Saturday, July 21, 2012

Aquascape buat pemula

Pernah lihat pemandangan alam hutan atau taman tapi bukan dialam aslinya melainkan di akuarium? Kalau kita sering jalan2 ke toko aquarium  pasti sering menjumpai keindahan tersebut. Tanaman dan pepohonan serta rumput yang hijau segar dipandang mata dan tersaji di akuarium. Yup!! itulah yang dinamakan AQUASCAPE.
Jadi Aquascape adalah  memindahkan taman , hutan atau gunung dan segala macam jenis pemandangan kedalam media aquarium...sehingga aquarium kita menjadi indah, segar dan sangat memanjakan mata sekaligus obat penghilang stress akibat kepenatan bekerja.
Sulitkah  membuat aquascape?
Meskipun ane sudah lama hobi ikan hias tapi terus terang untuk masalah Aquascape ane benar2 pemula dan sampai sekarang masih belajar. Jadi yang informasi yang ane bagikan ini adalah benar2 pengalaman pribadi bukan teori dari buku2 mahal..hehehehe...
Memang kalau kita melihat aquascape yang sudah jadi pasti langsung terbersit .. waahh mahal itu gan.. hehehe karena memang itu yang pertama kali ane alami.. bahkan keinginan untuk serius di aquscape ini sebenarnya sudah sejak tahunan yang lalu ada, tapi karena pemikiran bahwa hobi itu adalah mahal jadinya selalu kandas.
Awalnya ane keracunan addict aquascape adalah ketika secara tidak sengaja ane main kerumah teman lama yang kebetulan dia adalah penghobi ikan hias juga. Ketika masuk keruang tamunya ane melihat ada akuarium yang didesain begitu indahnya dengan tanaman2 dan rumput2 yang subur hijau berserta ikan2nya yang sebenarnya jenis murahan sih..tapi menjadi begitu berkelas ketika membaur dengan tanaman2 di aquarium tersebut.. dari situlah saya mulai banyak bertanya dan ternyata terbuka pikiran ane bahwa AQUASCAPE ITU MURAH!!  karena semua peralatan yang mahal2 bisa diakali ...hehehehe... baru tau ane..
Setelah itu langsung teringat bahwa dirumah ada tank aquarium yang kosong.. tanpa berpikir panjang langsung berkreasi dengan hobi baru..beraquascape...hehehehehe...mudahan2 yg baca ikut teracuni..wkwkwk

watch my discus fish  in you tube ..

21 komentar:

  1. mas, akuarium saya 50x40x30,
    1. apakah perlu DIY CO2? karena saya sudah gak sabar pingin liat tanaman gemuk.
    2. lalu apakah ada tips dalam pemilihan tanaman supaya ramai? sudah keluar uang banyak tapi masih sepi.

    ReplyDelete
  2. 1. kalau cuma buat aquascape lowtech tidak perlu injeksi CO2 cukup rutin pupuk cair seminggu sekali sudah terpenuhi nutrisinya ditambah pencahayaan yg bagus pasti tumbuh itu tanaman.
    2. kalo untuk nano tank spt punya agan sebaiknya jangan terlalu ramai.. cukup main di moss aja paling dipojok2 bisa ditanam tanaman yg mudah dan cepet rimbun spt Marsilea hirsuta atau jenis2 vern aja.. murah tapi sedap dipandang mata.. silahkan berkreasi gan..

    ReplyDelete
  3. Kang kalo mau mindahin aquascape tanpa merusak dekorasi awal gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah belum pernah nyoba.. tapi mungkin caranya dengan memindahkan dulu faunanya..trus sedot habis airnya.. setelah itu pindahkan aquascapenya... baru isi lagi dengan air. caranya masukkan plastik kresek atau koran bekas atau mangkuk juga bisa lalu tabrakkan semprotkan air dari selang ke plastik/kresek/koran/mangkuk supaya pasir/dekorasi tidak rusak.. tunggu sampai 2-3 hari baru masukkan lagi faunanya..

      Delete
  4. gan mau tanya kalo di bandung yang jual ikan discus yang lumayan kumplit dmn? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ke pasar pagarsih lt. 2 cari lapaknya mas Harun kalo nggak di Toyib.. diskusnya lumayan berkualitas dan harga murah.. selamat hunting..!

      Delete
  5. MAs..
    saya punya tank kalo gak salah ukuran 600x300
    saya baru tau nih bisa di kreasiin sprti ini :)
    pertama :
    saya pakai filter yg biasa bgt , yg mesin/filternye bisa dimasukan kedalam air atau yg berwarna abu abu itu dan penyaringan kotoran nya ada di dlam kotak persigi panjang. apakah filter tsb efektif untuk moss moss? dan tetap lancar pertumbuhan moss tsb?
    jika filter yg saya punya tidak mendukung untuk aquascape, apa bisa di kasih tau filter yg standard atau yg mas pakai ? (yg penting murah).
    maklum hehehe.. saya cuma memelihara ikan dan gak tau bisa dibuat aquascape dan filter itu ya cuma untuk membersikan kotoran kotoran saja..

