Monday, November 12, 2012

Membuat Sendiri FILTER DIY Murah Meriah

Ide memposting ini  terinspirasi ketika ane  jalan2 dan mampir untuk liat2 disalah satu toko aquarium  di jl. Karapitan bandung. Disana dipajang aquarium2 kecil yang berisi udang2 hias ada rilli, redbee, cherry dan juga ikan2 aquascape yang lain. Tidak ada yg istimewa sih  sampai ane perhatikan dengan seksama..  tank2 yang kecil itu bersih tidak ada kotoran2 ikan/ udang padahal tidak ada filter didalamnya. Hanya terlihat aerator/gelembung udara yang mengalir lewat busa…  sampai disitu ane perhatikan seksama ternyata kotoran2 ikan/udang itu terserap busa yang dialiri udara lewat aerator..  waah mulai menarik nih.  Iseng2 ane nanya sama pegawainya yang ramah dan dikasih taulah rahasianya… karena dapetnya gratis maka ane juga akan berbagi ilmu buat pembaca setia . Filter DIY ini cocok sekali buat akuarium yang ikannya penyuka air yang tenang seperti diskus, guppy, molly  dan tentu saja udang2 hias kesayangan kita yang lucu2… dan tentu saja menghemat biaya untuk tidak beli Filter yang lumayan mahal harganya..hehehehe
Oke, kita mulai untuk bahan dan alat sediakan :

  1. Pipa paralon 0,5 inchi dan 2 inchi untuk alas
  2. Semen untuk pengisi alas/pemberat (bias diakali dengan pemberat lain mis. Besi/batu/dll)
  3. Pin (sambungan selang), selang
  4. busa silinder (ada ditoko aquarium atau bikin sendiri, kotak jg bisa)
  5. Gergaji besi dan solder listrik atau obeng (dipanaskan buat bikin lobang peralon)
  6. Aerator (pembangkit gelembung udara)


Cara buatnya :
Bodi Utama kita buat Paralon berdiameter 0.5 inchi dipotong + 30cm, kemudian buat sejumlah lubang di sisi2 peralon dengan mengunakan solder panas atau obeng yang dipanaskan dengan api. Didekat pangkal bawah buat lubang yang rada besar untuk dipasang pin penyambung selang dari aerator. Untuk alasnya potong peralon 2 inci kira2 setinggi  2 cm.
Pasang bodi utama tepat dibagian tengah alas. Lalu tuangkan adonan semen dan pasir halus keparalon alas sampai penuh. Biarkan semen mengering. (atau bisa juga berkreatif dengan yang lainnya..intinya berfungsi sebagai pemberat)
Sebelum busa dipasang  ke bodi utama, haluskan lubang paralon dengan amplas atau pisau tajam. Supaya busa tidak tergores dan sobek ketika dipasang. Pasang pin penghubung selang dan hubungkan ke pompa aerator. Filterpun siap dipakai…….

Cara Kerjanya :
Sangat sederhana sekali, pompa aerator akan mengalirkan udara melalui selang yang terhubung ke silinder kecil bodi utama. Udara berhembus lewat lubang dibawah silinder, Nah ..kuncinya disini, angin akan mendorong air dalam pipa utama keluar lewat atas. Ketika tabung menjadi hampa, air diluar pipa akan tersedot masuk lewat lobang2 pada pipa utama, tentunya sebelum masuk ke lobang akan melewati busa. Saat itulah proses filtrasi terjadi. Kotoran akan terperangkap busa..dan  aquariumpun jadi kinclong…. Simple kan? Selamat mencoba!!

34 komentar:

  1. Om,aerator yg di pakai modelnya seperti apa??
    Atau memang semua model bisa di pakai??

    ReplyDelete
  2. assalammualaikum mas mo nanya ni. apakah dengan filter saja sudah cukup untuk menjaga kwalitas air. apakah harus ganti air. trus masalh kotoran uang tertimbun di dasar gimana mas mengakalinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya untuk aquascape justru kotoran bisa menjadi pupuk alami buat tanaman. filter saja sudah cukup untuk aquascape standar, asal rajin mencuci/membersihkan kapasnya.. okay?

      Delete
  3. Sy sdh cb buat filter tsb,tp hasil tdk maksimal. Msh bnyk kotoran yg tersisa.apakah krn busa yg sy pakai tdk sama dngn yg ad di gambar??? Krn sy sudah cb cari tp ditmpt sy tdk ada yg menjual busa yg seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan aeratornya kurang kuat hembusan nya. jadi air tidak cukup kuat tersedot busa. busa bebas tidak harus spt contoh diatas.

