Saturday, September 20, 2014

EMERSED?.. kenapa tidak??

Postingan kali ini ane mencoba mengupas sistem cara tanam yang lain dari biasanya.. yaitu cara EMERSED / DSM (Dry Start Method) atau menanam dgn cara kering diluar air/tank atau di darat.  Semua berawal dari stok tanaman karpet  yang layu, ancur bahkan mati (tepatnya 1/2 mati). misalnya cuba (Hemianthus callitrichoides), hg (hairgrass), glossostigma, kenapa mati karena ternyata di tempat asalnya (petaninya) rata2 mereka menanam tanaman tersebut di DARAT.. iya di darat alias bukan tanaman yang dibiakkan di dlam air (tank). Tentu saja untuk orang awam pasti stress, tanaman waktu beli hijau segar, subur begitu ditanam dalam 2-3 hari langsung menguning, lalu berguguran dan molting.. akhirnya frustasi dan nyerah..
tapi Eiittt.. tunggu dulu.. itu bukan 100% salah anda, tapi memang tanaman yg ditanam masih tanaman darat, dan hampir dipastikan proses adaptasi akan gagal kalao lagsung ditanam di dlm tank yg full air.. karena jelas waktu ditanam di darat tanaman cukup mendapat cahaya yang super highlight langsung dari Yang Maha Kuasa yaitu SINAR MATAHARI, dan nutrisi yang stabil di substrat karena tidak tergerus/terbawa air menjadikan tanaman puas menyedot nutrisi dan energi yang melimpah. itulah kenapa tanaman emersed/darat lebih hijau, subur, cepat mengarpet & kuat.
Untuk itulah marilah kita belajar menyesuaikan kebutuhan tanaman dengan cara mengikuti  proses alamiah pertumbuhannya ... yaitu di darat!! terutama tanaman karpet yang lama menyebarnya.. minimal kita akan terhibur melihat pertumbuhannya yang pesat  tanaman yg selama ini bikin kita frustasi...




Minggu pertama





Minggu keempat








 




Minggu ke delapan









                           Minggu ke 12
















setelah minggu ke 12 sdh bisa mulai sedikit demi sedikit diadaptasikan ke dalam tank.. dan mulai diisi air full.

PERCOBAAN  :  
  1. ambil lumpur sawah/tanah merah/pasir malang  untuk media tanam (substrat) campurkan dgn pupuk dasar atau pupuk NPK (pupuk tanaman darat jg bisa)  atau pakai substrat bekas tanaman cuba yg di cup jg bisa.
  2. masukkan kedalam wadah bisa nampan, baki, styrofoam, gayung atau apalah yg bisa menampung substrat.. lebih bagus langsung aplikasikan ditanknya jadi ga perlu pindah2 tanaman & substrat.
  3. basahi dengan air yang dicampur pupuk cair.
  4. taruh diatasnya tanaman carpet cuba/hg/glosso kita yang sebelumnya sudah sekarat.
  5. semprot dgn campuran air + pukcir.
  6. simpan di tempat yang terkena cahaya matahari langsung supaya proses fotosintesisnya ciamik..
  7. sore semprot lagi daun2nya... air semprotan jangan sampai menggenang supaya tidak menumbuhkan alga yg liar.
  8. belajar sabar dan tunggu sampai 1-2 bulan sambil setiap hari melakukan treatment rutin spt diatas, dijamin tanaman yang sekarat sekarang menjadi rimbun dan akar menancap kuat di substrat.
  9. setelah 3 bulan ketika tanaman sudah menutup rapat semua substrat.. coba isi air 1/4 tank. buat adaptasi awal.
  10. mulai adaptasikan ke tank dgn memasukkan CO2 (disarankan), pasang lampu medium-highlight, filter dan equipment aquascape lainnya.
  11. mulai perawatan rutin harian dgn rajin memberi nutrisi tambahan pukcir dan ganti air minimal seminggu sekali.
  12. karena akar sdh menancap kuat di substrat maka proses adaptasi tanaman akan mudah, daun2 tua menguning dan lepas digantikan daun tunas baru yang sdh 100% kondisi di air mulai numbuh...
  13. mulai menikmati proses runner (penyebaran) tanaman karpet... dan rasa stress dan frustasi kini berubah menjadi bahagia.... hehehehhe...



buat tnaman hairgrass cocok banget....cupang jadi bahagia..hehehehe
buat karpet monte juga ajib..



terakhir... 
SELAMAT MENCOBA..SEMOGA BERMANFAAT ..DAN...KEEP NGOBOK!!!.

Reaksi:

183 komentar:

  1. Mas gimana cara bedain daun darat sama daun air

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara fisik, daun darat warnanya lebih tua, daun lebih besar, lebih gemuk dan lebih kaku.. posisi daun tegak. kalau daun sdh 100% daun air kebalikannya..

      Delete
    2. mas, mau nanya gimana caranya numbuhin moss tapi nggak punya bibit mossnya?

      Delete
  2. Request DIY LED om.. :D

    ReplyDelete
  3. saya cb teknik tersebut kenapa kok setelah 3 hari daun nampak coklat apa ad yg salah dengan metode saya, tiap hari saya semprot 3-4 x lampu medium durasi 8 jam kenapa awalya seger kemudian layu ya, emg ad yg ijo tp knyakan cokalt trus menghitam

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalahnya jelas di cahaya/lampu.. kalau buat emersed apalgi didalam ruangan diperlukan lampu highlight..min. 50watt daylight.. ane saranin coba dijemur di matahari pagi sampai jam 11, dalam waktu 1-2 minggu pasti yang layu dan coklat seger lagi..

