Saturday, July 21, 2012

Penyakit Ikan Diskus

Berdasarkan pengalaman biasanya penyakit ikan diskus adalah disebabkan parasit/microorganisme seperti dibawah ini :


1. Penyakit Insang 
Banyak peternak yang mengalami kegagalan karena  serangan penyakit insang ini, diskus yang terserang tidka menunjukkan perilaku yang mencurigakan, penyakit dapat diketahui kalau kita jeli mengamati aktivitas pernafasan ikan, seperti gerakan menutup insang dan mulut ikan. Ikan yang sehat akan membuka tutup insan dan mulutnya dengan ritme yang sama dan santai. sedangkan yangn terkena gejala penyakit ini, akan terlihat bernafas terengah-engah. Pengobatan yang biasa ampuh adalah melarutkan formalin dengan dosis 4ml/100 lt dan dibairkan 24 jam. Setiap hari diganti air baru dan larutkan formalin diulang sampai 3 hari. Selain itu juga larutkan Garam dapur (NNaCl) dengan dosis 500 g/100lt, air diberi aerasi yang kuat biar cepat larut. Dan terakhir kalau masih membandel  tambahkan larutan PK, cuma harus hati2 karena jika keliru pengobatan ikan dapat mati. Dosis 1g/175 lt ditambah aerasi kuat selama 2jam-an.


2. Panyakit NDD (New Discus Disease)
Penyakit ini paling ditakuti peternak diskus karena sangat mudah menular.apabila setetes air terkontaminasi  maka penyakit ini langsung menular. Untuk itu setiap aquarium harus mempunyai perlaatan sendiri2. Penyebabnya adalah pH air yang terlalu tinggi, banyak mengandung logam berat atau air kurang diinapkan. Suhu air dibawah angka 28 juga menyebabkan daya tahan Diskus menurun drastis, selain itu pakan alam juga bisa menjadi pembawa microorganisma penyakit tersebut. Gejala penyakit ini kelihatan dari tingkah diskus yang seperti stress, warna jadi gelap atau hitam, semua sirip dan ekor menguncup. Akan muncul selaput putih yang makin menebal dan melebar keseluruh tubuh. Dan parahnya diskus akan sering merebah didasar, disudut atau bahkan dipermukaan aquarium. Bila tidak segera diobati Diskus tubuhnya aka membengkak dan berakhir dengan wassalam... kematian.
Pengobatan penyakit ini dengan melarutkan kombinasi Chlorampenicol (antibiotik) degan dosis 2g ditambah acriflavine (antiprotoza) dengan dosis 0,3 g dan garam dapur dengan dosis 5 sendok makan. Semua obat dilarutkan dengan aerasi yang kuat dan dalam suhu 32C. Kalo ikan sudah dalam stadium parah sebaiknya air dikuiras total setiap 3 hari sekali, sambil diberi obat kombinasi seperti tersebut diatas.


3. Mata Berkabut (Cloudy Eye)
Disebabkan jamur yang menyerang mata. mata ikan akan tampak memutih seperti tertutup selaput. lama kelamaan selaput itu makin menebal dan memenuhi seluruh permukaan retina mata ikan. Apabila dibiarkan pupil mata ikan akan mngecil dan diskus akan mengalami kebutaan.
Pengobatan : Larutkan kombinasi Chlorampenicol dengan dosis 1.5g/100lt dengan acriflavine dosis 0,3/100lt selama 5 - 7 hari.

4. Berak Putih
Gejalanya Ikan menunjukkan turunnya nafsu makan. Selanjutnya usus diskus akna terinfeksi oleh bakteri flagelata Spironucleus. Dampak parahnya pencernaan diskus terganggu sehingga tubuhnya menjadi kurus, dan bila dibiarkan perutnya akan membuncit, kotorannya akan berwarna putih seperti pita memanjang dan menjadi terputus putus. Pengobatan penyakit ini memakan waktu lama, kalaupun sembuh ikan diskus bisa menjadi mandul. Pengobatan larutkan Metronidazole dosis 2 g/100 ltr. Suhu air stabil  32C.


Sumber : Buku Menghasilkan diskus variatif oleh : Benny Herman S & Marizka The

Reaksi:

33 komentar:

  1. gan, discus ane di siripnya banyak bintik2 putih, itu knapa ya gan? trus waktu brenang cuma pakai satu sirip aja..
    bisa gk pake methylene blue?
    mohon bantuannya gan, tkut smakin parah.

    ReplyDelete
  2. pindahkan ikan yag sakit keakuariu khusus (supaya tidak menular ke yg lain) beri larutan PK dan diberi aerasi yag cukup deras. Hangatkan air pake heater sampai suhu 30an. beri sedikit formalin dan metheline blue.

    ReplyDelete
  3. thanks gan, trus tanda2 yang bisa kita liat kl tu discus ane udh sembuh apa gan?

