Friday, August 3, 2012

Memasang 'CHILLER" buatan murah meriah

Tidak bisa dipungkiri supaya pertumbuhan tanaman di aquascape bisa optimal diperlukan suhu yang sesuai dengan habitat tanaman. Dan suhu normal air di aquarium berkisar 30-35 C yang tentu saja kurang optimal untuk pertumbuhan tanaman di air. Untuk mengantisipasinya kita bisa memasang chiller (pendingin) yang harganya lumayan mahal. Naahh... untuk itu kita harus bisa mengakali supaya dengan budget murah kita bisa tetap menurunkan suhu di aquascape jadi berkisar 26-27 C. 
Caranya??
KIPAS ANGIN sebagai pengganti fungsi chiller cukup mujarab. Suhu bisa turun sampai 26-27 C untuk aquarium ukuran 100x50x50.. sementara kalau untuk aquarium ukuran besar bisa menambah dengan pakai 3 - 4 kipas.. tinggal diatur aja posisinya. Berikut cara2 buatnya :

1. BUAT RANCANGAN POLA
Bahan baku untuk tempat menyangga kipas sebaiknya bahan yang transparan seperti kaca atau acrylic. Tapi lebih bagus memakai Acrylic karena mudah untuk memotong polanya.  Buat pola  gambar persegi panjang ukuran kira2 sama dengan bidang lebar akuarium. Kemudian gambar lingkaran sesuai dengan besar kipas yang akan dipakai. Sesuaikan jumlah gambar lingkaran dengan jumlah kipas yang tersedia dan sesuaikan dengan besarnya kuarium . Jangan lupa buat lubang kecil untuk ventilasi udara dari akuarium.
Potong bahan sesuai pola yang sudah dibuat dengan gergaji besi supaya hasil potongannya halus.

Gb.1 Gambar Pola lingkaran



2. MERAKIT KIPAS 
Setelah bahan terpotong / berlubang sesuai pola. buat lobang dengan bor untuk posisi baut kipas. Sebaiknya gunakan kipas ukuran 6-8 inchi. Kipas ini banyak dijual murah di tempat2 elektronik atau di tempat jualan barang bekas biasanya banyak dengan harga super miring...hehehe..tetep ngirit coy..
Pasang kipas dengan baut sampai kuat tidak goyang.

Gb.2  Lobangi pola dengan gergaji


Gb.3 Pasang Kipas di lobang yang disediakan




3. APLIKASIKAN KE AQUARIUM
Setelah semua terakir, tinggal diaplikasikan ke aquarium. Hati hati karena berhubungan dengan aliran listrik maka kabel2 harus benar2 dalam kondisi aman tidka ada yang menjuntai dan berpotensi nyemplung ke air..bisa wassalam ikan2 kita. Pastikan aman dengan menutup rapat celah2 kabel dengan isolasi dan tersambung kuat. Untuk menghindari arus kuat  sebaiknya gunakan kipas yang memakai arus DC.. 
Langkah terakhir tinggal colokan ke listrik dan liat dalam sehari  suhu akan turun  dan tanaman akan mulai tumbuh tunas2 baru ...suburrrrrr...

Gb.4 Penampakan Kipas di akuarium


Selamat mencoba....!!!




65 komentar:

  1. mas,gantinya chiller biar gk repot apa'an?
    kalo gk pake chiller kira" bisa gk mas?
    mohon penjelasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga bukan chiller tapi 'chiller2an' alias kipas angin cooler..ehehe.. kalo daerahnya sdh dingin spt di bandung atw dimalang ngga usah pake chiller jg air pasti sdh dingin.. intinya tanaman akan subur kalo disuhu dibawah 28.. mengakalinya ya pake kipas cooler (bisa jg pake pendingin laptop..hehehe)

      Delete
    2. bang kalo colokan dari kipasnya harus di colokin ke laptop ya? saya ga punya laptop euy

      Delete
    3. buat aja power suply +12V biar kenceng

      Delete
    4. Pake aja charger hp juga bisa nyala. Kan charger hp skrg pada pake usb port.

      Delete
  2. om mau tanya, ini sedikit melenceng pertanyaan saya.
    klo biar tumbuh subur, faktor cahaya juga perlu kan ya?(cmiiw)
    nah menggunakan lampu yg seperti apa yg buat subur dan yg pasti murah meriah, he,,he,,he,,

    terima kasih info nya ya om..

