi dari pupuk dan pasir akan turun dan tersedot dan akhirnya akan tersuplay lagi ke akuarium..efeknya lumut jadi subur..trus kelemahannya lagi..untuk membersihkannya kudu bongkar total gan.. mengenai karang pasir laut kurang disarankan, karena terlalu tinggi kadar asamnya, musti direndam dulu 1 minggu mungkin baru bisa netral.

      Delete
  17. om, kalo untuk tanamannya jenis apa aja yah ??

    ReplyDelete
  18. tanaman banyak sekali ragamnya, tinggal disusun aja menurut jenisnya.. foreground, middle atau background.. untuk pemula coba aja tanaman lokal yang mudah dan murah spt cabomba, java moss, java vern dan msh banyak lagi yang murah dan mudah..

    ReplyDelete
  19. gan, mau nanya, apakah lampu'nya harus dinyalain 24 jam full, apa cma beberapa jam aja sehari..??
    thx gan,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. idealnya lampu nyala 8-10 jam... siklusnya terserah, mau pagi sampe sore atau sore sampe pagi..kecuali kalo mau buat aquascape khusus lumut dan alga silahkan 24 jam dipanteng terus.. hehehehehe...

      Delete
  20. om mau tanya, kenapa ya tanaman aquascape yg saya tanam selalu mati daun layu dan kecoklatan, padahal udah saya kasi pupuk dasar,..
    oh iya, pupuk dasar yg saya pake, bentuk'nya bulat2 kecil, kayak kacang pilus, warna'nya coklat...
    bener itu pupuk dasar kan om..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin maksudnya pupuk tancap itu ya... kalo pupuk dasar bentuknya serbuk kaya subtrat lainnya. ditaburkan paling dasar sebelum subtrat kasar. Tanaman layu dan kecoklatan kemungkinan kurang nutrisi bisa dari pupuk atau dari CO2.. bisa pencahayaan yng kurang optimal atau bisa juga tanaman tsb masih berdaun darat jadi perlu adaptasi dulu..

      Delete
  21. om saya masih pemula nii... mohon bantuannya yaa... untuk Filter apakah ada gilter khusus yg di gunakan, mengingat bnyak sekali jenis filter yg di jual di pasaran, klo boleh yg bagus seperti apa... aquariun saya kurang lebuh ukuran 40x20x20... mkasih ya om...

    ReplyDelete
  22. wah setelah nemu blog ini makin berminat sama aquaescape. kang saya punya aquarium ukuran 60x30x50 itu cocok ga dibuat aquascape?

    ReplyDelete
  23. bro,, sebaiknya menggunakan filter samping apa filter mesin ya bwat aquascape??

    ReplyDelete
  24. Salam kenal kang. Senangnya bisa nemu blog dan yang paling seneng setiap pertanyaannya selalu dijawab dengan cara mudah simple dan jelas. Dari kecil udah cukup akrab sama akuarium. Dulu pernah punya arowana sama lohan tapi nyesek banget pas mereka mati mengingat perjuangan ngurusnya sama alm ayah. Waduh jadi curhat kang. Langsung aja deh, kang ada beberapa yang mau saya tanyakan untuk start bikin aquascape :
    1. Ada perlakuan khusus ga buat air pam kayak diendapkan dulu semalam atau dikasih semacam anti chlor buat aquascape atau bs langsung diaplikasikan? Terus penting ga penggunaan garam untuk aquascape ini?
    2. Saya punya aquarium 60x30x50 yg isinya cuman ikan2 hias murah (lumayan buat refreshing mata), filter dan tanpa batu batuan (hiasan). Minggu pertama airnya kinclong dan biru tp beberapa minggu kemudian airnya jd agak hijau kecoklatan (ga berlumut) tp ttp kinclong. Itu kenapa ya? Berbahaya ga buat ikan? kalo dr kejauhan kaca bagian dalamnya terlihat bersih tp kalo diliat dr dekat kayak ada semacam ubur2 kcl bgt gt nempel rata di tiap sisi kaca. Cara bersiinnya ya saya usap aja pk tangan dan langsung ilang. Kira2 itu apa ya? Jenis Ganggang kah atau jenis alga? Berbahaya kah buat ikan kita? Kejadian ini jg dialami pas punya rowana sama louhan dl.
    3. Untuk pasir malangnya sebaiknya dicuci dulu atau tidak? Terus kalo mau aplikasi pupuk dasar buat ukuran akuarium saya dosis tepatnya berapa?
    4. Pas baca kalo akang hampir tidak pernah bersihin akuarium selama dua tahun itu amazing banget. Tp mungkin ada dong treatment buat bersihin kaca. Terus selama dua tahun itu ada kejadian kayak point no 2 ga kang?
    5. Untuk aquarium ukuran punya saya bisa pake C02 DIY ga? Kan lumayan kalo bisa pake biaya beli pupuk cair bisa dipangkas.
    Mungkin segitu dulu kang yang mau saya tanyakan. Maaf pertanyaannya marathon kayak densus 88 lg interogasi teroris hehehehe. Saat ini msh punya budget buat beli pasir malang sama pasir silica doang + hunting bentuk batu sama ranting yg cocok (maklum udh msk tngh bulan hehehe) dan kayaknya bulan depan baru mau terealisasi bikin aquascape. Makasih banyak kang. God bless u pokokna mah kang like this two thumbs up...