      Delete
    2. Kalo udh trlanjur d tanem d full tank ukrn 704045 gmn om, wrna.y udh trlanjur coklat, lampu make yg 25wat natural ion,.. gmn cara mmprbaiki.y..

      Delete
  4. Hallo bang jajuk,mau tanya setelah ngarpet dgn teknik dsm,bagaimana caranya merubah daun darat menjadi daun air,klu langsung di isi air kira kira melting gak?,tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sdh ngarpet dgn DSM biasanya akar lebih kuat menancap, jadi untuk adaptasi lebih mudah.. paling awal2 aja daun2 tuanya mulai menguning dan rontok.. tapi bersamaan dgn itu biasanya numbuh tunas2 baru daun air.. asal substratnya tidak dipindah2.. jangan lupa pake medium-highlight

      Delete
  5. Terima kasih untuk jawabannya diatas,menyesuaikan daun darat ke air selain highlight,bagaimana dgn co2 nya,terus ketentuan cahaya apakah harus 1ltr = 1watt? Mohon petunjuknya bang jajuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya akan lebih optimal kalau diinject CO2, cahaya sebaiknya highlight disesuaikan ukur. tank. tank dibawah ukr 80cm min. pake 50watt daylight..

      Delete
  6. klo taro d'nampan di tutup pake plastik ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dinampan, langsung dipapar matahari pagi aja (dibawah jam 11 siang) ngga usah ditutup plastik.. jaga jangan sampai ada genangan air supaya ngga memicu alga tumbuh. kondisi tanaman semprot2 basah aja.

      Delete
  7. tq info nya klo kasih pupuk organik cair yang bagus merk apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua pukcir baik selama memenuhi unsur2 yg dibutuhkan tanaman.. jgan pake yg murahan biasanya kandungan nutrisinya ga kumplit hanya zat besi doang..

      Delete
  8. java moss bisa pake teknik emersed itu g om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat moss (java/peacock/ereck dll) sebaiknya langsung aplikasikan ke tank aja, kalau diemersed nanti malah susah adaptasinya lagi ke daun air.. kecuali kalo fissiden lebih bagus di emersed tapi ditutup dengan plastik spy kelembaban suhu terjaga.

      Delete
  9. Hallo mas jajuk,saya sedang mengunakan dsm untuk menumbuhkan cuba,sekarang mulai tumbuh,tapi muncul problem baru,sy mendapati ada cacing tanah dalam substrate,enaknya di basmi atau tidak?mohon petunjuk,tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya dibasmi aja, kecuali kalau mau ternak cacing.. hehehe just kidding .. lanjutkan !

      Delete
  10. Mas mau nanya pecahan lembut batu bata apa benar bisa digunakan sebagai media tanam aquascape, saya dapet info di google, mau nyoba tapi masih ragu

    ReplyDelete
    Replies
    1. pecahan batu bata/genting bisa digunakan buat media tanam krn ada tumbukan sekam dan terbuat dr tanah merah yg banyak nutrisinya..bisa buat tambahan campuran pukdas, sblum dilapisi pasir.

      Delete
  11. Masa saya kan udah bikin co2 diy nah kan saya mau pakein airstone, pas di pakein malah ga kluar gelembing nya, cara ngakalin nya gmna ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba airstonenya digosok2 dulu pake amplas mungkin mampat, atau simpan airstone di tengah2 tank jangan didasar. kalau masih ngga bisa, coba ganti jangn pke airstone tapi sumpal selang output dgn filter rokok sampe padat.. selamat mencoba

      Delete
  12. Alhamdulillah gusti kengeng info nu salami ieu di pilarian.. Hatur nuhun kang.. Lanjutkan!!!

    ReplyDelete
  13. Mas klo lumut di batu bata itu termasuk jenis moss bukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumut (briofita) yg suka nempel dibatubata sebenarnya adalah salah satu jenis moss juga, tapi moss yg hidup didarat. jadi tidak bisa dipakai di aquascape krn habitatnya bukan didalam air.

      Delete
  14. Di google sempet baca aquascape sawah, emangnya tanaman padi bisa dijadikan tanaman aquascape

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin yg dimaksud adalah aquascape dengan tema persawahan. tanaman padi tidak bisa dipakai buat aquascape krn padi adalah tanaman darat. untuk menyiasatinya bisa diganti dgn tanaman dwarf Hairgrass, bentuknya seperti rumput pendek kalau numbuh rapi bisa seperti padi2 disawah.

      Delete
  15. Bang jajuk sy mau konsul sya nanem HC gak pke DSM udh lbih dari 1 minggu daun pd nguning/coklat tapi tunas baru tetep muncul pdhl waktu beli udah daun air. Spek tank 60x30x30 ,pasir malang,pukdas,pukcir,co2 semprot , filter,kipas DIY suhu 25 kebawah,lampu jebo superlight 10 watt 10.000 kelvin . Durasi lampu 6 - 8 jam perhari .HC langsung kena sinar gak tertutup tanaman lain,fauna algae squad.
    Kira2 permasalahanya dimana ya trs solusinya gmn? Reply ya bang .mksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HC mmg susah kalau langsung ditanam di dlm air meskipun katanya sdh daun air. krn perbedaan nutrisi /substrat dari tanaman asalnya (dipot) beda dgn substrat yg ada ditank kita jadi akar tanaman adaptasi lagi apalagi HC akarnya pendek, kalau kurang kuat cahaya pasti akar keangkat naik dan daun menguning/coklat. solusinya tanam HC berikut substratnya (jgn ditancepin akarnya satu satu), atau soba aja tanam DSM supaya akarnya lebih kuat menancap jadi lebih kuat adaptasinya.