    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake yang banyak dipasaran aja gan.. yang penting lampu daylight bukan lampu ultra violet atau yang remang2.. banyak kok yg murah meriah..hehehe

      Delete
  3. Pagi om, om mau tanya fan yg om pake itu yg buat PC kan ya? trus ngerangkainya gimana om?
    apa om pake adaptor?
    mohon pencerahannya om, thx b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya sekarang sdh banyak jenis2 kipas cooler yang voltasenya AC bukan DC lagi jadi ngga perlu pake adaptor, merangkainya tinggal disambungkan aja paralel.. cari aja di toko2 elektronik pasti ada kipas coller/blower AC.

      Delete
  4. kipas nya kipas apaan? beli arclyc dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kipas fan coller biasa gan (bisa yg buat PC atau coller buat laptop jg bisa) beli acrylic di ACE Hardware ada atau toko bahan bangunan jg banyak.. okay?

      Delete
  5. mantap mas,...br ja seminggu bikin aquascape,..jd pengen rombak lagi,..hehehe...mumpung blm jd ekosistemnya...mksh mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa... memang bikin aquascape ngga ada puasnya... silahkan berkreasi.. :)

      Delete
  6. gan kalo mau beli kipas'nya ke toko, gimana bilang'nya..??
    soal'nya pas saya tanya kipas cooler, dagang'nya bingung,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. coba ke toko elektronik trus nanya kipas blower. atau kalo mau pake kipas cooler belinya di toko komputer bilang aja kipas cooler buat laptop.. :)

      Delete
  7. agan kl pake ultra violet efek ny ap buat tumbuhan?
    apa pake neon yg biasa aj?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ultra violet efeknya buat memunculkan warna ikan/ tanaman. makanya kalo piara arowana pasti pake lampu ultra violet. Tapi kalo untuk aquascape krn lampu fungsinya buat fotosintesis tanaman jadi lampu daylight (putih terang) yg dibutuhkan sbg penganti matahari, bukan ultra violet yg remang remang.. okay?

      Delete
  8. kak saya udah ada nih kipas notebook/laptop nya,terus di gimanaiin lagi biar bisa jadi cooler?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tinggal dipasang aja diatas tanknya..posisi angin menghadap ke permukaan rada miring.. masalah teknisnya.. atur2 ajalah biar kreatif dikit...:)

      Delete
  9. mas, itu arah kipas anginnya masuk ke aquarium apa keluar aquarium? :D trs mau tanya lagi, kalau mau mengetahui temperatur air di dalam aquarium, pake termometer ruangan bisa nggak? hehe. makasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. arah angin masuk keakuarium.. kalo keluar namanya exhaus, untuk mengetahui temperatur pake aja termometer yg banyak dijual diakuarium.. pake termo ruangan juga bisa. asal dicelupin aja di tanknya.. :)

      Delete
  10. pengen berbagi pengalaman neh hee
    chiller DiY media es batu ok bgt loh turun nya bsa ampe 28c~ 22c untuk yg tinggal d daerah jakarta mesti coba neh
    sangat mudah dan simple loh````
    "", alat-alat yg di butuhkan"'
    1.filter pump yg 18watt minim lah
    2.ember sedang atau jg bisa pakai tuperware yg biasa di pakai utk tempat krupuk yg pasti ad tutup ny smuah.
    3.almunium foil bisa di beli d supermarket murah kok ad yg 7ribuan
    4.selang filter semakin panjang semakin ok
    5.soldier utuk melubangi tutup media
    6.selalu stok es batu di kulkas yah
    MEkANiSME:
    1.lubangi tutup ember/tuperware menggunakan soldier seukuran selang filter,buat dua bagian lubang masuk dan kluar.
    2.dalam ember/tuperware dilapisi almunium foil hingga rata.
    3.masukan selang ke lubang masuk media lalu ratakan memutar buat melingkar seperti obat nyamuk,semakin bnyk lilitan semakin ok
    4.kluarkan selang ke lubang kluar menuju tank
    5.masukan es batu sesuai selera hehe
    6.selamat menikmati sambil melihat termometer tank hehe,
    ingat jgn terlalu rendah menaruh media,tergantung besar kecil nya filter,
    bisa bertahan satu hari loh
    kipas jg hrus di pakai untk menstabilkan suhu

    mudah kan,,,,,,,
    ok selamat mencoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. tlg sertakan pula gambar nya bang,. terimakasih,.-

      Delete
  11. dulu dikask*s pernah ada ygjual chiller bikinan sendiri yg pake komponen peltier, tapi udh ga bisa dicontact lagi. Apa ada yg udh pernah pake peltier sbg chiller? Ato ada yg jual?