    ReplyDelete
    Replies
    1. syeet daahh..ini pertanyaan bisa jadi artikel tersendiri nih.. hahahaha...tapi gpplah tetep ane jawab satu persatu semampunya ya. maklum kita masih sama2 belajar nih..hehe
      1. air pam ngga masalah kalo buat flora..(bisa langsung diaplikasikan) tapi kalo mau dimasukkan ikan lebih baik diendapkan dulu minimal 2 hari dengan filter yg mengalir. tdk perlu anti chlor ataupun garam..
      2. kemungkinan lampu/cahaya terlalu lama nyala. usahakan maksimal 10 jam saja supaya alga dan lumut tidak tubuh subur. utk mengatasi lumut di kaca pelihara aja ikan brushmount.
      3. sebelum dicuci pasir malang diayak dulu buat memisahkan yg halus dna kasar, yg kasar buat dasar yg halus diatasnya. HARUS DICUCI..!
      4. betul cuma bersihin ala kadarnya aja misalnya ada lumut yg tidak bisa disantap ikan dengan terpaksa dibersihkan manual, tp tidak ada treatment khusus.
      5. kalo cuma buat tanaman low light dan main di moss aja ngga perlu CO2 juga bisa subur.. tapi tetep pupuk cari harus rutin seminggu sekali.
      ..semoga jawaban ini bisa membantu.. selamat berkreasi!

      Delete
    2. makasih kang pencerahannya... semoga bisa jadi referensi pengunjung blog selanjutnya yg punya masalah yang sama... lagi memelas minta dana tambahan nih dr ibunda tercinta hehehe... baru deh besok ngacir ke jalan peta... kebetulan udh akrab sama beberapa penjual ikan... ada rekomendasi penjual pasir sama tanaman yg harganya miring ga kang di jalan peta... hatur nuhun top markotop dah pokoknya kang jajuk...

      Delete
  25. Misi om, mo tanya tentang lampu :
    Ane punya aqua uk. 60 x 30 x 35 selama ini ane pke philips ulir 23 watt, tp kyanya kurang nyebar,, rencana sih mo pake 2 lampu ulir 18 watt.. bagusnya gmn om??

    ReplyDelete
  26. ukuran 60x30x35 sdh cukup pake 23 watt.. kalo mau nyebar cahayanya dibuatkan aja kap lampu yang ra lebar. dilapisi kertas foil perak.. kalo pake 2 lampu 18 watt terlalu hight cahayanya.. takutnya warna tanaman jadi kuning dan alga jadi lebih subur terutama hair alga..

    ReplyDelete
  27. kang jajuk mau tanya nih...
    kalo pake bohlam lilin yang warna biru untuk malem ngaruh ga? soalnya saya pake lampu dylightnya buat pgi sampe sore aja... kan kalo malem biar adem aja gitu sama ngirit listrik hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp lebih bagus malah..siang kinclong, malam remang2.. hehehe

      Delete
    2. Bukannya itu sm aja 24 jam cahaya ? Bisa nyebabin lumut cepet tumbuh donk ?

      Delete
    3. kalau lampunya remang2 ngga akan membuat lumut overpopulated. apalgi cahaya nya warna biru. yg penting ada pasukan pemakan alga aja buat antisipasinya .. hehehe

      Delete
  28. as wr wb..kang saya dari sumedang..saya punya aquarium cembung ukuran 1mx45x45 dengan atasnya pakai penutup kayu pull cuma dikasih lubang tempat ngasih makan ikan ukuran 20x20cm..terus pakai lampu neon 30 watt merk jebo...dengan susunan paling bawah pakai pupuk terus diatasnya pakai kapas terus diatasnya lagi pakai pasir malang dan terakhir pakai pasir silika dengan ketebalan masing masing kurag lebih 3 cm dan itu semua petunjuk dari pedagang yang saya beli barangnya...untuk aquascape saya tidak pakai tabung co2 tapi pakai tablet co2 tp setelah dua minggu tanaman yang ada didalamnya pada kuning dan batangnya mulai patah patah...kenapa ya kang apa ada yang salah dengan aquascape saya itu..apakah kapas( yang biasa dpakai untuk saringan)memang gpp dipasng untuk menutupi pupuk dasar yang dikatakan oleh pedagang itu karena saya gooling dimana mana baru saya aja kayanya yang pakai kapas tersebut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya dilepas aja kapasnya, lapisan bawah pupuk dasar trus diatasnya pasirmalang teakhir pake silika sdah cukup, tanaman kuning kemugkinan lampu/sinar terlalu kuat..

      Delete
  29. gan sya mau nanya tank dgn p50 l25 t25 cocoknya pakai lampu brp watt???trimakasih..