      Delete
  16. Depan rumah tetangga saya ada tanaman semanggi kecil2 itu ngambilnya gimana ya, nyari info digoogle cuman dapet jenis tanamannya tapi ngak tau cara ngambil bibitnya, oh ya kangkung air bisa dijadikan tanaman aquascape nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semanggi kecil ngga bisa bidup di air, jadi bukan termasuk tanaman aquascape. ada yg mirip semanggi yaitu tanaman hydrocotyl tripartita daunnya kecil sprti berbentuk jari 5, itu juga harus adaptasi dulu ke air. kangkung tanaman hydroponik yaitu stengah akar sampai batang diair daun di permukaan, bisa tapi kurang bagus buat aquascape..

      Delete
  17. Mas ciri tanaman liar yg bisa dibuat aquascape itu kaya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg jelas harus tanaman air, kalau tanaman darat dipaksakan di aquascape paling cuma tahan 2-3hari sesudahnya layu dan mati. tnaman liar yg termasuk tanaman darat tapi bisa adaptasi di air adalah jenis2 vern macam kadaka/windelov, trus jenis rizome macam anubias, bucephalandra. dan tanaman ubi2an (terate) macam water lily, red nympea (lotus), spatter dog, tnaman merambat hydrocotyl, marselia hirsuta dll.

      Delete
  18. mas mau minta saran kalo buat tank ukuran 35x21x25 itu yg bagus pake lampu apa? terus harus pake co2 injection ga? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. lampu tergantung jenis tanamannya, kalau buat tanaman low (vern, rizome, moss) cukup pake daylight min. 20watt, kalo jenis tanaman yg butuh lampu kuat (biasanya tanaman karpet) min. 50watt daylight. inject CO2 lebih dianjurkan..

      Delete
  19. bang jajuk klo sdm tergenang aer ujan ada efek nya ga bank

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp, justru bagus krn secara tidak langsung akan memudahkan adaptasi kalo diterapkan di tank yg dull air..

      Delete
  20. mau tanya mas ..apakah tenarum bisa di tanam secara DSM, karna di kotaku banyak sekali tumbuh di pingir sungai.......trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin maksudnya terarium ya, kalau terrarium mmg lebih bagus ditanam DSM .. kalau tergenang air malah busuk tanamanya

      Delete
  21. makasih infonya om.. jadi tertolong nih cuba yg tadinya ancur sdh mulai bersemi lagi.. mantap infonya.. sukses om

    ReplyDelete
  22. Slm kenal mas jajuk..ane newbie org bandung jg hhe td nya mau komment d artikel diy co2..eh udah d close ya hhe...mantap mas jajuk diy co2 nya..ane pake lem dobel yg pertama pke sealant yg kering nya jd kyk agar"..d tutup lg pke dextone hitam putih(maav g mksud promo)..d dlm tutup nya ane pke selotip putih untuk pipa keran + d luar nya pke selotip hitam..alhasil sekali bikin langsung tokcer hehe..hasil lem pun keras keras bgt..pindah kmn g masalah..hhe..

    Tank ane 60x40x30,,filter atman atas..pukdas JBL,pukcir ,pukcap ocean ,co2 tablet ocean (skrg diy co2 baru hari ini )lampu 2x10 watt.biota udang red chery aj..blom brni masuk ikan..tp knapa y mas cuba ane sm tanaman lain nya jd coklat..ane kuras aj air nya smpe set takut cahaya nya kurang tmbus klo d isi full...klo di cabut lg secara emersed takut kotor air nya nih mas soal nya ane tanam sm tanah nya langsung..
    Kira " ada pencerahan g mas buat selametin cuba ane selain d emersed??udah tanggung jadi soal nya..
    Maav y mas bnyak nanya..thanks mas jajuk..

    ReplyDelete
  23. Oiya mas ane jg jd kepikiran mau coba eksperimen diy co2 layak nya co2 tabung..ane kembang kan lg boleh y mas kali aja berhasil dan bermanfaat..hhe

    ReplyDelete
  24. mas jajuk ane kan nanem cuba cara emersd nah kan butuh 50watt? itu untuk TL apa LED? kalo LED butuh berapa watt mas? makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat tank ukr dibwh 1m, cukup pke cahaya 50watt (TL/Ulir) kalo LED pke 25watt cukup, min lumen 6500k (daylight)

      Delete
    2. Mas jajuk saya newbi tpi sering baca baca postingan masjajuk dmnamna.
      Masjajuk top...

      Delete
    3. Mas jajuk saya newbi tpi sering baca baca postingan masjajuk dmnamna.
      Masjajuk top...

      Delete
  25. Mlm mas jajuk..cuba ane terselamatkan baru 4 hari pke diy co2 tunas" udah mulai tumbuh dan ijo royo..itu brrti sudah daun air y mas jajuk?

    ReplyDelete
  26. pak,saya berencana mau DSM fissiden di tank ukuran 23x25x35 pake lampu led 15 watt,
    Dalam 1 hari berapa jam lampu harus dinyalakan?
    apakah perlu kipas pendingin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fisiden treatmentnya beda kalo mau dsm, fisiden membutuhkan kelembaban yg tinggi buat numbuhinnya. jadi tank harus ditutup rapat dgn plastik spy mendapatkan kelembaban tsb. lampu maksimal 10jam nyala.