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Hallo mas....
    salam kenal...
    mau tanya donk ? Saya punya aquascape ukuran Panjang 128 x Lebar 0.28 x Tinggi 100. saat ini saya udah pake co2 1bbl/second. light nya 30 x 2 watt dan juga sudah menggunakan pupuk dasar, tapi tanaman tidak bisa tumbuh dengan normal.
    sebaiknya dengan ukuran tank seperti itu agar tanamannya tumbuh subur apa yang harus dilakukan?
    terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak faktor yang membuat kesuburan tanaman, tapi seharusnya dgn spek spt itu tanaman sdh bisa tumbuh, coba perhatikan suhu, usahakan suhu dibawah 28. dan jangan lupa tambahan nutrisi rutin pupuk cair minimal seminggu sekali.. tanamannya apa aja? krn kalau tanamannya jenis lowtech tapi penyiranannya highlight justru akan membunuh tanaman (layu/kuning/moulting/serangan alga). jarak lampu juga berpengaruh.

      Delete
  14. Mas colok listrik kipas nya pake adaptor lagi yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo fannya pake tegangan searah (dc) ya harus pake adaptor lagi, tapi kalo sudah pake tegangan bolak balik(ac) langsung aja ngga perlu pake adaptor.. sudah banyak kok fan cooler yang pake arus ac..

      Delete
  15. arus ac dan arus dc itu apa?
    maklum newbie :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. arus AC (Alternative Current), sumber dri tegangan langsung(stop kontak/PLN), arusnya bolak balik tidak searah..hati2 nyetrum bahaya!!
      arus DC (Direct Current), sumber dari batere (batere hp,batere laptop, kamera, aki) arusnya searah ngga bisa dibolak balik sesuai arah baterenya.untuk masuk ke arus AC harus pake adaptor, tidak nyetrum tapi panas.. semoga paham (ngga ada hubungannya dgn aquascape nih..heheheh)

      Delete
    2. maap gan mau nanya, nih ak dah pnya kpas bekas leptop trs nih AC apa DC? mau lgsg colok ke listrik takute mlh rusak. mohon pencerahannya.

      Delete
    3. maksudnya kipas cooler laptop? biasanya arusnya DC kan pake colokan USB.. kalo mau langsung colok ke stopkontak musti pake adaptor dulu..

      Delete
  16. Gan klo moss, minimal suhu air nya brp?
    Maap newbie...^_^

    ReplyDelete
  17. Mas Jajuk tau gak cara buat Chiller DIY dengan Peltier ?
    Kalau tau buat dong Blog nya jga
    thx

    ReplyDelete
  18. gan, ane udah jadi nih chiler nya hehehe.. tapi emang suaranya berisik gini ya? kalo bener, ada cara meredamnya nggak? thnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo berisik berarti kualitas fannya kurang bagus.. coba pake fan yang arus AC..

      Delete
  19. Maap mas mw tnya klo untuk adaptorNya kipas yg arus DC,jka mw memakai 2 kipas kya gmn ya ?? SpekNya coz kmren nyba gak pke adaptor,alhasil mlh meleduk kipas'a ( hehe ).
    Thnks b'4

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tinggal di paralel aja sambungan kabel kipasnya..

      Delete
  20. Om, mau tanya. Ikan saya kan udah di taro diruangan AC, kira2 masih perlu pake chiller ga? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. chiller gunanya buat menurunkan suhu, kalau suhu sudah rendah ya buat apa pasang chiller lagi?

      Delete
  21. nah kalo sekarang ane mau tanya gan sesewaktu ane kasih es batu yg kecil2.. itu gmn ya...??
    hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga masalah, asal es batu dimasukkan ke plastik, untuk menghindari ada larutan yg berbahaya buat ekosistem tank.

      Delete
  22. mas mau tanya donk hehe. kalo pake osram yang 18 watt dua buah dibandingin osram 1 buah itu sama atau beda ya efek buat tumbuhannya? efeknya gimana? :D suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas lebih terang kalo pake 2, dan efek ke tanaman juga lebih bagus krn lebih merata kena cahaya otomatis memperlancar juga proses fotosintesanya..

      Delete
  23. mantap kang
    saya tinggal nyimak aja nih FAQ nya
    makin suka sama aquascape
    sukses kang joe

    ReplyDelete
  24. mas berapa jarak kipas dari permukaan air....????