    ReplyDelete
  30. jajuknyya udah cape jawab pertanyaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... sori gan..lagi sibuk kerjaan, baru sempet OL nih udah panjang antrian pertanyaan.. hehehe...

      Delete
  31. oooo brarti kalo pasir nya mulai menguning/kecoklat2 an itu karena lampunya terlalu kuat ya?

    *saya pake 45x30x35 lampu philips 2x23watt

    ReplyDelete
  32. seharusnya 18watt juga sudah cukup buat akuarium ukuran segitu..

    ReplyDelete
  33. Maaf gan mau tanya..saya punya 2 aqua, yang 1=P74,L39,T45..
    2=P150,L50,T50..
    seharusnya pake lampu lampu yang berapa watt ya.thx

    ReplyDelete
  34. Mas,mau tanya.saya awam banget soal aquascape ini.saya punya tanaman uda kuning kuning daunnya mungkin karena kelebihan cahaya seperti yg sudah disebutkan di chat atas.nah setelah kuning begini,apa bisa balik lagi tanaman yg kuning tadi ,emjadi semula setelah saya mengurangi cahayanya?ataukah ada perlakuan khusus untuk memperbaikinya?terima kasih ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurangi cahaya bisa dengan menjauhkan jarak lampu ke permukaan air atau ganti wattnya yg lebih kecil.. tambah nutrisi dengan pupuk cair rutin, lama2 juga bisa ijo2 lagi.. asal sabar dan telaten aja..

      Delete
    2. Oh begitu ya mas,,terima kasih

      Delete
  35. Gan...saya coba setting aquascape dengan moss..tapi mossnya pada kering,padahal saya sudah banyakin pupuk cair, apakah pengaruh dari lampunya
    ukuran aqua PxLxT: 150x50x50
    saya pake lampu TL 40 watt x2, jadi 80 watt apakah itu kurang??Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. moss kering, banyak kemungkinan bisa krn masih dan darat, gagal adaptasi, kekurangan atau kebanyakan nutrisi, parameter air yg ngga cocok.. kalo diliat besarnya tank sebenranya 40 watt aja sdh cukup.. kemugkinan kebanyakan pupuk cair, karna justru kalo kebanyakan pupuk cair malah overdosis tanaman jadi busuk..

      Delete
  36. mas klo tempat yg bagus untuk beli bahan bahan aquascape di bandung dimana ya...?

    ReplyDelete
  37. Mas, kalau aquascape untuk aquarium bulat kecil bisa tidak? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja sih, terutama buat jenis2 moss bisa..

      Delete
  38. Om saya mau tanya
    saya bikin aquascape tapi di taro d luar dan ga make lampu.apakah bisa...
    Sama saya nanam hg kok ga mau nyebar ya, saya pake pasir silika kasar tapi mirip kaya kerikil apa yang salah ya....
    Tolong di jawab, monggo

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga pake lampu bisa, selama dapat cahaya dari matahari sama aja.. tapi biasanya lumut/alga lebih cepat subur.. HG harus cukup sinar dan pukcir... kalo HGnya pasih daun darat perlu adaptasi lama runnernya..

      Delete
    2. Hg nya daun air kok

      Sama nanya cara nyebarin hg nya gimana agar cepat tumbuh runner

      Delete
    3. tanam perbatang dengan jarak 1-2 cm.. kalo pakai silika disarankan musti pake pukdas.. tambahan nutrisi pukcir rutin pasti cepat runnernya..lebih bagus pake tambahan lampu buat mempercepat proses fotosinteisnya..

      Delete
    4. Aqua saya bebas algae sama udah kasih pukcir...
      Tapi pas saya cabut hg nya akarnya buanyak banget tapi ga ada runner satupun
      Sama mo nanya lagi di rumah saya ada hidrocotyle tripartita sama verticalia masih daun darat gimana bisa jadian daun air

      Delete
    5. tripartita daun darat.. susah juga kalo mau dijadikan daun air.. coba aja ambil yg ada akarnya trus ditanam..(potong2 pas ruas akar) karena daun darat biasanya mengambang jd coba ditindih aja pake batu..siapa tau bisa adaptasi, mudah2an dgn cahaya tinggi dan pukcir bisa numbuh, floating nyebar..

      Delete
    6. Ok makasih ya om...
      Saya dari lampung susah banget nyari peacok moss di lampung udang rcs aja harganya 3000 satu ekor rilli 5000

      Delete
  39. mas, saya mau tanya dong.. kalo bikin aquascape dari aquarium yang lingkaran (bowl) kira-kira mudah apa sangat sulit yah? terus kira-kira membutuhkan CO2 gak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cuma buat moss.. cukup lampu ama pukcir juga numbuh.. tapi krn kaca bowl tidak memungkinkan untuk pemasangan filter jadi harus diwaspadai amoniak dan parameter yg ngga stabil, kudu rajin WC aja.

      Delete
  40. Mau tanya boss..aquascape saya banyak alganya..
    Padahal pake lampunya sehari cuma 8 jam.
    kalau cara ngebersihin alga rambut pake apa ya??thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelihara ikan SAE, paling demen alga rambut. kalau kurang rajin bisa ditambah udang amano.

