Friday, July 10, 2015

TERNAK GUPPY YUK…

Siapa tak kenal si cantik pemakai rok panjang ky gadis2 spanyol ini?  Hehehe… iya dialah  GUPPY, si ikan cantik yang  sering dipandang sebelah mata.. karena dianggap ikan yang murah dan kurang menarik.. tapi jangan salah untuk guppy dengan kualitas super bisa dijual dgn harga fantastis.. diatas angka ratusan ribu rupiah.. kaget? Hehehe…telat loe.
Ikan ini jadi favorit peternak/breeder krn kemudahan dan banyak jenisnya.. sehingga tdk akan kehabisan pasaran apalagi dengan boomingnya hobby aquascape yg otomatis butuh penghuni baru ikan2 yang cantik di tanknya..

Siapa tidak terpana dg keeksotisan si guppy? Lihat ekornya yang meliuk liuk melambai lambai dengan guratan dan spot warna yang mempesona..
Seperti jenis ikan lain, guppy jg bisa disilangkan demi mendapatkan strain baru dg corak baru dan  melalui pembiakan selektif kita dapat mengembangkan berbagai jenis ikan guppy mewah, unik  dan benar-benar ‘Mahal’.

Habitat asli Guppy (Poecilia reticulate) di danau dan sungai air yang tenang. Hebatnya lagi ikan ini juga dapat bertahan hidup di air payau yang memiliki kandungan garam tinggi.
Nenek moyang guppy asalnya dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan.. jadi imigran ke Indonesia pada sekitar tahun 1919an sebagai ikan hias akuarium.. tapi seiring berjalannya waktu  guppy sekarang bermigrasi ke alam liar dan berkembang biak dengan cepat. Bahkan Guppy hampir dapat ditemukan di hampir semua air tawar di Indonesia… ckckckck.
Keindahan Guppy terutama di ikan jenis jantan yaitu di keeksotisan warna dan bentuk sirip, Sedangkan ikan betina biasa2 aja cenderung gendut  dan kusam persis  seperti ikan cupang.

Beternak dan Budidaya ikan Guppy cukup dengan peralatan sederhana, kita sudah dapat melakukan perkembangbiakan ikan ini.. ane malah Cuma di aquascape simpen 5 pasang guppy jadi ga keitung sekarang hehehe.. asyik kaan? 

Biar keracunan Guppy...Lihat nih jenis jenis guppy



Kalau mau serius mari kita mulai proyek ini, pertama2 siapkan dulu :

1. PERLENGKAPAN BUDI DAYA STANDAR
  1. wadah / tempat/ akuarium/ kolam semen dsb.
  2. Aerator  dan filter
  3. Tanaman air standar.. (enceng gondok, hydrilla, demersum, dan tanaman mudah lainnya)
Tempat sebaiknya dibuat beberapa disesuaikan fungsinya
  1. Untuk Pemisahan indukan , 
  2. Untuk Penetasan
  3. Dan untuk Pembibitan dan  peliharaan larva.. (pembesaran)
Ukuran luas wadah dapat bervariasi budidaya ikan guppy, disesuaikan dengan jumlah ikan yang akan dibudidayakan. Sedangkan ketinggian wadah minimal 30 cm, kecuali untuk tempat pembibitandiperlukan lebih tinggi dari 50 cm.

2. PEMILIHAN INDUK BERKUALITAS



Harus diketahui dulu perbedaan jantan dan betina,  dapat dilihat dari penampilan fisiknya. betina guppy ikan bentuk lebih bulat dengan warna yang cenderung kusam dan tidak memiliki sirip yang menjumbai.

Gambar Guppy Betina



Sementara ikan jantan memiliki warna yang kontras dan bercahaya, tubuh lebih langsing dengan sirip menjumbai.

Gambar Guppy Jantan’


Untuk Betina ukuran tubuh ikan biasanya lebih besar daripada pejantan. Indukan siap untuk pemijahan setidaknya usia 4 bulan. Karena kita mengejar Warna dan bentuk ikan guppy yang mantap, maka hal ini sangat ditentukan oleh faktor genetik. Jadi untuk mendapatkan hasil yang baik jelas PILIH INDUKAN BIBIT UNGGUL !!
Tapi untuk memperbanyak variasi bisa  juga dapat mencoba untuk memilih indukan guppy yang ideal untuk mendapatkan keturunan yang lebih baik.

