Tuesday, December 11, 2012

Membuat Air Terjun di Aquascape

Sebenarnya sudah lama pengin posting artikel ini tapi disimpen dulu,  karena banyak pertanyaan  yg masuk ke email, akhirnya posting juga....daripada penasaran  hehehe...
Pernah liat gambar atau video penampakan aquascape/aquarium yang ada efek air terjunnya? pasti takjub ya.. gimana tidak di dalam air bisa ada air terjun..hehehe... sebenarnya itu bukan air terjun, tapi efek dari pasir putih lembut yang diangkat keatas trus dijatuhkan ke wadah tertentu dan diangkat lagi keatas.. seperti itu siklusnya. Bingung? ... oke biar nggak bingung ternyata simple dan mudah banget, ane kasih tau triknya, sebelumnya siapkan dulu alat2nya..tentu saja yang gratis aja ..biasa barang2 bekas..hehehehe.. (hemat pangkal paha..eh..kaya)

bahan yang disiapkan :
  1. Pipa Pralon diameter 1/2 inch atau 3/4" kira2 ukuran 25cm atau terserah ketinggian waterfallnya..
  2. sambungan pralon untuk belokan
  3. obeng (untuk melobangi pralon)
  4. selang aerator
  5. media penutup (untuk menutupi pralon dan jadi media jatuhnya pasir, bisa batu2an, kayu atau apa ajalah silahkan berkreasi)
  6. dan tentu saja aerator double output (pembangkit udara/gelembung) nantinya dua output di satukan menjadi 1 (satu) output dengan sambungan 'Y'  atau 'T'.
Sudah Siap?  Mari kita mulai kerja..
1. buat rongga di ujung pralon untuk tempat pasir masuk 


2. buat lobang seukuran selang di sudut (tengah) sambungan belokan pralon pvc dengan obeng yang dipanaskan.

3. masukkan selang melalui lobang tersebut tarik sampe ke ujung pralon pvc

4. pasang aerator diujung selang dan simpan diujung bawah pralon pvc
5. pastikan ujung aerator sejajar dengan dasar pralon

6. langkah terakhir,  masukkan pipa pralon kedalam air dengan posisi ujung selang aerator dibawah, nyalakan aerator kalo air bisa menyembur dari ujung pralon berarti proses berhasil, tinggal tempatkan ujung bawah pralon di dasar pasir lembut...
tunggu sebentar pasti pasir terangkat dan jatuh berhamburan disekitar pralon, supaya pasir tidak berhamburan dan bisa terkumpul buat wadah penampungnya.. dibuat sedemikian rupa sehingga tumpahan pasir balik lagi terhisap pralon.
akhirnya...beresss... tinggal kita berkreasi buat tebing2 atau apalah untuk mengkamuflasekan pralon, bisa dengan dililit moss buat menutupi pralon, atau kita tumpuk batu2an menyerupai tebing2 batu di sungai2..

Skema penampangnya kira2 seperti dibawah ini :


Naahh....untuk aplikasinya ke aquascape bisa dilihat di video  tank koleksi pribadi yg ane upload ke you tube bawah ini.. silahkan berkreasi sendiri.



Sumber Video : You Tube koleksi pribadi


101 komentar:

  1. mantap gan, ini yg ane cari2.. tengkyu gan, sukses buat agan!

    ReplyDelete
  2. hehehe.. makasih kunjungannya gan, semoga bermanfaat.. :)

    ReplyDelete
  3. Tertarik bikin efek waterfall nya mas jajuk. Tapi sayang nya sy masih kesulitan beli moss nya. Kmarin sy coba hunting ke evergreen bandung. Bli nya hrs online mas..toko nya dah tutup,ttp bk toko online di kaskus..barangkali mas jajuk punya moss yg udah di triming..bisa gak sy beli./D:..ato kata orang sukabumi mah ngagantian mas..heheh.

    ReplyDelete
  4. kalau moss dibandung coba ke jl. peta, disana banyak yg jual javamoss (5-10rb seplastik) kalau peacock moss suka ada di pasar ulekan jl. pagarsih. Kalau yang dirumah khusus peacock lagi disemai..jadi belum dikeluarkan mungkin 1-2 bulan lagi.. okayy..thx ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kalau yang jual peacock moss & java moss di jogja dimana ya?