      Delete
    2. Cari ikan SAE dmn ya? Sulit bgt carinya.

      Delete
  41. Keren mas blognya, fast respon pula. Tetep semangat memberikan masukannya.

    Ane juga lagi persiapan dana nih buat setting aquascape yg murah meriah skalian buat pelihara udang hias (biar makin mantep isinya, hehehe)..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan.. selamat berkreasi aja.. ! :)

      Delete
  42. Minta recomendasi jenis ikan air tawar apa saja yg cantik kl di masukin ke aquascape om.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan yg bagus buat aquascape biasanya ikan yang schooling (rombongan/gerombolan), semua jenis tetra bagus bagus buat aquascape (neon,cardinal, red nose), rasbora, guppy, molly akan terlihat cantik kalo berenang gerombolan..

      Delete
  43. om mo nanya dong. sya baru pertama kalinya buat aquascape. smuanya udah terpenuhi deh, mulai dri co2 diy, pasir malang, taneman" nya,pupuk, lampu,filter undergravel .. tapi kenapa pas pertama kali pengisian air , kenapa warna airnya keruh? apah ituh normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasir malang harus dicuci dulu (3x pencucian)untuk memastikan supaya bersih. air keruh bisa juga karena waktu pengisian air langsung di semprotkan ke pasir, coba pake media lain ditaruh di permukaan pasir (bisa piring, mangkok) kemudian kucurkan air ke media tsb. pasti pasir tdak berhamburan dan bisa meminimalisir keruh, dgn kondisi filter hidup dalam 1 hari 1 malam air biasanya sdh bisa jernih.

      Delete
  44. Bos aq mw nanya aq punya aquarium mau di buat aquascape.
    Ukurang aquariumnya P75 L43 T45 harus pakai lampu berapa watt sama filter ap yang bagus untuk aquarium ukuran segitu?
    Trimakasih. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung tanamannya jenis low light atau highlight, kalo buat low light pake daylight 18-23 watt sdh cukup (tanaman moss,rizome, vern) kalo buat medium-highlight 30-200 watt (cuba/HG/stemp plant/etc)

      Delete
  45. Trimakasih bos,kalau pakai hang on fiter bagus gx untuk aquarium segitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ukr. segitu pake HOB (Hang On Back) bagus, bisa menghemat tempat..

      Delete
  46. Pakai lampu megaman yang 23 watt,suhunya 10000 kelvin bagus gx bos?

    ReplyDelete
  47. Pagi kang, saya mau nanya kang, aqua saya 60 liter, rencana saya mau pke lampu led merk ADA/sepupuan ama pabrikan resun dg spec 10watt 10.000kelvn. Utk aquascape mediumlight ckup gak pencahayaan sgitu?
    2. Kira2 Klo utk co2 nya pke co2 cair merk API (co2 booster) kira2 ksuburannya optimal gak? Mohon pencerannya.
    Mudhn2 sharing qt d sini brmanfaat buat yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampu LED merk ADA ini mirip ama lampu LED merk Aquazonic sirius. Cuma klo dari harga lbih miring merk ada mungk krna buatan cina kali ya..maaf kang bnyak nanya.

      Delete
    2. lampu bisa, CO2 booster bisa..lanjutkan.. !

      Delete
  48. assalamualaikum kang,,nubie mo nanya dg,ane ada akuariium biasa,ukuran 60*40*40.kalo dasar akuarium ny batu yang berwarna warni boleh ga di isi ikan maskoki??soalny udah kebeli ni batunya,,lazimny kan pasir..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasir di aquascape maksudnya buat substrat/media tanam, jadi kalao pake batu kemungkinan susah buat media tanam. kecuali kalo buat tanaman yg tidak berakar (moss) ga masalah pake batu juga.. ikna mas koki tidak dianjurkan buat aquascape karna maskoki termasuk pemakan tanaman (herbivora)

      Delete
  49. gan ... untuk pengertian tempat perembunyian udang kira kira kriterianya apa yah? apakah harus rimbun atau gimana??

    ReplyDelete
  50. Spesifikasi : ukuran akuarium P60 x L20 x T25 cm, silica hitam, christmas moss 1 bongkah, java moss 1 bongkah, 2 bongkah besar batu. Suhu perkiraan 30 -31, air pake merk CL*O (ph 7.0), setelah dituang ke aquarium kok jadi 8.0 ya?? gimana cara nurunin PH nya??

    kemudian saya mau tanya .... apakah udang harus diberi makan?? karena setiap saya beri makan (merk t*tra b*ts) kok keesokan harinya molting dan lemah ... apakah ada yg salah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempat persembunyian udang bisa dgn tanaman moss, batu2an atau asesoris lain. ngga harus yg rimbun2..malah kalau terlalu rimbun jadi keseringan ngumpet trus apanya yag mau dilihat?... makan udang sebaiknya selang seling, sayuran lunak sangat disukai udang (bayam/timun rebus) sesekali kasi tetrab***. suhu kalo bisa diturunkan sampe maksimal 29, warna bisa lebih cerah.