    ReplyDelete
  25. Maaf nihh gan rada gila karna kurang biaya maklu pengacara(pengangguran banya acara) kalo gua cuma punya kipas angin ruangan tapi jarak nya di sesuaikan dengan tank apa bisa tuhh jadi ekosistem apa malah taneman kena angin duduk langsung mokat ? Mohon pencerahan nya gan biar hari" gua cerah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.. gpp bisa aja.. yg penting bisa menurunkan suhu mau pake kipas apa aja bisa.. asal jangan dicelupkan aja kipasnya... mokad kaber tuh penghuninya... semoga jadi cerah ngga mendung lagi ya.. hehehe

      Delete
  26. Gan, kalo bs di buat lg langkah2nya utk membuat kipasnya..
    terutama yg bs langsung ke colokan pln,.
    soalnya, kalo langkah2 yg skrg cuma cara melubangi kayunya aja :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. ngga perlu ribet2 dan dibuat rumit sendirilah.. kipas kalo masih arus DC (coolfan buat laptpop) tinggal sambungin aja ke adaptor kalo ga ada adaptor pake aja charger hp.. baru colokin ke arus AC (stop kontak pln).. masalah teknis pemasangan di tank atur2 aja bebas berkreasi yg penting jgn dicelupkan aja.. hahaha

      Delete
  27. newbie gan,, maap k'lo ga sesuai tema nih; ane baru mo set up nih gan, k'lo pasir malang ga pake pukdas apa bs tumbuh tanemannye tuh? k'lo d gnti pake pupuk tancep boleh ga?,,, ane dah gatel pngen buru" set up,, mungkin agan bs ksh tmpat yg recommended bwt prlngkapan aquascaping d skitaran t4 ane (ane d lubang buaya jaktim gan), hatur nuhun info nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sbnrnya pasir malang sendiri sdh banyak kandungan nutrisinya ygdibutuhkan akar. jadi bisa tanpa pukdaspun pasmal langsung ditanami. tapi akan lebih bagus lagi kalo pake pukdas, kn ada beberapa tanaman yg terkenal rakus nutrisi jadi perlu tambahan nutrisi. diganti pukcap juga bagus. tempat tanaman yang sdh banyak yg online,,jadi ngga usah kuatir.

      Delete
  28. mas...ane set up baru pake p.malang tapi ga pke pukdas..tebal cuma 4cm ..lampu neon pnjang 8watt n gda kipassnya...co2 diy keluar dikit bgt...ane tanam hairgrass kok pda kuning n layu gtu ya...
    mohon pencerahan mas...

    ReplyDelete
  29. Mau tanya mas,kalo misal kipasnya 5v(kipas laptop),terus adaptornya 12 v gimana,bahaya gak kira2.
    Kipasnya sih emang jadi lebih kenceng muternya.
    Mohon pencerahanya.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. kalo pake kipas/blower pendingin laptop bisa gak mas...?

    ReplyDelete
  32. gan, kalo punya ane udah pake kipas PC 3 buah, trus ane akal pke adaptor cas hp kok pelan ya, kalo langsung dicolok pln gmn gan?
    soalnya ini aja turunnya cuman 1derajat -_-

    ReplyDelete
  33. Bantu jawab ya bang jajuk.
    Intinya tuh kipas apa aja bs dipake, yg harus diperhatikan hanya tipe arusnya aja, DC atau AC. Arus DC otomatis harus pake adaptor kalo mau colok ke PLN sedangkan AC ngga perlu.
    Contoh kipas arus DC = Kipas laptop, kipas power supply, kipas2 lainnya yg berhubungan sama pc/komputer. Biasanya tegangan 12volt.
    Ciri2 kipas arus AC = Bungkus kabelnya tebel, seperti kabel2 untuk TV dll.

    @atas ane
    Adaptor cas itu setau gw tegangan paling tinggi 5volt aja, amperenya jg kecil (0.5A). Jadi kalo mau kipasnya muter maksimal ya mesti cari adaptor yg outputnya 12volt atau sesuain tegangan kipas.

    Satu lagi, kalo mau pake lebih dari 1 kipas, kipas lebih baik dirangkai paralel supaya tegangan per kipas rata jangan di rangkai seri.

    Salam kenal agan2 smua :D :D

    ReplyDelete
  34. apa saja bahan membuat tebing tiruan yang ada di aquasscape biar tebing itu bisa lebih ringan

    ReplyDelete