      Delete
    2. itu gpp ya, kalau ditutup rapat terus?

      Delete
  27. Malam mas jajuk.....mau nanya, gmna biarr sagittaria saya bisa cpt ngarpet...soalnya punya saya hanya 3 akar kecil...
    Sekalian minta info takaran pupuk cair yg pas,tank saya 22x35x27
    Maksih sebelumnya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sagitaria optimal dicahaya medium-high, pukcir rutin disamping pupukdasar sangat membantu pertumbuhannya,.takaran 1sendok pukcir setiap dosis seminggu 2-3x.

      Delete
  28. mas kalo waktu penanaman DSM itu suhu di atas 30 derajat berpengaruh sama pertumbuhan tanaman itu sendiri ga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ada pengaruhnya ,tanaman jadi kurang segar dan berwarna kekuningan sebaiknya tetep disuhu kurang dari 29..

      Delete
  29. Mas mau nanya nih,tanaman aquascape bisa gk buat media bertelur ikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dialam aslinya daun menjadi media ikan buat menempelkan telur2nya, demikian juga diaquascape ,kalao kondisi tank esositemnya sdh mature, secara alamiah ikan2 juga akan menempelkan telurnya didaun2 yg ada..

      Delete
  30. Beli tanaman aquascapenya di tmpat penjualan tanaman hias biasa ada gak mas jajuk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya ngga ada..karena tanaman aquascape pada dasarnya adalah tanamanair, jadi khusus ditempat akuarium/ aquascape aja..

      Delete
  31. Mas, Anubias nana saya kok daunnya jadi kecil2 yah setelah beberapa bulan di akuarium, ga seperti waktu baru beli dulu, padahal pukcir rutin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anubias daun menjadi kecil2 itu wajar, krn sebelumnya anubias msh daun darat (besar & hijau tua), setelah diair dan muncul tunas daun baru otomatis daun jadi mengecil dan warna jadi hijau muda..

      Delete
  32. Mas mau tanya kalau menggunakan co2 tablet dengan menggunakan tempat yang ditempel untuk co2 tabletnya bekerja tdk menyebar kmn2 di tank apakah dianjurkan untuk cuba yang baru adaptasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp, bisa jg spt itu..proses penyebaran co2 bkn berarti bublenya menyebar kesegala arah, tapi dgn bercampurnya cO2 ke dlm air otomatis sdh bs mencukupi kbutuhan co2, bs dilihat dr co2 indikator..kalau warna hijau brati co2 terpenuhi..

      Delete
  33. Mas tanaman sawah di indonesia yg bgus buat aquascape apa y trs nma tmbuhanya apa mumupung di daerah saya msih ada sawah sekalian gratisan hhe

    ReplyDelete
  34. kang tank saya ukuran 60x25x40 tank custom tipis lebar cuma 25cm saya mau tanamam cuba dg teknik emersed tsb.. yg mau saya tanyakan nanti klo udah ngarpet 3 bulanan mau di aplikasikan ke tank sementar mau tanam di baki dulu nah setelah jadi untuk lampunya minimal berapa watt..?? Dg ukuran tank sprti diatas 60x25x40 tank tipis lebar 25cm mohon pencerahannya semoga akang di beri kesehatan nuhun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, nuhun piduana.. sebaiknya langsung ditnm emersed ditank, jd ga perlu pindah2 tnaman supaya akar tetap stabil.. ditank jg bs emersed pke lampu (highlight tentunya) min. pke 50watt (daylight) yg penting kondisi tnaman basah terus.(lembab)

      Delete
  35. mas,mau nanya.java moss,atau tanaman aquascape lainnya bs gk ya tanam di terrarium? jd bukan secara aquascape.klo bs type apa saja tanamannya?dan pencahayaan gmn yg di butuhkan dan media apa yg cocok?ukuran tank saya 180X80x80.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa trutama buat tnaman jenis moss, vern dan rizome cocok buat terrarium krn mmg asalnya tnaman darat (lembab), media bs pasir, batu, kayu atau hardscape lainnya, pencahayaan buat terrarium bgs pke highlight 100 watt up..

      Delete
  36. Hai mas salam kenal saya bagus dari jambi sang niewbi baru..
    Mau nanya mas butuh brp lama ya buat emersed klw pake lampu dan perbedaan sama mataharii.
    Dan masalah air apa gx.masalah mas klw air nya melebihi dari permukaan subrate..

    Trm kasih mohon respon nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pke lampu lbh lama, paling cpt 3 bln, tergantung kuatnya cahaya dan nutrisi tnaman, sebaikinya air jgn sampai menggenang/melebihi substrat, ckup basah2/becek aja. namanya jg emersed (kering) klo tenggelam submersed..

      Delete
  37. Mas salam kenal saya mau tanya soal tanaman cuba kalo di tanam di pasir malang bisa ta ??. Soalnya aquarium saya cuma menggunakan pasir malang. Saya takut kalo tidak tumbuh.

    Trimakasih. Tolong pencerahan nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, selama cukup nutrisi dan cahaya kuat. lebih bgs lagi full inject co2..

      Delete
    2. Trimakasih mas sebelum nya. Kalo co2nya yang diy seperti yang mas jajuk buat apa cukup ? Atau perlu menggunakan co2 yang tabung ?. Terus pasir malang saya harus ditambah dengan apa biar hasilnya optimal. Sekalian mau tanya mas apa pupuk tanaman organik bisa dipakai sebagai ganti pupuk dasar ?
      Trimakasih mas sebelumnya :)
      Maaf banyak tanya masih newbie :)

      Delete
    3. co2 cukup, kalo ngga pake pukdas bs pake pukcap atau PDO (ppk dsr organik)sebagai gantinya

      Delete
  38. Mas jajuk,klo pke pasir malang tumpuk silika bisa kaga?