      Delete
  51. mas,..

    saya baru pemula,,

    kira" mau beli pasir malang sma silka dmna'a ??

    mohon bantuan'a

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak dijual di toko akuarium/ aquascape atau ditoko kembang/tanaman hias juga ada pasir malang.

      Delete
  52. gan, akuarium ane 40x30x30 ane pake lampu nec 18 watt,tapi koq kayanya kurang ok,taneman tetep layu2. suhu akuarium ane 26 derajat. lampu ane sudah pas blom gan?ane pingin ganti lampu jebo 20 wat atau atman 20 wat, bagus mana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg penting buat aquascape lampu harus bisa menggantikan fungsi matahari buat foosintesa tanaman, jadi usahakan lampu jenis daylight, jebo dan atman sama2 bagus.. tinggal dipilih aja salah satu

      Delete
  53. Mas saya pemula mau nanya . .
    Aquarium saya 45×30×35 . .pake lampu ulir 2×11 watt . .pake dasar pasir malang trz d atasnya pasir silica. Gag pake pukdas. .cm ppk tncap ma pupuk cair. .setelah 2mnggu setup tanaman mulai ada yg menguning, apa karena lampu yg terlalu kuat ya?
    Mohon pencerahannya . .trima kasihh . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru lampu kurang kuat, kasih minimal 18 watt daylight

      Delete
  54. Kang, akuarium saya 60x35x40. Kalau mau ditanamin cuba, hairgrass, sana flucia, butuh lampu brp watt yah? Kalo pake dua lampu kemampuannya bisa di akumulasi gak? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuba, HG dan riccia butuh cahaya tinggi.. buat tank 60 cukup pake 23-50 watt

      Delete
  55. Gw mau nanya ni mas. Saya rencana beli lampu philips 28 watts 6200 kelvin. Apakah itu cocok buat aquarium saya yang 110x60x50? Butuh berapa lampu ya buat aquarium segitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung apa yg mau ditanam, kalao cuma main ditanaman lowlight (moss, vern, rizome) cukup 28 watt. tapi kalao mau main tanaman mid-highlight paling rendah cahaya 50-100 watt

      Delete
  56. mas, mau tanya...hehehe...
    pemula neh, sudah searching dapat aquarium 45x26x27, nah kendalanya lampunya mahal LED 6 watt = 200rb, rencana si mau buat aquascape tapi tanpa Co2 pake tanaman2 yang toleran dengan co2. apa bisa pake lampu selain yg 200rb itu, yg lebih murah.
    kata penjualnya, untuk mulai aquscape, langkah pertama si campur air dengan pasir (silica) tunggu selama 2 minggu biar jernih airnya, gitu ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara solusi lampu pake aja merek Phil**s essential 18-23 watt, atau osram dgn watt yg sama. dn lampu segitu sdh bisa menumbuhkan moss dan tanaman2 low light lainnya. supaya air lagsung jernih kucurkan air dgn menabrakkan semprotan air ke media (bisa mangkuk,piring yg ditaruk di atas pasir) atau bisa juga masukkan plastik/koran ke akuarium trus kucurkan ke permukaan plastik/koran tsb.. dijamin langsung jernih ngga pernlu nunggu 2 minggu.

      Delete
    2. mas jaju... apa pupuk dasar harus dicuci dlu seblum di masukan k aquarium??
      suwun

      Delete
  57. Mas,kang.....minta no hp nya dong atau sms ke no saya buat sharing dan pencerahan, makasih kang ini no saya 085324202639 edi

    ReplyDelete
  58. hallo kang..kalo aquascape bermain accecories berbahan resin,berhaya kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berbahaya kalo langsung diisi fauna.. tapi kalo direndam dulu minimal 2-3 hari trus kuras dan ganti air lagi.. diamkan 2-3 hari baru bisa masukkan fauna..

      Delete
  59. kang ... abdi ti cianjur.... mau nanya kalau pakai media kayu dari akar pohin jambu batu bisa ga... hatur nuhun kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada dasarnya semua akar dan kayu2an bisa dipake buat aquascape selama media itu tidak memunculkan getah/tanin, krn bisa berdampak racun bagi faunanya. akar jambu batu bisa dipake dan memang bagus kontur dan bentuknya.. pastikan aja sudah bener2 kering dan dikupas kulitnya.. ane juga malah pake kayu jeruk yg banyak bercabang.. hehehe

      Delete
  60. kalo cara ngilangin getah atau taninnya tau caranya gimana ga mas? mas akuarium saya kan kena matahari langsung, kalo malem dinyalakan lampu lagi apa akan kelebihan kebutuhan cahaya ga yah tanamannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam ngga perlu pake lampu, kalau siang sdh dipapar full matahari. ngilangin getah tanin dengan cara direbus dgn air mendidih.

      Delete
  61. kang .... jajuk kalau habis CO2 DIY.. air yang permentasinya di buang dan kembali ke proses awal.. atau tinggal masukin gula dan ragi lagi.... mohon penjelasan kang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti baru lagi, supaya tidak justru jadi racun buat faunanya..