      Delete
  5. Ok trims mas atas info nya. Kapan2 mo mampir ke tmpat td.sy sering ke ciumbeuleit tepat nya ke rs paru rotinsulu, mas kalo moss ato lumut yg masih berdaun darat apa bisa jd moss air,bgmana cara proses nya.? Mhn pencerahan nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. rumput moss darat bisa saja jadi berdaun air caranya simpan dulu di air dengan posisi tidak didasar (sedikit mengambang) supaya dapat pencahayaan kuat untuk menstimulasi daun baru. setelah mulai tumbuh daun baru, bisa diturunkan sedikit posisinya(tenggelam), setelah banyak tumbuh daun air, baru disimpan/diikat ke media.

      Delete
  6. mas, mau tanya itu efek waterfall nya yang ideal pake pasir apa ya mas ? pasir silica atau lainnya ?
    maturnuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasir silika putih yang lembut bukan yang kasar.. bisa juga dibubukkan dulu.. atau pasir putih yag halus juga ada di toko2 akuarium.

      Delete
  7. weleh... mantep,tp buat saya yg pemula sebenernya pgen buat yg g neko neko tp bis melihat ini kok pengen y trimakasih mas info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... silahkan berkreasi..sudah banyak yg berhasil lho.. jadi ngga seribet yang dibayangkan..

      Delete
  8. mantap mas,...br ja seminggu bikin aquascape,..jd pengen rombak lagi,..hehehe...mumpung blm jd ekosistemnya...mksh mas...

    ReplyDelete
  9. manteb bngt gan........
    tp gmn caranya ngumpulin lg pasirnya gan????

    thankz y gan sebelmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibuatkan wadah penampung dibawahnya dengan kemiringan 45 menuju ke pralon lagi..

      Delete
  10. GAn , saya bingung buatnya, ada beli yang sudah jadi ga ? hhehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa bingung? kan sudah jelas ada tutorialnya step by step.. ada kepuasan tersendiri kalo bisa buat sendiri..

      Delete
    2. hew..... keren, tapi pasirnya kek tukang ojek, mondar mndir

      Delete
  11. mas, saya baru belajar aquascape, kira2 mas menerima panggilan jasa untuk aquascape ga? soalnya saya teh bener2 awam soal ini, klo bisa minta no hpnya yah mas, terima kasih...

    ReplyDelete
  12. hehehe...ane di aquascape cuma hobi dan sampingan aja gan, kebetulan aja tau dikit2 dari pengalaman2 sendiri dan orang lain, jadi untuk saat tidak (belum) menerima panggilan jasa untuk buat aquascape. Lebih baik ke yang profesional aja, kita disini cuma saling berbagi pengalaman aja.. tapi trima kasih sdh mengapresiasinya.. mungkin ada rekan2 yang lain kalau ada yang bisa bantu, silahkan.. :)

    ReplyDelete
  13. Om , Boleh minta nmr tlp nya kgk ?
    Tolong email saya donk nmr tlp si om , biar saya bisa langsung hubungi si om..
    Tolong yah di kirim ke : cupzcool89@yahoo.com

    Soal nya saya pingin mencoba jg nih om.. Tp masih newbie.. Jadi butuh bimbingan nya..
    Thank's

    ReplyDelete
  14. masuk aja di FANPAGE joe's aquascape ada yg upload air terjun sekaligus dibahas bareng2..

    ReplyDelete
  15. om apa harus pake aerator??
    klo pake pompa filter bisa g?
    ditunggu penjelasannya,,
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur aja, belom pernah nyoba pake filter.. tapi bisa juga sih, tinggal diatur aja supaya semprotan air dari filter mendorong pasir yang terkumpul keatas.. teknisnya seperti itu tapi masalah kreasinya monggo terserah anda..

      Delete
  16. Jadi pengen mbuat aquascape,
    trima kasih ilmunya Mas. ..
    bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  17. saya bkin air terjunnya pake pompa aerator.. dan alhamdulilah berhasil... saya pake tank 60x30x30..
    untuk pemasangannya pipa di sambung ke water pump terus pipa itu saya pasang di bawah pasir. Untuk titik berkumpulnya pasir yg jatuh dari atas air terjun saya pake sambungan pipa T..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ujung selang itu d smbungin ke pompa air atau pompa udara sih? ...

