Saturday, March 28, 2015

Menjodohkan Ikan Diskus

Terus terang sebenarnya sdh lama nih pengin berbagi pengalaman menarik ini, tapi apa boleh buat baru sekarang ada waktu luang buat ngetiknya..hehehehe… Khusus buat sobat-sobat penghobi ikan hias terutama penggemar si ratu ikan air tawar alias discus atau bahasa kerennya Symphosodondiscus, ane punya sedikit pengalaman nih buat dibagi2 terutama untuk penghobi pemula yang ingin mengembang biakkan ikan diskus. Penampakan Diskus di aquascape ane gan..: 


Dirumah ane punya koleksi discus red Marlboro, bluediamond, leopard snake skin, dan golden pigeon. Nggak banyak sih tapi lumayan bisa menghibur dan menghilangkan stress karena duduk berjam2 didepan computer.. Nah karena mungkin disimpan di satu akuarium itulah maka terjadilah cinta lokasi antara betina bluediamond dan si jantan Marlboro. Ciri-cinya terlihat ketika discus yang lain sibuk cari makanan di sela2 Peacock Moss dan batu2 yang ditumbuhi Riccia Fluitans, kedua sejoli ini asyik mematuk matuk pipa pralon yang sengaja ane pasang berdiri, yang ternyata nantinya berfungsi juga untuk menempelkan telur hasilPDKT si Marlboro ke Blue Diamond. Nah..untuk memuluskan percintaan mereka maka kedua sejoli itu ane pindahkan ke tank aquarium khusus pembiakan yang lebih romantis…hehehe Kemudian ane pantau percintaan mereka seperti dibawah ini : 














Hari Pertama
si Blue bertelur Si Blue betina berenang menengadah keatas sambil menempelkan telur2 nya di pipa pralon arah sejajar keatas, disusul si Marlboro Pejantan yang langsung membuahinya dengan gaya yang sama menengadah sambil berenang keatas. Proses ini memakan waktu kira2 satu jam… 


Hari kedua (24 jam setelah dibuahi) 
Dua sejoli ini menungguin telor yang sudah dibuahi sambil terus meniup dan mengipas2i telur dengan siripnya. Sampai tahap ini telur yang tidak dibuahi akan tampak berwarna putih susu dan mulai dibayangi jamur. Sementara telur yang dibuahi akan tampak bintik titik hitam 2 yang nantinya rupanya itu adalah mata si jabang bayinya…hehehe… Supaya telur yg tidak dibuahi yg sdh mulai membusuk dan berjamur tidak menularkan jamur ke telur yang sehat sebaiknya dimasukkan larutan Methelyne Blue yaitu larutan untuk melindungi telur supaya tidak tertular jamur. 
Ada teori dari buku2 maupun dari mbah google bahwa kalo dalam proses telur sampai menetas sebaiknya pipa pralon ditutup dengan ram kawat untuk menghindari telur dimakan induknya, tapi untuk kasus dirumah sama sekali tidak dipakai teori itu, biar menetas sealamiah mungkin karena ane masih meyakini kalo telor2 itu adalah buah cinta mereka, jadi ga mungkin dimakan… dan ternyata memang nggak dimakan,..hehehehehe…  

Hari ketiga (36 jam kemudian) 
Telur yang sdh dibuahi mulai menetas dengan ditandai munculnya ekor2 kecil spt jarum yang bergerak gerak lincah menempel ditelur. Si induk makin semangat menyambut kelahiran jabang bayi dengan terus mengipasi dan meniup udara ke telur supaya bisa terlepas anakan (burayak) dari telurnya. Sampai disini pakan untuk indukan tetap terus diberikan supaya tetap kenyang sambil menjaga anak2nya… tapi jangan lupa kotorannya harus disifon/disedot biar tetap bersih ruang bersalinnya…wkwkwkwk Hari kelima Burayak/anakan Diskus mulai lepas dari telur tapi masih menempel di pipa pralon, sang induk dengan kasih sayang memindahkan anak2nya ketempat yang lebih aman. Biasanya ke pojokan aquarium supaya bisa lebih tenang mengawasi anak2nya yg sudah mulai loncat loncatan. 