      Delete
  62. kang jajuk dalam moss saya ada telur warna hitam agak kecoklat coklatan seperti telur kutu air bagaimana cara memberantasnya...

    ReplyDelete
  63. mas...mau nanya kalau keluar gelembung Co2 nya.. yang normal yang baik buat ikan dan bagus buat tanaman, seperti apa yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip.. makasih pokoknya mas jajuk is the best he...he

      Delete
  64. mas jajuk... kemana butuh pencerahaan nih he..he

    ReplyDelete
  65. permisi om
    sy bner2 pemula. sy punya aquarium p50xt30xL30, filter biasa,sama lampu panjang warna biru. trs sy mw bikin aquascape,
    1. kira2 brp ketinggian pasir malangnya di aquarium?
    2. apakah perlu pasir malang itu dicampur/diaduk sama pupuk?
    3. jenis tanaman apa yg pas dan mudah dicari buat pemula
    4. merek lampu apa dan brp watt buat pencahayaannya?
    5. terakhir kira2 brp lama tanaman itu bisa tumbuh berkembang?
    mohon dibales yo om, please
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. minimal 5cm
      2. jangan dicampur, biarkan aja pupuk murni di lapisan paling bawah baru ditutup [asir malang.
      3. tanaman yg mudah bisa dimulai dgn berbagai macam moss dulu, trus coba tanaman vern, rizome dan terakhir latihan tanaman akar.
      4. merk lampub apa aja yg penting daylight dan minimal 6500K. besarnya watt tergantung tanaman yg mau ditanam.
      5. paling cepat mulai bisa terlihat pertumbuhannya setelah 2-3 bulan.

      Delete
  66. mas Jajuk, ikan mas koki apakah cocok untuk aquascape yg notabene-nya harus ada gas Co2 untuk "suplemen"/sumber kehidupan tanaman?
    mohon penjelasannya Mas, thq

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan mas koki tidak cocok buat aquascape krn termasuk jenis herbivora alias pemakan tumbuh2an.. bisa habis tanaman buat camilan kalo telat dikasih makan.. hehehe

      Delete
  67. Om Prasetyo, saya ini masih super baru bikin aquascape, karena baru kenal langsung saya coba buat,
    Pertanyaan saya
    1. Kenapa air aqua saya selalu keruh berawan putih terus, saya mengunakan pasir silika ketebalan 7cm datar dengan pupuk dasar tet** plant paling dasar.
    2. Kenapa kayu yang saya masukin selalu banyak nempel putih2 gitu seperti lendir bagaimana cara menanggulanginya?
    3. Saya pakai filter model gantung tapi rencana saya mau ganti dengan je** type 828, 1200 liter/h katanya product je** itu bagus"masih dalam proses pengiriman" Pertanyaannya apakah kapasitas 1200 liter/h itu bagus untuk tank ukuran 60×30x35cm.? Jika tidak ukuran berpa yg ideal?
    4. Saya pakai Lighting Je** tapi saya modif dengan lampu biasa 20watt 2x apakah cocok untuk ukuran tank 60cm
    5. Jika saya mencuci pasir silika mengunakan pemutih pakaian apakah berbahaya itu bisa mempengaruhi tanaman dengan catatan pasir audah benar di cuci bersih.

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1, kemungkinan bocor pupuk dasarnya, bisa juga krn pasir silikanya belum dicuci bersih benar. tapi seiring waktu dgn filter yag bagus pasti akan kinclong lagi.
      2. iya itu wajar, krn kondisi kering sementara dalamnya lembab jadi begitu dimasukkan ke dalam air, pasti keluar jamur2 lendir, mengatasinya pliara ikan sapu2/brushmouth, atau kalao mau instan segera ambil kayuny adan sikat pake sikat gigi sampe bersih.
      3. cukup ideal buat tank ukuran segitu..
      4. buat med - light cukup segitu
      5. ngga perlu pake pemutihlah..cukup dicuci biasa aja..

      Delete
    2. jangan kalo kayunya di rebus aja biar tanin dan lendirnya hilang semua by: Daffa First

      Delete
  68. Nanya ya om, saya punya aquarium 130x60x60 bekas piara arwana. ikannya mati jadi mau nyoba aquascape. saya punya filter canister j*bo 829, aerator resun, heater, dan lampu sylvania 40 watt. 1. Apakah semua bisa di pake buat pemula seperti saya?
    2. apakah bisa saya cuma pakai pasir malang buat dasarnya? pupuknya rencana pake pupuk cair
    3. rencana mau di isi guppy. tanamannya rekomen apa ya?
    5. perlu udang gak om?
    thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. semua bisa dipakai kecuali heater, krn aquascape butuh suhu dingin.
      2. bisa, selama tanaman yg dipakai bukan tanaman akar. (moss, vern, rizome)
      3. moss, kadaka, windelov, kabomba
      4. buat cleaning service tank..perlu.