    ReplyDelete
  39. saya orang baru di aquascape. mas jajuk mau tanya. kalo pingin ngarpet tapi pake mos apakah bisa?? dan bagaimana caranya. maaf kalo tanyanya aneh. terimakasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikat zigzag yg rapi moss di media yg datar (keramik, genteng, lempeng kayu pakis, kawat ram), simpan di dasar depan yg terkena cahaya langsung.

      Delete
  40. Salam
    Ane domisili solo
    Pengen nyoba metode metode diatas dengan tank 70x30x40 dengan cuaca yang panas
    Tanaman yang cocok untuk metode diatas apa ya untuk karpetnya dan tanaman lainnya untuk hiasannya.
    Untuk jenis tanaman selain untuk karpet apa harus ditanam pas emersed apa sesudah full submersed.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuba, monte, hg, glosso, cocok buat emersed. tanaman lain buat middle dan background sebaiknya ditanam submersed aja.. lebih mudah.

      Delete
    2. salam kenal mas jajuk,saya pengen nanya mas.
      saya punya aquascape glassterior 250,aquascape saya gk pernah tumbuh subur,malah layu dan mati akir ny..saya pakai pupuk dasar dan pasir malang,dan lampu led hanoch 11 wat.
      tumbuhan HG,kira2 dimana yang salah ya mas..
      mksh

      Delete
    3. saya coba denga cara biasa dengan dry start method tp gk ada juga yg berhasil mas jajuk..

      Delete
    4. led henoch 11 watt sangat kurang kalo buat menyuburkan HG, HG butuh medium-highlight, led henoch color temperaturnya cm 6000K, sedangkan buat fotosintesa HG min. 6500K (daylight), dayanya jg kurang kuat, kalo pake LED min.20 watt

      Delete
  41. Mas saya mau nanya , gimana cara nanam tanaman air dgn media batu bata ?apakan batu bata harus di halusin terlebih dahulu , dan mohon penjelasanya cara nanam nya apa di tancapkan apa gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diwakilkan yah, mungkin mas jajuk lg sibuk..
      Batu Bata sangat bagus sbgai media tanam, Krn slain berfungsi sbg media tanam, Itu jg berfungsi sbgai subtract.. Dgn cara dihaluskan..
      Kekurangan.a Cuma kurang indah warna.a klo diaplikasikan ke aquarium :)

      Delete
  42. Tolong di jawab om , penasaran mau langsung coba saran dari om jajuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, spt yg sdh dijawab @bintang starz, batu bata bisa juga buat alternatif substrat yg bagus, krn proses pembuatannya dgn campuran bahan tanah liat yg subur+jerami+ sekam padi dan dengan dibakar, jadi otomatis disamping bs menyuburkan (tanpa pukdas) tapi jg otomatis mensuplai CO2 alami.. kekurangannya air kurang jernih dan secara estetika kurang menarik.. semoga membantu tambahan jawaban ane..

      Delete
  43. Thnk's infonya Om.. kalo nanam montecarlo secara emersed apakah sama dg cuba diatas hanya butuh lembab2 aja tnpa tergenang air. Apakah harus langsung terkena sinar matahari langsung, apakah suhunya nanti tdk kepanasan Om ? Domisili saya di daerah Surabaya yg panas ini.. makasih Om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, hampir semua tanaman karpet bisa jadi dgn sistem spt itu... tidak harus terkena matahari, pake lampu jg bisa dgn catatan harus highlight, supaya tdjk kepanasan jemur diantara jam 6-10, kalao diatas jam 12 ya jadi kering..kepanasan..

      Delete
    2. waktu penjemurannya berapa lama ya mas ?

      Delete
    3. klo tank 40x20x25 highlight nya brp ya??dan minta saran nya klo pakek Led yg merk apa yg kira2 6500k (daylight)??

      Delete
  44. om jajuk kalo mau nanem cuba dengan cara DSM ini apa mesti daun darat? karena di daerah ane yang jual cuba bilangnya daun air. apa bisa daun air di tanam dengan cara DSM. thanks om

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarang2 yg jual cuba daun air.. jangan2 cm penjualnya aja yg bilang daun air pdhl aslinya masih daun darat..hehehe.. tapi daun air atau daun darat tetep lebih cepat kalo ditanam emersed, jadi ngga masalah.. silahkan mencoba

      Delete
  45. Mas kalo habis dsm gitu, pake carbon cair bisa ga? untuk pengganti co2 nya. kayanya buat tank nano oke nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, yg penting highlight dan jaga suhu tetep dibawah 27

      Delete
    2. Mas jajuk sendiri tank dsm diatas pake co2 ga? saya liat di gambar hanya ada filter HoB.. hehe

      Delete
  46. Master jajuk. Klo emersed utk tanaman cuba bisa kgak?? Master..