    ReplyDelete
  4. mas mo nanya nehh
    discus saya... sakit..
    ga mau makan sama sekali... sirip menguncup...
    trus kadang geraknya kayak kaget kaget gitu...(kejang kejang) yA ...
    knapa tuh mas discus saya????
    pertolongan apa yang saya harus lakukan mas...
    tri makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tandanya diskus stress.. bisa dari perubahan air yg drastis, bisa juga kadar airnya yg tidak bagus.. solusinya pindhakan dulu ke tank yanglain yg sudah stabil airnya, hangatkan sampai 30an trus kasih antibiotik cyprofloxaxine (beli diapotik) rutin setiap hari.. kalo bisa dipisahkan dari yang lainnya (dikarantina) 2-3 hari biasanya normal lagi.. semoga cepet sembuh.. :)

      Delete
    2. maaf sebelumnya mas, saya udah pisahin trus saya jg kasih obat stres dari toko ikan, katanya yang jual sih obat stres gitu...
      tapi ternyata dis cus saya tak tertolong lagi....

      Delete
  5. mas bro mau tanya donk ane baru beli sepasang discus di hari ke3 betina sudah cium" pvc besok nya yang jantan juga namun gak bertelur" seetelah ane bersihin semua sisi kaca dan pvc niat nya supaya nyaman dan pada mau bertelur tapi kok malah nggak cium" pvc lagi dan sirip atas suka mengembang apakah discus ane kena penyakit ... tolong bantuan nya terima kasih banyak

    ReplyDelete
  6. gpp itu masih adaptasi, sebaiknya pvc jgn dipindah2 biarkan aja posisinya supaya diskus nggak stress. nanti juga lama2 nelur kalo sdh waktunya, pertahankan aja suhu di 30 dan sering2 ganti air separuhnya..

    ReplyDelete
  7. hallo mas, salam kenal, mau nanya ni; ikan diskus ane knp koq g mau makan ya? padahal klo ane kasih makan cacing beku ato tetra bits gti, ikan ane msih mau ngejar tai g mau dimakanya, cmn dimasukin ke dalam mulut terus kayak dimuntahin lgi gtu..
    apa masalahnya ya?? ikannya masih lincah dan masih suka gigit2tan ma kawan2nya??

    Mohon pencerahannya ya mas.. tanks very much..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kurang cocok pakannya, atau mungkin terlalu banyak pakan juga bisa.. coba biarkan aja dulu diskus kelaparan, baru kasih makan dikit..kalo mau nelan baru ditambah secukupnya..jangan berlebihan.

      Delete
  8. Mas mo nanya nih, klu beli metrodinazole apotek ngasih nga ya? Itu cair apa tablet? Dosis/day nya gmana mas? Maap ya bertubi-tubi.

    ReplyDelete
  9. Gan mo nanya nih, kenapa yak kok diskus yang baru saya beli kok punya warna kehitam-hitaman di ujung sirip, dan bintik2 hitam kecil di badan. Kalau menurut penjual itu karena perbedaan air(dari PAM ke air sumur) menyebabkan warna demikian..bener gak anggapan demikian?...thx

    ReplyDelete
  10. formalin yg dimaksud yg utk bhn pengawet itu yaa
    mohon di kirim gambar yg dimaksud

    ReplyDelete
  11. Gan, mohon bantuannya,, saya sudah coba pelihara discus puluhan kali tetapi mati terus blm pornah ada yang hidup. sekarang saya beli lagi 5 ekor, awalnya pada sehat semua, tetapi sekarang kok yg 3 ndk mau makan padahal dulu makannya paling lahap. terus siripnya jadi turun semua.
    gimana caranya biaar ikan saya bisa sehat lagi dan mau makan? thanks

    ReplyDelete
  12. Bagaimana mahu ubati sirip discus hancur setiap kali tukar air. Kenapa discus saya mudah sangat diserang sakit.

    ReplyDelete
  13. saran ,sediakan penampungan air,yang dipakai heater,tiap ganti air,gunakan air yang ada di penampungan..kalau ikan sakit velvet( warna hitam, menguncup badannya) ga usah kasih obat apa2.kalau kasih obat juga cukup cpro( antibiotik,atau amoxilin) langkahnya,siapin aquarium baru yang udah pakai heater, tangkap semua ikan di aquarium yang sakit,pindahin ke aquarium baru yang td suhunya sama, aquarium lama kuras,bersihkan.isi lg air nya,pakai heater sampai suhu stabil.ikan yang sakit tadi antepin aja ,puasain 2 sd 3 hari,kalau mau kasih anti biotik sehari sekali cukup. ga usah kasih obat apa2 lg.biasa ikan sakit ini karena kadar amoniak di aquarium tinggi( disebabkan pemberian makan terlalu banyak, aquarium jarang dikuras, atau bakteri dibawa dari ikan baru) mudah2 an membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dosis antibiotik/ amoxilin berapa . maaf ikan discuss sy sptnya sakit spt gejala yg disampaikan mbak ellen. Terimakasih untuk jawabannya

      Delete
    2. @ellen : makasih sdh bantu jawab...