      Delete
    2. oi jangan salah heater bisa dipake atur aja suhu nya di suhu 20-23 derajat kalo pake kayu jangan lupa kayunya di rebus dulu biar tanin n lendirnya hilang semua kalo tanaman rekomendasi saya tanam berbagai jenis cryptocoryne,rotala,dan stem plant lainnya kalo tanamannya biar tau cari di tropica.com/en kalo lampu merk ADA solusinya pakai ADA grand solar I , kalo filter pake filter itu aja ingat aerator TIDAK BOLEH digunakan kalo pupuk dasar batu apung dipecah pecah aja okay

      Delete
  69. gan mau tanya,ane masih bingung di penataan pasirnya,trus,harus pake filter gantung?,klo misal pake ilter yg uda gabung sama skat"nya gmn?,trus bedanya pupuk air sama pupuk yg kyk pasir itu apa gan?
    maaf gan,masih NB :)
    thc gan

    ReplyDelete
  70. gan mau tanya cara bersihin tank gimana ya?
    ane salah pasa set up pasir silika halus nya ga di cuci dulu jadi terus berdebu tambah si Cae ga bisa diem. akhirnya bukan tambah jernih malah tambah keruh. tema pun berubah dari natural jadi Sinabung 2014. ( tanaman banyak ketimpa debu silica)

    ReplyDelete
  71. gan,ini ane pake lampu osram 23watt,kira" cukup gk kalo buat tanaman sejenis moss?,apa harus dikasih DIY?
    thx gan :)

    ReplyDelete
  72. Mas mau tanya. Ukuran tank saya p100, l45, t45.
    1. Untuk lampunya brp watt ya? (tanaman medium light)
    2. Lebih cocok pasir silica atau malang? Trs brp bnyak?
    3. Tank saya ada tutup di atasnya, kira2 cocoknya pakai filter apa ya?

    Terima kasih sebelumnya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. medium light pake minimal 50-100 watt
      2. dua2nya bagus buat substrat.. yg penting lapisin dulu dgn pupuk dasar.
      3. pake filter luar / canister lebih bagus. tida mengganggu dan tidak memakan tempat.

      Delete
  73. masbro Jajuk,
    aquarium ane GEX 600, taneman stem semua yg merah (high light berarti)
    kira2 kalo pake lampu ulir, brpa watt sama brpa biji ya ?

    ReplyDelete
  74. Om bro, filternya itu harus diidupin terus ya stiap harinya? trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, krena fungsi filkter disamping menyaring kotoran juga menjaga kestabilan sirkulasi air supaya tetap berjalan proses nitrogen dlm ekosistemnya..

      Delete
  75. salam
    ijin nanya mas, pasir silika bisa terangkat gk ya jika di ksh filter yang biasa... pipa filternya ad lubang2 kecil yang muat masuk pasir siilika...
    satu lagi... ikan koki termasuk ngubek2 pasir silika gk...
    terima ksh...
    " nunggu jawabnya mas jajuk :)

    ReplyDelete
  76. Gan emang pake lampu philips bisa?bukannya minimal kelvinnya harus 10000 k

    ReplyDelete
  77. @rahmat : kalau pasir silikanya yg lembut bisa keangkat, kalo yg kasar bisa membuat mampat filter, sebaiknya atur jaraknya aja pipa filter dgn dasar pasir. koki ngubek2 pasir
    @mario : minimal 6500K (daylight) kalao pake 10.000K (coolight) buat tanaman highlight

    ReplyDelete
  78. om jajuk, numpang tanya om.. ciri2 tanaman nya sehat itu bagaimana? saya juga bingung dalam memilih watt untuk lampu. udah ngeliat tabel low light high light medium light yg di google tetap bingung. uk tank saya sekitar 40x20x18 makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bwat lapisan bawah substrate pake batu apung di pecah pecah trus ambil yang sedikit kecil bubuknya di pake juga trus tambah BorneoWild bacter crystal trus substrate nya pake ADA aqua soil amazonia powder kalo lampunya pake ADA solar mini kalo pupuk cairnya pake sera florena karena murah tidak perlu pake pupuk dasar karena bubuk batu apung sudah termasuk pupuk dasaruntuk mencegah algae bloom bisa pake tanaman mengapung spt azoola yah kira kira spt itulah kalo yang lainnya bisa tanya lagi okay by:Daffa First

      Delete
  79. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  80. Apakah ada info dimana tempat jual pasir malang yang murah? Thanks

    ReplyDelete
  81. saya punya tank ukuran p100xl40xt50 dengan ketebalan 5mm, bisa gak dipakai utk AQUASCAPE...
    terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua jenis dan ukuran tank bisa dipakai buat aquascape.. lanjutkan ! hehehe

      Delete
  82. mas jajuk maap agak meragukan :)
    itu itungan watt lampu TL gimana ..??
    pengalaman saya ajah tank 90*40*40 lampu TL 39x2 +co 2bps
    baru bisa pearlig dan pada berkembang
    itungan kurang dari itu taneman engga semua bisa berkembang baik apalagi jenis eci-eci'an
    setiap tanaman kan punya siklus kehidupan sendiri-sendiri dan gak bisa di sama ratakan semua
    koment-koment di sini ,.. tank-tank gede pake watt kecil
    kebutuhan untuk ekosistem tumbuhan mana cukup -_-
    punya bukti gak .. ?
    seperti balasan akang dari pertanyaan rekan-rekan yang ingin benar-benar belajar aquascape supaya bisa lebih terarah (+engga dapet info yang simpang siur terus-terusan)