    Kedua :
    saya beli ditoko moss moss yg sudah di taro pot(yg terbuat dr tanah liat dan dibungkus kain), apakah saya harus mencopot pot itu? dan lngsung ditanam saja di dalam pasir malang ?
    saya beli moss cuma 12 moss, jika ditanam dan dirawat dengan baik apa moss tersebut bisa menjamur/tumbuh dan manjadi lebat dan banyak ?

    ketiga:
    soal CO2 apa itu memnggangu ikan ikan yg sy punya terutama fish discus ?

    keempat :
    saya pernah beli kayu untuk dekorasinya, pertama saya beli memang tenggelam , lalu kayu itu saya tidak pakai lagi selama bbrapa hari. kemudian saat ingin memakainya lagi kayu tsb tidak tenggelam/ mengambang. walau sudah saya rendam dngan memakai pemberat selama 1 minggu tetap aja tuh kayu masih mengambang di permukaaann? ada caranya gak supaya kayu tsb bisa kambali tenggelam ?

    yang terakhir :
    soal tanaman Ricchia Fluitans , apa harus ditanam , apa di letakan saja di atas pasir pantai ?
    jika diletakan apa tanaman ini akan menjamur/tumbuh lebat, ?

    maaf mass pertanyaan terlalu banyak maklum saya baru pemula , & sangat senang nye nih kalo di balas dengan tapat agar saya dapat lngsung memahaminya

    trimakasih:)

    ReplyDelete
  6. oia mass satu lagi tentang pencahayaan saya pakai 2 buah lampu yg 1 ukuran kecil wana putih dan yg satunya berukuran sedang berwara pink yg bisa tenggelam di air ?
    apakah cahaya tsb masih belum terang untuk pertumbuhan moss ?

    ReplyDelete
  7. Permisi Bang Jajuk,saya Mau tanya nih soal Pencahayaan,
    saya memiliki tank ukuran 100x50x50 (tapi ketinggian air 40Cm) nah yang saya mau tanya,kalo saya make lampu LeD 6watt 4 buah, Itu cukup ga ya buat Photosintesis??
    kalo cukup itu termasuk apa,Low/med/high?
    kalo ga cukup mesti berapa lampu?
    thanks,Ditunggu jawabannya Bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. LED 6watt 4 buah cukup buat tank 100x50.. termask middle light

      Delete
  8. Mas Jajuk tau nomor hp nya mas Harum gak?

    ReplyDelete
  9. gan nyari rumput nya dimana yach.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak di online shoping, di toko2 aquascape, mau pake rumput apa dulu nih?

      Delete
  10. Bang jajuk bisakah ikan sepat digunakan sebagai ikan pemakan algae

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan sepat memang pemakan lumut2 yg nempel ditanaman, tapi juga pemakan tanaman2 kecil.. jadi sebaiknya dihindari aja..

      Delete
  11. gan kalo mau design aquascape tapi aquarium saya terbuat dari fiber, itu aman dan bermasalah gak ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp, bisa juga..cuma biasanya kalo fiber susah diperawatan kacanya.. kalo sdh kena lumut yg mengerak susah ngilanginnya.. kalo disikat/dikerik bisa baret2.. jadi harus rajin merawat dan mengontrol permukaan fibernya.

      Delete
  12. Mas, di akuarium kok muncul kayak cacing putih kecil (kayak serabut kapas dacron) itu ya? muncul dari substrat dan naik merayap lewat dinding akuarium kalau lampu mati. tu ikan neon, sarpae, red nose, sama black ghost ga doyan, keong juga nolak. bagusnya diapain ya mas? soalnya kalau lampu dinyalain, waduh....bikin jijik, hampir penuh tuh dinding akuarium. mohon bagi-bagi ilmunya (heru-Boyolali)

    ReplyDelete
    Replies
    1. disifon aja/ disedot pake selang.. cacing itu muncul biasanya overdosis pakan ikan. kalau mau tuntas/bersih sampe telur2nya ungsikan dulu ikan2nya trus larutkan garam dan obat cacing.

      Delete
  13. Nah itu dia, sifon hampir tiap hari, tapi tu cacing kan sembunyi di pasir. ni tadi ketemu lagi 1 jenis baru. merah transparan dan di dalam tubuhnya kayak ada bulet2 item gitu. kalau yang merah ini sekitar 1 sampai 2cm-an. garam ga brani mas, soalnya banyak taneman. kata temen ada obat eredica kalau ga salah. tu bahaya ga buat ikan mas? makasih sbelumnya.

    ReplyDelete
  14. gan batu aquascape mau cari di mana ya? di daerah aku tidak ada jual sama sekali! mohon balas . . .

    ReplyDelete