Hari keenam 
Anakan mulai bisa berenang dan mulai berenang berlarian dari pralon ke tubuh kedua induknya..oiya..induk jangan dipisahkan biar dua2nya merasakan mengasuh anak.. biar dua2nya ikut bertanggung jawab.. 

Hari ketujuh 
Anakan sudah mulai menempel ditubuh kedua induknya bergantian untuk memakan lendir2 ditubuh induknya dalam per’diskus’an istilah ini disebut menyusui.. karena burayak/anakan belum biasa memakan selain lendir induknya. Proses ini bisa memakan waktu 10 sampai 20 hari. berhubung kedua induknya sudah mulai berebut mengasuh anak efeknya mereka bertengkar dan sebelum jatuh talak ke blue diamond maka si blue ane pindahkan ke tempat asal biar bisa refresh dulu.. dan pengasuhan burayak sekarang dipegang oleh pejantan Marlboro Hari kelimabelas Anakan sdh bisa makan sendiri dan sudah mulai berenang dengan normal, dan bentuk tubuhnya jg sdh mulai membulat. Untuk Tahap ini anakan/burayak sudah bisa diberi pakan artemia atau bisa juga kutu air. Karena sudah bisa berenang dan makan sendiri jadi sudah waktunya anak-anak discus ini dipisah dari induknya, supaya sang induk bisa bercinta lagi…. 

untuk lebih jelasnya silahkan lihat proses jurnal percintaan diskus ane yg sempet ane abadikan di you tube



Begitulah pengalaman ane menjadi mak comblang percintaan si cantik Blue Diamond dengan Si Ganteng Red Marlboro.. sebenarnya mudah mengembangbiakan discus, kuncinya adalah air selalu kondisi bersih setiap hari disedot / disifon kotorannya kemudian ditambah air baru sebanyak kita menyedot air berserta kotoran tsb. Air harus dalam keadaan hangat kira2 30-32C, untuk mencapai suhu segitu harus dipasang penghangat heater. Dan tentu saja pencahayaan yang cukup serta pakan yang berkualitas Okayyy??....Selamat mencoba , semoga bermanfaat!

Reaksi:

36 komentar:

  1. hahaha..bagus gan ulasannya..memang pengalaman lebih terbukti daripada teori2 yang belum tentu mengalami sendiri. sukses gan.. ane siap beli tuh anakan kalo dijual..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih bos, tapi masih kecil2 bos, masih rawan kematian, mungkin nanti kalau sdh rada besar baru dilempar pasaran..hehehehehe

      Delete
    2. kalau jualan ikutan antri, pasti lebih murah dr toko.. hahahaa..

      Delete
  2. Sungguh penyajian yang sangat menjiwai, tanks bro, sedang mencoba juga ni....

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba gan, kuncinya air bersih dan hangat dan suasana tenang.. pasti berkembang biak..

      Delete
  3. mas jajuk minta info breeder discus yg kualitas tp harga bersahabat dunkz, hehe...
    klo discus stress apa obatnya mas?
    anyway di gambar tank itu ukuran brp mas? saya punya 1 meter lebih tank kira2 max berapa discus uk 3, atau pas gedenya?
    terimakasih mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di bandung, ane rekemendasikan ke pasar pagarsih lantai 2, cari kiosnya Toyib/romatun diskusnya kualitas grade A harga kaki lima... atau di kiosnya mas harun (cuma jarang ada dikios/sering tutup.. tapi diskusnya oke2 punya) tank diatas ukuran 80x40x40... kalo untuk penjodohan sih ngga perlu besar, tapi kalo untuk koleksi 1 meter cukuplah buat 10-20 ekor.. met hunting ya..!