    BY*MEMBER IAS ..thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, tentu saja cahaya disesuaikan dgn ukuran tank dan jenis tanamannya. kalau buat tanaman pearling mmg dibutuhkan cahaya tinggi. tapi tidak semua tanaman butuh cahaya tinggi, terutama tanaman jenis low light (moss/vern/rizome) pake cahaya sedang pun (23-50watt/min.6500 K) masih bisa numbuh subur. dirumah malah red rubin (echi)cuma pake 25 watt/leutech bisa subur, (ada pictnya di gallery) jadi disesuaian dgn jenis tanaman dan ukuran tanknya. trims komennya ..

      Delete
  83. Gan, saya baru memulai aquascape. Uk tank 58liter. Kira2 lampu yg saya pakai apa ya? Brp watt? Sama utk pendingin rencana mau pakai boye atau saya taro diruangan ber ac. Lebih bagus mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pencahayaan menyesuaikan tanaman. kalau untuk tanaman jenis low-medium bisa pake lampu 23-50 watt (daylight), kalau medium-high diatas 50 watt.. lebihbagus kalau diruangan ac jadi suhu bisa mengikuti suhu ruangan.

      Delete
  84. Hay mas salam knal.d tempatq kota purwodadi susah bgt cri pasir malang.klo d ganti pasir dri bangunan dri merapi bisa gk tu mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasir merapi bisa, pake tanah jg bisa asal bisa ngatasi keruhnya aja.. jgn terpaku pada teori harus pasir malang/silika, yg ada di sekitar juga bisa misalnya pasir kali.. selama dicuci bersih dan tidak ada kandungan garam (pasir laut) bisa dipakai.

      Delete
  85. Salam aquascape....mas mau tanya, kalo konsepnya pingin hijau tampak luas seperti padang rumput, tanaman apa yg cocok? Satu lagi....nice blog, alamatnya dmm mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam aquascape juga.. buat padang rumput banyakpilihan tanaman rendah.. kalau mau tanaman akar bisa pakai rumput tenelus, subulata, HG, glosso, Marsilea hirsuta, cuba. kalau mau instant bisa juga pakai moss yg diikat di media datar.. ane lokasi di bandung bos.. met ngobok ya!!

      Delete
  86. maaf nih mas mau tanya kalo mau pasang chiller nya dibagian mana ya???
    maklum newbie nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. chiller itu prinsipnya air disedot dari tank kemudian melewati pendingin (chiller) dan setelah terjadi penurunan suhu dialirkan kembali ke akuarium, jadi posisi chiller itu diluar tank, bisa disamping, ataupun dibelakang tank. mengenai tutorialnya banyak di you tube, coba aja cari keywordnya chiller setup

      Delete
  87. mas, kalo untuk akuarium ukuran 75x30x50 perlu lampu brp watt y? trus lampu jg, pke lampu neon ato yang biasa kgk apa apa kan asalkan daylight?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fungsi lampu kalo di aquascape bukan sekedar buat penerangan tapi lebih untuk membantu tanaman berfotosintesa, kalau dialam aslinya mengunakan matahri maka di dlm tank Lampu sebagai penggantinya jadi mutlak harus minimal daylight, besarnya tergantung jenis tanaman yg dpakai.. bisa loe, medium atau highlight. buat ukurn 75x30x50 ideal pakai medium (2x23watt) lampu ulir/TL

      Delete
  88. lalu mas jajuk, saya kn rncananya mw pke java moss. itu hrus ad co2 ato nggk? lalu udang red cherry itu bsa idup nggk klo tnpa moss?

    ReplyDelete
  89. malam mas , mau nanya mas akuarium saya panjangnya 90 cm lebar 65 tinggi 40, tanamannya moss,ricia,filia,glosso,cuba,dan tennelus, kira' lampu berapa watt yg harus saya gunakan ? bagaimana mdengan penggunaan led ?

    ReplyDelete
  90. mas...salam kenal...
    Nama saya Dwi..saya pemula di aquascape...
    mau nanya dong mas...
    Klw Untuk tank 60X20X25 saya pake lampu LED yang brapa Watt ya..?
    klw pake lampu philips essential yang brapa watt ya?
    Medium-High Light

    Maksih ya mas...

    ReplyDelete
  91. mas jajuk mau tanya, saya mau ngarpetin aquascape saya dengan tanaman Montecarlo nah agar bisa ngarpet si monte ini butuh pencahayaan berapa watt kalau memakai lampu phi***s ?
    dan tanaman monte ini kategori lowlight atau medium mas ?
    terimakasih, mohon pencerahannya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua tanaman akar karpet kalau pengin cepet ngarpet minimal pake 23watt x 2 (ulir/daylight) ..untuk tank 60cm.

      Delete