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru cuba lebih bagus pake sistem emersed/DSM

      Delete
    2. Siap mas jasjuk.ane pake cuba gloso monte utk percobaan. Wajib pake pupuk tancep enggk atau pupuk dasar aja

      Delete
  47. Mas Jajuk, klo saya gak pakai sinar matahari, trus saya pakai LED, harus berapa watt Mas klo tank ukuran 60 cm. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat emersed/dsm harus pake highlight.. buat tank 60cm kalo pake LED HPL cukup pke 20-30watt

      Delete
  48. Ane ngandelin matahari mas jasjuk, trs ane pake wadah,blm pake aquarium..klo brhasil baru ane beli tank utk pemindahan nya, gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp.. yg penting pemindahannya jgn sampe merusak posisi akar, jadi angkat dgn substrat2ya

      Delete
  49. Semprot air + pupuk cair brp kali sehari ya? Utk emersed

    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi dan sore aja, yg penting tetep basah dan lembab

      Delete
  50. Om Jajuk saya sedang coba emersed seperti tutorial Om Jajuk gambarhan, saya menggunakan lampu 5T 2 x 24 watt (12000K) yang menjadi masalah suhu di tank mencapai 30-33°C, mengunakan kipas malah substat menjadi kering, mungkin bisa dibantu solusinya? Atau memang dengan suhu tsb. tidak jadi masalah? Tananan baby trears, uk tank 60 x 35 x 30. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pgn tetep lembab tank ditutup plastik..

      Delete
  51. Om Jajuk saya sedang coba emersed seperti tutorial Om Jajuk gambarhan, saya menggunakan lampu 5T 2 x 24 watt (12000K) yang menjadi masalah suhu di tank mencapai 30-33°C, mengunakan kipas malah substat menjadi kering, mungkin bisa dibantu solusinya? Atau memang dengan suhu tsb. tidak jadi masalah? Tananan baby trears, uk tank 60 x 35 x 30. Terima kasih

    ReplyDelete
  52. Permisi mas mau nanya
    Ukuran tank saya 60x40x40 untuk tanaman hg pencahayaan nya 18 watt 10000k led cukup tidak ya?mohon saran nya mas trims

    ReplyDelete
  53. mas mau tanya kalau nanem monte tanpa pukdas terus cuma pake pupuk cair bisa ngga ya ? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. krn monte tanaman akar, jadi pemberian nutrisi buat akar wajib dan itu lewat pukdas.. pukcir perlu buat perawatan dan tambahan nutrisi daun/batang.. kalao tdk ada pukdas bisa pake pukcap..

      Delete
  54. mas aku mau tnya.. klo udh masuk tank dan lampu udh high light tpi kita gk punya tabung co2 nih.. kira2 kemungkinan paling besar untuk HG ama kuba nya bagaimana? masih hidup apa bakal mati ? dan jg di bali mayoritas air kapur.. apa memungkinkan hidup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. solusinya sering2 ganti air (WC), krn otomatis menambah CO2 alami lewat air baru.. air kapur solusinya media filter kasih karbon aktif buat netralisir kapur

      Delete
  55. mas mau tanya niiih , ukuran tank saya 70x60x50 kalau mau nyoba tanam monte carlo dgn cara emersed butuh brapa watt ya untuk lampu LED ?
    makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. min. 20watt LED hpl (medium-high)

      Delete
    2. kalau saya 40x30x35 kira kira dengan memakai 2x7watt LED bisa nga ya ?

      Delete
    3. tergantung tnaman yg mau dipake apa, kalo jenis lowlight cukup segitu, kalo buat medium-high jelas sangat kurang.

      Delete
  56. Mas mau nanya ni,klo penggunaan karang yg sudah lama di darat dan sampai ada lumut di beberapa bagian.aman gk buat aquascape,,
    Maaf mas newbie

    ReplyDelete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. Mass jajuk info lengkapnya donk buat emersed moss fissidens ... Makasih

    ReplyDelete
  59. Mass jajuk info lengkapnya donk buat emersed moss fissidens ... Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok..kalau mau buat emersed fissiden cukup mudah.. hancurkan dulu fisiden (mis. diblender), tempelkan di batu/kayu/hardscape sesuai keinginan (ga perlu dilem cukup taplokkan aja ke hardscape) .. semprot dgn pukcir pagi dan sore, tutup tank dgn plastik ataw kaca supaya tetap lembab. kasi cahaya highlight. dgn perawatan rutin 2-3 bulan akan terlihat perambatan fisiden dihardscape..

      Delete
  60. Mas Jajuk, saya nanem cuba dengan metode DSM pas 2 minggu tiba tiba daun tua nya mengitam, apakah masih bisa terselamatkan ?
    dan gimana caranya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. daun menghitam tanda2 kurang cahaya dan nutrisi, coba jemur dimatahari aja sampai jam 11. semprot pukcir pagi dan sore, masih bisa diselamatkan itu cuba.

      Delete
  61. Salam bang aguarium saya 120x50x60 petunjuk bang pake lampunya yang brp?pake filter disarankan apa tdk?thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. penggunaan lampu disesuaikan dgn tanaman yg dipakai, untuk low cukup pake 23watt (tornado/ulir), medium 40-50 watt, high 75watt keatas, kalau pake LED bisa separonya.. filter wajib pakai buat proses sirkulasi pembentukan nitrogen dan ekosistemnya

      Delete
  62. mas jajuk minta no hp nya atau pin bb nya ...

    ReplyDelete
  63. Mas jajuk untuk emersed apakah ada waktu yang cocok untuk membuka atau menutup penutup kaca emersed nya ga? Klo ada jam berapa? Terimakasih sebelumnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. membuka pas waktu nyemprot/siram air aja.. biarkan tetep tertutup supaya tetap terjaga kelembabannya..

      Delete
  64. mas jajuk, kalo untuk tanaman montecarlo bisa pake cara DSM juga? saya baru tanem montecarlo di tank 50x28x30 pasir malang, pupuk dasar jbl,lampu 18 watt co2 diy, ganti air 2 hari sekali, tapi setelah 1 minggu daun menguning dan akar mudah lepas dari pasir.itu knpa ya mas? mohon bantuannya ya mas.nuhun

    ReplyDelete
  65. @iyus, monte memang lebih bagus dan lebih cepat menyebar kalo ditanam DSM, atau biarkan aja alamiah kena air hujan dan matahari.. pasti cepet penuh.

    ReplyDelete
  66. salam gini hari mas jajuk, mau nanya, apakah anubias yg sudah full air bisa kita jadikan tanaman darat lagi, jika bisa caranya gimana ya mas, makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tinggal simpan dipot/bungkus akar dgn busa yg dibasahi pukcir trus tanam emersed.. kondisi daun dan rizome harus selalu basah. nanti keluar tunas daun darat yg mengkilap bersih.

      Delete
  67. Mas jajuk, kala tanam cuba tank 60.30.35 subtrat pasmal kasar pukdas Top Pake soil.. lampu LED HPL 36 Watt kombinasi 6500K. 3200K. Dan Royal Blue kira kira waktu DSM dan Aplikasi air perlu perubahan pada lampu gak ?.soalnya baca DSM perlu lampu lebih hight dibanding submersed.. mohon jawabannya.. oh iya nantinua ane pake Co2 DIy Ragi.. apakah cukup mas ??

    ReplyDelete
  68. Mas jajuk, kala tanam cuba tank 60.30.35 subtrat pasmal kasar pukdas Top Pake soil.. lampu LED HPL 36 Watt kombinasi 6500K. 3200K. Dan Royal Blue kira kira waktu DSM dan Aplikasi air perlu perubahan pada lampu gak ?.soalnya baca DSM perlu lampu lebih hight dibanding submersed.. mohon jawabannya.. oh iya nantinua ane pake Co2 DIy Ragi.. apakah cukup mas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat submersed kalo untuk cuba kurang kuat..co2 diy sdh bisa memenuhi kebutuhan co2..

      Delete
    2. Jadi kira kira kalau pake LED HPL /1 watt butuh berapa watt mas jajuk ? Untuk tank saya yang 60.30.35 ? Apa perlu penambahan lensa ?

      Makasih responnya.. mohon bantu jawab mas..

      Delete
    3. Jadi kira kira kalau pake LED HPL /1 watt butuh berapa watt mas jajuk ? Untuk tank saya yang 60.30.35 ? Apa perlu penambahan lensa ?

      Makasih responnya.. mohon bantu jawab mas..

      Delete
  69. Jadi kira kira kalau pake LED HPL /1 watt butuh berapa watt mas jajuk ? Untuk tank saya yang 60.30.35 ? Apa perlu penambahan lensa ?

    Makasih responnya.. mohon bantu jawab mas..

    ReplyDelete
  70. Jadi kira kira kalau pake LED HPL /1 watt butuh berapa watt mas jajuk ? Untuk tank saya yang 60.30.35 ? Apa perlu penambahan lensa ?

    Makasih responnya.. mohon bantu jawab mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat tanaman low pke 20 watt cukup, medium 30-50, high 50 up, lensa tujuannya spya cahaya lebih menyebar tidak hanya fokus ke satu titik.. disarankan pake lensa buat keamanan juga spy ngga kena percik air.

      Delete
  71. mas jajuk lampu warna biru bagus gk buat aquascape

    ReplyDelete
  72. mas jajuk lampu warna biru bagus gk buat aquascape

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat tambahan aja bisa, krn warna biru lebih menjangkau ke dasar jadi bagus buat tanaman dasar (terutama buat akuarium salt water/ akuarium coral/air laut)kalaua buat aquascape fotosintesis tanaman sdh terwakili dengan lampu white/cool white, tapi kalau sekedar buat tambahan pemicu tanaman dasar gpp.

      Delete
  73. mas, mau tanya, tank saya ukuran 60x40x35, saya tanam hairgrass,monte,java moss,sma tnaman yg mirip rumput mas, umur tank udh hampir 3 bulan,tpi pertumbuhan lambat mas, trus java moss nya juga lma2 menguning, tpi yg lain tetep ijo, sya pakai lampu philips 23&24 watt mas,co2 diy, fan diy ,pukdas,pukcir, apa solusinya mas jajuk biar tank sya normal dan tanaman tumbuh segar?

    ReplyDelete
  74. mas jajuk ukuran tang sya 50x40x28 yg harus pake berapa wat? sy sedang menanam Montecarlo gimn supaya cepat merambat. pencahayan. nya berapa jam perhari. dan sy memakai co2 dertiqua gimn cara pemakain yg pas. dan benar mas jajuk
    tlng pencerahan nya ? makasih

    ReplyDelete
  75. mas jajuk ukuran tang sya 50x40x28 yg harus pake berapa wat? sy sedang menanam Montecarlo gimn supaya cepat merambat. pencahayan. nya berapa jam perhari. dan sy memakai co2 dertiqua gimn cara pemakain yg pas. dan benar mas jajuk
    tlng pencerahan nya ? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pake konvensional(ulir/pl/tl) pake 23-30 watt(daylight), kalo pake LED HPL 20 watt cukup, maksimal 8-10 jam/hari

      Delete
  76. Saya mau coba dsm gloso langsung di tank kecil uk 25x15x15 bagusnya pakai lampu brp watt? Dan harus inject co2 gk?