      Delete
  18. maaf gan nggak bermaksud sinis. tp punyo elo mana?
    yg lo tampilin itu punya orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. itu namanya sinis gan.. tapi gpp bagus buat masukan, itu diatas sudah saya ganti pake video air terjun ane asli gan..hehehe.. walaupun sebenarnya esensinya yg penting itu isi informasinya gan..bukan videonya.. kalaupun video dari orang lain selalu ane sertakan sumbernya gan.. ok..semoga elo ngga penasaran ituyg diatas tank punya ane.. makasih masukkanya.. keep positive thingking ! ..

      Delete
  19. gan,,cara bikin tampungannya gimana yak?? gw udh bikin,,tapi lama kelamaan kehabisan pasir...soalnya ane tutupin pipa pake batu jadi agak susah dipraktekkan untuk penampungannya....lubang pipa yg bawah bakal kehalang dikit sama batu yg ane pake...mungkin bisa di buatkan sketsa nya gan...sorry ngerepotin thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dipostingan atas sdh ane buatkan skema penampangnya.. masalah teknisnya silahkan berkreasi aja sendiri..

      Delete
  20. mas jajuk,,,carane gawe aquascape piye???ko tanamanku mati terus ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe... tanaman biar bisa numbuh harus memenuhi minimal persyaratan sbb :
      1. sdh jadi tanaman air (bukan daun darat)
      2. ada substrat (pasir malang/silika)
      3. ada lapisan pupuk dasar (disarankan)
      4. Cukup cahaya (penting!! jangan remang2)
      5. suhu dingin (dibawah 28)
      6. asupan CO2 (ada beberapa tanaman ygtidak perlu inject CO2)
      7. filter (buat siklus nitrogen sekaligus penyaring kotoran/amonia)
      kalo syarat2 itu terpenuhi.. pasti numbuh ..hehehehe

      Delete
  21. jos gandos tenan om jajuk nih :D

    ReplyDelete
  22. Mas maaf,..kmrn dah tak cb,.cm aku pk pipa bening yg biasa dipake buat filter,.trs selang aerator tak lewatin dr bwh,.blm sempet bikin lubang dr atas...tp jd ga bisa ngangkat pasir keatas,..apakah itu ngaruh smua ya?..aku pake aerator satu lubang,..mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, ngaruh krn tekanan dari dalam pipa itu yang bisa menghisap dan mengangkat pasir, kalo aerator dari luar ada tekanan tapi tidak sebesar kalo tekanan dari dalam. dianjurkan pake aerator yg doble output kemudian disatukan jadi tekanan udaranya lebih besar.

      Delete
    2. Owh..terus klo masalah bahan pipa yg bening ngaruh jg ga mas?..mksh

      Delete
  23. numpang nanya Mas saya ud coba tapi pasir yg jatuh sedikit sekali ga puas liatnya. ...saya pakai T ex orca under gravel pralon 1/2 inch pasir halus. Terimakasih salam aquascaaper. (Toto)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pralon 1/2" cukup bagus, itu contoh video yag diatas jg pake pralon 1/2". coba pake mesin aerator double output trus disatuin outputnya, dijamin pasti deras pasirnya yg keangkat.

      Delete
  24. Mas Jaj saya sdh pakai double aerator tetep kurang mak nyus apalagi ada problem air buble yg susah banget ngakalinnya.Hopeless.nich. Kalau pakai water pump gimana yaa?
    Salam Aquascaper

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngatasi air bubble, ujungnya pralon dikasi lagi sambungan 'T'. dengan ujung 'T' yg menghadap keatas keluar permukaan air, jadi pasir langsung jatuh kebawah sementara bubble langsung dibuang ke keluar jadi tidak meninbulkan gelombang..

      Delete
  25. mas apaya penyebab daun tanaman di tank saya jadikehilangan klorofil nya dan lama2 jadi bening n hancur,,,,mohon penyebabnya apa dan sulusinya seperti apa
    terimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. pembentukan klorophil dan enzim membutuhkan Magnesium (Mg)dan Kalcium (Ca), biasanya tanaman jadi spt diatas kalo kekuarangan 2 nutrisi tersebut. coba rutin beri pupuk mikro krn banyak kandungan Mg,Ca, Fe, Cu yg dibutuhkan tanaman.