3. PEMISAHAN INDUK

Pisahkan dulu Jantan dan betina sebelum pembenihan biarin bbman aja dulu sementara mereka..hehe.. . Wadah diisi dengan air bersih dan diganti setiap 1-3 hari pertiganya (WC 30%)
Sambil dipisah di beri makan yang bermutu tinggi dengan tujuan untuk mendapatkan banyak sperma untuk pembuahan. Berikan makanan seperti daphnia(kutu air) atau moina atau cacing beku sebanyak 2 x sehari. Hal ini memungkinkan percepatan bila proses pemijahan berlansung.

4. PEMIJAHAN INDUK

Siapkan wadah terlebih dahulu, isi dengan air bersih yang telah diendapkan minimal 24 jam dengan kedalaman kurnag lebih 25 cm
Untuk ukuran akuarium lebar 1 x 0,5 meter, cukup untuk menampung 10 pejantan dan 20 betina ikan guppy.. banyakin betinanya biar jantannya lebih leluasa memilih kecengannya.. hehehe 

Jika memungkinkan menyediakan tanaman air seperti hydrilla, demersum  untuk tempat ikan PDKT dan bercumbu ria. pemijahan ikan dapat dilakukan dalam jumlah besar spy lebih cepat dan praktis. Masukkan betina dulu dipagi hari biar dandan2 dulu ini ikan heheehe kemudian pada sore hari bisa diapeli induk jantan. Proses pemijahan biasanya berlanjut selama 4-7 hari. Betina  segera dipisahkan setelah dibuahi ke dalam wadah penetasan.

5. PROSES PENETASAN

Tempat Penetasan wadah diisi dengan air bersih bersih dan diberi aerasi/filer sedang. Pemberian aerasi tidak terlalu kuat agar tidak mengganggu larva ikan. Kualitas air harus tetap dijaga dengan mengganti air dengan air yang baru ketiga setiap 1-3 hari. Pakan tetap setiap 2 hari dalam bentuk daphnia atau moina atau irisan tipis cacing beku

Jabang bayi (Embrio) akan  tumbuh dalam perut sampai siap untuk dilahirkan. Usia kehamilan, mulai dari pemijahan sampai kelahiran berlangsung 3-4 minggu.. sabar dikit ya..

Ciri-ciri ikan guppy hamil dapat dilihat setelah 2 minggu proses pemijahan. Tanda daerah gelap di bagian bawah anus terdapat tanda bercak kelahiran dan perut sedikit meningkat.. kudu rajin mengamati mbak2 guppy  ini ya..
Ikan guppy betina memiliki kemampuan untuk menyimpan sperma dalam tubuhnya. Sehingga betina bisa hamil sampai 1-3 kali dalam satu konsepsi. Waktu yang diperlukan dari pertama kehamilan kehamilan berikutnya sekitar 1-5 minggu.

Dalam satu kelahiran, ikan guppy dapat menghasilkan kurang lebih 200-500 telur akan tetapi telur belum tentu semua menetas sempurna. Untuk menghindari kanibalisme bayi2 harus segera dipindahkan ke pendederan benih. Jika tidak, kalo pas kelaparan indukannya bias jadi sumanto semua..

6. PEMBESARAN BENIH

Idealnya wadah ditempatkan di ruang terbuka. Karena Sinar matahari diperlukan untuk membentuk warna yang cemerlang pada ikan guppy. Pake wadah akuarium berukuran 1 x 1 x 0,5 meter atau 2 x 2 x 0,5 meter sebagai wadah pembibitan.
Masukkan tanaman air seperti hydrilla, demersum  atau eceng gondok untuk berlindung. Berikan aerasi di akuarium. Isi akuarium dengan air sampai 40 cm. Air perlu diperbarui setiap 3 hari sekali.


7. PEMBERIAN PAKAN
untuk bayi  yang baru menetas tidak perlu di berikan makan tambahan terlebih dahulu karena masih terdapat sisa makan yang masih menempel di perutnya (egg yok) selama kurang lebuh 3-5 hari. Setelah itu, benih dapat diberikan makanan tambahan berupa Artemia (udang-organisme) atau kutu air (Daphnia dan moina) yang telah disaring. Setelah lebih dari 20 hari, dapat di beri kuning telur rebus dan cacing sutra atau cacahan cacing beku.