    ReplyDelete
  77. Saya mau coba dsm gloso langsung di tank kecil uk 25x15x15 bagusnya pakai lampu brp watt? Dan harus inject co2 gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. DSM itu ditanam kering jadi kunc i utamanya di pupuk dasar dan cahaya, kalao dsm diruangan cukup pake lampu 23-40watt (medium) kalao diluar ruangan lebih bagus kena cahaya matahari langsung. tnaman harus selalu dalam kondisi basah (tidak tergenang)

      Delete
  78. Mas jajuk saya mau tanya..saya mau tanam cuba dgn media PDO dan pasir malang, kira bisa numbuh gk ya mas..kalau bisa numbuh kira2 ketebalan pasir malangnya berapa cm ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat emersed dgn PDO dan Pasmal cuba bisa numbuh dan nyebar , ketebalan min. 2x lipat tebal pukdas

      Delete
  79. Bang jajuk saya kan trus2n beli glosso karna saya tanem di tank lgsung di beri air,co2 diy,pupuk dsr,dan pupk cair sama lampu led yg di konter kta tukang jual gloasonya jangn terang lmpunya ntr mati gs nya. Tp tetep aja mati kekuning2n ath item daunnya. Trus saya mw coba cara Dsm di baki. Kira ntr klu numbuh lebat gimna cara mindahin k tank nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru kalo buat tnaman karpet, lebih bagus di highlight. tnam dsm kalo mau diadaptasikan ke tank bisa ditenggelamkan dulu waktu dibaki, kira2 seminggu setelah tidak ada masalah (tetep ada pertumbuhan) sdh bisa dipindahkan ke tank beserta substrat2nya.. spy akarnya tetap stabil tdk terserabut

      Delete
  80. Kang jajuk,mau tanya nih tank saya 70*35*30/73 liter.
    Klo mau di bikin medium light,pake led berapa wat yah kang ?
    Suwun kang

    ReplyDelete
  81. Gan kalau cuba sudah daun air gimana cara adaptasi jadi daun darat? Dan 1 watt lampu led setara 10 watt lampu biasa, bener gak?

    ReplyDelete
  82. Mas jajuk maaf mau tanya lagi...ditank emersed saya subtrate nya kok muncul jamur putih seperti kapas..penyebabnya apa itu ya mas dan cara penanggulangannya bagaimana? Makasih

    ReplyDelete
  83. permisi pak jajuk saya sudah menyimak cara seperti diatas namun kenapa monte carlo saya mengalami perubahan yang tadinya baru beli ijo kenapa setelah mecoba proses dsm diminggu pertama pada menguning bahkan kaya mati gtu, itu kenapa ya pak? untuk cahaya saya langsung kena matahari pagi jam 8 sampai jam 10 ditutupin plastik cuma dikasih udara sedikit....

    ReplyDelete
  84. sebaiknya kalo dibawah matahari langsung, jagnan ditutup lagi pake plastik..langsung aja biarkan kena matahari seperti dialam aslinya, semprot2 aja pagi dan sore supaya daun tetap basah. masalah daun menguning karena terlalu lembab, kena matahari tapi ditutup plastik..tapi masih bisa diselamatkan, buka aja plastiknya trus jemur jam 6-10 tiap hari. jgn lupa semprot daunnya pagi dan sore.. pasti ngg anyampe sebulan sdh hijau lagi

    ReplyDelete
  85. kang,pernah nyoba nanam seed dwarf pearl di campur hg Jepang secara emersed gak kang?

    ReplyDelete
  86. kang,pernah nyoba nanam seed dwarf pearl di campur hg Jepang secara emersed gak kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih bagus mmg ditanam secara emersed.. kalo sdh keluar kecambahnya baru masuk air

      Delete
  87. salam mas jajuk,sedikit bertanya,tank saya pake filter undergravel,nah kalo pake pukdas bisa ga ya?? apakah kalo pake pukdas nantinya tersedot filter gravel nya itu? dan LED yg cocok buat tank ukuran 50x30x30 brapa wat ya?

    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, itulah kendalanya kalo pake undergravel..pukdas akan terserap dan otomatis air malah jd keruh.undergravel mmg sbnrnya buat reeftank (saltwater) atau kalaupun buat aquascape dipake untuk aquascape yg memakai tanaman non akar, rizome dan vern spt moss2an, hava vern, windelov, buce, anubias, dll..jdi tdk membutuhkan pukdas.

      Delete
    2. brarti solusinya tanaman yg tidak berakar ya?kalo pukcap sama saja?

      Delete
  88. salam ngobok om jajuk
    saya rivky dr bogor mau nanya kalau tanaman hairgrass bisa diterapin dalam metode emersed juga ga? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hair grass lebih bagus ditanam emersed, dan kuat mudah adaptasinya ke air nantinya.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Mas.mau nanya..sy dsm hairgrassnya dlm akuarium.perlu ditutup plastik enggak,?berapa lama lampunya mau dinyalain

      Delete
    4. Mas.mau nanya..sy dsm hairgrassnya dlm akuarium.perlu ditutup plastik enggak,?berapa lama lampunya mau dinyalain

      Delete
    5. kalau HG ga perlu tutup plastik, apalagi kalau diluar ruangan dengan cahaya matahari sebaiknya biarkan aja alamiah tumbuh langsung kena matahari

      Delete
  89. Mas jajuk, kalo emersed di dalam rumah dengan lampu highlight di tutupi plastik sudah dipastikan lembab, itu baik ga mas buat pertumbuhan monte carlo yang teralalu lembab di aquarium?

    ReplyDelete
  90. Masalahnya itu burung ngikutin terus
    jadi susah baca nya :(

    ReplyDelete