      Delete
    2. makasi mas infonya

      Delete
  26. pak jajuk apa kabar?,saya iroy dulu sering commen diweb membuat co2 diy.sekarang commen diweb

    ini he.he..,bagi2 ilmu pak jajuk.sekarang saya sering membuat efek air terjun aquascape dengan

    menggunakan waterpomp.pertama saya melihatnya dikelapa gading jakarta dengan sistem

    waterpomp.cerita punya cerita akhirnya praktek dan gagal,dengan mencari2 diweb tapi yang ada

    hanya menggunakan aerator,dengan menggunakan aerator berhasil tapi menggunakan waterpomp

    gagal,bertanya2 tapi tiada yang memberitahu.praktek lagi gagal lagi,akhirnya selama 2hari 3malam

    barulah menemukan cara kinerjanya. saya menggunakan pasir silika halus sama seperti garam

    halus,bukan pada umumnya pasir halus tetapi masih kasar yang banyak digunakan efek air terjun

    lainnya.saya menggunakan stopkran tuk mengatur besar dan kecilnya dorongan waterpomp.pompa ini

    bekerja sebagai pendorong pasir dan bukan sebagai penyedot pasir.faktor2 yang harus

    diperhatikan: PENAMPUNG PASIR ,pasirnya harus turun kekuncian pendorong,sehingga sering dibuat

    dengan kemiringan minimal 45derajat atau lebih,seperti halnya wadah mangkuk.PEMECAH ARUS adalah

    yang paling atas tuk memecah arus air yang membawa pasir sebelum keluar kemedia yang akan kita

    tampilkan,ini harus lebih besar dari pada pipanya.STOPKRAN berfungsi untuk mengatur besar

    kecilnya air yang didorong oleh pompa karena pompa berbeda2 kekuatanya,terlalu besar arus maka

    akan luber pasirnya,terlalu kecil maka pasir tidak akan bersirkulasi dan hanya bergejolak

    dipenampungan pasir.setel stop kran pada posisi yang sekiranya pas dan tidak membuat pasir

    berhamburan.saya akan lanjut lagi nanti.TETAPI LIHAT VIDEO SALAH SATU CONTOH EFEK AIR TERJUN

    YANG MENGGUNAKAN WATERPOMP di; http://youtu.be/kdEgHUypAuo dan http://youtu.be/G-rO37fR71E trims pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. atau cari diyoutube AIR TERJUN AQUASCAPE IROY dan AIR TERJUN AQUASCAPE IROY 1.numpang ya gan,he.he..,trims gan

      Delete
    2. hehehehe..kabar baik.. trims sdh mau berbagi. semoga jadi berkah buat semuanya.. oke ane langsung ke TKP..hehe

      Delete
    3. iya wadah pasir buat nampung nya yg susah. pd gmao ksh tau pelit bgt yaelah bos..bos. dpt paahala jg x bntu org

      Delete
    4. Mas iroy.... Boleh donk minta gambar skemanya seperti yg mas jajuk posting... Biar saya bisa lebih dpt gambarannya... Makasih

      Delete
    5. Keren banget bang roy.. bikin tutor'y dong cara bikin batu karang'y gmn si..

      Delete
  27. Awwwsooomeee, keren bos, matur nuwun :))

    ReplyDelete
  28. wow keren bgt, jdi pengen buat..
    tpi pasirnya jatuhnya jdi berhamburan g' yaa, maksutnya di ksih wadah bawahnya gtu..

    ReplyDelete
  29. WOW gan. uyeee beneeeer. jd pengen mindahin air terjun niagara ke aquarium nich. :p

    ReplyDelete
  30. kreatiff
    mntapppp
    saluttttt
    lanjutkan ilmu ilmu mu brooo
    gue dukung looo

    ReplyDelete
  31. Mas Jajuk, makasih untuk info-nya, berguna banget untuk pemula seperti saya yang belum ngerti apa-apa.
    Saya ada ide, tolong dibantu, untuk pipa paralon-nya mau saya aplikasikan moss, bisa langsung di-ikat di pipa tersebut atau harus di-akalin pipa-nya. thank you before

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih bagus pipanya dikamuflasekan dgn ditutup batu2 atau bikin aja dari semen kawat yg dicor, dibentuk tebing2.. tapikalau mau dililit moss juga bisa, cuma nanti pasirnya jadi jatuh ke permukaan moss.. jadi kaya kena salju dong.. hehehehe

      Delete
    2. tq om...dr kemarin2 ane mo nanya bikin dinding air terjunnya...br kejawab ni,kl pake batu2..susah bikin flow pasirnya turun pasirnya kemana2 (sdh ane coba soalnya)...bikin semen kawat dicor y om, sekalian penampungnya..tks idenya om...

      Delete
  32. mas saya tanaya tukang aquarium yg suka aquascape juga.kata dia,kalo pake aerator tumbuhan bisa cepet mati gara2 mabok kebanyakan oksigen dari aerator.rtolong dijawab ya mas.penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. supaya O2 dari aerator tidak masuk ke tank tapi langsung menguap keluar tank, ujungnya tempat keluar pasir diberi lagi sambungan pipa berbentuk 'T' dgn posisi ujung yg menghadap keatas keluar daripermukaan air, jadi pasir jatuh kebawah, udara/bubble langsung lepas keluar... ok?

      Delete
  33. Gan, ane dri depok neh.. Ane pipa nya yg bawaan dri mesin undergravel orca 75.. ane bikin wadah nya pke botol air mineral ukuran 1,5Ltr di potong sebagian yg dipke corong nya dan tutupan warna biru nya ane lubangin dgn diameter yg sama dengan penyambung pipa nya trus di sambung pipa lagi untuk ke pipa waterfall nya jadi klo di gambarkan kayak abjad "L".. dgn ujung garis di bawah nya di sematkan penampung yg ane kreasikan sendiri.. Pertanyaan nya, bagaimana caranya agar pasir silica yg buat air terjun gk terampur dengan pasir malang buat sayuran" ane gan.. soalnya ane praktekin dia tercampur gitu dengan pasir malang nya.. padahal ane udah kasih pembatas dengan menggunakan batu dan sayuran" dipinggiran batu.. trima kasih gan jajuk.. Mohon bimbingan nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. supaya ngga tercampur, jauhkan aja pasir malang dgn pasir putih.. atau dibagian pasir malang yg deket corong ditutup aja pake moss/sayuran lain.. atau kasih lagi penghalang batu supaya ngga ikut kesedot

      Delete
  34. Mas,itu pake pasir apa yg cocok biar mudah tersedot?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake silika yg super lembut.. atau pasir putih yg lembut juga ada jadi ringan, dan jatuhnya bagus tidak terbang kemana-mana

      Delete
    2. kira2 pasir waterfall yg jatuh itu ntar g jd mainan buat ikannya ta Mas???sehingga mmbuat pasir jatuh bertebaran kmna2....cz saya pake pasir Malang....
      mohon sarannya Mas....

      Delete
    3. hehehe.. memangnya ada ya ikan yg senang main2 pasir.. ? asal jgn piara ikan sapu2 aja.. hobinya ngrusak substrat itu.. plihara aja ikan2 kecil yg manis2 macam jenis2 tetra., guppy, molly..dll

      Delete
  35. mas maaf saya mau nanya, kalau org yg profesional design aquascape di Bandung siapa ya? saya harus kmana? soalnya saya betul2 awam. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditiap toko aquascape biasanya menyediakan tenaga profesional, atau cek aja di kaskus atau di group2 aquascape FB.. banyak banget tenaga profesional.. atau kalau mau, bisa ane hubungkan ke temen2 aquascaper bandung..

      Delete
  36. Mas mau nanya itu klo kemiringannya itu pakai dasar kaya kaya yg di potong 20×30 gitu apa alasnya pasir juga ya? Cuma di gali doank di bikin miring?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dibuat semacam corong yg mengarah ke lobang sedot pasir.. dari luar bisa dikamuflase dgn moss atau tanaman rendah lainnya

      Delete
    2. Ow gitu mas makasi ya.. biar saya vcoba deh..

      Delete
  37. hallo kang tanya nih..kalo tangki mau di rekayasa ulang tdk apa2? ekosistem udh berjalan 1 bulan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya di setup ulang? gpp, asalnya airnya jangan dibuang bisa dipake buat setupnya baru.

      Delete
  38. Halo, saya mau tanya, air terjun saya sedikit sekali pasir yg jatuh, pasir yg keluar lebih byk dr pasir yg masuk, sudah diakali tp masih belum berhasil, mohon pencerahannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti penampunga tempat jatuhnya pasir, tingkat kemiringananya kurang, jadi pasir tidak langsung meluncur ke lubang sedot.