Setelah Ikan berumur 20 hari mulai dapat dibedakan antara pejantan dan betina. Hanya ikan jantan yang dijual sebagai ikan hias. Ikan betina disimpan aja buat produksi lumayan bisa buat ATM .. hehehe.. Ikan Guppy bisa dikatakan matang dan mampu bersaing dengan kawanan setelah usia satu bulan.


8. PEMASARAN IKAN

ini tantangan sebenarnya..hehehe..tapi tidak sulit memasarkan guppy di pasar ikan hias atau bisa melalui media online dan lain-lain untuk mendapat penghasilan dari budidaya ikan hias Ikan Guppy.

9. SELAMAT MENCOBA DAN GOOD LUCK!!


Reaksi:

25 komentar:

  1. Maaf numpang tanya mas maklum newebi kalu isi co2 di tempat pengisiaan ulang AKPAR bisa ngak ya takutya co2 ngak sma dgan co2 aquqscape terus kalu tabung 5 kg biasanya bisa berapa bulan baru habis gan kalu 3 bps

    ReplyDelete
  2. Maaf numpang tanya mas maklum newebi kalu isi co2 di tempat pengisiaan ulang AKPAR bisa ngak ya takutya co2 ngak sma dgan co2 aquqscape terus kalu tabung 5 kg biasanya bisa berapa bulan baru habis gan kalu 3 bps

    ReplyDelete
  3. Mas jajuk saya ingin membeli guppy betina untuk dipaketkan ke tempat saya, apa da referensi diamana saya bisa order paket untuk guppy betina?...

    Btw untuk sekedar informasi tentang suatu pekerjaan yang serius tapi dilakukan dengan santai dengan potensi jutaan bisa kunjungi web sy di
    http://kerjaseriustapisantai.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan buat breeder2 guppy, barangkali ada yg berminat kirim2..

      Delete
  4. mas mohon dikirim ebooknya ke adeciawi@yahoo.co.id hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. sdh terkirim, silahkan cek di fanpage sdh sy balas (y)

      Delete
  5. Mas saya pake lampu 20 watt untuk tank 80*40*35 mencukupi apa nggak mas tolong dijawab ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat tank 80x40x35 idealnya 23wattx2 (low-medium) dan harus daylight (6200-6500K)

      Delete
  6. Bang kalok pakan guppy yg bagus itu apa ya.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. cacing beku, pelet, remukan roti, keong hama yg diancurin jg suka.. yg bagus cacing beku/cacing dafrah/ blood worm

      Delete
    2. Makasih gan infonya.
      Gan kalok ikan guppy suka makan anaknya sendri gak ya.??

      Delete
    3. iya kalo kelaparan dan lg khilaf bisa kanibal makan anaknya sendiri, makanya kudu dipisah atau jgn telat kasi makan

      Delete
  7. Klo pesen indukan guppy gmn mas jajuk caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada breeder guppy yg baca silahkan kalau ada yg bisa bantu..

      Delete
  8. https://www.youtube.com/watch?v=pi9jl1nmcDY

    ReplyDelete
  9. mas kalau pelihara ikan neon gimana caranya? pakan apa? ditunggu jawabannya

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. neon termasuk ikan hias yg mudah, usahakan pake air yg phnya rendah (asam) bisa pake campuran air hujan. pakan bisa cacing beku/cacing sutra, atau pelet jg doyan

      Delete
  10. Di rumah ane ikan guppy udah kebanyakan ni mas, + ane mau tanya kalo tema yang cocok sama sandfall( air terjun) pake tema apa ya ? Buat diungsikan si guppy nya tank uk P1mxL60cmxL60cm

    ReplyDelete
    Replies
    1. sandfall (pasir terjun/air terjun) bagus pake tema2 pegunungan, tebing2, atau padang rumput dengan air terjun dipojok seru juga tuh..

      Delete
    2. Mas jajuk buat ukuran tank harusnya berapa watt lampu led nya

      Delete
    3. kalo buat tnaman medium cukup 20watt led hpl (tank ukr dibawah 80)

      Delete
  11. Cari yg jual i dukan guppy neh, mohon pencerahan

    ReplyDelete
  12. gan klo suhu air ya 30 oC bisa tmbuh ga yah....? mohon bri jawaban

    ReplyDelete