      Delete
  14. satu lg, kalau lg sakit ikan,jangan pengen cepat 2 ngasih obat ini itu,kadang2 obat malah jadi racun buat ikannya..velvet mah bukan penyakit mematikan,selAma penanganan nya benar..masalah kebersihan dan suhu yang ga stabil..kalau mau piara discus,saran saya selalu siapkan penampungan air,kalau bisa setara sama aquarium yang kita

    ReplyDelete
  15. Mas, satu discus sy lincah, makan normal Di sirip punggung spt ada borok / bisul putih sampai bolong jadi pertumbuhan terlambat dibanding yg lain. Kenapa dan pakai obat apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan terkena white spot, tadinya cm bintik putih lama2 menyebar dan seperti koreng dan mengakibatkan nafsu makan jadi hilang otomatis badan jadi kontet dan kurang gizi, sebelum terlambat segera angkat dan karantina di tank yg suhu air hangat (29-31), beri larutan ich (metheline blue)+formalin (beli di toko akuarium), untuk memastikan hilangnya white spot larutkan garam.

      Delete
    2. Bukan white spot sih mas, kl itu pernah kena semua lalu sembuh. Nah ini hanya satu aja borok putih lumayan gede, sejauh inu dah lama gak menular. Ikan lincah aja, cmn pertumbuhan terhambat. Apa virus?

      Delete
  16. Mas, satu discus sy lincah, makan normal Di sirip punggung spt ada borok / bisul putih sampai bolong jadi pertumbuhan terlambat dibanding yg lain. Kenapa dan pakai obat apa?

    ReplyDelete
  17. Mas ikan discus saya perutnya kembung ngobatinnya gmna ya,
    Selain itu discus saya gabung dgn ikan lemon gpp kah, maaf banyak nanya msih newbie ehehe trimakasih

    ReplyDelete
  18. Mas ikan discus saya perutnya kembung ngobatinnya gmna ya,
    Selain itu discus saya gabung dgn ikan lemon gpp kah, maaf banyak nanya msih newbie ehehe trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. diskus kembung (bloating) karena kena penyakit sembelit (susah buang air besar), pisahkan/karantina trus naikkan suhu ke 33 spy metabolisme terpacu dan perut berangsur2 mengecil, diskus dipuasakan dan beri garam

      Delete
  19. Mohon infonya om .
    Discus saya yang jantan perutnya buncit trus kayaknya matanya membengkak ,bagaimana cara penanganannya om ..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. diskus buncit krn sembelit, kebanyakan makan tapi susah keluar kotoran akibatnya sembelit.. karantina diskus yang terkena, panaskan suhu sampai 32-33 trus kasi garam kristal buat memacu metabolisme spy kalori dalam tubuh cepat keluar, jadi perut berangsur-angsur kempis, puasakan dulu sehari.

      Delete
  20. Mohon infonya om .
    Discus saya yang jantan perutnya buncit trus kayaknya matanya membengkak ,bagaimana cara penanganannya om ..?

    ReplyDelete
  21. Salam kenal sebelumnya
    mau minta solusi nya nih om,
    Discus saya Dr beli uda 1minggu ga mau makan(saya kasih BW),
    Sekarang malah posisi ikannya kepalanya jadi nunduk terus setelah 1minggu ga mkn(tapi perut ga kembung),kondisi aquarium sekarang pakai air endapan + garam + heater(suhu air 30c) + aerator + filter samping(ikan 1ekor di aquarium)
    Gimana ya cara ngobatinya,dan ïkan mau makan? mohon solusinya om , THX sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo 1 minggu ngga mau makan harusnya sdh almarhum itu..termasuk kuat fisik diskusnya.. diskus tidak mau makan biasanya kena penyakit cacingan (pinworm), penanganan darurat sdh benar cuma perlu ditambah pengobatan yaitu tambahkan levamisol yg bisa diberikan 5hari berturut2

      Delete
    2. Om lemavisole Gimana cara pakainya ya(dosis/liter)?
      di larut ke air om?
      Apakah setelah di larut ke tank brapa lama di ganti airnya?
      Di ganti brapa byk air di tank setelah pakai lemavisole om?
      Mohon Maklum byk tanya br pertama piara discus nih om uda kena problem

      Delete
    3. kalo diskusnya mau makan sih sebenarnya bisa dicampurkan ke pakan diskus (diskus burger, kalau ngga mau makan ya larutkan aja ke air 1 tablet aja, sambil dilihat perkembanganya.

      Delete