      Delete
  4. Om,susunan filter yang baik untuk aquascape gimana ya,aku ada material sbb.pasir silika kasar,batu zeolit,bioball,karbon aktif/arang,kapas filter dan busa filter....tolong solusinya om.thank's.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, maaf baru kebaca.. hehehe.. jarang buka artikel yg ini. urutannya berdasarkan arah arus filter ya..kalo pake UGF/sistem canister brati arus dari bawah, dan dari material yg ada lapisan paling dasar pake media busa filter untuk menahan kotoran, trus batu zeolit, kapas filter, biobal, kapas, karbon aktif dan kapas filter paling atas...

      Delete
    2. om jajuk bikin postingan untuk diy filter canister dong :D

      Delete
  5. om tabungnya dicelupkan sampai tenggelam di aquarium atau disisakan ujung pipanya ke atas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa disimpan didasar bisa juga di tempel di kaca, ujung bebas arahnya soalnya buat ngeluarin bubble aeratornya.

      Delete
  6. om tabungnya dicelupkan sampai tenggelam di aquarium atau disisakan ujung pipanya ke atas?

    ReplyDelete
  7. Bos,,,, itu ujung paralonnya bolong atw d tutup dgn busa ?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. ujung pralon biarkan aja terbuka, buat keluarnya bubble aerator.. krn itu yang menghisap kotoran nempel di busa..

      Delete
  8. mas sy masih blm mengerti itu selangnyaa nyedotnya kyk gmn/apa harus manual di sedot dulu pke mulut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe.. kan otomatis begitu aerator dinyalakan, langsung udara menghisap kotoran dan tertahan di busa..

      Delete
  9. Bang, itu misalnya filter & air terjun digabung jadi satu kira2 bisa kagak ya? biar satu pralon bs buat 2 fungsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tinggal dibuatkan aja pralon yg mengarah ke pasir dan buat lobang tempat terhisapnya pasir.. otomatis psir akan tersedot dan terangkat bersama dgn keluaran air filter..

      Delete
  10. bang pras, bisa minta cara kerjanya tp di model gambar,
    biar mudah di cerna sama bagi orang awam seperti ane..

    ReplyDelete
    Replies
    1. diatas sdh sangat jelas gambar dan cara kerjanya, tinggal dipraktekkan aja..

      Delete
  11. Saya masih belum mengerti, bagaimanan bisa busa menyerap air kotor di sekitar akuarium ,sementara busa tersebuta adalah tempat keluarnya bubble2 udara... .
    Otomatis busanya meniup gelembung bukan menyerap air.. ..
    mohon penjelasannya.. .
    Thanks b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. coba baca lagi cara kerjanya diatas, sudah sangat jelas, prinsipnya angin yg keluar dari aerator akan menyedot air disekitar pipa yg berlubang. kenapa angin tidak keluar dari lobang2 pinggir pipa tapi justru menyedot air sekitarnya, karna udara pasti arahnya keatas/permukaan. krn derasnya udara yg keatas otomatis air sekitar akan tersedot ke dalam pipa.

      Delete
    2. sangat ilmiah sekali penjelasannya mas Pras.
      tadinya saya juga tdk mengerti dan sependapat dgn mas Gusti.

      Delete
  12. Thaks for your Kind Advice... .

    Saya akan coba sendiri... .

    Saya sudah cari cari filter di toko toko akuarium, namun hasilnya nihil... .

    Terima Kasih Banyak... .

    ReplyDelete
  13. mas, itu kan yang di bagian dalam tank ya. kalo yg di bagian luar tank bgaimana penampakannya mas?? perlu di kasi kapas,bebatuan, arang dsb lagi gak?? Masih bingung mas.
    thanks

    ReplyDelete
  14. Mas. Ane addict bgt ke aquascape nih, bisa mnta nope mas ngga..

    ReplyDelete
  15. Saya uda nyobain,,dan Hasilnya cukup memuaskan,,,.Terima kasih infonya,,sangat Bermanfaat,,.
    jalan2 ke blog ane http://iwansugiyarto.blogspot.com
    akun fesbuk http://facebook.com/iwan.sugiyartomesin
    hehe,,

    ReplyDelete
  16. gan nanya dong.. itu kan kl busa doang kyknya mengurangi nilai estetisnya yak.. biar tmbah enak diliat bisa dihias apa aja tuh gan di busanya.. makasih ^^

    ReplyDelete
  17. mas tu kalo dah jadi kaya gimana

    ReplyDelete
  18. Sangat bermanfaat, terimakasih sharenya..

    ReplyDelete
  19. Maaf baru permulaan jd mau tanya yg mungkin sederhana. Itu busanya bulat beli sudah seperi itu apa buat sendiri yg lembaran ya

    ReplyDelete
  20. Mas kalo lubang di pipanya itu dibuat agak besar itu akan mempengaruhi kinerja filternya gk?

    ReplyDelete
  21. Mas minta pin BB nya dong.
    biar bisa share lebih jelas.
    aku dari semarang.

    ReplyDelete
  22. Butuh info atau tempat mencari tanaman aquascape ?
    Silahkan kunjungi website kami tanamanaquascape.com
    Semoga membantu :)

    ReplyDelete