      Delete
  39. Bang mw tanya,referensi utk wadah pasirnya pake apa ya biar pasirny g kmn2?mksh

    ReplyDelete
  40. gan kalo di sekitaran mataram lombok kira kira tempat beli mosnya dmna ya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh daerah lombok bukan daerah jajahan ane.. hehehe.. tapi kalo ngga nemu2 juga bisa koq dikirim2 dari sini, tinggal tambah ongkir aja.. hehehe

      Delete
  41. Mas jajuk kira2 hrg pasir silica brapa dan dmn belinya.thank sblmya

    ReplyDelete
  42. Mass,..
    mau nanya dong, kalo untuk beli rumput biar jd kayak karpet itu rumput apaan yah mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya tenelus, subulata & hairgrass..

      Delete
    2. namanya rumput tenellus, subulata dan hairgrass

      Delete
  43. Mas jajuk salam kenal sy heryanto. Minat belajar aquascape. Apa ada guidebook atau literatur atau ada mentor yg bisa bantu sy untuk membuat aquascape? Sy domisili di bdg.tks

    ReplyDelete
  44. Mas jujuk....trima kasih bnyk sudah berbagi ilmu....memang ini yg selama ak cari.....ahirnya behasil juga walaupun sempat menemui beberapa kesulitan...

    ReplyDelete
  45. Mas 'IRoy.....'tolong postingin gambarnya dong,biar lebih GAMBLANG & JELAS...terimakasih bnyk sblumnya.....

    ReplyDelete
  46. mantap banget mas.. sy baru mau coba bikin aquascape nih, ntar sekalian bikin air terjuannya.. :) thanks atas share ilmunya semoga berkah

    ReplyDelete
  47. salam aquascaper .mas jajuk,saya udah bikin aquascape dan berhasik tumbuh.tp setelah saya setup ulang kok malah pada mati tanaman saya.pdhal cara perawatannya sama.kenapa ya mas..apakah perlu dikasih pupuk mikro terus...

    ReplyDelete
  48. misi gan,pengen nnya kalo aquarium ukuran 40x44x30,lampunya harus yg berapa watt ?
    dan style apa yg cocok gan,kira kira belanja buat alat2 exterrnal nya kaya filter aerator dll berapa duit gan ?
    maklum newbie

    ReplyDelete
  49. mas,ditempatku ga ada yg jual tanaman hias buat aquarium dan saya baru belajar bikin aquascape.klo bikin tanaman hias sendiri bs ga yah,trz biasanya jenisnya apa?

    ReplyDelete
  50. Gan aquarium ukuran L gex bisa gak dibuat waterfall? Kira kira mengganggu kinerja maksimal gak gara gara ukuran akuariumnya yang mini

    ReplyDelete
  51. kena virus aquascape nih!kang kalo beli tanaman air gitu untuk di bawa jarak 3 jam kuat ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangankan 3 jam, ane kalo kirim2 keluar jawa malah nyampe 3 harian.. msih bagus.. hehehe

      Delete
  52. isi udang biar tambah mantap

    http://cocomecom.blogspot.com/2014/06/kenalan-ma-udang-udang-ini-yuk.html

    ReplyDelete
  53. saya gagal dalam membuat nya gan...
    air tidak mau keluar (tidak mau nyedot air).
    padahal aerator udah saya kencengin 2 kali lipat..
    mohon penceraahnnya agan...
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti pralonnya ke yg lebih kecil (3/4) yg biasa buat pralon filter, jgn lupa aeratornya yg double output trus disatukan outputnya dgn sambungan selang "Y" jadi lebih kencang aliran udaranya. pasir pake silika putih yg lembut spt tepung spy ringan keangkatnya.. met mencoba lagi ya..

      Delete
  54. Wooow keren bgt.. sayang di daerah ane gx da yg jualan tanaman air yg asli paling plastik..

    ReplyDelete
  55. Unik juga air terjunnya dari pasir..kirain dari apaan..terima kasih informasinya,,masih hobi dengan ikan kolam saja sejenis ikan koi..

    ReplyDelete
  56. hobi aquascape sangat lah super, dari segi biaya pasti tidak sedikit..memberi kesenangan tersendiri dengan hobi itu bisa membuat hutan mini dengan berbagai tanaman yang hidup didalam air..thx nice share

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul... makanya tujuan ane bikin blog ini juga buat yg berbudget minim tapi pengin beraquascape ria.. jadi ngga selalu dgn biaya yg besar.. sudah siap teracuni aquascape?.. hehehe

      Delete