      Delete
  4. kalo ikan cupang ditaruh aquascape,.aman gk udangnya gan?

    ReplyDelete
  5. Mas Jajuk sy sdh lama ingin pelihara ikan diskus tp dari info yg sy dpt, kayaknya syaratnya lumayan ribet ya he..he...
    Dari mulai suhu air, kesadahan/kekerasan air dll, ga tau kalo praktek langsung. Menurut mas sendiri gimana ?
    Sy tertarik utk belajar jd breeder :) ikan diskus ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca artikel sy diblog ini jg ttg aquascape diskus.

      Delete
  6. Info yang merakyat mas !!! Thanks

    ReplyDelete
  7. bedakan betina sm jantan gmn itu?

    ReplyDelete
  8. Sifat suhu aquascape dan ikan discus terbalik tanaman aquascape minta dingin sedang ikan discus harus hangat bagaimana menyikapinya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. usahakan cari tanaman yg bs hidup disuhu normal spt tnman vern (kadaka, windelov, dan jenis2 microsorum lainnya), jenis2 tnaman rizome (bucephalandra, anubias), dan semua jenis moss2an bisa subur di suhu ideal diskus (28-30)

      Delete
  9. Blog ini sangat bermanfaat bgt bagi saya yg newbie tolong kang update terus somoga di beri kesehatan amin

    ReplyDelete
  10. saya udah buat co2 diy..tapii kok gelembung belum ada ya? udah pake diffuser..udah 4 jam lebih nunggu ...kebocoran enggak ada mas udah dicek...mohon dijawab mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. difuser mmg gakan tembus kalo pke co2DIY, krn tekanan gas kurang kuat, coba ganti aja pke airstone pasti keluar bubble lembutnya..

      Delete
  11. wah.. jdi ngiri. ane klo plihara ikan diskus gagh sampe berumur 3 bulan udah koit.

    ReplyDelete
  12. Brati sma ya seperti manfish...pngalamn saya pada manfish sama persis apa yang dialami mas jajuk...mengingat jenis juga karakter mereka yang hampir mirip...hehehehe

    ReplyDelete
  13. gan bs mnta pin bbm gk?mau konsultasi ni
    hehhee

    ReplyDelete
  14. Kang...pasir ziolit untuk kucing bisa di pakai untuk discus gak??soalnya saya suka warnanya ketimbang pasir malang

    ReplyDelete
  15. Thanks gan. Di coba ya. Ada gak ciri2 bedain jantan dan betina nya

    ReplyDelete
  16. Sudah ngak aktif ya . Sayang sekali padahal ulasannya bagus dan cukup keren serta bermanfaat.

    ReplyDelete
  17. Sudah ngak aktif ya . Sayang sekali padahal ulasannya bagus dan cukup keren serta bermanfaat.

    ReplyDelete
  18. om minta masukannya . ikan discus dirumah dlm aqaurium ada 17 ekor . ga nyangka ada sepasang yg kawin dan nempelin telurnya pada batang kayu yg di dalam aquarium. minta saran gan apa boleh saya pindahkan indukan sama telur yg nempel dibatang itu ke wadah lain ?? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja, tapi takutnya pas proses pegangkatan telur nanti malah kena udara luar dan bisa berefek jamuran, sebaiknya penghuni lain selain induk aja yg dipindahkan..

      Delete
  19. Bagus sekali bos.
    Saya dulu pernah pelihara discus sampai beranak pinak banyak dan akhirnya bosan.

    Sekarang pingin pelihara lagi tapi di aquascape.
    Nah discus kan membutuhkan air dengan suhu hangat sementara aquascape butuh air yang bersuhu dingin. Gimana tuh mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah aquascape diskus sdh pernah sy buat artikenya, silahkan baca2 KESINI

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Punya ane nelor dan dibuahi uda 6x, abis itu di tutup kawat,tapi ko ga jadi" ya gan ,bsk nya pasti byk yg putih telornya ,napa tuh ? hhh....

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete