Monday, April 11, 2011

Nano Aquascape (Proyek iseng iseng)

Ketika bongkar2 gudang, nemu kaca akuarium penuh debu bekas kandang iguanaku yang sudah almarhum.. kecil banget sih ukuran 50x 25x25.. apa yg bisa dibuat dengan kaca ukuran segitu???
iseng2 diisi air sampe penuh..tunggu sejam ..duajam ...tigajam... air tidak berkurang ..berarti..?? TIDAK BOCOR!!
Langsung ide muncul, kenapa ngga dibuat mini aquascape ?? sekalian ujicoba bisa ngga buat aquascape dengan ukuran nano..hehehehee...jadi semangat nih.. apalagi liat peacock moss di aquascape yang lain lagi melimpah.. tapi diisi apa ya?
Setelah bongkar2 dan kutak katik jadilah nano aquascape minimalis  dengan spesifikasi seperti ini :
Kaca ukuran : 50x25x25
Subtrat         : Pasir malang
Flora            : Peacock Moss, riccia fluitan, windelov dan difformis ..
Fauna           : cardinal tetra dan alga eater
Lampu          : Phi***s 23 watt
CO2             : 100% no CO2 injection

berikut penampakan uji coba nano tank, baru 3 hari disetup jadi belum 100% kinclong tapi sudah mulai  tumbuh ujung2 peacok moss..asyikkk berarti misi berhasil..
update : 26/09/2012




setelah satu bulan penampakannya seperti dibawah ini gan
update : 19/10/2012


meskipun sdh mulai terbentuk ekosistemnya tapi ternyata mulai tampak pula banyak alga rambut di peacock moss, jadi diturunkan pasukan udang amano dan red cherry buat bersihin alga, sementara udang merah di pindahkan karena kurang cocok di aquascape..cardinalku dicapit dan di makan satu satu...


Reaksi:

38 komentar:

  1. mau tanya mas,
    1. itu waktu awal setup yg jadi karpet apa ya? kok bisa rapih dan rapet.
    2. lalu yg garis putih seperti jalan itu apa ya?
    3. ada dekorasi seperti batu besar, itu benar2 batu? apakah tidak bahaya untuk kaca bawah?
    terimakasih atas jawabannya :)

    ReplyDelete
  2. 1. pake peacock di ikat di ram kawat anti karat..
    2. asesoris aja gan..bekas cangkang neon yg ga kepake.. :)
    3. bukan batu gan.. itu bonggol kayu ..

    ReplyDelete
  3. Mas Setyo,,saya baru bangun aquascape tapi masih minim pengalaman mas :)
    Kira kira kalo mau bikin model mini habis berapa ya mas budgetnya? :)

    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah budget relatif.. kalo mau cari yg bekas2 ya bisa minim budget.. tapi kira2 masih dibawah 500anlah sudah kumplit.. :)

      Delete
  4. mau tanya apakah lapisan dasar hanya pasir malang saja sebagai media tanam mas?? tidak menggunakan kapas filter, tanah pupuk dan butiran sterilfoam..sistem sirkulasi airnya bagaimana mas?? apakah sama dengan sistem sirkulasi aquarium?? mohon petunjuknya mas biar bsa awet airnya ga ganti2

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya urutan pemasangan subtrat adalah sbb : paling dasar kita taburkan pupuk dasar trus dilapisan berikutnya kita taburkan pasir malang yg kasar, baru dilapisan paling atas kita tutup dengan pasir malang yang halus..tapi berdasarkan pengalaman kalau pasir malang sebenarnya tidak perlu pake campuran pupuk dasar juga tanaman bisa tumbuh subur asal memenuhi syarat pertumbuhannya yaitu : cukup cahaya, cukup asupan CO2 dan cukup nutrisi (bisa dari pupuk cair).. air tidak boleh diganti2 cukup ditambah aja sebanyak air yang menguap..supaya ekosistemnya tidak rusak.

      Delete
  5. Mas, ukuran tank saya 50x25x25
    kalo tiap minggu di WC sekitar 1/3 - 1/2 nya itu ngerusak ekosistem ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp, justru bagus.. jadi ada nutrisi tambahan dari air baru.. asal jangan lebih dari 1/2nya..

      Delete
  6. Mas sistem sirkulasinya menggunakan apa mas? Canister, powerhead atau apa mas? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. krn tanknya juga nano jadi pake powerhead yg mini aja..

      Delete
  7. Mas, di daerah saya tidak ada yang jual tanaman aquascape.
    Ada tips ga mas, gimana caranya bikin tanaman darat jadi tanaman air? (kebetulan disawah, banyak tanaman" kecil)
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak semua tanaman darat bisa dijadikan tanaman air, krn memang habitatnya lain.. kalo dipaksakan pasti busuk akar dan batangnya. cri aja tanaman yang sudah hidup diair sawah.. biasanya yg sejenis talas banyak danbisa juga di tanam di air.

      Delete
  8. mas mau tanya untuk jarak lampu dari air berapa cm dan kalo selang silikon belinya dimana!

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarak minimal 25 cm, selang silikon di tempat peralatan akuarium adanya.. hehehe

      Delete
  9. Mas, mau tanya,
    ada kemungkinan tank nya berkerak g mas?
    n kalo ada gimana menanggulanginya?
    makasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti, namanya kaca ena air dan cahaya pasti lama2 berkerak..mengatasinya pake silet/pisau cutter aja.. pelan2 pakenya miring biar ngga jadi baret2..

      Delete
  10. apa bener memang gak pake CO2..??
    gak berpengaruh terhadap tumbuhannya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, 100% ga pake inject CO2. krn memang itu tanaman lowlight dan sebenarnya dalam airpun sudah ada kandungan CO2nya meskipun kadarnya sedikit, untuk mengakalinya setiap seminggu sekali di ganti airnya separo (WC) supaya otomatis tersuplai juga CO2 dari air yg fresh.. jadi sumber CO2 ngga melulu harus inject CO2 dari luar..hehehe

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. keren juga.. hehe
      mw tanya ge ne mas.. pake kipas atau chiller gak??
      terus untuk filter nya, bagusan pake HOB atau powerhead, ukuran tank saya 30x18x24 ???
      makasi...

      Delete
  11. saya mau nanya
    klau beli pasir malang dmn ya ?
    maklum masih newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat newbie mending pake soil aja saya lebih suka pake produk BW, bagus banget lho kalo newbie mending pake yang bermerk

      Delete
  12. Salam kenal mas...
    Tanya nich..klau pakai lampu yg model ulir bagus g mas..bagusny pakai lampu yg gmn aquariumku 50+25+25

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai ulir bisa juga, terutama kalo buat moss dan tanaman low lainnya. yang penting lampu itu harus daylight (min. 6500K) jgn yg remang2.. merk apa aja bisa.. (y)

      Delete
  13. Khan g ad tertera dilmpuny klau to 6500k..aku pkai philip 18watt kira2 msih kurang terang g...k moss aku pd coklat knp..trus di mossny ky kotor warnany coklat ap to yg disebut alga...cara bersihinny gmn mas...mf ni byk tanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya ada kode 862 (6200K), 865 (6500K), 872(7200K), 18 watt kurang min. 23 watt daylight, bersihin moss yg coklat2, banyakin udang red cherry..

      Delete
    2. Klok ukuran lampu sebaiknya mas 1 liter/2watt maas itu ukaran cahaya standar mas...klo lebih gpp asl jgn kelebihan kali ntar alga tumbuh...klo tanaman itu kuning biasanya kurang co2 mending buatin deh co2 d.i.y nya kan g perlu modl amat....klok semua sudh terpenuhi baru kasih lagi pupuk cair 1 mnggu sekali... 1ml per 10ltr air mas tergantung ppuk yg di pky klok mencukupi semua insallah deh tanaman ente ijo2 segar membahana

      Delete
  14. Ok makasih saranny...tar aku coba bersihin mossny+lmpuny tak ganti....

    ReplyDelete
  15. Mas tanya lg dounk...klau lampunya aku gnti sama lampu led tapi yg ulir model bolam bisa g...klau bisa pakai yg berapa watt...maksutnya biar hemat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. LED bohlam biasanya bukan jenis HPL (High Power Led), jadi kurang optimal.. yg penting min. Daylight (lumens 6500K)

      Delete
  16. om jajuk sya mau tanya... aqua sy umur 1 bln dan yg jd mslh di java moss dan valis spiralis muncul smacem lumut coklat... sya ga tau itu brown algae/black beard algae... mnta tlg donk gmn cara penyelesaianya? yg sy lakukan baru mengganti air sminggu skali dan manual membersihkannya... txs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampunya dijaga aja mas baca komen saya d atas... klok lampu sebaiknya mas kasi idup jgn kelamaan 8-12 jm /hari aja.... klok maslah alga itu bukan kasus yg berat asl cahaya ama ekosistem terjaga klok udh pasti itu alga bru d kash mas udng chery klok g ngapain di kash karna udng chery hrga nya kemahalan hahhaa apalagi ank kos kayak gua hahah

      Delete
  17. Mas, mau tanya.. tank saya 30 x 18 x 18.. kl pake lampu LED biasa, yg 6500k 5 watt satu aja.. cukup ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat tnaman lowlight (moss, rizome, vern) cukup, tpi kalo buat medium-high kurang

      Delete
  18. Mas mau nanya, ukuran tank 30x18x18 menggunakan lampu philips18w daylight apakah termasuk higlight?

    ReplyDelete
  19. mas mau nanya ,aquascape saya super mini ukuran 20x10x10 ,idealnya klu dikasih ikan neon tetra jumlah ikannya berapa ya ?

    ReplyDelete
  20. tolong dijawab mas jajuk butuh pencerahan 😑

    ReplyDelete